Website Sebagai Sarana Promosi Desa Wisata

by - Kamis, September 19, 2019


Website Sebagai Sarana Promosi Desa Wisata. Desa wisata harus memiliki website desa.

Perkembangan zaman membuat semua orang harus beradaptasi dengan perubahan yang terjadi. Bukan hanya orang kota, namun juga mereka yang hidup di pedesaan. Mudahnya akses informasi membuat banyak desa berlomba-lomba untuk membuat website desa. Bukan sekedar bergaya, banyak manfaat yang bisa didapat sebuah desa bila memiliki sebuah tempat yang memuat segala informasi tentang desa.Tak hanya akan membuat nama desa terangkat, dengan memiliki website sebuah desa mejadi lebih maju dan meninggalkan kesan desa sebagai sebuah tempat yang identik dengan ketertinggalan. Desa dan wisata menjadi menjadi dua kata yang seolah tak terpisahkan saat ini. Bahkan persebaran desa wisata seolah menjadi sudah merata di seluruh Indonesia.

Desa Wisata: Turunan Dari Industri 4.0 

Pemerintahan Presiden Joko Widodo sedang gencar mengkampanyekan semangat industri 4.0. Revolusi industri mengepankan pada penggunaan kecerdasan buatan dan internet adalah segalanya (Internet of Things). Tentu kita ingat dulu sebelum internet menjadi salah satu kebutuhan dasar umat manusia, sebelum pergi ke suatu tempat, seseorang harus repot bertanya sana dan sini untuk mendapatkan informasi tentang tempat tujuannya. Selain memakan banyak waktu, kadang apa yang kita harapkan dari destinasi tujuan kadang tak sesuai dengan kenyataan. Dan karena seolah tak mau tertinggal, desa membranding diri sebagai desa wisata dengan memanfaatkan apa yang telah disediakan oleh internet saat ini.

Keharusan Membangun Website Desa 


Teknologi bernama internet telah banyak merubah peradaban manusia saat ini. Semua hal sudah sudah serba digital dan serba cepat. Termasuk juga distribusi informasi. Memiliki website adalah suatu keharusan bagi siapapun saat ini. Bukan hanya hanya orang yang hidup di kota saja yang memerlukan website. Orang yang hidup di desa pun juga harus memiliki website untuk bisa menyebarkan informasi yang ada di desa mereka agar diketahui oleh masyarakat yang lebih luas. Oleh karena itu membangun website adalah suatu keharusan bagi sebuah desa di era internet yang sedemikian maju saat ini. Di perlukan visi dan misi yang sama antar warga desa.

Dukungan Maksimal Pemerintah 

Pemerintah Indonesia melalui sinergi Kementerian Desa, Kementerian Komunikasi dan Informasi, serta Telkom sedang gencar menggalakkan kampanye internet masuk desa. Hal ini tentu sangat positif untuk membangun gerakan sadar internet di masyarakat pedesaan. salah satu bentuk nyata dukungan tersebut adalah keberadaan pusat internet di kecamatan. Selain itu juga tersedia mobil internet gratis yang siap melayani kebutuhan berinternet masyarakat Indonesia yang tinggal di pedesaan dan jauh dari kota.

Apa Yang Diperlukan Website Desa? 

Sebelum memulai untuk membuat website untuk desa, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan.

1) Siapkan Nama Domain .desa.id 

Yang pertama kali disiapkan saat akan membuat website untuk desa adalah menyiapkan nama domain. Dan karena akan membangun website mengatasnamakan desa, maka domain yang harus disiapkan adalah yang berekstensi .desa.id. Beberapa hal yang harus kamu persiapkan adalah dokumen-dokumen penduung yang akan digunakan untuk mendaftarkan domain. desa.id ke Kementerian Kominfo.

Dokumen itu antara lain:
● Surat Keterangan Kepala Desa dan Perangkat Desa yang masih berlaku
● Surat Permohonan Sekretaris desa/Kepala desa untuk pemerintah pusat yang ditembuskan kepada bupati atau skretariat daerah(Sesuai dengan peraturan Kementerian Kominfo yang masih berlaku)
● Surat Kuasa dari Kepala Desa atau Sekretaris desa sebagai pengelola.

Setelah semua dokumen siap, Anda bisa segera mendaftarkan domain.

