Cara Mencerahkan Kulit Dengan Kojie San

by - Minggu, Januari 25, 2015

Cara Mencerahkan Kulit Dengan Kojiesan

"Miss, what's  your favorite color?"
"Em.. Blue,"
"Wow, me too, dark blue or light blue?"
"Well, dark blue better,"
"I like light blue," hening sejenak, "It's obvious isn't it? It's because you're dark (skin) and mine (skin) is light,"

Yeap. Dialog di atas merupakan percakapan saya dengan murid piano saya yang masih berusia 4 tahun. Walaupun saya hanya bisa balik tertawa dan menjawab, "You're right." Namun, sakitnya tuh disini *nunjuk ke batin!

Walau sudah lama sadar dengan kulit yang gelap ini namun tetap, saya masih saja kurang menjaga dan merawat diri; jarang pakai lotion, pakainya kalau lagi mood, walau maniak sunblock, tapi saya malas re-apply, sehingga muka gosong ya mutlak.

Kalau saja bukan karena kata-kata itu....
Hati saya yang rapuh ini pasti tidak akan tergerak untuk segera ngubek internet demi menemukan cara mencerahkan kulit. Sebenarnya saya pernah berprinsip tidak terlalu mengejar kulit putih, bukankah yang penting kulit sehat? Tapi ketika saya ngaca lagi. Wah, ini sih kulitnya orang malas; tuh lihat warna kulit wajah saya paling gelap di antara bagian kulit lainnya? Seriously, this isn't my real skintone, it can be even brighter and better... THIS IS SO NOT RIGHT. I have to do something.

Begitulah akhirnya saya bertekad: tahun 2015, saya harus menemukan cara mencerahkan kulit yang efektif. And God Bless Me! Saya menemukan produk berbahan Kojic Acid dari Kojiesan!

BERKENALAN DENGAN PRODUK KOJIE SAN

Produk Kojie San yang asli dibuat oleh Beauty Elements Ventures Incorporated, sebuah perusahaan yang memiliki pabrik berteknologi tinggi berbasis di Filipina. Di negara asalnya, Kojie San sudah dikenal sejak lama hampir sekitar 7 tahun dan saat ini telah sukses dikenal sebagai produk perawatan kulit yang terjamin kualitasnya, bahkan varian jagoannya Kojie San Skin Lightening Soap selama 5 tahun terakhir secara berturut-turut menjadi pemenang “Bath Soap Brand of the Year” dalam Watson’s Health and Beauty Awards. Saya percaya deh sekarang bagaimana perempuan-perempuan Filipina sukses menggunakan Kojic Acid dari Kojiesan sebagai bagian dalam ritual cara mencerahkan kulit mereka. Terkenal akan penggunaan bahan-bahannya yang 100% alami, saat ini Kojie San bukan hanya hadir dalam bentuk sabun, tapi juga sebagai body lotion, krim wajah, juga krim anti penuaan. Aw!

Saya sebenarnya baru-baru ini memakai produk kojie san di Indonesia (padahal tau produk ini sudah lebih dari dua tahun yang lalu). Telat ya? Well, berhubung dulu distribusinya yang masih via online shop, beberapa kali harus pre-order, belum lagi kecenderungan barang yang didapat palsu, saya memilih untuk tidak terburu-buru membeli, daripada dapat yang palsu. hayoo? Namun sekarang? Terima kasih kepada PT. UICCP Indonesia, yang sudah mengimpor dan mendistribusi produk Kojie San, sekarang produk ini sudah bisa dengan mudah dibeli di beberapa supermarket dengan terjamin keasliannya dan pastinya, saatnya untuk mampraktekkan cara mencerahkan kulit ala Kojiesan.

Berikut adalah sedikit pembahasan terhadap produk Kojie San, ya.

PRODUCTS BREAK DOWN

Fitur utama produk ini adalah 100% VCO (virgin coconut oil) dan yang paling penting: formula Kojic Acid dari Kojie San. Teman-teman pada tau ngga dengan anggur beras atau rice wine? Itu, lho minuman beralkohol hasil dari fermentasi beras. Minuman ini jika dari negeri asalnya, tanah Tiongkok, sering disebut mijiu, namun Jepang tidak mau kalah dengan membuat versinya sendiri dengan kadar alkohol yang lebih tinggi yang kemudian kita kenal dengan sebutan sake.

Jadi ketika proses fermentasi sake dilakukan (dengan bahan beras, air, serta mikroorganisme/jamur kōji (Aspergillus oryzae)), muncullah produk sampingan (by-product) yang kemudian disebut kojic acid atau asam kojat (5-hydroxy-2-hydroxymethyl-4-pyrone) - penemuannya sendiri baru sekitar tahun 1990-an, namun penggunaannya saat itu belum terlalu masif karena kalah dengan popularitas hidroquinone.

