Review Citra Night Whitening; Perawatan Kulit Malam Hari

by - Kamis, November 01, 2012

Waktunya tidur!
Sikat gigi? Sudah...!
Pasang weker? Sudah...!
Pakai Citra Night Whitening Body Lotion?.......Hmm....??

Pernah dengar kalimat itu? Ya, mungkin bagi sebagian orang yang suka menonton televisi‪ saat siang atau sore hari (seperti saya..) pasti tahu kata-kata itu merupakan sepenggal kalimat yang merupakan bagian dari iklan produk Citra Night Whitening Body Lotion yang sedang sering ditayangkan.

Buat saya iklan ini cukup menggelitik, terutama pertanyaan yang repetitif dan logat para wanita yang menyulih suara ketiga artis cantik Thailand tersebut, penggunaan aksen untuk kata "sudah" itu terdengar 'catchy' dan lucu, membuat saya serta anggota keluarga di rumah jadi sering menirukannya untuk sekedar menjawab pertanyaan sehari-hari. Buat saya iklan ini cukup menggelitik, terutama pertanyaan yang repetitif dan logat para wanita yang menyulih suara ketiga artis cantik Thailand tersebut, penggunaan aksen untuk kata "sudah" itu terdengar 'catchy' dan lucu, membuat saya serta anggota keluarga di rumah jadi sering menirukannya untuk sekedar menjawab pertanyaan sehari-hari.

Namanya juga iklan, semakin sering dilihat maka efek persuasifnya makin terasa, dan makin membuat saya bertanya-tanya "Apa benar kita perlu menggunakan body lotion saat malam?". Saya selalu menggunakan body lotion secara rutin di pagi hari sejak remaja, awalnya sih karena tuntutan orang tua, tapi semakin saya belajar saya sadar bahwa kita harus melindungi kulit kita dari sinar matahari yang mengandung radiasi ultraviolet; UVA dan UVB, yang mana keduanya mampu menembus dan merusak lapisan sel kulit  sehingga berpotensi menyebabkan penyakit kanker kulit.

Gambar sederhana lapisan sel kulit kita dimulai dari
epidermis yang merupakan lapisan terluar.
Sinar radiasi UVA mampu menembus
lapisan kulit terdalam dibanding UVB.
(Sumber)
Alasan tersebut membuat saya percaya penggunaan body lotion di pagi hari saja sudah cukup, walaupun kondisi kulit saya sebenarnya belum semulus para model ataupun artis-artis terkenal, tapi saya sudah cukup bersyukur dan tersenyum puas dengan kondisi kulit saya, karena memang saya tidak pernah mengalami masalah yang menyangkut kesehatan kulit saya. Jadi buat apalagi membuat kulit lelah dengan membubuhi body lotion di saat malam? Bukankah sebaiknya kita membiarkan kulit tubuh beristirahat bersamaan ketika kita tidur? Rasa ingin tahu ini membuat saya tiba-tiba rajin mencari informasi dan sungguh mengejutkan, ternyata banyak sekali proses yang terjadi pada tubuh di saat kita tidur di malam hari yang tidak pernah saya ketahui - yang pada akhirnya mendukung opini bahwa kita harus melakukan perawatan kulit tubuh malam hari! 

Memangnya, apa yang terjadi pada tubuh saat kita tidur di malam hari? 

Ketika kita tidur, tubuh mulai menghasilkan human Growth Hormone (hGH), yaitu hormon yang berperan dalam pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh termasuk otot, kulit, ginjal. Juga, sebagai hormon utama dalam memerangi penuaan karena mampu mengencangkan kulit, melebatkan rambut, mencegah dan  mengurangi kerutan pada kulit.

Tidur mampu meningkatkan melatonin, yaitu hormon tidur yang bekerja dalam keadaan 'gelap' dan berfungsi  menurunkan suhu tubuh dalam mempersiapkan tubuh beristirahat. Berdasarkan artikel dalam Endocrine Journal tahun 2005, melatonin dipercaya mampu mengurangi kerusakan sel yang diakibatkan sinar UV dan bertindak seperti antioksidan untuk melawan bintik-bintik penuaan, garis-garis halus, dan yang terutama kanker kulit! 
Tips : Sebaiknya tidur dalam keadaan lampu mati, atau dalam ruangan berintensitas cahaya remang/redup.

Selain itu, daya regenerasi sel-sel kulit meningkat. Alex Khadavi, MD, profesor dermatologi dari University of Southern California, menunjukkan bahwa sel-sel kulit beregenerasi dua kali lebih cepat pada malam hari dibandingkan siang hari dan proses paling efektif terjadi sekitar pukul 23.00 dan 04.00.  

