ASUS ZenFone Max Pro M1; Ponsel Gaming Idaman

by - Minggu, November 25, 2018


Demi apa kok ya saya sekarang ketagihan main Ragnarok Mobile Eternal Love (RMEL)! ((Dateng-dateng langsung tepok jidat)) Ya, jangan salahin gamenya juga sih. Sebenarnya, dorongan untuk install game ini tidak lain dan tidak bukan karena ingin nostalgia pas zaman dulu main game RPG Ragnarok online, pingin inget sensasinya main game online. Apalagi ngga bisa disangkal, dari dulu karakter di RMEL ini selera akyuh bingit, unyu-unyu gimana gitu, tapi kok ya jadi keterusan.

Kan, hape akuh panas, bro!

Dan, seketika saya merenung, berkontemplasi mencari kesempurnaan hidup, hingga akhirnya terceletuklah kalimat ngga tau diri ini: pengen smartphone baru, deh.

OMAIGAT. Sayapun tergelak. Budget akhir taunkan buat liburan bukan buat beli hape. Apalagi nyari hape buat mobile gaming, mana ada yang murah, cyiin. RAMnya kudu gede, layar kudu gede, internal storage kudu guueddeee puooolll, body kudu slim tapi setroong ngga kayak skinny jeans akyuh yang gampang robek, baterai kudu awet - seawet hubungan kita (#awwwwww), dan yang pasti prosesornya mesti yang kuat menahan badai rintangan dari game-game yang luar biasa keterlaluan kalo nuntut spesifikasi hape biar bisa dimaenin. 


Memahami kebiasaan sendiri dalam penggunaan smartphone sehari-hari bikin saya jadi tau banget smartphone apa yang saya butuhkan tapi, ada ngga ponsel yang minimal bisa memenuhi kebutuhan saya di bawah ini?

Hal yang saya lakukan dengan ponselHal yang harus ada di ponsel
1.
Saya suka main game, a lot of games!
RAM yang mumpuni serta
tidak mudah panas
2.
Saya suka nonton film di ponsel
punya tampilan layar yang jernih dan
nyaman di mata dan aman digenggam
3
Saya suka install berbagai macam aplikasi dan
menyimpan berbagai macam file
ruang penyimpanan yang besar,
kalau bisa upgradable
4.
Saya suka merekam musik live baik video dan audio
Kualitas perekam dan pemutar audio
yang baik, tidak mudah gemeresek.
5. 
Saya tidak ingin repot dengan konektivitas ponsel
Pastinya koneksi wifi yang bagus,
juga sudah support OTG.
6. Harganya terjangkau di kantong

Sekarang sih memang banyak smartphone yang sesuai dengan spesifikasi idaman kita, tapi cocok ngga dengan spesifikasi kantong kita? Mana ada smartphone dengan RAM tinggi tapi harganya terjangkau, yakalee, menurut ngana?

Pasti teman-temin bakal bilang: Tidak semudah itu Ferguso!

Etapi, etapi! Ternyata kamu salah Fernando, sekarang sudah ada ZenFone Max Pro M1 yang sukses bikin saya tercengang #alay!


Yuk, Berkenalan dengan ASUS
seri ZenFone Max Pro M1


Hadir dengan tagline Unbeatable Performer, ASUS ZenFone Max Pro M1 disebut-sebut sebagai the next-generation smartphone dengan kualitas performa dan daya tahan yang luar biasa.

Dan yang lebih gokil, produsen asal Taiwan ini dateng-dateng bawa tema "Limitless Gaming".

Well, ASUS memang bukan pendatang baru di industri smartphone, apalagi untuk urusan gaming dan esports, jadi memang tidak ada alasan untuk meragukan produk-produk ASUS. Tapikan, berani banget dah ini nantanginnya. Pastinya, mentang-mentang cabang e-sports sudah lulus uji coba di Asian Games 2018 lalu dan bakalan hadir sebagai cabang olahraga resmi di Asian Games 2022 yang akan datang.

Nah loh, Berasa tetiba pengen jadi atlet esports ngga sih kalau kayak gini?

