Tips Nyaman Blogwalking Lewat Ponsel dan Tablet

by - Kamis, Juli 09, 2015


Sebagai orang yang tidak selalu berada di layar monitor komputer, sebagai blogger tentulah saya tidak bisa lepas dari kegiatan blogwalking - berkunjung ke sesama blogger, sekedar silaturahmi namun juga sambil menambah teman dan ilmu. Setelah melakukan proses pemikiran dan perenungan, akhirnya sayapun mencoba mencari cara nyaman, aman, dan enak untuk blogwalking - yaitu memaksimalkan gadget hp/tablet untuk blogwalking.

Hal ini mungkin sedikit banyak ditujukan bagi mereka yang masih belum berprofesi sebagai full-time blogger seperti sayah, dimana masih banyak aktifitas lain misalnya: masak, beberes rumah, nonton drama Korea (aw-aw-aw) dan ngider di samping kerja kantoran, huhuhu. Begitu banyaknya manfaat yang bisa saya dapat dari blogwalking baik secara rohani dan jasmani yang membuat kegiatan ini tidak bisa dipandang sebelah mata, sehingga, setelah direnungkan, mau sesibuk apapun saya, kegiatan blogwalking harus bisa tetap berjalan.

Sehingga berikut adalah tips saya melakukan kewajiban kita sebagai blogger: blogwalking, dengan cara mudah dan nyaman.

Namun sebelumnya saya ingatkan, kegiatan ini memiliki banyak resiko di samping keuntungannya bahwa blogwalking dari ponsel/tablet bisa dilakukan kapan saja (makan, tiduran, di kamar mandi (pas lagi berendam maksudnya), lagi galau ataupun lagi resah).

1. Bikin autis karena, kalau sudah dapet feelnya, kegiatan blogwalking ini bisa blong alias ga ada remnya.
2. Perilaku autis membuat kita menjadi procrastinator, kerjaannya blogwalking terus sambil ninggalin jejak, dampaknya adalah rank Alexa naik tapi kerjaan jadi belepotan.

Sedangkan manfaat blogwalking. Pastinya lebih banyak, cyin, karena itu berikut adalah segelintir tips dari saya.

Dengan syarat: hpnya sudah mendukung aplikasi berbasis java (minimal!) dan mampu dipasang aplikasi browser internet dan sosial media.

TIPS BLOGWALKING VIA GADGET PONSEL/TABLET

1. Tentukan waktu.
Diutamakan waktu senggang dimana kita sedang tidak banyak kerjaan ataupun tanggungan. Tapi bisa juga belajar untuk nyuri waktu, misal kita lagi nunggu antrian, boleh donk buka satu dua laman blog, hihihi...

2. Pilih browser yang menyenangkan.
Untuk gadget berbasis android/apple, tanpa mencoba promosi, saya lebih demen Google Chrome dan Opera Mini, karena memang cukup mobile-friendly dan mudah untuk digunakan. Tambahannya adalah menginstal aplikasi pembuka tautan dimana laman yang kita buka bisa lebih terkompres, sehingga bisa lebih ringan, seperti Flynx atau Link Bubble.

Menggunakan aplikasi pembuka tautan seperti itu bisa memudahkan kita membuka laman yang tersebar di laman sosial media seperti facebook dan twitter tanpa mengganggu kegiatan sosmed kita, karena aplikasi sosmed kita tidak perlu tiba-tiba berganti ke browser.

Maksudnya, kalau kita buka link dari twitter, biasanya kan langsung pindah tuh ke Chrome/Opera Mini, nah kalau pakai Flynx, laman yang kita klik bisa tetap terbuka tanpa kita harus berhenti kepo di twitter. Hehehe... Kalo ngga ngerti, dicoba dulu aja..

3. Aplikasi jelajah blog.
Dari mana kita bisa melihat update-an blog teman kita? Kita bisa menggunakan aplikasi blog reader seperti bloglovin ataupun feedly, tapi kalau saya seringnya melihat dari laman facebook, google plus dan twitter komunitas. Jadi sekalian update status, kita juga bisa update bacaan, jangan melulu kepoin oranglah...

Well, jika ingin lebih banyak lagi mendapat referensi blog, syaratnya satu: banyak-banyaklah ngefollow blog lainnya, karena senantiasa memudahkan kita berkunjung dan menambah jejaring serta ilmu. Kalau ngga rela ngefollow tanpa di follow balik, ya silakan bilang ke empunya blog, "Saya sudah follow lho, folbek donk!" (hihihi, sayah banget).

4. Jangan malas isi komentar.
Kalau sudah nemu posisi enak blogwalking, yang terakhir tentu jangan lupa kasi komentar (beserta link blog kamu) untuk menguatkan keeksistensian kita sebagai blogger. Masalah dikunjungin balik biarlah kembali kepada hati nurani si empunya blogger ataukah kita mendapat komentar balik atau ngga - selama kita ngga nulis yang aneh-aneh, yang penting ingatlah bahwa dengan kita beramal dengan nyumbang komentar untuk blogger tersebut niscaya rejeki akan kembali pada kita.