Dan setelah banyak penelitian dilakukan, hasil di antaranya:
1. Kojic acid  dari Kojiesan mampu menghambat kerja enzim tirosinase yang mengkatalisis perubahan tirosin menjadi melanin (melanosis), dengan cara mengganggu  pengambilan oksigen yang diperlukan pada proses “pencoklatan’ (browning) secara enzimatik.
2. Dengan menggunakan metode spektrofotometri dan kromatografi, Kojic acid  dari Kojiesan mampu mengurangi o-kuinon (pembentuk pigmen warna coklat) menjadi diphenols sehingga mencegah pigmen melanin, sehingga sesuai digunakan sebagai agen pencerah kulit.

Hebat kan? Si Kojic Acid ini dalam aplikasinya mampu membantu mengurangi bintik-bintik gelap (dark spots) karena jerawat, bintik-bintik karena penuaan, dan membantu mengembalikan warna kulit yang rusak dikarenakan oleh sinar matahari. Yang paling mantapnya: produk sabun berbahan Kojic Acid dari Kojie San aman digunakan di seluruh bagian kulit; baik wajah dan tubuh. Wow!

Bagaimana dengan VCO atau Virgin Coconut Oil? Well, kalau bahan dasar yang ini harusnya sudah tidak asing lagi, karena memang minyak ini sudah diklaim sebagai minyak yang paling menyehatkan sedunia (healthiest). Di antaranya, selain baik untuk kesehatan (menurunkan kolesterol, bagus untuk menurunkan berat badan, dan mengurangi risiko penyakit jantung dan diabetes), untuk kulit, vco mampu melembabkan dan mencegah penuaan dini. Hayo lho! Kombinasi yang bagus banget, kan?

Nah, berikut adalah beberapa produk Kojie San yang sudah saya coba sampai hari ini.

a Kojie-san Skin Lightening Soap
Ingredients: Pure Kojic Acid, Sweet Orange, VCO, Glycerine, Vegetable Extracts, Vitamin C

Penampakan:

Mungkin karena ada kandungan sweet orange, jadinya warna dan baunya agak menyerupai jeruk, walaupun tidak terlalu kecut, tapi buat saya cukup menyegarkan. Sabunnya agak empuk, tingkat kepadatannya tidak terlalu tinggi (jika dibandingkan sabun batangan lain yang biasanya keras dan kalau buat nimpuk bisa sampai bunyi bletak). Mudah dipotong-potong dengan pisau tanpa meninggalkan serpihan-serpihan bagiannya. Ketika dipakai untuk wajah dan badan secara rutin, kira-kira bisa untuk 1 - 1,5 bulan. Cara pakainya nanti baca di bawah ya.

b Kojie-san Skin Dream White Lightening Soap
Ingredients: Coconut oil, Water, Sodium, Hydroxide, Fragrance, Titanium Dioxide, Kojic Acid, Collagen, Elastin, Olive Extract, Vitamin C

Penampakan:

Yang ini baunya lebih ke arah coconut oil, tidak se-menyengat yang classic (kuning), wanginya lembut dan cukup bisa diterima. Saya pakai sabun ini hanya sebentar karena cara pakainya salah! Yaitu langsung dioleskan ke badan, sehingga busanya tidak banyak, belum lagi saya terburu-buru membilas badan dengan air, dan tidak menyimpan sabunnya dengan baik sehingga cepat meleleh. Tapi, sejauh ini jangka waktu yang dibutuhkan sabun Dream White untuk memberikan efek memutihkan kulit menurut saya agak lama. What do you think? Tapi bagusnya, tidak terlalu membuat kulit kering seperti sabun Kojie San yang kuning (classic).

c Kojie-san Skin Lightening Body Lotion
Ingredients: De-ionized water, Glycerin, Cetyl Alcohol, Ethylene Glycol Distearate, Cocoglycerides, Mineral Oil, Dimethicone, Glyceryl Stearate (and) Ceteareth-20 (and) Ceteareth-12 (and) Cetearyl Alcohol (and) Cetyl Palmitate, Propylheptyl, Caprylate, Rosa canina (Rose Hip) Oil, Cyclopentasiloxane, Polysorbate 60, Niacinamide (Vitamin B3), Fragrance, Methylisothiazolinone (and) Chlorphenesin, Tocopheryl Acetate (vitamin E), Caprylyl Glycol, Kojic Acid, Collagen, Triethanolamine, Carbomer, Dipotassium Glycyrrhizinate, Titanium Dioxide, EDTA, Paraben Free