Berdasarkan penjelasan seorang dermatologis dari Los Angeles, Dr. Howard Murad, tidur juga dapat membantu proses pembaharuan sel-sel yang rusak akibat radikal bebas sehingga membuat kulit lebih baik dan lebih cerah di keesokan harinya. Radikal bebas yang berasal dari polusi serta lingkungan tempat kita beraktifitas sehari-hari diyakini mampu membunuh sel aktif dalam tubuh dan mempercepat proses penuaan karena bekerja dengan cara merusak DNA, mengubah senyawa biokimia, serta mengacaukan membran sel.

Tidur juga mengurangi kortisol (hormon stres yang aktif di siang hari ketika kita beraktifitas), yang mampu mengakibatkan penipisan kulit, stretch mark, dan perubahan warna kulit. Di samping itu tidur juga membantu meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan pengrusakan sel secara alami yang diakibatkan faktor alam dan lingkungan . 

Dan tentunya masih banyak lagi proses lain yang terjadi dalam tubuh kita ketika tidur...

Tapi tunggu dulu, semua kegiatan yang menakjubkan ini hanya dapat berlangsung secara efektif jika kita mempunyai kualitas tidur yang baik dan bukan sembarang tidur. Memangnya tidur yang tidak berkualitas itu bagaimana? Ternyata, tidur delapan jam sehari belum tentu menghasilkan tidur yang berkualitas. Masih berdasarkan penjelasan Dr. Howard Murad, tidur yang tidak berkualitas menyebabkan kulit yang kering dan dehidrasi, kantung mata, lingkaran hitam pada mata serta kulit yang pucat

Tips : Bagaimana mengetahui kulit kita kering atau tidak? Kulit kering akan tampak pucat dan kusam, sering terlihat bersisik, dan keriput. Coba garuk kulit dengan kuku jari secara perlahan. Jika ada bekas luka putih cukup tebal, itu berarti kulit kita cenderung kering. Bagian yang paling mudah terdeteksi biasanya di daerah siku.

Tidur yang berkualitas sangat bergantung dengan cara hidup kita sehari-hari - bagaimana kondisi kesehatan tubuh kita, status BMI (Body Mass Index - Indeks Massa Tubuh: indeks sederhana perbandingan berat badan-tinggi) kita, apakah kita perokok atau bukan, bentuk aktifitas yang kita lakukan, asupan makanan dalam tubuh, dan masih banyak lagi. Sehingga, sangat penting bagi kita untuk benar-benar menjaga pola hidup kita. Dengan tercapainya tidur yang berkualitas, kita membantu kinerja perbaikan sel dalam tubuh kita untuk bisa berlangsung secara maksimal di malam hari.

Jadi, sayapun juga harus mengurangi begadang nih demi memiliki kulit yang cantik!

Mari Memulai Perawatan Kulit Tubuh Sejak Dini 

Wah! Di luar dugaan, ternyata banyak hal luar biasa terjadi di malam hari. Tidak salah kalau banyak sekali produk-produk di pasaran yang berhubungan dengan membantu mempercepat proses regenerasi kulit wajah untuk digunakan di malam hari. Karena memang malam hari adalah waktu yang tepat untuk perawatan kulit ...wajah. Kulit wajah? Lho, kok hanya kulit wajah? Mana produk perawatan kulit tubuh untuk malam? 

Mengejutkan, karena memang pada umumnya wanita lebih memberi perhatian lebih pada kulit wajah dibandingkan kulit tubuh. Bahkan dari hasil survei yang dilakukan terhadap 834 responden konsumen Citra (usia dari 19 - 35 tahun), hanya 44 persen yang melakukan perawatan kulit tubuh di malam hari dengan menggunakan body lotion. 

Menurut Dr. Abraham Arimuko, GDSS - spesialis kulit dan kelamin, di Indonesia sendiri, kebanyakan orang masih tidak adil dalam merawat kulit tubuh dibandingkan kulit wajah, padahal kulit wajah hanya mencakup sembilan persen dari keseluruhan kulit pada manusia! Masyarakat beralasan, karena kulit wajah dianggap lebih sensitif dibandingkan kulit tubuh. Faktanya, kulit wajah dan kulit tubuh mempunyai struktur yang sama, bahkan beberapa bagian kulit tubuh memiliki tingkat sensitifitas yang sama dengan kulit wajah. Perbedaannya hanyalah pada ketebalan kulit di tiap-tiap bagian yang mempengaruhi tingkat kecepatan kulit dalam menyerap baha-bahan perawatan kulit.