Ahaha.. Amin.

nb: Di sini saya tidak membahas apakah hanya mau blogwalking  ke blog-blog yang kita sukai saja ataukah ngisi komentar ke laman blog yang trafficnya sudah tinggi biar kita kecipratan, blogwalking yang saya tulis di sini semata-mata untuk kepuasaan sendiri ya. Maksudnya, saya juga tidak membatasi referensi bacaan saya kudu yang itu-ituuuu aja, namun ngga ada salahnya kita menambah wawasan, pengalaman dan pengetahuan dengan tidak mengkontaki semua kegiatan blogging hanya demi traffic.

***
Jadi dengan begini ngga ada alasan untuk ngga blogwalking ya, karena saya sudah membuktikan bahwa manfaat terbesar blogwalking itu pasti lebih banyak malah untuk keuntungan kita sendiri. 

Happy Blogwalking!

You May Also Like

22 komentar

  1. Saya kalau ngeblog dan blogwalking juga pakai hp. Enak buat mengisi waktu luang

    BalasHapus
  2. Xixixi. Enaknya saya tetep via lepi. :D

    BalasHapus
  3. saya ngeblog jg pk hape mak. tp utk bw saya pake uc mini. opera mini...duh...susyah krn ga bw-friendly haha...

    selain uc mini andalan saya adl dolphin mini.

    bikin autis? iya banget haha...

    BalasHapus
  4. Kalau lagi ga di depan PC saya pakai Hp yang berlayar besar, pokoknya kalau ada kesempatan beredar di berbagai blog..hehe

    BalasHapus
  5. hahaha samaan ini doyan banget ke kamar mandi bawa gadget, sampe2 dikasi tempat khusus supaya gadget gk kesiram air *niat bangeeet yak

    BalasHapus
  6. iya mbak..itu yang penting jangan lupa kasih komen kayak aku nih he3..

    BalasHapus
  7. hihi toss blogwalking bikin nagih, selain buat silaturahim dan traffic, memang banyak dapat ilmu dan ide baru sih jalan2 ke blog orang itu ya noniq :)

    BalasHapus
  8. Gue termasuk oran yang labih banyak BW, Posting dr Hape, Kak.
    Kalau di rumah udah ngga pingin njembreng notebook lagi. Udah kesyel di tmpat kerja. :D

    Dan benar, sempat bikin autis juga saat blm bisa manage waktu, gitu. :D

    BalasHapus
  9. Btw, ini blog sengaja banet ngga nyediakan kolom komen buat yg berdomain, nih?

    Atau, emang lagi jaga2 dr Spammer, Kak? :D

    BalasHapus
  10. Iya nih, bw pake hp ataw tablet kudu disengajain. Abisnya kudu bolak-balik sign in. Belom lagi kalo ada captcha. Aduuuuh... ribet :D

    BalasHapus
  11. Thanks sharing ny. Jd pgn nyobain bloglovin, selama ini blm pernah pake

    BalasHapus
  12. BW memang seru..tapi yah harus konsisten..Akhir-akhir ini saya juga sering ngblog via ponsel and I like it :)

    BalasHapus
  13. Entah kenapa BW tetap menyenangkan lewat lepi ato kompi.. Lewat Tablet atau HP agak beda tampilannya dan terkadang membuat bingung.. hihi..

    Nice tips, mba.. Mamacie..

    BalasHapus
  14. Kalo aku kok lebih demen pake laptop, kalo pake hp atau tablet suka ribet banget kecil2 ngak jelas hehehe

    BalasHapus
  15. Noniq bahas juga soal pemakaian pulsa/paket internetnya dong, gimana caranya biar kantong nggak jebol karena harus sering beli pulsa paket internet karena aktivitas blogwalking, comment & medsos

    BalasHapus
  16. Saya masih suka ribet kalau blogwalking pakai tablet atau hp. Apalagi kalau sinyal lagi ga beres aduhhh bikin ilfil. Nice info Noniq. Ditunggu info2 lainnya ya ^_^

    BalasHapus
  17. cakep mbak, sangat bagus untuk diikuti, attitude blogwalking yang baik juga ada dalam tulisan di atas, keep up good work!

    BalasHapus
  18. mantabs mak! apalagi tips nomor dua ituh. makasih ya atas sharingnya dan blogwalkingnya. aku dah follow blogmu ya! ;)

    BalasHapus
  19. Ide bagus tuh... Blogwalking via gadget tablet. sekarang kan paket data sudah pada kenceng ya.. Telkomsel, XL, Indosat dan smartfren

    BalasHapus
  20. Selain feedly sama Bloglovin, ada inoreader juga. Kalau buat blogwalking di PC, inoreader enak banget bacanya. Tapi tampilan aplikasi mobile-nya masih kalah dikit ama feedly. Tapi, saya sih pakenya inoreader.

    Anyway, folbek dong, Kaka :p

    BalasHapus
  21. Nice tips bagi pemula kaya ane...punya blog taunan minim pengujung. trims infonya

    BalasHapus

Selamat berkomentar, tinggalkan link pada username. Link yang berada di dalam kolom komentar akan dihapus. (Feel free to comment and put your link on your username ONLY instead comment box area, otherwise deleted).