Belajar dengan Flash Card 4D, Lebih Efektif dari Kartu (Baca) Biasa

by - Rabu, Juli 01, 2015


Salah satu kegiatan favorit saya ketika ngajarin piano dengan para murid adalah bermain flash card; jadi seperti main tebak-tebakan gitu, saya akan menyuruh mereka menebak kartu apa yang saya pegang misal ada kartu yang menunjukkan simbol musik, not balok pada tangga nada, atau jenis-jenis ketukan, Cukup menarik dan hasilnya efektif dalam memberikan materi pada para murid - sehingga tidak melulu tentang teori dan mereka kudu mendengarkan.

Bermain flash card ini sangat fleksibel, kita bisa memadupadankan dengan kegiatan lain: main flash card sambil dibarengi main piano atau perkusi, sambil menggambar/mewarnai ataupun seseruan di kelas. I love this game a lot. Makanya ketika saya baru-baru ini melihat produk Flash Card 4 dimensi menggunakan teknologi Augmented Realitiy: saya jadi bertanya-tanya 'Apaan nih?' Penasaran pengen nyoba tapi sembari takut gaptek gitu. 

Sehingga ngga pake lama, ketika kartu ini nyampe di tangan, saya langsung buru-buru ingin mencoba apa gerangan yang ada di kartu ini.

PACKAGING


Judul kartunya adalah ANIMAL Alphabet Cards. Di dalamnya terdapat 26 kartu alphabet A sampai Z dengan gambar masing-masing hewan yang namanya berawalan dengan huruf alphabet yang bersangkutan (dalam bahasa Inggris, ya). Dan satu kartu instruksi yang intinya kita harus mengunduh aplikasi Animal 4D+ dari gadget (Android/Apple) kita untuk bisa merasakan pengalaman bermain secara maksimal.

Secara penampakan sih, kartunya terlihat biasa, ukurannya tidak jauh berbeda dengan kartu remi biasa/deck cards. Ilustrasi gambar-gambar hewannya sangat baik namun sayang warnanya hanya hitam putih, awalnya rasa ketertarikan saya agak berkurang gara-gara gambarnya kurang full color, Biasalah, jiwa kanak-kanak saya memang  masih melekat erat dengan tubuh yang semakin menua ini, #ngakak.

But, ok, saya kembali menahan rasa itu dengan mencoba memainkannya lebih dahulu. Dan tentu saja, saya ngga mungkin main sendiri. So, let me introduce my guest today, Michelle, my niece, panggilannya Mimis.


HOW TO PLAY

1. Miliki flash card Animal Alphabet Cards dari Octagon Studio
2. Download aplikasi Animal 4D+ sesuai gadget yang digunakan.
3. Buka aplikasi Animal 4D= dari gadget - aplikasinya seperti kamera gitu, dan kita harus mengarahkan kamera tersebut ke kartu-kartu.
4. Voila...


Wah, seakan-akan para hewannya bermunculan keluar dari kartu, diiringi latar sound effect suara masing-masing hewan serta suasana (di air ataupun pepohonan), ditambah suara narasi yang menyebutkan nama masing-masing hewan dalam kartu.

'A... Ant'
'B... Bear' lalu si beruang suaranya mengaum. Aummm...
'Q... Quenn Bee' lalu ada suara bzzzzz...

Asyik banget ternyata! Keponakan saya sampai kesengsem dengan permainan ini. Benar, bukan saja menarik tapi ternyata sangat-sangat-sangat edukatif. Oya, mengacu dengan kata-kata 4 Dimensi, jadi tampilan hewan itu bisa dilihat secara utuh, jika gadget diputar, jadi kita bisa melihat hewan dari depan, atas, belakang, samping.


2D + 3D

Variasi lainnya, aplikasi ini juga menyediakan format 2 dimensi dan 3 dimensinya, khusus dalam format tersebut kita tidak memerlukan kartu untuk disorot kamernya. Kita tinggal masuk ke opsi perpustakaannya saja, dan memilih hewan yang ada dalam daftarnya.