Lho emangnya ASUS ZenFone Max Pro M1 yakin mampu mengakodomasikan kami-kami yang suka main game macam Arena of Valor, Clash Royale, Mobile Legends, dan yang lagi ngetren belakangan; PUBG? (Yah, bolehlah ditambah dikit-dikit macam Hago atau Roblox gituh, hehe).

Eng-ing-eng, dear teman-temin, kalian pasti bakal terkejut kalau menengok spesikasi ASUS ZenFone Max Pro M1. 

Diresmikan pada 23 April 2018 lalu, ASUS ZenFone Max Pro M1 dibekali prosesor Snapdragon 636, baterai 5000mAH, serta menggunakan Android Oreo 8.1. Smartphone ini dipasarkan dalam tiga versi berdasarkan RAMnya 3GB/32 GB, 4GB/64GB, dan 6GB/64GB, ASUS ZenFone Max Pro M1 dan yang bikin makin ajaib: smartphone ini dijual di kisaran harga 3 jutaan, wow

Rasanya smartphone RAM 6 GB belum pernah semurah ini lho, emang ASUS keterlaluan kerennya!

Dan saya uda bilang belum kalau ASUS ZenFone Max Pro M1 ini punya tiga buah slot, iya bener, dua slot untuk SIM card dan satu slot untuk external storage alias memory card. Wuidih, akhirnya anganku terkabul untuk bisa ngerasain smartphone milenial yang murni dual sim tanpa harus acap kali dirundung dilema harus milih; untuk sim card atau memory card?

Gimana ngga makin pengen punya ASUS ZenFone Max Pro M1? Yang pasti saya mah jelas ngarep banget bisa punya dan main game bareng ASUS ZenFone Max Pro M1.

Pasti teman-temin makin penasaran, ada kelebihan apa lagi di ASUS ZenFone Max Pro M1 yang bikin saya jatuh hati banget tanpa pake lama?

Berawal dari jatuh cinta sejak pandangan pertama melalui brosur, sayapun menyempatkan untuk melihat barang aslinya di salah satu counter ASUS di Bandung, latihan megang dulu judulnya, hehehe.

Buat saya, ada lima fitur ASUS ZenFone Max Pro M1 yang memesona dan mampu memikat perhatian saya seketika. Kelimanya merupakan; prosesor, tampilan desain dan layar, audio, kamera, dan user interface-nya.


Bisa dibilang, tiga fitur pertama adalah alasan utama saya jatuh cinta pada ASUS ZenFone Max Pro M1 sejak pandangan pertama.




Alasan pertama kenapa saya memilih ASUS ZenFone Max Pro M1 sebagai pasangan ngegame tidak lain karena fitur prosesornya, donk. ASUS ZenFone Max Pro M1 ditanami prosesor Qualcomm Snapdragon 636 8x (octa-core) 14nanometer. Prosesor ini disebut sebagai chip kelas medium tier namun memiliki fitur kelas premium dari generasi Snapdragon 800. Wuih, dengernya langsung sedap di telinga, hal ini memantapkan ASUS ZenFone Max Pro M1 dalam memberikan performa lebih cepat namun hemat baterai.

Mobile platform terbaru Qualcomm ini menggunakan teknologi 14mm dengan basis arsitektur core Kyro 260, dimana kinerja 40 persen lebih tinggi daripada generasi sebelumnya (Snapdragon 630). Terpasangnya GPU Adreno 509 pada Zenfone Max Pro M1 menjadikan smartphone ini lebih tahan lama untuk digunakan untuk bermain game. Asli, mantul bener dah.


Tiga game MOBA favorit, seperti Mobile Legends, Arena of Valor, dan Vainglory, Zenfone Max Pro sudah mampu menjalankan grafis tinggi.... Lalu, saya coba bermain 4 match berturut-turut menghabiskan waktu kurang lebih 2 jam, hasilnya suhu Zenfone Max Pro tidak overheat,...
- dailysocial.id

ASUS ZenFone Max Pro M1 memberikan tiga pilihan versi berdasarkan RAM; 3 GB, 4GB dan 6GB. Nantinya perbedaannya akan terletak di kapasitas internal storage dan resolusi kamera. Tapi untuk performa sih, banyak review yang mengatakan kalau kinerja ASUS ZenFone Max Pro M1 ini smooth dengan grafis yang ok banget. 



