Tips Mudah Mengatur Keuangan ala Freelancer dan Pegawai

by - Sabtu, Juni 17, 2017

Begini Cara Cerdas Atur Keuangan bagi Pegawai dan Freelancer

Hari gini masih ngerasa gaji kok cepet habis, alias cuma cumpang lewat? Hm, jangan langsung mengira gajinya yang kurang ataupun kebutuhan kita yang banyak. Bisa jadi ada yang tidak pas dalam cara kita mengelola keuangan.

Urusan uang ini memang tidak ada matinya dan sampai kapanpun topik seputar mengatur keuangan ini selalu menjadi tantangan tersendiri. Karena memang nyatanya problematik akibat salah mengatur uang masih sering terjadi di tengah masyarakat, bukan hanya mereka karyawan baru, tapi juga mereka yang sudah bekerja bertahun-tahun.

Sebenarnya intinya sih mudah: menentukan prioritas.

Yeap. Tak banyak orang yang bisa menentukan prioritas mereka saat menerima gaji atau honor.  Ya, saya juga gitu kok, duluuuuu, padahal yang sedang dibutuhkan itu banyak, tapi begitu nerima gaji, lho kok ya, yang saya beli malah yang semuaaa yang saya ngga pernah rencanakan. Hahaha! Dan uangpun habis tidak karuan,  dan yang lebih menyebalkan lagi ketika ada pengeluaran mendadak di tengah bulan. Langsung buyar semua niat dan keinginan yang tadinya sudah dipersiapkan.
Kalau teman-temin termasuk yang mana nih? Apakah suka kecolongan ketika mengatur keuangan?
Bila iya, nah, teman-temin bisa simak tips yang kali ini saya bagi. 

TIPS MENGATUR KEUANGAN UNTUK PEGAWAI

Tips ini terutama untuk teman-temin yang bekerja dengan gaji tetap setiap bulan.
  1. Hitung pengeluaran tetap yang harus dilakukan tiap bulan, lalu sisihkan gaji teman-temin sesuai jumlah tersebut. Jangan lupa juga sisihkan untuk tabungan.
  2. Menabunglah untuk sebuah target dalam hidup, seperti membeli mobil atau rumah. Hitung dengan cermat berapa waktu yang dibutuhkan untuk mencapai target tersebut. Nah, begitu gajian, langsung alokasikan dana untuk keperluan ini.
  3. Catat pengeluaran harian, lalu lihat apa saja yang dikonsumsi. Bila merasa berlebih, baiknya mulai mengurangi konsumsi itu dan mengalihkannya untuk hal yang lebih baik, misalnya menabung.

TIPS MENGATUR KEUANGAN UNTUK FREELANCER

Nah, bila teman-temin adalah freelancer yang hanya mendapat honor setiap kali kamu menyelesaikan sebuah pekerjaan, maka rencana keuangan haruslah berbeda dibanding mereka  yang mendapat gaji tetap tiap bulan. Hal ini bukan berarti freelancer tidak bisa mengatur keuanganmu dengan baik dan benar, lho. Berikut adalah cara agar teman-temin tetap nyaman dengan honor yang tak tentu datangnya:

  • Buatlah rencana pengeluaran. Rencana ini menjadi patokan berapa banyak pekerjaan yang harus dilakukan dalam waktu sebulan untuk memenuhi pengeluaran itu.
  • Siapkan dana darurat. Dana darurat itu bisa berupa tabungan yang dapat diambil kapan saja. Tiap menerima honor pekerjaan, sisihkan untuk dana darurat itu.
  • Prioritaskan kebutuhan pokok. Misalnya untuk yang ngekos, pastinya ada kebutuhan pokok yang harus kamu bayar setiap bulan. Misalnya biaya telepon, listrik, atau sewa kos. Jangan sampai nggak kebayar. Bagaimana mau kerja kalau pulsa nggak ada, ya kan?
  • Berinvestasi dengan cerdas. Pilihlah metode investasi yang sesuai dengan dana dan kepribadianmu.

Meski semua langkah tadi terlihat mudah, tentunya jelas butuh kedisiplinan dan kekuatan hati untuk melakukannya. Walau tak sulit, kadang kala kita dihadapkan dengan pilihan yang berat saat harus memilih antara menabung dengan mengkonsumsi barang di luar pengeluaran tetap kita.

Di satu sisi, menabung itu penting, namun di sisi lain barang yang kita ingin beli itu juga penting. Apakah kita harus gigit jari dan tak jadi membeli barang yang kita inginkan demi mempersiapkan masa depan? Atau malah nekad membeli dan mengabaikan rencana keuangan yang telah disiapkan?

Sebenarnya ada solusi win-win untuk masalah ini.

Teman-temin bisa mencicil barang yang diinginkan tanpa menganggu rencana keuangan yang sudah dipersiapkan dengan matang. 

Mencicil itu membagi besarnya jumlah konsumsi teman-temin ke dalam beberapa bulan, sehingga tidak memberatkan saat membayar.

Coba deh cek metode cicilan yang ditawarkan Akulaku.

Tanpa harus membuat kartu kredit, teman-temin sudah bisa mencicil barang yang diimpikan.

Cukup dengan men-download aplikasi Akulaku di Google Play atau App Store, lalu registrasi dan lakukan verifikasi, teman-temin sudah bisa memilih barang yang selama ini didambakan dan menentukan metode pembayaran yang diminati. Tak perlu waktu yang lama atau proses yang panjang, semua bisa dilakukan dengan cepat.

Tak percaya? Coba saja. Pasti nanti bakal terkejut melihat betapa mudahnya mendapatkan barang idaman tanpa menganggu rencana keuangan.


Teman-temin sendiri apa sudah ada yang mau berbagi pengalaman seputar mengatur keuangan?


Sampai bertemu di tulisan berikutnya!

You May Also Like

0 komentar

Selamat berkomentar, tinggalkan link pada username. Link yang berada di dalam kolom komentar akan dihapus. (Feel free to comment and put your link on your username ONLY instead comment box area, otherwise deleted).