Review: Simply Stay Make Up by Mustika Ratu

by - Selasa, September 02, 2014


Tinggal di negara tropis itu ada enaknya, ada ngganya. Ngga enaknya? Kondisi temperatur udara bisa dibilang relatif stabil.. Stabil panasnya! Kita ngga pernah ngerasain gimana sih rasanya cuaca dingin dengan suhu dibawah nol. Enaknya, matahari bersinar sepanjang tahun, pas buat yang suka berjemur untuk mendapatkan kulit coklat eksotik. Nah, ngomongin tentang kulit, sudah pasti kita ataupun wanita Asia pada umumnya yang tinggal di negara tropis memiliki jenis kulit yang berbeda dibandingkan kulit mereka yang tinggal di belahan lainnya.

Selain ditentukan oleh tipe genetika, ciri-ciri kulit orang Asia biasanya: varian warna kulit putih kekuningan - coklat gelap, pori-pori lebih besar sehingga lebih rentan terhadap masalah kulit (misal; jerawat, kulit berminyak, tekstur kulit, pigmentasi dan warna tampak tidak rata), tingkat melanin lebih tinggi yang dapat  memperlambat proses penuaan, melindungi dari sinar matahari, lebih rendah terkena kanker kulit, namun cenderung lebih gelap atau menjadi lebih kuning seiring usia, kelenjar minyak lebih aktif karena iklim yang lebih hangat (sumber)

Faktanya, kulit saya lebih kurang setipe dengan yang saya tuliskan di atas. Lalu bagaimana menemukan produk kecantikan yang mengerti kondisi kulit sekaligus mampu mendukung aktifitas sehari-hari saya yang padat? Wanita aktif gitu lhooooo, #cicuittt...

Tenang, saya sudah dapat jawabannya, sebuah produk andalan buatan Indonesia yang sesuai dengan tipe kulit tropis dan pas juga untuk wanita aktif yang ingin selalu tampil simply pretty everyday.
Living in a tropical country has either good and bad sides. Starting with the bad one; relatively stable air temperature, yes, obviously Stable heat! I even never know how it feels to live in a place with under zero temperature. The good side, the sun shines all year round, a best place for sunbathing in order to get your exotic tan skin. Well, talking about the skin, it is certain that every woman or whoever lives in tropical countries has different skin type compared to those living in other area. 

Besides the genetics play its role, Asian skin has these characteristics: yellowish white- dark brown color skin, larger pores which making it more susceptible to skin problems (eg; acne, oily skin, skin texture, pigmentation and color seem not average), higher levels of melanin that can slow the aging process, protect from sunlight and lower skin cancer, but tends to be darker or more yellow, also oil glands are more active due to the warmer climate (source). 

In fact, my skin is pretty much kinda match every trait I wrote above. Then how to find beauty products that understand the condition of the skin and also in the same time support my busy daily activities? I'm an active woman, lol.

Well, I've got the answer, a best selling products made ​​in Indonesia which fit the type of tropical skin and also aimed for active women who want to always look simply pretty everyday.




DRUM ROLLS...

So, ini jagoan saya: Mustika Ratu, brand penghasil kosmetik Indonesia sejak tahun 1975. Beberapa waktu lalu, perusahaan yang didirikan oleh Mooryati Soedibyo ini baru saja mengeluarkan tren make-up masa kini bersamaan dengan diluncurkannya produk MUSTIKA RATU SIMPLY STAY, rangkaian Make Up yang ditujukan untuk wanita yang aktif, simple dan selalu ingin tampil cantik setiap saat.

Dan betapa beruntungnya saya karena kali ini BBlog bekerja sama dengan Mustika Ratu memberi kesempatan pada blogger wanita Indonesia untuk mencoba rangkaian make-up ini secara lengkap dalam bentuk sampel.

Jika di awal tulisan saya sudah memasang foto sebuah boks bergambar Putri Indonesia 2014, Elvira Devinamira, nah, di bawah ini adalah apa yang ada di dalam boks tersebut...
So, here it is: Mustika Ratu, an Indonesia cosmetics brand producer since 1975. Just some time ago, a company founded by Mooryati Soedibyo, issued a make-up trends and yet launched its latest line named MUSTIKA RATU OF SIMPLY STAY, a series of Make Up intended for women who are active, simple and always want to look beautiful at all times. 