Saya mengakui.. Saya termasuk orang yang sebelumnya malas melakukan perawatan kulit tubuh malam hari, karena memang pada awalnya saya juga termasuk dalam golongan wanita yang lebih memperhatikan perawatan kulit wajah di malam hari, tapi setelah saya pertimbangkan, aneh juga ya kalau kita melihat seseorang yang kulit wajahnya terawat sedangkan bagian tubuhnya yang lain menunjukkan sebaliknya (apalagi wanita 'kan matanya lebih 'jeli' kalau urusan memperhatikan penampilan orang). Saya jadi kembali berkaca 'Apa benar saya sudah cukup puas dengan kulit tubuh saya?' Ternyata kondisi kulit tubuh saya jika dibandingkan kulit wajah belum bisa dikatakan setara. Artinya? Sekarang benar-benar tidak ada alasan lagi untuk mengesampingkan perawatan kulit tubuh, apalagi perawatan kulit tubuh malam hari.

Penggunaan body lotion untuk perawatan kulit tubuh malam hari 
Di malam hari, kulit kita cenderung mudah untuk menyerap bahan-bahan aktif yang terkandung pada produk perawatan kulit. Bahan-bahan aktif tersebut dipercaya mampu bekerja lebih efektif di malam hari karena terhindar dari sinar matahari langsung dan dapat mencapai sel-sel kulit dengan lebih efisien akibat suhu kulit yang meningkat di malam hari.

Meningkatnya suhu kulit di malam hari juga menyebabkan proses metabolisme penguapan cairan dari tubuh bekerja lebih cepat (Trans-Epidermal Water Loss - TEWL) sehingga kulit akan mudah menjadi kering. Karena itulah kita memerlukan krim perawatan yang dapat melembabkan kulit dan mencegah penguapan terlalu banyak saat malam.

Jadi benar dong, anjuran untuk untuk menggunakan body lotion sebelum tidur. Body lotion umumnya mengandung gliserin sebagai bahan utamanya, yang berfungsi untuk menjaga kelembaban kulit. Agar terhindar dari kulit kering, body lotion harus dioleskan merata ke seluruh tubuh untuk menjaga dan mempertahankan kelembaban kulit. 
Tips : Penggunaan body lotion yang paling tepat agar mendapatkan kulit yang sehat dan lembab adalah setelah mandiKarena, terkadang isi dari beberapa senyawa kimia yang ditemukan dalam sabunpun dapat menyebabkan kulit manusia menjadi kering. Tuangkan body lotion secukupnya di tangan, gosok sebentar body lotion di kedua telapak tangan agar mendapatkan hangatnya suhu tubuh dan mulailah usapkan secara perlahan ke tiap-tiap bagian tubuh dengan gerakan memutar sambil sesekali dipijat. 

Memilih body lotion yang tepat untuk perawatan kulit tubuh malam hari : Citra Night Whitening
(Review Citra Night Whitening Hand and Body Lotion, dengan kandungan Mulberry dan Minyak Biji Anggur) 

Foto Produk: Citra Night Whitening Body Lotion
Saya jadi semakin sadar ternyata perawatan kulit tubuh malam hari tidak boleh dianggap remeh. Berarti, setidaknya minimal dua kali sehari sebaiknya kita rutin menggunakan body lotion  untuk menjaga kulit tetap sehat dan cantik (buat saya, pemakaian dua kali terkadang tidak cukup mengingat suhu udara di kota saya sangatlah panas dan mudah sekali kulit saya menjadi kering). Dan tentunya, untuk menghindari iritasi pada kulit, pilih body lotion yang cocok dan tepat untuk jenis kulit kita masing-masing.

Pertanyaannya body lotion apa yang baik untuk digunakan pada malam hari? Pilihan saya dengan mudah jatuh pada Citra Night Whitening Body Lotion - bukan karena iklannya, lho! Tapi karena saya sudah menjadi pengguna setia produk Citra sejak remaja. Harganya terjangkau dan formulanya cocok sekali dengan tipe kulit Asia seperti saya yang tinggal di daerah tropis. Kulit saya yang cenderung sensitif dan mudah kering tidak pernah mengalami masalah apapun selama menggunakan produk Citra. Sebenarnya menjadikan kulit saya putihpun bukan menjadi tujuan utama, karena saya lebih mengutamakan kulit sehat terawat, kalau kulit menjadi lebih putih ya saya bersyukur, kalau tidakpun, saya tetap akan berterima kasih pada Yang Di Atas (-yang penting kulit sehat bebas masalah!). Tapi yang jelas, sekarang saya benar-benar terpacu untuk menjaga dan merawat 'aset' saya ini dengan lebih intens, dan ingat selalu 'perawatan lebih baik daripada pengobatan!'