Penampakan

Cukup pekat dan wangi. Membutuhkan gumpalan lotion yang cukup banyak untuk dioles ke seluruh tangan dan kaki (jadinya mudah habis, hix). Walaupun kandungan di dalamnya termasuk titanium dioxide yang merupakan SPF - tabir surya, tetap saya lebih memilih untuk menggunakannya pada sore/malam hari. Harganya juga untuk saya, lumayan mahal dengan ukuran lotion 100g, makanya saya juga agak ngirit pakainya. Hahaha. Doakan saya biar bisa lebih banyak rejeki, ya, jadi bisa terus nyetok lotion Kojie San ini. Tapi jangan ragu sama hasilnya, karena... Kulit lengan saya mulai merata dengan pemakaian rutin, lho.

d Kojie-san Skin Lightening Face Cream
Ingredients: Cetyl Alcohol, Glyceryl Stearate, Triethanotamine, Polydecene, Dimethicone, Cyclopentasiloxane, Vitamin E, Kojic Acid, Collagen, Elastin, Rose Hips Extract, C12-15 Alkyl Benzoate, Carbomer, Ceteareth-20, Glycol Distearate, Stearic Acid, Methylisothiazolinone (and) Chiorphenesin, Titanium Dioxide, fragrance, de-ionized water, Paraben-free

Krim malam yang cukup lembut di wajah, warnanya putih tapi begitu diaplikasikan ke kulit wajah tidak memberikan warna apa-apa. Saya suka wanginya yang lembut, sebenarnya saya tidak terlalu suka krim wajah yang ada baunya, tapi wangi krim ini tidak terlalu mengganggu sih, so far. Melembabkan, tapi kalau kebanyakan malah bisa membuat kulit terlihat berminyak, apalagi untuk wajah saya yang dari sononya sudah duluan pabrik minyak.

Kalau siang, kadang saya suka menggunakan krim ini setelah sunblock yang kemudian saya cover bedak tabur, hasilnya juga ok, kulit lembab sepanjang hari. Tapi, tetap paling enak menggunakan krim ini sebelum tidur, karena begitu pas bangun pagi, kulit wajah terasa lembab dan begitu cuci muka, rasanya muka lebih cling, aka cerah. Ketika diaplikasikan dengan obat jerawat yang saya pakai, saya menggunakan krim ini 30 menit setelah obat jerawat, baru deh krim ini.

MY JOURNEY TO BRIGHTER SKIN

So, ini adalah cerita pendek bagaimana cara mencerahkan kulit ala saya menggunakan Kojic Acid dari Kojiesan. Awalnya saya menggunakan Kojie San Lightening Soap yang Dream White, nah, namanya juga debut pertama, saya belum terlalu ngerti bagaimana cara pakai yang benar, padahal jelas-jelas ya ada petunjuknya. Alasan pembeliannya karena sabun ini menjanjikan bukan hanya memutihkan tapi juga mencegah penuaan dini. Namun belum sempat saya mengalami janjinya, sabunnya sudah terlanjur habis meleleh karena saya tidak menyimpannya dengan baik, alias sabunnya kerap terkena air selama saya simpan di kamar mandi begitu saja.

Jadilah saya beralih ke Kojie San Lightening Soap classic yang warna kuning - karena harganya juga lebih  murah, hahaha. Kali ini saya lebih taat aturan.

Aturan penggunaan sabun Kojie San:
1. Sabun harus dipotong lalu diletakkan di wadah tertutup-tup-tup yang pastikan sisa-sisa air di dalamnya sudah dibuang jika sudah selesai mandinya (alias kering). Bukannya biar irit, namun dikarenakan sabun yang mudah meleleh - karena kandungan bahan alaminya.
3. Lebih baik menggunakan shower-puff untuk badan atau pakai loofah yang dari serabut tanaman itu. Dengan menggunakan puff/loofah, sabun tinggal diusapkan ke puff/loofah yang basah, lalu agak diremas-remas hingga menghasilkan busa yang cukup banyak, mulai gosok-gosok deh. Buat saya, cara seperti ini menjadikan pemakaian sabun lebih irit. Karena jika sabun langsung diusapkan ke kulit tubuh, busa yang dihasilkan tidak terlalu banyak, malah pastinya lebih cepat meleleh.
4. Ketika digunakan tunggu sekitar 3-5 menit, katanya biar formulanya meresap. Jangan terlalu terbeban dengan waktu, nikmatin aja gosok-gosok badannya, pasti ngga kerasa hehehe. Kuncinya: harus atur waktu, jangan pas lagi kepepet dikejar waktu mandinya.

Yang saya rasakan: Pada minggu-minggu pertama penggunaan, kulit wajah saya memerah agak gosong disertai pengelupasan gila-gilaan di sekitar daguNgga banget pokoknya, saya sampai memutuskan tidak menggunakan make-up untuk beberapa saatUps, jangan takut dulu.