Selanjutnya saya mau bahas dari segi fitur desainnya nih. ASUS ZenFone Max Pro M1 mengedepankan desain bezel-less dipadu infinity display. Berdimensi 159 x 76 x 8.46 mm, perhatian saya langsung tertuju pada bentang layarnya yang terkesan lebar. Bagaimana tidak, bodi 5,5 inci tapi layarnya 5,99 inci. Yeap, ini ngga lain karena adanya teknologi full view display apalagi ditambah layar beresolusi 2.160 x 1.080 pixel berkepadatan 402 ppi, Full HD+ dengan 450 nits (sehingga layar mampu menyala dengan terang). Adanya rasio 18:9 makin membuat penggunanya makin mantap ngegame pastinya (apalagi buat teman-temin yang selama mainnya pakai layar resolusi 16:9).

Memiliki bobot 180 gram, bodi ASUS ZenFone Max Pro M1 tergolong ringan walau material utamanya merupakan metal. Kesannya malah jadi mewah dan elegan. Ditambah curved display 2.5D, membuat smartphone ini selalu nyaman dan mantap kalau dipegang. Secara pribadi, lengkung sudutnya juga pas di genggaman tangan saya yang mungil ini #ceile.

Tersedia dalam dua warna; Deepsea Black dan Meteor Silver, ASUS ZenFone Max Pro M1  juga dilengkapi sensor sidik jari (0.3 seconds unlock) yang terletak di bagian belakang bersama dengan dua kamera ganda dengan posisi vertikal. Posisi fingerprint scanner ini dirasa pas dengan posisi jari telunjuk dan mampu merekan hingga lima sidik jari untuk akses keamanan smartphone. Di bawahnya ada LED flash, tombol volume berada di kanan perangkat bersama dengan power button. Lalu bagian bawah terdapat audio jack, grill speaker, dan charger konektor. 



Nah, keunggulan lainnya adalah TIGA SLOT! Yap, akhirnya ada juga smartphone yang murni dual sim yang ngga nyuruh penggunanya memilih mau untuk sim card atau memory card. Dua slot sim card ini bisa di jaringan 2G/3G/4G Nano SIM Card, dengan catatatan hanya salah satu sim card yan bisa dipilih untuk aktif 4G nya ketika dipakai bersamaan (slot keduanya akan menggunakan jaringan lain, 3G misalnya). Sedangkan slot ketiga dikhususkan untuk MicroSD card up to 256 GB, wuih!



Yang ketiga ini merupakan fitur yang bikin saya suerr tertarik sekaligus penasaran. Sebagai orang yang demen nonton live concert pastilah saya suka mengabadikan momen-momen penting dalam konser tersebut. Dan sudah jelas, kebanyakan peraturan kalau di live concert itu penonton kagak boleh bawa kamera profesional, sehingga saya harus bergantung pada kamera dan audio dari smartphone.



Nah, yang spesial dari ASUS ZenFone Max Pro M1 ini adalah adanya Dual microphones with ASUS Noise Reduction Technology. Yeap, that's what I need; a noise reduction. Selama ini mic smartphone saya rusak semua kalo saya bawa ke konser (apalagi yang lagunya EDM banyak jedug-jedug gitu kan ya), alhasil suaranya ngeberebet kakeresek jadi ngga bisa didengerin deh - dan yang lebih miris adalah, ketika kita ngga bisa pamer kerennya suasana konser tersebut di nstagram stories, yang ada malah audionya gumurusruk ga karuan.

Jadi, saya nantang banget nih pengen ngerasain kualitas audio ASUS ZenFone Max Pro M1.


Selanjutnya, ngga lain dan ngga bukan ya ngomongin kamera. Walau tidak termasuk dalam tiga fitur utama yang saya incar - karena memang saya belakangan jarang motret pakai hp, tapi boleh donk ya dibahas. Apalagi untuk standar ponsel game, ASUS ZenFone Max Pro M1 tidak ketinggalan dalam mengikuti tren dual camera dengan posisi vertikal.