2) Pilih Paket Hosting Terbaik 



Setelah urusan domain beres, sekarang waktunya kamu memilih paket hosting yang akan kamu gunakan untuk menjalankan website desa. Beberapa hal yang harus kamu perhatikan dalam memilih hosting untuk website desa mu antara lain:

● Harga.
Penyedia web hosting memiliki beberapa paket pilihan untuk para pelanggannya. Untuk masalah harga, baiknya anda memperhatikan dengan seksama pilihan yang diberikan oleh penyedia web hosting.
● Space Hosting.
Space hosting adalah kapasitas penyimpanan sebuah web hosting. Kapasitas penympanan ini berguna untuk menampung database, gambar-gambar website, dan juga email. Jika website anda semakin berkembang, ada kemungkinan suatu saat kapasitas penyimpanannya akan penuh. Bila sudah begitu yang harus Anda lakukan adalah memilah dan menghapus file lama, atau melakukan upgrade paket hosting website. Untuk mengetahui harga pasaran, anda bisa bertanya pada pengguna hosting yang lain.
● Bandwidth.
Jangan sampai website anda down pada pertengan bulan karen kuota bandwith yang disediakan penyedia hosting yang terbatas. Sebaiknya anda memilih penyedia hosting yang memberikan kuota bandwith tak terbatas dengan harga yang murah. Dengan begitu anda tak perlu lagi pusing memikirkan kuota bandwith yang habis.
● Kecepatan dan Spesifikasi Server.
Sebelum memilih web hosting untuk membangun website, anda harus mencermati kecepatan dan spesifikasi server yang di gunakan oleh penyedia layanan web hosting anda.
● Add On Domain.
Add on Domain adalah satu domain yang ditambahkan pada suatu akun hosting. Dengan layanan ini, Anda akan lebih mudah dalam mengembangkan website desa anda. Misalnya dengan menambahkan landing page yan berisi paket wisata di desa Anda.

3) Memilih Template 

Setelah memastikan nama domain dan memilih hosting yang tepat, langkah selanjutnya adalah memilih template website yang akan anda jalankan. Penyedia web hosting biasanya selalu menyediakan pilihan template dalam setiap paket yang diberikan. Anda bisa melihat demo produk template yang di tawarkan oleh penyedia web hosting anda. Dengan tampilan yang menarik, akan membuat pengunjung betah berlama-lama berada di website Anda.

Manfaat Memiliki Website Desa Wisata 

Mengenalkan Potensi Desa 
Saat ini setiap desa berlomba-lomba untuk menggali potensinya masing-masing. Setiap desa memiliki keunikannya sendiri yang berbeda satu sama lain. Untuk itulah setiap desa harus mempunyai website untuk mengenalkan keunggulannya pada dunia luar. Penyebaran informasi sebuah desa wisata akan lebih maksimal bila memiliki website dengan hosting yang bagus dan tidak mudah down.

Sebagai Media Promosi yang Efektif 
Website merupakan sarana promosi yang efektif untuk mengenalkan potensi dan meningkatkun kunjungan ke suatu desa, teruatama dalam hal ini adalah desa wisata. Website menjadi sarana calon pengunjung mendapatkan informasi desa wisata, seperti bagaimana kecantikan alamnya, keramahan manusianya, bagaimana aksesnya, hingga buah tangan unik yang bisa dibawa pulang dari sana. Dengan optimasi SEO yang baik dan website yang stabil, mudah diakses, dengan konten yang menarik dan informatif akan menambah ketertarikan pengunjung website untuk segera datang ke desa wisata. Itulah tadi mengapa sebuah desa wisata harus memiliki website sebagai sarana promosi dan meningkatkan kunjungan wisata ke desa.

Tunggu apalagi, segera buat website desa Anda di IDwebhost, salah satu penyedia web hosting tebaik dan termurah di Indonesia.

Pesan sekarang!

You May Also Like

1 komentar

  1. dizaman sekarang promesi desa melalui website memang sangat ampul, untuk memperkenalkan wisatanya, karena orang-orang sekarang mencari informasi melalui website.

    BalasHapus

Selamat berkomentar, tinggalkan link pada username. Link yang berada di dalam kolom komentar akan dihapus. (Feel free to comment and put your link on your username ONLY instead comment box area, otherwise deleted).