**Begini cara kerja Kojie San**
Kojic acid sendiri mengandung vitamin A, lipoic acid, vitamin C, E, AHA gliserin and ekstrak biji anggur, yang ketika dalam bentuk sabun digunakan pada tubuh formulanya meresap ke dalam pori-pori kulit, mengubah pH kulit menjadi lebih asam. Selanjutnya Kojic acid akan menstimulasi kulit untuk regenerasi kulit, mengelupas kulit mati yang juga diikuti terangkatnya komedo. Lalu, peran yang paling signifikan: menghambat produksi melanin - kojic acid menghambat penghambat pembentukan enzim tirosinase yang berkaitan dalam sintesis melanin. Tanpa melanin, kulit menjadi lebih cerah. Namun, akan menjadi hypersensitif terhadap sinar matahari (UVA dan UVB).

Mengelupas, aghk!
Setelah saya pertimbangkan akhirnya saya memutuskan hanya sekali menggunakan sabun Kojie San pada wajah, yaitu sore hari - dengan alasan kecenderungan wajah saya terkena paparan matahari juga lebih minim, sehingga mengurangi dampak hipersensitif kulit akibat matahari, tapi tetap rutin menggunakannya setiap hari.

Oya, saya juga mengaplikasikan Kojie San Skin Lightening Face Cream di sore hari. Awalnya saya merasa krim wajah ini agak susah meresap dan malahan membuat wajah saya terlihat berminyak, Tapi baru saya sadari, sabun Kojie San yang membuat kulit saya mengelupas mampu diantisipasi kelembabannya dengan menggunakan krim ini, yang teksturnya memang moist banget, intinya benar-benar duo yang cocok. Menggunakan Kojie San Skin Lightening Face Cream harus secukupnya, ya, sedikit-sedikit dengan tangan yang bersih baru dioleskan pada wajah yang baru menggunakan Kojie San.

note: PERIH DI WAJAH TIDAK SETERUSNYA. Setelah sekitar dua minggu pemakaian rutin, saya tidak merasakan perih yang nyut-nyutan lagi, pengelupasan kulit juga sudah agak berkurang, sisanya kulit yang mulai lebih cerah. Cicuit! Selama kulit mengelupas, saya rutin scrub wajah dengan baking soda andalan saya setiap dua hari sekali.

Memang sih, ketika saya pertama kali memborong produk Kojie San, si mbak-mbak BA-(Beauty Ambassador)nya sudah wanti-wanti saya kalau produk ini ada kecenderungan membuat wajah iritasi atau merah-merah. Namun, di minggu-minggu berikutnya, efek pengelupasan sudah mulai jinak dan merah-merah di sekitar pipi juga berkurang. Yang mengagetkan adalah warna belang di daerah leher yang membentuk huruf V karena kaos juga sudah mulai berkurang. Ciyehhh...

Masalah utama saya adalah kulit wajah yang tidak merata, karena banyak sekali bekas jerawat. Terutama daerah dahi yang bagi saya paling gelap di antara bagian lainnya. Kalau dilihat foto di bawah ini, bisa dilihat bagaimana saya berjuang sekali agar minimal kulit dahi saya bisa rata dengan bagian wajah lainnya. And I will struggle more and more.


Thanks a lot buat tips dan cara mencerahkan kulit dengan produk Kojie San, hasilnya sungguh memberikan perubahan yang cukup significant dalam kulit wajah saya, bahkan saya sudah berniat untuk menggunakannya lebih rutin lagi karena jelas I'm about to get my original skintone back! Ga kucel, kusam, cepel, dan bolotan gosongnya. Foto di atas diambil selalu sehabis mandi, jadi maaf ya kalau memang polos dan asli banget jeleknya, hahaha! Oya, bisa dilihat pada bulan Desember dagu saya merah-merah, nah itu memang sedang mengelupas parah karena memang di sana sarang komedo dan whitehead saya. Hasilnya? Beauty needs pain, lumayan berkurang. I won't stop using Kojie San. Bekas jerawat yang tadinya banyak ajubilee juga mulai pudar, duh seneng banget sih kalau kayak gini?

note: Kekurangannya adalah, berhubung Kojic Acid dari Kojiesan memang bukan untuk memperbaiki kulit, jadinya untuk parut-parut bekas jerawat tidak bisa hilang begitu saja, ya. Tapi lebih ke membersihkan bakteri, kulit mati yang menjadikan kulit menjadi lebih cerah.

left: before. Right: after.
Sebelum bobo cantik, saya juga menggunakan Kojie-san Skin Lightening Body Lotion, saya terpukau dengan hasil lotion ini secara pribadi, area lutut saya yang dekil jadi agak cerah, hihihi. Sekedar mengingatkan ya, baiknya memang rangkaian Kojie San Skin Lightening ini digunakan pada sore atau malam hari, kecuali jika memang mempunyai sunblock berSPF tinggi dan cukup rajin untuk re-apply... Saya sih tidak.