And how lucky I am because this time, B Blog Indonesia in partner with Mustika Ratu provide opportunities for Indonesian women bloggers to try this series of full range make-up in samples form.

You may notice on the first picture at the beginning of this post, I've put a picture of a box covered with Miss Indonesia 2014's photo, Elvira Devinamira, well, below is what's in the box...


Iya! Ini rangkaian Make Up Simply Stay dari Mustika Ratu! Loncat-loncat kegirangan. Ngga sabar pengen nyobakan? Iya, saya juga! Yuk, simak di bawah ini ya tentang detail produknya.
Yes! This is the series of Simply Stay Make Up by Mustika Ratu! #joyful. Are you ready to unbox it? Yeah, me too! Keep reading for the product details.

MEET THE PRODUCTS


A. MOISTURIZER



Yang pertama adalah pelembab. Pelembab ini terdiri dari dua jenis; untuk kulit normal-kering dan untuk kulit normal-berminyak. Jika saya perhatikan pelembab untuk kulit normal-berminyak lebih pekat/kental dibandingkan untuk kulit normal-kering. Kulit saya sendiri merupakan jenis kombinasi (dan rumit, hahaha) namun cenderung ke kulit normal-berminyak.

Ketika saya coba aplikasikan ke wajah serta leher, teksturnya sangat halus dan cepat meresap (kira-kira 10 detik). Ketika menggunakan pelembab saja, wajah saya terlihat seperti berminyak (mengkilat) tapi ketika saya sentuh, ternyata kulit wajah tetap lembut dan pelembab juga tidak kembali lengket di tangan. Boleh juga nih...

Selain itu pelembabnya juga berbau, wanginya lembut dan tidak terlalu menyengat, saya suka baunya, tidak terlalu mengganggu juga.

Tertarik membeli? Pelembab/Moisturizer Mustika Ratu Simply Stay bisa dimiliki dengan harga terjangkau Rp. 15.000,00 saja. 
The first one is moisturizer. Made up of two types; for normal to dry skin and for normal to oily skin. In my opinion, the normal-oily skin one has thicker texture compared to normal-dry skin. Well, my own skin is a kind of combination (quiet complicated, lol) but tend to normal-oily skin. 

When I try to apply this moisturizer onto face and neck thoroughly, the texture is very smooth and quickly absorbed (approximately 10 seconds). The outcome, my face may look oily (shiny) otherwise when I touch it, my skin remains soft, subtle and not sticky. This one is pretty good...

In addition it contains fragrance, soft scent though and pretty comfortable as for me, I like the smell.

Interested in buying? Simply Stay Moisturizer  by Mustika Ratu cost only IDR 15,000.00.

B. LIQUID FOUNDATION


Berikutnya ada Liquid Foundation dengan pilihan shade 4 jenis, yaitu: caramel latte (coklat sawo/muda), smoothie yellow (kekuningan), pearly white (putih-kuning), dan sweet choco (coklat tua).

Jika diperhatikan, warnanya agak nanggung ketika disesuaikan dengan kulit saya, kulit saya tergolong kuning, tapi warna smoothie yellow disini terlalu terang untuk saya jadi harus saya  padankan dengan caramel latte. Oh, iya, warna kulit saya memang tidak merata sih, #hiks. Tapi, ya akhirnya saya siasati dengan mencampur dua shade tersebut.

Liquid foundation ini cukup mudah diaplikasikan, yang jelas jangan dioles dalam keadaan wajah kering (selalu oleskan sesudah pelembab), kalau tidak nanti belang-belang dan tidak merata. Olesnya sedikit-sedikit pada tiap bagian wajah (hidung, dahi, pipi, dan dagu) baru diratakan ke arah luar wajah agar pigmen lebih mudah membaur.

Tertarik membeli? Liquid Foundation Mustika Ratu Simply Stay bisa dimiliki dengan harga terjangkau Rp. 20.000,00 saja. 

Next we have Liquid Foundation with 4 types of shade; caramel latte, smoothies yellow, pearly white, and sweet choco. 

If you notice on the picture above, the shade doesn't really match my skintone, my skin is actually classified as yellow, but the option yellow smoothies here is too bright for me so I tend to choose caramel latte. I know, since I have uneven skintone #sob. But, afterall I did some tricks with combine those 2 shade, worked well.