Jangan khawatir ngga bisa buat foto bokeh, karena bukaan lensa belakangnya sudah f2.0, juga dilengkapi phase detection auto focus dan LED flash.

Kamera pada ASUS ZenFone Max Pro M1 memiliki dibagi menjadi dua versi , berdasarkan tipe RAMnya. Walaupun secara umum, produknya memiliki baik kamera depan (front camera) dan dua belakang (rear main camera dan 120deg wide angle).

  • 6 GB/64 GB. Kamera ganda di punggungnya memiliki resolusi 16 MP dan 5 MP, sementara kamera depan 16 MP
  • 4 GB/64 GB. Kamera gandanya terdiri dari unit 13 megapiksel dan 5 megapiksel, lalu kamera depannya 8 megapiksel
  • 3 GB/32 GB. kameranya 13 megapiksel dan 5 megapiksel di punggung, serta 8 megapiksel di depan.

Berikut adalah mode camera yang terdapat pada ASUS ZenFone Max Pro M1:

Mode Auto
Buat teman-temin yang suka ngejepret gambar pastilah sudah tidak asing lagi dengan istilah ini, auto-mode berarti memberikan opsi pada smartphone untuk secara otomatis memilih settingan foto sesuai dengan situasi yang terekam; menentukan fokus secara otomatis serta intensitas cahaya.

HDR Mode
High Dinamic Range (HDR) adalah fitur dimana kita bisa menyeimbangkan warna foto sehingga tidak terlalu gelap atau sebaliknya terlalu terang.

Potrait Mode
Meniru teknik depth of field, fitur ini memampukan kita untuk mendapatkan foto yang terfokus pada satu obyek dengan latar lainnya blur, atau lebih sering kita sebut bokeh. Ini pas banget buat para penggiat sosial media yang harus eksis pakai foto bokeh.

Flower Mode merupakan fitur untuk membidik obyek-obyek makro, seperti bunga, serangga, tanaman, dan lainnya.

Selfie Panorama yaitu mengambil foto dengan kamera depan tapi dengan jangkauan lebih panjang.

GIF Animation membuat animasi GIF secara langsung

Effects menyediakan efek filter untuk foto

Redeye Reduction mampu mengurangi titik merah pada mata.

Beauty shot memberikan filter untuk hasil foto yang baik.

Continuous Shot mampu menghasilkan beberapa foto dalam sekali bidik.

Scene mode untuk memotret pemandangan. 



Fitur kelima, adalah dari sisi user interface-nya. ASUS ZenFone Max Pro M1 menggunakan sistem operasi Android Pure yakni Oreo 8.1, bukan dengan user interface ZenUI. Hal ini menjadikan tampilan antarmuka yang bersih dan minimalis sehingga performa menjadi lebih cepat bahkan terasa ringan.


Namun jangan salah, walaupun terlihat polos, namun Android 8.1 pada ASUS ZenFone Max Pro M1 memiliki fitur-fitur anyar yang patut dicoba:

  • Life Saver. Membuat daya tahan baterai pada smartphone menjadi lebih panjang, 
  • Emoji. Lebih banyak desain emoji baru.
  • Google Play Protect. meningkatkan keamanan Play Store, terutama untuk transaksi.
  • Notification Dot. Tampilan anyar untuk notifikasi yang muncul berupa titik terletak di pojok kanan aplikasi.
  • Picture-in-Picture. Memampukan penggunanya menjalankan dua aplikasi bersamaan.
  • Notifikasi baterai. Menampilkan persentase status baterai.
  • Autofill. Google akan secara otomatis mengisi data (password) yang kita izinkan untuk disimpan. 
  • Booting yang lebih cepat. 
  • Background Limit. membatasi dan meminimalkan aplikasi yang jarang digunakan

Untuk lebih lengkapnya, berikut tabel spesifikasi ASUS ZenFone Max Pro M1. Informasinya saya himpun dari berbagai sumber, semoga teman-temin sama ngilernya kayak saya pengen ngerasain ngegame pake ASUS ZenFone Max Pro M1.