Hasilnya? Wah, bisa dilihat kulit wajah saya tampak cerah, no filter lho foto di atas. Bedanya bisa dilihat bagaimana, luka kaki saya jadi lebih terlihat kontras dibanding sebelumnya.

Oya, dengar-dengar Kojie San ini juga mengeluarkan produk sunblock dengan SPF 69. Mana-mana-mana? Semoga di masa depan sudah bisa didistribusikan secara resmi di Indonesia, ya!

F.A.Q.

1. Dimana beli produk Kojie San?

Produk Kojie San bisa didapat dengan mudah di Hero Supermarket, Lion Superindo, Giant Extra, Dan-Dan, Grand Swalayan, Naga Swalayan, Guardian, Alfa Midi, Diamond, Ranch Market, Farmers Market dan Lotte Mart - namun harganya variatif ya di maing-masing toko.

Hey! This is me, now!
2. Emang ada produk palsu Kojie San?
Ada.

3. Apa saja produk KojieSan yang sudah masuk Indonesia secara resmi?
Sampai hari ini:
Varian Kojiesan Classic
Kojiesan Skin Lightening Soap
. Ukuran sabun Kojie San yang tersedia 45gr, 65gr, dan 135gr.
Kojiesan Face Lightening Cream

Kojiesan Body Lightening Lotion

Varian Kojiesan Dream White

Kojiesan Anti-Aging Soap
. Ukuran sabun Kojie San yang tersedia 45gr, 65gr, dan 135gr.
Kojiesan Face Cream-Moisturizer

4. Bagaimana langkah-langkah memakai Kojie San biar hasilnya maksimal?
Cek di atas, ya.

5. Kira-kira setelah berapa lama pemakaian efek Kojie San baru bisa dilihat?
Variasi, tergantung frekuensi pemakaian. Seminggu juga bisa kelihatan.

6. Btw, harganya berapaan sih?
Sabunnya sekitar 20-30ribuan, krim wajahnya 50ribuan, lotionnya sekitar 60-70ribuan,

7. Kalau wajah lagi jerawatan bisa pakai sabunnya atau pake krim wajahnya?
So far, saya menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung tretinoin, dan baik-baik saja. Kalau takut ngga cocok, bisa dulu difokusin menghilangkan jerawat dulu, kalau menurut saya sih.

8. Aman ga sih?
Lebih aman ketimbang menggunakan produk yang berkandungan hidroquinone.

So, bagaimana menurut kalian cara mencerahkan kulit ala saya dengan menggunakan Kojic Acid dari Kojiesan? Nyobain yuk, saya tantang kalian untuk mendapatkan kulit cerah alami bersama Kojie San.

Don't forget to follow Kojiesan :
Twitter : @KojiesanID 
Facebook page : Kojie.san Indonesia

See you!
--***---

Sumber:
http://www.kojiesan.com
www.kojiesan.co.id
https://zulliesikawati.wordpress.com/2011/03/01/mengenal-kojic-acid-sang-pencerah-kulit/
http://www.cosmo.ph/cosmo-picks/putting-a-prime-on-quality?ref=home-cosmo-picks

You May Also Like

66 komentar

  1. Aku kemarin barusan beli krim wajahnya,
    tapi belum dicoba makanya nggak kumasukin di postingan blog.
    Penasaran :")
    Sukses yaaa...

    BalasHapus
  2. wahh.,perubahannya kelihatan yahh..
    emang lagi booming sepertinya produk ini.,tapi aku belum pernah coba.,hihii

    Btw you have new follower
    folback please ^,^

    serbaserbiijessie.blogspot.com

    BalasHapus
  3. baru tahu namanya,unik ya....di sini udah ada belom ya,penasaran

    BalasHapus
  4. make up itu ajaib bener ya mbak hehe keren dah.... wah bisa maen piano juga sungkem sama guru piano ini kerenn mbak noniq hehe.... wah ini product layaklnya keren boleh dah saya speak" ke temen" hehe mantap kakak

    BalasHapus
  5. kalo aku suka sama face cream nya :)

    http://imaginarymi.blogspot.com/

    BalasHapus
  6. wah riview nya lengkap banget, pengen deh beli body lotion nya

    BalasHapus
  7. Ahahaha... Ini masalahnya sama kayak aku, antara tangan sama wajah bedanya super XD Tapi aku malah lebih parah, belang sana sini akibat pakai tank top, celana pendek, dan sandal jepit LOL ke Kuta pas jam 2 siang, tanpa sunblock, keren gak sih aku? LOL

    Aku pakai sabunnya udah dari desember 2013, sekarang udah mendingan. Tapi waktu itu import sendiri dari pilipin, gak beli yang dari supermarket di sini, kayaknya waktu itu belum ada di supermarket dekat rumah, jadi mau gak mau ya beli (nitip temen yang ada di sana) terus kirim ke sini deh...