Citra Night Whitening Hand and Body Lotion, dengan kandungan mulberry dan minyak biji anggur, adalah salah satu produk terbaru dari Citra untuk perawatan kulit tubuh malam hari yang dalam slogannya menyatakan mampu membantu proses regenerasi kulit dan membuat kulit tampak lebih putih. 

Produk ini terbilang baru tapi sudah dapat ditemukan dengan mudah di toko-toko ataupun supermarket, bahkan di beberapa toko dekat rumah saya, produk ini malahan sempat kosong karena banyak dibeli. Saya membeli kemasan yang ukuran sedang, 120 mL dengan harga sekitar ~Rp. 10.000,- cukup terjangkau menurut saya. Kemasannya ringan dan sederhana, tidak susah untuk membuka ataupun mengeluarkan isi body lotion. Lubang pada kemasanpun tidak terlalu besar jadi tidak boros dalam mengeluarkan isi, hal ini yang memudahkan saya mengatur sedikit/banyak body lotion yang akan saya gunakan. Berdasarkan pengalaman, botol ukuran 120 mL dengan pemakaian rutin ke seluruh tubuh dapat digunakan untuk 2 - 2,5 minggu, itupun saya menggunakannya berbagi dengan ibu saya, kalau saya menggunakannya sendiri, mungkin saya bisa menghabiskan dalam kurun waktu sekitar tiga minggu.

Tampak belakang kemasan Citra Night
Whitening Body Lotion, dengan mulberry
dan minyak biji anggur.
Wanginya agak menyengat buat saya, bau parfumnya terasa sekali ketika body lotion selesai diusapkan, walaupun tidak mengganggu tapi saat awal-awal pemakaian saya sempat kaget juga, karena produk Citra Whitening Bengkoang yang saya gunakan di pagi hari, baunya tidak terlalu kentara seperti ini.

Tekstur body lotion ini halus dengan warna putih tulang dan tidak terasa adanya butiran-butiran scrub. Kekentalannyapun cukup, tidak terlalu cair, sangat mudah diaplikasikan pada kulit. Menyerap dengan cukup cepat tanpa terasa lengket. Selama pemakaian, saya belum pernah merasakan ada masalah apa-apa pada kulit (dan semoga saja tidak akan terjadi) juga, penggunaan body lotion pada malam hari tidak membuat tidur saya terganggu.

Saya mengikuti petunjuk pemakaian yang dianjurkan seperti pada tertulis pada kemasan: Usapkan di seluruh tubuh pada sore hari. Atau buat saya, saya gunakan sehabis mandi air hangat di sore hari. Saya dapat merasakan kulit saya menjadi semakin lembab dan tekstur kulitpun menjadi semakin halus.

Untuk efek memutihkan, yang saya rasakan sejauh ini, kulit tubuh saya memang menjadi lebih cerah jika sebelumnya terlihat kusam dikarenakan aktifitas saya sehari-hari yang selalu pergi kemana-mana dengan menggunakan motor, membuat kulit saya selalu terkena sinar matahari.

Tekstur isi body lotion yang halus, tidak mengandung scrub. Cairan body lotion juga mudah diaplikasikan pada kulit, tidak menyebabkan
gatal ataupun iritasi, efek melembabkan terasa seketika.
CatatanUntuk kepentingan pengambilan foto, foto di atas dilakukan pada siang hari, tapi penulis tetap menggunakannya untuk perawatan kulit tubuh malam hari.



































Menggunakan Citra Night Whitening body lotion di malam hari mampu membuat kulit saya berelaksasi sambil mengembalikan kekenyalan kulit.
Lubang pada kemasan.
Di umur saya yang sudah seperempat abad ini, saya memang cenderung menjadi semakin paranoid terhadap proses penuaan dini dan sebisa mungkin mencegah hal itu terjadi pada saya, apalagi dengan semakin bertambahnya umur, kemampuan sel untuk melakukan regenerasi semakin lambat sehingga saya merasa benar-benar memerlukan jenis perawatan yang mampu membantu proses regenerasi sel kulit.