This liquid foundation is fairly easy to apply, just don't smear in a dry state skin (always apply after moisturizer), otherwise it may result an uneven coverage. Smear it partial (a lil bit on your nose, forehead, cheeks, and chin) and carefully smear to the outwards direction for good result.

Interested in buying? Simply Stay Liquid Foundation by Mustika Ratu cost only IDR 20,000.00.
C. STICK FOUNDATION


Yang ketiga ada Stick Foundation, dibandingkan dengan Liquid Foundation sebelumnya, tentu dalam hal tekstur sudah bisa ditebak lebih padat dan pekat. Mempunyai 4 shade juga:  caramel latte (coklat sawo/muda), smoothie yellow (kekuningan), pearly white (putih-kuning), dan sweet choco (coklat tua). 

Stick Foundation ini bisa diaplikasikan sebagai concealer: menyembunyikan noda di wajah ataupun menutup pori-pori. Yang pasti memakainya harus lembut dan tidak dioles terlalu keras, ya, kalau tidak lapisan liquid foundation-nya berantakan. 

Saya acungkan jempol untuk perannya dalam menyembunyikan noda bekas jerawat dan menutup pori-pori, perfect coverage deh!

Tertarik membeli? Stick Foundation Mustika Ratu Simply Stay bisa dimiliki dengan harga terjangkau Rp. 50.000,00 saja. 

The third is Stick Foundation, compared with the previous liquid Foundation, certainly it has thicker texture and more concentrated form, also comes with 4 shades: caramel latte, smoothies yellow, pearly white, and sweet choco

Stick Foundation can be applied as a concealer: hide blemishes and cover large pores. Make sure to apply it softly and gently smear it, you just don't want to mess with the liquid foundation layer.

Over all, I give my thumbs to stick foundation for its work pretty well in concealing blemishes acne scars and covers the pores, resulting perfect coverage! 

Interested in buying? Simply Stay Stick Foundation by Mustika Ratu cost only IDR 50,000.00.

D. TWO WAY CAKE




Selanjutnya untuk langkah akhir, kita pulaskan two way cake Simply Stay. Bagi yang belum tau, two way cake merupakan bedak padat dengan dua fungsi; sebagai bedak sekaligus foundation, perbandingan kandungan bedak dan alas bedak bisa antara 50: 50 atau 60: 40. Jadi, sebenarnya ketika saya menggunakan two way cake, tidak perlu menggunakan foundation. Sebaliknya jika menggunakan foundation, pemulas akhirnya bisa dengan bedak loose powder yang memang lebih ringan di wajah.  

Tips pemakaiannya: jika menggunakan two way cake sebagai bedak maka gunakan spons kering, namun jika bertujuan sebagai alas bedak, gunakan spons setengah basah pada two way cake.

Kembali lagi pada produk Simply Stay, terdapat 4 shade untuk two way cake:  caramel latte (coklat sawo/muda), smoothie yellow (kekuningan), pearly white (putih-kuning), dan sweet choco (coklat tua). Oya, jika digambar terlihat taburan bedak yang terkesan tidak halus dan berbutir, itu memang perbuatan saya untuk ngambil samplenya hihihi, jadi bukan produk Mustika Ratu-nya.

Menurut saya, bedak Simply Stay ini mudah diaplikasikan dan cepat menempel di kulit, memberikan kesan hasil akhir matte tidak glowy di wajah saya. Untuk shadenya saya cenderung menggunakan caramel latte, kadang saya padukan dengan sweet choco dan smoothie yellow - mumpung dapet shadenya banyak jadi bisa eksperimen, hahaha...

Tertarik membeli? Two Way Cake Mustika Ratu Simply Stay bisa dimiliki dengan harga terjangkau Rp. 75.000,00 saja, sedangkan untuk Loose Powder Mustika Ratu Simply Stay seharga Rp. 60.000,00. 
The last one, let's bring Simply Stay Two Way Cake on stage. For those who do not know what two way cake is, simply it's a compact powder with two functions; as a powder and foundation at the same time. The comparison of the content between powder and foundation might be 50: 50 or 60: 40. So, truthfully, you don't need to use foundation when you plan to use two way cake, use loose powder instead.

Tips: if you use two way cake as a powder then use a dry sponge, but as a foundation, use a half damp sponge when applying two way cake. 

Let's back to this Simply Stay product, there are 4 shades: caramel latte, smoothies yellow, pearly white, and sweet choco. If you notice that the powder doesn't seem smooth and grained, don't worry it was me who caused it when do sampling it, not the original products.