    Sekarang ini (dari 1 Maret 2015) aku cobain yang versi dream whitenya, sukaaaa banget~ Walau ada kekurangannya, tapi tetep jadi salah satu favoriteku <333

    BTW nice blog, follow you~ Kapan2 kalau sempet main ke blog aku ya~ Baru aja review yang dream white face creamnya ehehehe...

    http://farrelandmerry.blogspot.com/2015/03/kojie-san-dream-white-face-cream-moisturizer.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah entah kenapa gak bisa ngefollow nih, ntar aku balik lagi deh ya~ Mungkin ada kesalahan dengan uncle google ahahaha

      Hapus
    2. Keren itu + nekat, aku sih sekarang cukup parno sama matahari hehehe. Yang dream white krim mukanya blom nyoba, tapi sabunnya baunya enak tapi efek mutihinnya lebih lama, hehe.. Yuk follow each other..

      Hapus
    3. Sama~ Aku kalau udah jam 9 gitu udah parno ama matahari, kalau keluar pakai jaket padahal masuk mobil ahahaha... Masih untung juga gak bawa payung LOL << tapi pake topi wakakakak~

      Iya bener, sabun dream whitenya sih mutihinnya lebih lama, aku udah pakai 3 minggu lebih tapi gak sejreng jreng jreng seperti sabun satunya. Mungkin emang nih dream white lebih ditujukan untuk anti aging kali ya

      Aku coba follow gfc mu tapi kok susah ya, selalu keluar tulisan :

      We're sorry...

      We were unable to handle your request. Please try again or return a bit later.

      Kenapa yaaa~ Padahal aku coba follow gfc blog lain bisa T____T

      Hapus
  8. BTW, sunblock nya udah ada kok:) barusan beli di gurdian harganya sekita 70k. tapi tulisannya ada "body" nya, bingung aman juga egk klo dipake buat muka, secara ada shea butter nya:p tapi baunya enak kok gk nyengat spf69 PA+++. Padahal mau beli skinaqua berhubung lgi gk stock belilah kojiesan ini:) besok mau nyoba

    BalasHapus
  9. Kawan sertain harga tiap supermarket dong... maklum msh ank kuliahan jd kudu selektif masalah harga... ribet kan kalo mesti kluar msk supermarket jga xixiixxi mksh smua... aku biasa bli di guardian sabunnya pke yang wrna orange aja, yang wrna putih kan mengandung anti aging jd mbk guardiannya blng "masih terlalu dini dik" coba pke yang sabun wrna orangnya aja... akhirnya hanya beli day cream, body lotion ama sabun wrna orange nya doank... n hasilnya bagus kok... kulit lebih bersih... tmn2 kampus jga pada pake body lotinnya gara2 lihat badan aku wktu sauna bareng. Hehehe (bsa jd salesnya kayaknya)

    BalasHapus
  10. Ini beneran???? Bisa secantik ini? Wowoowwww

    BalasHapus
  11. tadi baca kandungannya, definitely aku ga bisa pake produk ini krn mengandung AHA -_-.. Aku alergi AHA mba..tiap pake itu kulitku merah bentol2... makanya utk perawatan wajah dan bdn, aku slalu cek itu duluan.. ada AHA ato ga :(

    BalasHapus
  12. Noniq kamu ada tutorial make up diatas ga ? klo ada dimana url nya?
    cantik tapi ga menor aaaaa :3

    Oiya untuk di muka, ngediemin sabunnya berapa menit ?
    makasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai, blum bikin tutorialnya tapi itu aku lagi pake Wardah BB cream, reviewnya ada di blog ini juga :)

      Hapus
  13. say aku mau coba pake produk kojie san , btw aku bisa order di kamu gak ya ? soalnya ditempatku gak ada yang jual :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, aku ga jual nih, mgkin kamu bsa coba di online shop elevenia atau lazada :)

      Hapus
  14. Habis ngeblog soal skin lightening soap yang classic, kapan2 mampir ya~ XDDD

    http://farrelandmerry.blogspot.co.id/2015/09/kojie-san-classic-skin-lightening-soap.html

    BalasHapus
  15. waahhh aku juga cobak pengen mencerahkan kulit ahhh... :D

    BalasHapus
  16. Kak kalo aku cuci mukanya pake sabun ponds tp pas malam pame cream kojie san nya bisa gak ya?

