Terpikat Pesona Pulau Bintan, Riau

by - Senin, Maret 02, 2015


Akhir-akhir ini setiap kali memantau pergerakan tanggal merah di kalender (mencakup: harpitnas, hari besar resmi, dan hari libur yang dipaksakan), pasangan langsung berapi-api ingin ke Riau, alasannya ingin mengunjungi keluarga besar di kota kelahirannya, Dumai. Sebenarnya toh dia bisa kapan saja pergi ke Dumai, wong beberapa bulan terakhir ini dia sedang ada dinas di Padang Lawas, Sumatera Utara. Tinggal pakai jalan lintas, langsung deh bersua dengan para dulur (termasuk mantan taksiran yang bikin saya geregetan #eaa). Tapi ternyata, pasangan ngga mau ke Dumai kalo ngga sama saya #ceilee. Katanya,

"Sekalian ke Dumai, pengen ngajak kamu ke Pulau Bintan," Emang ada apa di sana? #Gubrak.

Sebagai seseorang yang mainstream, ngomongin Sumatra buat saya itu hanyalah: Danau Toba, Bangka Belitung (sebagai penggemar Sandra Dewi), kota Padang, Pulau Nias (yang sempat saya kira di Sulawesi, please excuse my Geography knowledge), Batam (kalo mau cepet ke Singapore), jauh dikit ya Pulau We (gara-gara ceritanya mbak Susan @PergiDulu). Uda. Titik. Mana ngeh sama Pulau Bintan, ya tau sih, but I'd never thought that it's really a must visit-tourist destination!

Ternyata oh Ternyata...

BINTAN, 
PULAU MEWAH DI BELAHAN BARAT INDONESIA

Pulau Bintan.
Disebut sebagai pulau terbesar di antara 3000an pulau dalam gugus Kepulauan Riau, daya pikat pulau Bintan ternyata sudah diperhitungkan sejak abad pertama masehi, ketika kapal dagang India dan Cina menjadikannya tempat favorit karena letaknya yang strategis; berada di semenanjung selatan Malaysia di mulut Selat Malaka yang kemudian melebar ke arah Laut Cina Selatan. Sejarah bahkan mencatat, Pulau Bintan ini sempat dijadikan rebutan, lho di antaranya oleh Eropa, Portugis, Belanda dan Inggris.

Sekarang ini, bukan hanya letaknya yang strategis, tapi sejatinya pemandangan tropis lautan Pulau Bintan nyatanya menampilkan keindahan yang menakjubkan; Pesona laut biru, hamparan halus pasir putih yang bersih, kesegaran gugus hijau rerumputan dan suburnya aneka pepohonan mampu menjadikan Pulau Bintan sebagai your ideal getaway destination! Your satisfaction is totally guaranteed karena keseluruhan potensi wisata Pulau Bintan memang telah dikelola secara modern dengan standar internasional.

Faktanya, Indonesia dan Singapura telah menandatangani sebuah persetujuan yang berisikan perjanjian untuk membangun kepulauan Bintan secara bersama-sama.

Bintan Lagoon yang mewah!!!
The result is... Bintan Resor, sebuah destinasi wisata pantai, seluas 23,000 hektare yang telah dibangun di Pulau terbagi menjadi wilayah tiga pemerintahan ini (Pemerintah Kota TanjungpinangPemerintah Kabupaten Bintan, dan Pemerintahan Provinsi Kepulauan Riau).

Hadeuh! Pengen ke sini....

Menghadap Laut Cina Selatan, wisata Pulau Bintan menyajikan puluhan resort dan hotel mewah ternama serta tempat rekreasi super lengkap, di antaranya; Angsana Bintan, Banyan Tree Bintan, Nirwana Garden, Bintan Lodge, hingga Bintan Blue Lagoon yang populer dengan kejuaraan golf dunianya.

Sebagai sarana rekreasi, Pulau Bintan juga menyediakan banyak tempat menarik yang sangat berkelas, seperti:
- Desa Wisata
- Petualangan Alam (bersepeda, trekking, go-kart, mini car/ATV ride, paintball)
- Elephant Culture Show
- Penangkaran Penyu
- Klub golf bertaraf internasional
- Taman air
- Lebih dari 40 restoran dan kafe
- Spa eksklusif
- Pusat belanja (Pasar Tanjung Pinang, Kampung Lagoi, dan Pasar Oleh-Oleh).

WISATA BAHARI YANG SPESIAL DI PULAU BINTAN

Pantai Trikora.
Sebagai penikmat pantai, ada dua pantai yang saya incar jika berkesempatan ke Pulau Bintan tahun ini yaitu Pantai Trikora dan Pantai Lagoi. Keduanya memiliki keunikan masing-masing; Pantai Trikora dengan kekhasan berupa banyaknya bebatuan granit berukuran besar yang tersebar di bibir pantai terkenal dengan pesona sunsetnya (matahari terbenam). Sedangkan, Pantai Lagoi begitu cocok untuk bersantai dan bermain air karena arusnya yang hampir selalu tenang sepanjang tahun.
Pantai Lagoi.
Terdapat berbagai macam aktivitas yang bisa dilakukan disini, misalnya olahraga air seperti jetski, banana boat, memancing, selancar angin, snorkeling, scuba diving, kano, dan boat ride - namun yang paling menyita perhatian saya adalah empat ini, nih: Marine Centre, Nirwana Gardens Sea Sport Centre, Alam Laut Indah Sea Sport Centre, dan Water Sport Centre.

Hm.. Jadi ngga sabar deh untuk segera liburan!
Adakah pembaca yang sudah pernah ke Pulau Bintan? Bole donk, berbagi pengalaman lewat kirim komentar di bawah ini. See you!


You May Also Like

8 komentar

  1. aahh surga yang indah milik indonesia ya mbak hehe.... kalo di sia butuh kuli jepret culik anak jogja ini ya mbak haseehh hehe....pizz kece amiitt tempatnya yah...

    BalasHapus
  2. fotonya bagus-bagus bener -_____-

    BalasHapus
  3. Indonesia tuh emang kaya bangeeet yah, pulaunya indah2..
    waah, semoga kapan2 dapet kesempatan buat nginjekkin kaki di pulau bintan :))

    BalasHapus
  4. heuu... pulau bintan memang cakep banget keliatannya. Pengen kesana juga :)

    BalasHapus
  5. Indonesia memang tempatnya pantai - pantai dan pulau indah :D
    Semoga suata saat bisa berkujung ke Pulau bintan juga

    BalasHapus
  6. Weish, ini pulau yang bikin balik lagi dua kali, bablas ke Natuna juga lah, gak kalah cantik pun.
    Pantai Gili Tralala (panggilan kesayanagan untuk Gilitrawangan di Lombok) jadi saingan berat setelah Raja Ampat.
    "Ini kenapa malah sampai ke Bintan? padahal pertama buka Blog kamu ini karena search pemain STEREO yang jadi DARA :D "
    Salam Kenal :)

    BalasHapus

Selamat berkomentar, tinggalkan link pada username. Link yang berada di dalam kolom komentar akan dihapus. (Feel free to comment and put your link on your username ONLY instead comment box area, otherwise deleted).