Resep Mudah Nasi Kebuli

by - Rabu, Juni 14, 2023


Hai, teman-temin, semoga kita semua dalam kondisi sehat ya, karena ternyata pandemi ini belum berakhir. Bahkan di kota saya - Bandung, banyak daerah yang cukup mendapat perhatian khusus, bahkan pemberitaan yang cukup membuat hati was-was. Well, saya sendiri belakangan lebih banyak di rumah; kerja daring - bahkan berasa lebih sibuk dari hari-hari sebelum new normal, hahaha. 

Namun, segi positifnya adalah: saya jadi senang di dapur! (Jangan kaget kalau lihat timbangan agak ngelunjak!). Iyah, saya jadi gemar masak, terutama masakan yang kaya akan rempah-rempah. Entah kenapa, ternyata ngeracik bumbu yang bermacam-macam rempah itu ada kesenangannya sendiri (tetep sih dibantu blender, kecuali paksu mau bantuin ngulek sesekali). Nah, kalau rasa malas lagi melanda ya memang ujung-ujungnya balik lagi ke bumbu instan, sih. Hahaha.

Buat teman-temin yang ngga ada waktu untuk meracik bumbu, kali ini saya mau berbagi resep Nasi Kebuli, tapi khusus, pakai bumbu jadi, ya. Alias, untuk mendapat bumbu kebuli, teman-temin ngga usah repot-repot meracik dari awal. 


Resep Nasi Kebuli


Bahan:
1 kg daging kambing dengan/tanpa tulang
1 Liter beras Basmati atau beras Pera IR 42
250 gram bawang bombay dipotong dadu kecil
6 siung bawang putih dipotong kecil
4 sdm bumbu nasi kebuli (di sini saya pakai dari Aromatic Cairo Food)
3 sdm minyak samin/mentega
air secukupnya
garam sesuai selera

Cara:
  1. Tumis bawang bombay menggunakan minyak samin/mentega hingga layu, lalu masukkan bawang putih hingga semuanya berubah warna menjadi lebih coklat.
  2. Masukkan bumbu nasi kebuli Aromatic Cairo Food lalu tumis sebentar hingga aromanya tercium kuat.
  3. Masukkan air secukupnya sekitar 1.2 Liter tergantung jenis beras yang digunakan. Untuk beras Pera IR 42, maka gunakan air sebanyak 1.2 Liter. Untuk beras Basmati, gunakan 1.4 Liter air. Tambahkan air sesuai jika ingin lebih basah.
  4. Masukkan daging kambing lalu rebus hingga empuk. Selalu jaga agar volume air agar tidak berubah selama proses merebus daging. Daging kambing membutuhkan waktu berkisan dari 45 menit hingga 2 jam tergantung umur dan jenis kambing. Selalu cek dan coba tusuk dengan garpu untuk melihat apakah daging sudah empuk atau belum.
  5. Jika daging sudah empuk, cuci beras beberapa kali hingga bersih lalu masukkan kedalam panci. Khusus untuk beras basmati, harus direndam terlebih dahulu selama 5-10 menit, lalu tiriskan dan masukkan kedalam panci. Jika menggunakan Beras Pera IR 42, maka bisa langsung dimasukkan kedalam panci setelah beras dicuci dan ditiriskan.
  6. Masak nasi kebuli hingga matang.
  7. Sajikan dengan acar, emping, sambal dan bawang goreng.

Tips
  • Karakter beras dan skala air selalu berbeda, perhatikan hal ini bisa mengatur volume air dalam nasi agar tidak pulen.
  • Resep bisa diatur sesuai selera
  • Setiap merek garam memiliki kadar asin yang berbeda.
  • Rendam beras basmati sebelum dimasak.
  • Bisa juga menambahkan santan atau susu kedalam air.
Kenapa saya menggunakan Aromatic Cairo Food, karena memang bumbu ini diklaim halal, tanpa MSG, tanpa perasa buatan, tanpa pewarna, tanpa pengawet, tanpa campuran (no filler), sudah banyak digunakan dan pastinya asli buatan Indonesia. Untuk mendapatkannya juga cukup mudah, teman-temin bisa membelinya melalui e-commerce Tokopedia, Lulu hypermart, Sayurbox, Whatsapp, Website, maupun reseller.

Rasanya? Jangan tanya lagi, enak berasa beli dari restoran. Selamat mencoba!


Stay healthy dan sampai bertemu di tulisan berikutnya!


You May Also Like

0 komentar

Selamat berkomentar, tinggalkan link pada username. Link yang berada di dalam kolom komentar akan dihapus. (Feel free to comment and put your link on your username ONLY instead comment box area, otherwise deleted).