    BalasHapus
  17. Aku pakai Lightening Cream nya belum seminggu jerawat langsung muncul banyak u,u putih sih tp jerawat pada muncul gitu, awalnya aku kira mungkin butuh adaptasi makanya muncul jerawat, eh tp makin hari kenapa makin nambah ya -,- mungkin ga cocok ya? Jadinya aku stop pemakaian deh.

    BalasHapus
  18. Waah produknya bagus ya, nampak banget makin bright udah mah noniq kan emang cantik hihi...
    Asik banget baca review nya, detail banget.

    BalasHapus
  19. bagus banget emang ini aku juga udah nyoba tapi emang harus sabar

    BalasHapus
  20. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  21. Klw untuk online dimna ya blinya.
    Soal nya saya suka ke berbagai daerah plosok kaltim,sumsel,,biar pemesanan gampang online dimna ya yg online produk komplit kojiesan.yg tau kasih tau donk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai, beberapa toko online terkenal Indonesia sudah cukup banyak kok, coba di search aja pakai kata kunci "Beli Kojie San", semoga membantu ya...

      Hapus
  22. Hai kakak
    Salam kenal ya. Aku pikir dia bisa ngilangin jerawatnya, ternyata cuma menyamarkan bekas jerawat ya. Tapi dia aman gak sih ka kalo dipake buat yg rentan timbul jerawat (bukan jerawatan)..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo kulit kamu sensitif kayaknya jangan deh, apalagi di awal pemakaian, kulit bakal rentan kering dan mengelupas..

      Hapus
    2. Bener banget kak noniq, apalagi klo kulit yang tipis :D

      Hapus
  23. Hai kakak, aku mau tanya nih, aku emang uda make skincare kojie san lengkap deh, sekalian sabun, cream and cleanser tonernya beli di guardian, but, biar hasilnya efektif apa makenya kudu malem aja ya? soalnya tiap make pagi aku parno bgt, soalnya kan saking banyak review yang bilang kalo kena matahari pagi-siang biasa bikin sunburn di muka
    mohon replynya yaa kakak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau pagi - siang, jangan lupa pake sunblock aja ^^

      Hapus
  24. assalamu'alaikum mbak.. mau nanya nih.. itu produk.y halal? soal.y mw pke jg.. tp takut..

    BalasHapus
  25. kira-kira untuk kulit sensitif aman ga ya?

    BalasHapus
  26. Aku baru pake abis 1 batang dan hasilnya lumayan keliatan...
    Apalahgi daerah tangan pengendara motor maklum jadi item belang...
    Semenjak pake sabun yg orange sama prodak Moisture Cream untuk wajah dan body lotion nature-e pink jadi ga kering dan mulai memudar warna kulit hitamnya...
    hihihihi recommended...

    BalasHapus
  27. Mba, kalo buat cowok boleh gak?

    BalasHapus
  28. Maaf, mau tanya juga dari yg warna kulitnya gelap lebih ke item sih bisa gk ya? kata temen si bisa , katanya gini "kalo waktu bayi badannya putih ya bisa" katanya gitu awkwk... :'v kalo lagi senggang minta jawabannya :D

    BalasHapus
  29. wahh.. selama ini ragu liat iklan2, ternyata udah bnyk buktinya... jd pengen makee.. moga aja cocok yaa.. thankkks reviewnyaa.

    BalasHapus
  30. luar biasa anak 4 tahun udah bisa ngomong gitu ya, mantap mbak...

    BalasHapus
  31. Bagus nih infonya, bisa buat rekomendasi
    buat ibu saya barangkali :)

    BalasHapus
  32. Makasih banyak Review'nya
    Bermanfaat bangeett 😍

    BalasHapus
  33. wah saya mau donk mba, gimana ya cara pesannya ?

    BalasHapus
  34. Aku kemarin mau beli ini. tapi masih ragu..
    Eh, gara-gara baca review ini aku jadi pingin beli ><

    BalasHapus
  35. Kunjungi blog saya dan follback
    ekarossalina26.blogspot.com

    BalasHapus
  36. Wah, gambar paling atas kenapa di sensor ?