Kesimpulan review di atas: 
"Saya sangat menyukai produk Citra Night Whitening Hand and Body Lotion, khasiat produk benar-benar terasa, walaupun tidak dalam waktu singkat tetapi melalui proses pemakaian yang rutin. Kandungan produk tidak menyebabkan kulit sensitif saya mengalami gangguan iritasi ataupun gatal-gatal. Body lotion ini mencerahkan kulit saya secara berkala hari demi hari dan saya cukup puas dengan hasilnya sejauh ini, semoga dengan pemakaian lebih lama saya dapat mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Harganyapun cukup terjangkau untuk masing-masing ukuran. Hanya saja saya kurang begitu suka dengan baunya yang terlalu 'menyengat' menurut saya, walaupun tidak mengganggu, tapi saya lebih menyukai wangi yang tidak terlalu kentara, tapi saya akan terus menggunakan produk Citra Night Whitening Body Lotion, dengan kandungan mulberry dan minyak biji anggur ini."

Kandungan yang tepat: Mulberry dan Minyak Biji Anggur 
Produk Citra Night Whitening Body Lotion mengedepankan bahan alami utama yang berasal dari ekstrak mulberry dan minyak biji anggur. Memangnya apa sih kekhususan dari kedua bahan alami tersebut?

Sekilas Tentang Ekstrak Mulberry

Mulberry atau murbei ternyata sudah digunakan selama berabad-abad dalam pengobatan tradisional Cina dan Ayurveda (seni pengobatan herbal dari India). Buah ini sangat kaya akan vitamin A, potasium, fosfor dan kalsium. Ekstrak daun dan akarnya mampu mengatur metabolisme penyerapan karbohidrat dan glukosa, juga mengkonsumsi mulberry secara rutin dipercaya dapat mencegah penyakit kanker. Bahkan di masa depan, ekstrak mulberry diyakini dapat mengobati diabetes mellitus.

Hebat 'kan? Hal ini ternyata dikarenakan adanya phytoalexin -keadaan dimana tanaman secara alami menghasilkan berbagai zat antibiotik untuk melawan bakteri dan jamur, yang disebut resveratrol. Resveratrol ini banyak ditemukan pada biji dan kulit anggur merah, buah raspberry, mulberry, blueberry dan cranberries. David Sinclair dari sekolah kedokteran Harvard sekaligus asisten pendiri Sirtris Pharmaceuticals menemukan bahwa resveratrol ternyata mampu membunuh sel kanker.

Trivia : Resveratrol identik dengan istilah“French Paradox”, dimana bangsa Perancis dengan pola makan yang sangat buruk; gemar mengkonsumsi daging merah, lemak trans dan kuat merokok - sangat jarang diserang penyakit jantung dibandingkan dengan bangsa Amerika yang fanatik dengan gaya hidup sehat. Ternyata, ilmuwan menemukan bahwa kebiasaan bangsa Perancis mengkonsumsi Anggur Merah, yang merupakan sumber resveratrol, merupakan kunci yang melindungi kesehatan mereka.
Buah Mulberry. Sumber: Getty Images
Lalu bagaimana dengan khasiat mulberry sendiri untuk kulit? Menurut Dr. Ping Zhang, ahli pengobatan Cina, antioksidan yang terkandung dalam mulberry mampu mengurangi bintik serta noda hitam pada wajah sekaligus mencerahkan kulit, juga sangat efektif dalam mencegah kerutan pada kulit. Dr. Zhang merekomendasikan untuk mengkonsumsi mulberry secara teratur dalam bentuk minuman, seperti teh murbai ataupun mulberry smoothie.

Tips : Mau mencoba membuat teh murbei atau mulberry?  Keringkan beberapa helai daun murbei yang masak dan sudah dibersihkan selama 2-3 hari, lalu rendam dalam air panas (matang) selama setengah jam. Air hasil rendaman sudah siap diminum.  Teh murbai ini juga mampu mengobati penyakit pilek, demam, iritasi mata dan juga sakit tenggorokan.

Buah murbei hitam banyak digunakan sebagai salah satu kandungan krim pemutih kulit, karena memiliki sifat anti-inflamasi (anti peradangan) dan kemampuan dalam perbaikan sel kulit. Selain itu, mulberry juga dapat mencegah sintesis melanin (meningkatnya produksi melanin/pigmen, yang disebabkan kerusakan DNA akibat pancaran ultraviolet yang terlalu lama mengenai kulit, juga pemicu penyamakan warna kulit menjadi lebih gelap/tanning). Berdasarkan uji percobaan, kulit yang secara teratur dirawat dengan mulberry (dengan kandungan ekstrak mulberry rata-rata 0,396%) mengalami penurunan produksi enzim tirosinase sebesar 50%, enzim yang memicu produksi melanin.