In my opinion, this Stay Simply two way cake is relatively easy to apply and quickly attached to the skin, make a matte finishing rather than glowy. I tend to use caramel latte shade which sometimes I mix with sweet choco and yellow smoothie - it's good to experiment when you have many, lol. 

Interested in buying? 
Simply Stay Two Way Cake by Mustika Ratu cost only IDR 75,000.00 whereas for Simply Stay Loose Powder by Mustika Ratu cost IDR 60,000.00 (I don't review this one).

APPLICATIONS


Gosh! My bare face!!!

Nah, berikut ini adalah contoh pengaplikasiannya. Setelah membersihkan muka, saya biasanya mengoleskan wajah dengan es batu agar make-up tahan lama. Selanjutnya saya akan menggunakan pelembab (normal-berminyak). Tunggu sekitar 2-3 menit hingga pelembab meresap, mulai aplikasikan liquid foundation secara merata. Berikutnya, saya akan membuat kontur (bayangan gelap/terang) pada wajah dengan stick foundation, terutama pada hidung dan pipi. Sekaligus untuk menyembunyikan noda wajah dan menutup pori-pori, #malu.

Dan, ini nih hasilnya.. Harap maklum kalau saya ngga secantik mbak Elvira Devinamira, ohohoho...
The following is an example of how I apply these products. After cleansing the face, I usually gently rub my face with an ice cube in order to make-up stay longer. Next, I will use my normal-oily moisturizer. Wait about 2-3 minutes until the moisturizer absorbed, then apply liquid foundation evenly. Next, create contour by applying dark/light shadow on the face with a stick foundation, especially on the nose and cheeks. As well as to hide facial blemishes and closes the pores, #shy. 

So here is the result, just don't expect I would be as pretty as pretty Ms. Elvira Devinamira, Ohohoho ...


INGREDIENTS

Setelah melihat varian-varian produknya, sudah tau kan betapa kerennya Simply Stay ini? Tapi ternyata bukan itu saja lho keunggulannya. Ternyata di balik hasil make-up sempurna dari Simply Stay, terkandung juga bahan-bahan unggulan yang juga baik untuk kulit kita.

Curcuma Heyneana Root Extract atau ekstrak akar temu giring berfungsi sebagai natural skin conditioning yaitu untuk melembabkan, menghaluskan dan mencerahkan kulit. Saya memang tidak akrab dengan nama tanaman ini, namun usut punya usut ternyata tanaman berakar rimpang dengan warna kuning segar ini sudah sejak lama merupakan bahan utama dari lulur pada perawatan kulit tradisional Jawa yang sering diberikan untuk calon pengantin, wow!

Lalu ada juga Tocopheryl Acetat (Vitamin E) yang merupakan antioksidan alami yang kuat untuk melindungi kulit dari kerusakan oleh radikal oksigen reaktif & sinar UVArtinya, aman donk pakai Simply Stay untuk beraktifitas di bawah sinar matahari. Hore!

Dan ada Octyl MethoxycinnamateUV filter alami untuk melindungi wajah dari paparan sinar matahari (UVB).
Looking at the product variants, now you may agree of how cool this Simply Stay is, right? But it turns out that besides the perfect make-up results, it contains superior ingredients that are also good for our skin. 

Curcuma Root Extract Heyneana acts as a natural skin conditioning to moisturize, soften and brighten the skin. I was not familiar with the name of this plant, but this rooted plants with yellow fresh rhizome has long been a key ingredient in traditional Java skin care scrubs which is often given to the bride and groom, wow! 

There is also Tocopheryl Acetate (Vitamin E) which is a natural powerful antioxidant to protect the skin from damage by reactive oxygen radicals and UV rays. Means, it's safe to wear Simply Stay and do activities under the sun. Hooray! 

Last but not least, Octyl Methoxycinnamate, natural UV filter to protect the face from exposure to sunlight (UVB).
CONCLUSION


Secara umum, produk Mustika Ratu Simply Stay ini memang diperuntukkan untuk para wanita aktif yang ingin tampil maksimal dan berkelas. Kan biasanya nih, ketika kita sibuk sana-sini, rasanya udah keburu malas mikirin riasan, mau touch-up ngga keburu waktu, jadinya males make-up yang aneh-aneh. So, dengan Simply Stay, ngga ada lagi nih acara "males dandan" atau alasan "ngga keburu touch-up" karena nyatanya, seri Simply Stay ini mampu bertahan hingga 8 jam!