    BalasHapus
  37. Waktu itu aku memang lagi bener2 cari cream yg bikin wajah putih. Aku cari cream yang aku inginkan di pasar tapi kebetulab cream yg aku cari gak ada. Nah saking puyengnya cari cream dan kebetulan muka udah kusem banget iseng2lah masuk ke guardian disitu aku pilih2 dan aku melihat bermacam produk karna hampir semua produk udah aku coba tapi gak ada hasilnya akhir saya mengambil kojie san itu pun saya ragu2 membelinya tapi nekad saya beli sepulang dari guardian saya browsing tentang kojie san dan banyak yg mengatakan selama pemakaian terjadi pengelupasan. Aku semakin ragu tuk memakainya hampir aku buang itu produk tapi pikirku sayang dah beli mahal2 masa ku buang.. akhirnya aku nekad pake dan sekarang dah 11 hari pemakaian hasilnya kulit lebih cerah dan alhamdulillah gak ada rasa psrih dan ngelupas

    BalasHapus
  38. Awalnya aku ragu kak karna aku baru umur 16thn trs aku di beliin sm mamah Aku sabun kojie san biar muka aku gk terlalu kusam eh tau nya Aku udah seminggu pake sabun kojie san yg warna Orange tapi kulit aku blm cerah juga tapi ada perubahan kulit aku jadi licin gt, muka jadi gak terlalu kusam, dan agak ilang komedo jugaa pokoknya suka bgt pake sabun kojie san , tapi kalau pemakaian awal" tumbuh jerawat gt tapi lama kelamaan jerawat nya ilang. Aku si biasanya pake nya pas sore hari

    BalasHapus
  39. Efeknya permanen ga sih kak? Kalau engga, tahan berapa lama?

    BalasHapus
  40. Bisa buat cowok jg gak mba?
    Mw beliin utk suamiku

    BalasHapus
  41. Kak kalo ngelupas gitu parah engga ya? Soalnya aku udah beli tapi belom tak pake ke muka masih ke tangan dan hasilnya tangan aku mengelupas

    BalasHapus
  42. Ka bagus body lotion yg ber spf apa yg biasa ya? Bingung mau beli yg mn msal buat cpt mencerahkan...

    BalasHapus
  43. kalau ada proses pengelupasan gtu sebenernya aman nggak sih kak?

    BalasHapus
  44. wahh baru tau cara ini,, makasih loh kak

    BalasHapus
  45. sundul77.com Situs Agen Bola Terbaik | Judi Casino Online | poker uang asli | Bandar Slot Terpercaya
    sundul77.com Adalah Situs Agen Bola Terbaik | Judi Casino Online | poker uang asli | Bandar Slot Terpercaya, Game Slot Mesin, Agen Sbobet, Agen Ibcbet, Agen Mansion88 sundul77 Merupakan Salah Satu Bandar Bola, Bandar Casino, Poker Online Terpercaya IDNSPORT. Kelebihan Bandar Bola Terbesar www.sundul77.com Desain Website Menarik, Live Casino Online 24 Jam Non-Stop Bersama Dealer Eropa & Dealer Asia..
    Situs Agen Bola Terbaik | Judi Casino Online | poker uang asli | Bandar Slot Terpercaya, Game Slot Mesin, Agen Sbobet, Agen Ibcbet, Agen Mansion88
    Bolagaming mempunyai tim berpengalaman dalam melayani setiap member yang bergabung di situs judi taruhan bola terbaik ini. Kami menyediakan customer service online 24 jam yang akan menemani anda dan membantu memberikan arahan kepada anda agar mudah saat melakukan pendaftaran. Anda bisa memilih jenis permainan judi taruhan online apa saja sesuai keinginan anda.
    Ayo Bergabung Bersama Situs Judi Taruan Bola Terlengkap Bolagaming
    situs agen bola terbaik,judi casino online,poker uang asli,poker uang asli,agen ibcbet

    BalasHapus
  46. Aku lagi coba nih.. tp jerawatn perlu ditambahi obat apa ya

    BalasHapus
  47. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  48. ka kalo pengelupasan kulit sama gatal gatal itu reaksi nya juga ga sih?

    BalasHapus
  49. Mba.. aku kok pas pake sabunnya panas sama peeih banget banget banhet gitu ya.. sakit :( trs kaya ada bagian tertentu kaya gosong pdhl itu awalny ga krnapa2 sama merah bgt. Itu ga cocok atau prosesny ya? Lanjut atau ngga? Bingung...

    BalasHapus
  50. terimakasih atas informasinya ,semoga bermanfaat..

    BalasHapus
  51. Hy...
    Trimakasih loh ka' infonya..
    Jujur aku baru pake tapi wajahku malah merah, aku pikir gak cocok. Aku udah liyat semua review ttg kojie san, semua bilang kojie san bagus tapi ko' ke aku wajahnya malah kayak gini. Aku sempat down..

    Setelah baca tulisan kakak, aku mulai semangat lagi. Aku akan bersabar menunggu hasilnya. Semoga wajahku bisa membaik.

    BalasHapus

Selamat berkomentar, tinggalkan link pada username. Link yang berada di dalam kolom komentar akan dihapus. (Feel free to comment and put your link on your username ONLY instead comment box area, otherwise deleted).