Sekilas Tentang Minyak Biji Anggur

Minyak Biji Anggur.
Sumber : Getty Images
Lalu bagaimana dengan minyak biji anggur? Minyak biji anggur merupakan hasil perasan biji anggur, hasil sampingan (by-product) dari pembuatan minuman anggur. Manfaat dari minyak biji anggur telah dinikmati selama ribuan tahun. Suku Yunani Kuno dan Mesir tidak hanya mengkonsumsi minuman anggur untuk kesehatan mereka, tetapi juga menggunakan getahnya untuk membuat salep dan memakai daunnya untuk mengobati segala macam penyakit. Walaupun, sebagian besar dikonsumsi dalam bentuk anggur, manfaat nyata dari buah anggur sangat banyak ditemukan pada bijinya.

Seperti halnya mulberry, minyak biji anggur juga kaya akan anti-oksidan (yang berdasarkan majalah Bodybuilding for You, bekerja 20 kali lebih efektif dibanding vitamin C dan 50 kali dibandingkan vitamin E) sehingga mampu mengatasi masalah penuaan serta memerangi dampak radikal bebas yaitu garis-garis halus dan kerutan. Minyak biji anggur juga termasuk salah satu 'pesaing' vitamin C dalam kemampuannya meratakan warna kulit

Dalam aplikasinya pada produk perawatan kulit, bahan alami ini sangat disukai karena terkenal mampu menjaga kelembaban kulit sehingga dipercaya mampu membuat kulit lebih kenyal dan halus. Minyak biji anggur juga mengandung asam linoleat lebih banyak dibandingkan minyak alami lainnya. Asam linoleat berfungsi antara lain: menurunkan risiko kanker, meningkatkan daya tahan tubuh, mengatur lemak tubuh, mencegah diabetes hingga penyakit jantung.

Pada tahun 1936, profesor Jacques Masquelier menemukan kandungan prosianidin dalam minyak biji anggur, yaitu senyawa aktif yang bisa melindungi kesehatan manusia dan terbukti mampu memperlambat penuaan dini dengan cara meningkatkan level vitamin C dalam sel. Minyak biji anggur juga dapat berikatan dengan kolagen (protein penting yang ditemukan pada kulit, rambut, tulang, gusi dan gigi) - dimana melalui ikatan ini minyak biji anggur dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit serta kekuatan rambut, tulang, gusi dan gigi.

Trivia : Daritadi bicara radikal bebas dan antioksidan? Apa sih sebenarnya pengertian singkat keduanya? Radikal bebas adalah atom atau gugus atom apa saja yang memiliki satu atau lebih elektron tak berpasangan. Jika jumlahnya banyak mampu menyebabkan patologis (penyakit yang berkaitan dengan cedera sel, jaringan ataupun genetik). Radikal bebas merupakan agen pengoksidasi kuat yang dapat merusak sistem pertahanan tubuh dan mengakibatkan kerusakan sel dan penuaan dini. Sedangkan Antioksidan adalah senyawa yang mampu menunda, memperlambat atau menghambat reaksi oksidasi untuk menghindari radikal bebas.


Tidak ragu lagi untuk memulai perawatan kulit tubuh malam hari!

Label keterangan pada kemasan belakang
Citra Night Whitening
Dengan mengetahui segala macam informasi di atas, termasuk manfaat apa saja yang terkandung di dalam  Citra Night Whitening Body Lotion, saya jadi tidak ragu lagi untuk segera memulai perawatan kulit tubuh malam hari dan akan berusaha untuk menjalankannya serutin saya merawat kulit tubuh saya di pagi hari. Manfaatnya besar, lho apalagi saat ini masyarakat sangat memberi perhatian lebih pada hal yang menyangkut 'proses penuaan dini', apapun (bahkan harga berapapun) akan dilakukan untuk mencegah dan mengobati semua masalah penuaan ini. Intinya, siapa sih yang tidak ingin mempunyai kulit sehat serta cantik, kita juga pasti secara tidak langsung membuat orang di sekitar kita nyaman dengan melihat  penampilan kita yang terawat 'kan? Jadi, tidak ada kata terlambat untuk segera memulai perawatan kulit tubuh malam hari.

Tapi, tetap diingat ya, perawatan kulit tubuh malam hari dengan menggunakan body lotion bukan satu-satunya cara mendapatkan kulit sehat, selain perawatan kulit tubuh pagi hari, gaya hidup sehat juga harus diterapkan seperti yang sebagian sudah dijelaskan di atas, dimulai dengan kualitas tidur yang baik, ditambah pola pikir positif serta asupan makanan yang terjaga (apalagi minum air putih, jangan sampai absen ya....)