Ciyus? Bener cause I've proved it myself.

Well, setelah panjang lebar nulis, ini kesimpulan saya setelah menggunakan Mustika Ratu Simply Stay:

POSITIVE
1. Harga terjangkau.
2. Masing-masing produk cukup mudah diaplikasikan, teksturpun ringan di wajah, sejauh ini tidak ada break-out di wajah saya yang sensitif ini.
3. Coverage untuk foundation sangat menyeluruh termasuk noda wajah dan pori-pori.
4. Bertahan hingga 8 jam tanpa menjadikan wajah seperti ladang minyak! 

NEGATIVE
1. Varian shade agak tricky, karena kulit wajah saya nanggung, antara smoothie yellow dan caramel latte, sehubungan kulit wajah memang tidak merata, tapi akhirnya saya bisa mengatasinya dengan membaur beberapa shade. Pilihan saya sih tetap caramel latte, walau di beberapa bagian wajah saya akan terlihat lebih gelap...
2. Liquid Foundation di dalam tube cepat kering dan menggumpal, jika dipaksakan untuk dipakai di wajah malah jadi greasy, hix, so far, asal pemakaiannya sedikit-sedikit tidak terlalu masalah.

Beli nggak? BELI, donk... 
Produk ini secara keseluruhan pas buat mereka yang doyan dandan, tampil maksimal dan berkelas tanpa harus mengeluarkan biaya banyak; maksimal di wajah, minimal di kantong, yay!
Generally, this Simply Stay series by Mustika Ratu is intended for active women who want to look pretty and classy. Well, it's common for us, when we feel too busy, we're too lazy to think about makeup and touch-up. With Simply Stay, no more "lazy to make-up" or "no time for touch up" because in fact, the series of Simply Stay is able to last up to 8 hours! 

I've proved it myself. 

Well, after this endless writing, these are my conclusions after using Simply Stay by Mustika Ratu

POSITIVE 
1. Affordable price. 
2. Each of these products is quite easy to apply, has lightweight texture and, so far no break-out experienced on my sensitive skin. 
3. The foundation cover thoroughly including hide blemishes and pores. 
4. Last up to 8 hours without making my face extremely oily! 

NEGATIVE 
1. Shade variants are somewhat tricky, since it doesn't match my skin perfectly, I tend to choose smoothie yellow and caramel latte, but ended up mix those two shades. In the future I rather still to pick caramel latte, though some parts of my face will look darker...
2 Liquid Foundation in the tube dries fast and clumping, it couldn't be apply properly and cause greasy, #sob. Take it few drips and it should be ok. 

Buy or not? Definitely BUY... 
I agree this product really fit for those who loves to perform optimally and classy without having to pay a lot; maximum in the face, minimal for your wallet, yay!

So, what do you think?

-----ooo-----

You May Also Like

8 komentar

  1. hei, i love how you write down this product.
    Love how u to review.
    Good luck yah :D

    btw, Main-Main ke Blog daku yah,
    Makasih :)


    by BULEIPOTAN BLOG ^^

    BalasHapus
  2. Lengkap banget kak reviewnya.. Aku juga ikut project ini.. Mampir di review-ku juga ya ^_^ review mustika ratu simply stay
    chalwoo <3

    BalasHapus
  3. lengkap banget reviewnya ^^ Good luck ya dear..<3

    BalasHapus
  4. lengkap....emang kelihatan simple banget :)

    BalasHapus
  5. eh kamu ikutan juga ya :)
    nice review.. and good luck for the competition..

    BalasHapus
  6. Wow such an extensive review, like no other have i ever seen before!! SO IMPRESSIVE! And you did it in 2 languages too, double to work!! Good work!!

    Would like to thank you for visiting and commenting on my blog, returning the support as always!!

    http://thefacelessstyle.blogspot.com

    BalasHapus
  7. reviewnya bgs-bgs mbak..aplg pk b ing...sukses u kompetisinya ya?dmn mbak?

    BalasHapus

Selamat berkomentar, tinggalkan link pada username. Link yang berada di dalam kolom komentar akan dihapus. (Feel free to comment and put your link on your username ONLY instead comment box area, otherwise deleted).