ZenFone Max Pro M1 (ZB602KL)
RAM
LPDDR4 6 GB
LPDDR4 4 GB
LPDDR4 3 GB
Layar
 6-inch Full HD+ (2160 by 1080) 18:9 Full View IPS display
Front 2.5D curved glass display
1500:1 contrast ratio
85% NTSC color gamut
450nits brightness
404ppi pixel density
Capacitive touch panel with 10 points multi-touch
Dimensi fisik
159 x 76 x 8,46mm
Bobot
180 gram
Prosesor.
CPU:
Qualcomm® Snapdragon™ 636 Mobile Platform with 14nm,
64-bit Octa-core CPU Kryo 260 1,8 GHz
GPU:
Qualcomm® Adreno™ 509
Media penyimpanan
(eMCP 5.1) 64 GB
(eMCP 5.1) 64 GB
(eMCP 5.1) 32 GB
+  micro SD hingga 256 GB
Kamera belakang (1)
16 MP
13 MP
13MP
Up to 25mm equivalent focal length in 35mm film camera
Phase-detection autofocus
LED flash
Camera modes:

HDR, Effects, Redeye Reduction, Beauty shot, Continuous Shot, Scene mode, Portrait mode
Kamera belakang (2)
5MP
Portrait mode for depth sensing
Kamera depan
16 megapiksel, LED flash

8 megapiksel, LED flash
8 megapiksel, LED flash
Up to 26mm equivalent focal length in 35mm film camera
85° field of view
Softlight LED flash
Face recognition unlock
Camera modes

HDR, Effects, Redeye Reduction, Beauty shot, Selfie Mirror, Continuous Shot, Scene mode, Portrait mode
Video Recording
4K UHD (3840 by 2160) video recording for main rear camera
1080p FHD video recording at 30 fps
720p HD video recording at 30 fps
Take still photo while recording video
Audio
Speaker. 5-magnet loudspeaker
Audio Output. PMIC internal NXP smart amplifier
Microphone. Dual microphones with ASUS Noise Reduction Technology
FM Receiver
FM radio
Power Adapter
Output: 5V 2A 10W
In the Box
ZenFone Max Pro with Android™ 8.1 Oreo™
ASUS earphone with microphone (optional)
Micro-USB cable
MaxBox (optional)
Ejector pin (SIM tray needle)
USB power adapter
Documentation (user guide, warranty card)
Clear soft bumper (optional)
Kapasitas baterai
5000mAh capacity with fast charging (0-100% in 2 hours 42 minutes)
Jaringan seluler
GSM, WCDMA, FDD-LTE, TD-LTE
Konektor
micro-USB, jack audio 3,5mm
Navigasi
GPS, AGPS, GLO, BDS
Slot

Triple slots: Dual SIM and one microSD card
Slot 1: 2G/3G/4G Nano SIM card
Slot 2: 2G/3G/4G Nano SIM card
(hanya satu kartu SIM yang dapat terhubung ke layanan 4G LTE dalam satu waktu)
Slot 3: supports up to 2TB microSD card
Konektivitas wireless
WLAN 802.11 b/g/n 2.4GHz
Bluetooth 5.0
Bluetooth HID
Wi-Fi direct
WiFi display
NFC (optional)
Sensor
Rear fingerprint sensor (0.3 seconds unlock, supports 5 fingerprints), Damp finger recognition, Accelerator, Gyroscope, E-Compass, Proximity sensor, Ambient light sensor
Sistem operasi
Pure Android™ 8.1 Oreo™
Pilihan warna
Deepsea Black, Meteor Silver
Harga
Rp 3.299.000
Rp 2.799.000
Rp 2.299.000

Jadi, kalau teman-temin masih bingung kenapa saya milih ASUS ZenFone Max Pro M1 sebagai rekan ngegame saya, bisa dipastikan teman-temin pasti ngga baca tulisan yang saya buat dengan sepenuh hati ini.

Hm, giliran saya nih sekarang malah jadi sugestif sendiri.

Rasanya, ngegame jadi kurang afdol kalau ngga pakai ASUS ZenFone Max Pro M1!!



You May Also Like

1 komentar

Selamat berkomentar, tinggalkan link pada username. Link yang berada di dalam kolom komentar akan dihapus. (Feel free to comment and put your link on your username ONLY instead comment box area, otherwise deleted).