Jadi mulai sekarang, daripada sibuk makan dan nyemil di tengah malam yang ngga jelas (ini refleksi untuk saya sebenarnya...), lebih baik kita biarkan sistem pencernaan kita beristirahat, dan sebaliknya beri makan kulit kita dengan kandungan bahan alami mulberry dan minyak biji anggur dari Citra Night Whitening. Dengan begitu kita beri kesempatan untuk tubuh menggunakan sisa energi untuk melakukan regenerasi sel kulit dan perbaikan sel secara maksimal, daripada sibuk kembali mencerna makanan... (hobi saya memang nyemil di tengah malam...).
Yuk mampir ke Rumah Cantik Citra Bandung (Sekarang sudah tutup)

Karena tulisan di blog kali ini sedang membahas produk dari Citra, rasanya kurang lengkap kalau tidak bercerita tentang Rumah Cantik Citra. Kebetulan saya tinggal di Bandung dan Rumah Cantik Citra hadir di kota saya dan lokasinya cukup dekat dari area rumah tempat tinggal saya (di tiap kota hanya ada satu Rumah Cantik Citra, lho, saya jadi merasa beruntung. Tapi, semoga setelah ini Rumah Cantik Citra juga muncul di kota lain secara merata).

Rumah Cantik Citra (RCC) Bandung berlokasi di Jalan Sunda No. 46. Tempatnya mudah dicapai, naik angkot juga bisa, karena lokasinya berada di jalan besar yang dilalui banyak kendaraan umum (saya biasanya menggunakan jurusan Stasiun Hall-Gedebage atau Kalapa-Ledeng). Naik kendaraan pribadipun juga bisa.

Di Rumah Cantik Citra, kita bisa memanjakan tubuh sambil mendapatkan bonus produk Citra tertentu tergantung jenis perawatan yang kita pilih. Harga tiap perawatannyapun cukup terjangkau, apalagi ditambah mendapatkan produk Citra secara gratis, kayaknya tidak perlu pikir dua kali 'kan untuk berkunjung ke sana? Berikut adalah daftar harga tiap jenis perawatan dan produk yang bisa didapatkan di Rumah Cantik Citra Bandung per bulan Oktober 2012 saat saya berkunjung ke sana beberapa waktu lalu (harga dan penawaran bisa berubah sewaktu-waktu).

* Foot / Hand Massage - Rp. 20.000
Produk yang didapat 1 Hand and Body Lotion 120 mL atau
1 Body Wash Refill 220 mL

* Face Massage / Back Massage - Rp. 40.000
Produk yang didapat 1 Hand and Body Lotion 250 mL atau
1 Body Wash 220 mL + 1 Hand and Body Lotion 120 mL

* Body Massage / Scrub - Rp. 60.000
Produk yang didapat 1 Hand and Body Lotion 250 mL + 1 Body Wash 250 mL atau
1 Hand and Body Lotion 250 mL + 1 Body Scrub atau
1 Body Wash 250 mL + 1 Body Scrub

* Body Massage & Scrub - Rp. 90.000
Produk yang didapat 1 Hand and Body Lotion 250 mL + 1 Body Wash 250 mL 
+ 1 Body Scrub atau
2 Hand and Body Lotion 250 mL + 1 Body Wash 250 mL atau
2 Hand and Body Lotion 250 mL + 1 Body Scrub

Suasana di Rumah Cantik Citra, Bandung. Sumber : hersmagz
Menyenangkan, ya? Saya suka sekali berkunjung ke Rumah Cantik Citra karena suasananya nyaman dan 'cozy', para pegawainya juga ramah dalam menjelaskan jenis-jenis perawatan ataupun aktif menjawab pertanyaan dari pelanggan seputar Rumah Cantik Citra.
Ruang Tunggu dan Registrasi Rumah Cantik Citra, Bandung
Penulis di Rumah Cantik Citra,
Bandung
Pelayanannya? Jangan ditanya lagi, benar-benar profesional dan memuaskan. Pijatannya benar-benar membuat tubuh saya kembali segar untuk kembali siap beraktifitas. Ruangannya juga sangat mendukung untuk tubuh kita bisa berelaksasi diiringi dengan alunan lagu sayup-sayup yang membuat saya jadi ingin tidur. Produk yang digunakan untuk perawatan tentunya produk dari Citra, merawat tubuh di Rumah Cantik Citra ini juga menjadi ajang saya mencoba varian baru produk Citra sebelum memutuskan untuk membelinya di supermarket. Jadi tunggu apalagi? Pasti makin semangat merawat kulit tubuh deh.