Bisa 2 dimensi ataupun 3 dimensi
CONCLUSION

Augmented Reality (AR) di animal 4D+ ini bekerja melalui penggabungan benda dua dimensi yang diproyektorkan menggunakan gadget sehingga memunculkan benda 4 dimensi yang terlihat begitu nyata. Sangat menarik! Walaupun memang permainan berbasis AR ini memang sudah dikembangkan sejak beberapa tahun yang lalu, tapi baru kali ini saya melihat sisi edukatifnya begitu nyata.


Apa sih yang membedakan flash card AR dengan flash card konvensional biasa? Memang sejatinya kalau bermain flash card, kita sebagai orang tua wajib mendampingi si anak, namun dengan adanya dukungan penggunaan gadget, materi yang bisa kita sampaikan pada anak bisa lebih luas: kita bisa membahas suaranya, tempat tinggalnya, bagaimana mereka bergerak, ukurannya, bisa menambah cerita dan terutama memvisualkan imajinasi anak. Gadget yang saya gunakan spesifikasinya masih standard banget, RAMnya hanya 1 GB - memang sih ketika memproses aplikasi ini membutuhkan waktu yang agak lama, namun tetap bisa dijalankan dengagn cukup lancar (Kalau tidak salah ada versi litenya tapi saya belum coba). Memang kalau kita lebih kreatif kita bisa menambahkan dengan internet, video-video hewan yang lebih nyata, tapi pastikan lebih repot dan hanya bisa dilakukan saat benar-benar senggang.

Secara pribadi, menurut saya sebelum ngajak anak ke kebun binatang, mulai mengajarkan hewan dan pelafalannya menggunakan media flash card Octagon ini sudah lebih dari cukup buuannnget lho. Hanya saja ke depannya, tampilan kartunya bisa lebih berwarna, karena ketika si anak hanya ingin bermain kartu tanpa gadget, render hitam-putih pada ilustrasi kartunya terlalu 'dewasa' banget, mengingat kartu inikan tujuannya untuk menarik minat anak-anak untuk belajar. Semoga bisa jadi masukan.

Saya jadi berharap semoga ke depannya Octagon juga memunculkan jenis flash card yang lain, yang berhubungan dengan musik - pekerjaan saya. Hehehe.

Tertarik untuk pesan?
Silahkan meluncur langsung ke sini.

You May Also Like

9 komentar

  1. Wah, ada suaranya juga, ya. Pas coba googling, ternyata kartu ini produksi Bandung, ya, meskipun web dan video perkenalan produknya menggunakan bahasa Inggris. Hampir saja mengira ini produk impor

    BalasHapus
  2. Kemarin saya baru lihat produk flash Card ini, sangat menarik dan unik sekali.. Memang nama Bandung sebagai kota paling kreatif di Indonesia bukan cuma omongan belaka.. Keren banget karya anak negeri satu ini.. btw, kunjungan perdana nihh.. Salam Kenal yah mbak, saya tunggu follow baliknya. n_n

    BalasHapus
  3. wah, keren ya mbak flash cardnya...baru tahu nih ada produk kyk gini....sharenya

    BalasHapus
  4. Syukurlah keponakannya suka mbak :), dan terimakasih juga sarannya akan saya sampaikan ...
    Kunjungan perdana juga kesini, dan salam kenal ...

    BalasHapus
  5. Wah asik nih infonya mak. Ini pasti seru banget. Boleh dicoba deh kayaknya buat nemenin main sama anak saya.

    Makasih ya mak :)

    Salam hangat selalu,
    Zia

    BalasHapus
  6. wah seru ya....jadi pengen beli buat anak2ku, eh kalau dimainkan kan pakai aplikasi, kudu ada pulsanya ndak ya androidnya nik?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngga perlu kalo uda install :) tinggal dijalankan aja aplikasinya..

      Hapus
  7. Hauuuummmmm...hahaha keren jg ya kalo suaranya trus mengaum gt. Btw itu ular serem geliiiii >.<

    BalasHapus

Selamat berkomentar, tinggalkan link pada username. Link yang berada di dalam kolom komentar akan dihapus. (Feel free to comment and put your link on your username ONLY instead comment box area, otherwise deleted).