Kalau sudah begini, saya jadi kembali terngiang iklan Citra Night Whitening yang lucu itu. Oh, apa ada yang belum pernah nonton iklannya? Kebetulan saya menemukan versi aslinya (versi Thailand yang belum disulih suara) bisa dilihat disini:

Nah, semoga melalui tulisan ini kita jadi tahu pentingnya perawatan kulit tubuh malam hari, bukan hanya wajah saja yang diperhatikan tapi tubuh juga. Kalau sebelumnya hanya kulit wajah yang punya ritual perawatan, sekarang tubuh juga sudah punya ritual nih, kalau sebelumnya hanya pagi hari, sekarang malam hari juga wajib! Sudah mandi? Sudah! Sudah makan malam? Sudah! Sudah gunakan Citra Night Whitening Body Lotion? Pastinya! Oke, saatnya tidur! Jangan lupa berdoa ya.....

Tulisan ini dibuat dalam rangka mengikuti kompetisi blog #NightTreatment yang diadakan oleh BlogDetik bekerjasama dengan PT. Unilever dengan tema “Pentingnya Perawatan Kulit Tubuh pada Malam Hari”
----------ooooo000ooooo----------
Sumber Literatur:
Update 21 November 2012:


Terima kasih kepada Blogdetik dan PT Unilever / Rumah Cantik Citra yang telah memilih tulisan ini sebagai pemenang kedua kompetisi blog #NightTreatment dengan tema “Pentingnya Perawatan Kulit Tubuh pada Malam Hari. GBU.

You May Also Like

24 komentar

  1. wah, lengkap banget tulisannya... bagus & informatif pula... Semoga menang ya... :D

    BalasHapus
  2. wiiih .. mantap banget tulisannya ..

    sangat informatif dan menarik ..

    *kapan yaa bisa nulis kayak gini?

    http://sweetvanillascent.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pasti bisa kok ^^

      Makasih udah berkunjung :)

      Hapus
  3. Waaah... review yg menarik, lengkap banget, dear.... :)
    aq jadi pengen coba juga produk baru ini

    baladapenulisamatir.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk dicoba, dicoba :) Lumayan enak dan udah kerasa hasilnya tiap pagi :D

      Hapus
  4. Riview yang lengkap,.bisa direkomendasikan untuk pacar saya nih,.hehe
    slm knal (Bayu)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, salam kenal.. Semoga tulisannya berguna ya.
      Makasih udah berkunjung ^^

      Hapus
  5. wahhh congrats dearr >.<,kamu menang yehhh dapet ipad

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo sayyyy , makasihhh.. Iphone sihh.. XD~

      Hapus
  6. setelah membaca, menyimak, mengamati dan mempelajari, akhirnya ane sadar kalau artikel yang ane buat ternyata masih jauh dibawah kualitasnya
    buat sista selamat ya, semoga kedepan suksesnya sista bisa nular ke Ane
    siippp.... Ane harus banyak belajar lagi neh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, saya juga sering melihat blog Anda kok.. Gambarnya kreatif banget dan mendukung untuk terus membaca. Hehehe.. Semangat yaaa !

      Hapus
  7. Selamat yahh mba.. :)

    Super lengkap :D

    BalasHapus
  8. bagus mbak
    mhon kunjungannnya diblog baru saya www.achmadray.blogspot.com

    BalasHapus
  9. Selamat, mbak :D juara kedua. Hebat nih artikelnya.

    BalasHapus
  10. mantep, lengkap :) congrats ya mbak :)

    BalasHapus
  11. wah benar-benar lengkap tulisannya sampai bahas mulberry tea hehehe

    BalasHapus
  12. Tulisannya sangat menarik jg lengkap dan ternyata penting ya menggunakan lotion di malan hari.

    salam

    BalasHapus
  13. Mau tanya jawab seputar kesehatan kulit? Silakan buka website dokterkulitdhelya.com , akan dibalas langsung oleh Dokter Kulit Malang Dr.dr.Dhelya Sp.KK . Mau buat web? Silakan hubungi 083834375641 / 75286D3B .

    BalasHapus
  14. Kak mau tanya dong, kalo malamnya kan pake citra night whitening body lotion, kalo pagi atau siangnya pake apa ya kak? Makasih ya

    BalasHapus
  15. Bolehkah busui pakek lotion citra yg ini ?

    BalasHapus

Selamat berkomentar, tinggalkan link pada username. Link yang berada di dalam kolom komentar akan dihapus. (Feel free to comment and put your link on your username ONLY instead comment box area, otherwise deleted).