Khasiat Minyak Jarak: Cegah Kerutan Hingga Hapus Bekas Jerawat

by - Rabu, Januari 07, 2015


Beberapa waktu yang lalu saya pernah menulis tentang rangkaian perawatan wajah saya yang mayoritas merupakan bahan-bahan alami, ya tulisannya bisa disimak disini. Nah, pada tulisan yang sekarang saya mau membahas khusus satu bahan yang sudah beberapa lama saya gunakan, and yeah, I think that now is the right time to review.

Namanya adalah Minyak Jarak atau Castor Oil. Mungkin sebagian dari pembaca sudah pernah dengar, tapi sebaliknya, pada awalnya saya malah tidak tau apa-apa tentang minyak ini. Saya penasaran dengan minyak ini setelah saya membaca pengalaman Chris Gibson dalam e-booknya yang berjudul Acne Free in 3 Days, di sana digunakan minyak jarak untuk perawatan malamnya. Walaupun akhirnya saya tidak sepenuhnya sukses dengan kegiatan detox yang menjanjikan wajah bebas jerawat dalam 3 hari ini, namun penggunaan minyak jarak ini sempat menjadi kebiasaan rutin saya untuk beberapa waktu.

Mengapa? Karena beberapa khasiatnya membuat saya tidak bisa berpaling ke lain hati.. Simak terus, ya...

APA SIH MINYAK JARAK? 

Tentunya minyak jarak ini berasal dari daging biji jarak yang digiling dan diperas, konon katanya, tiga kilogram biji jarak bisa menghasilkan satu liter minyak jarak. Pada tau ngga penampakan buah jarak? Ya, silahkan search aja di internet, hahaha. Yang pasti, berita mengejutkannya buah jarak ini sudah lama digunakan oleh nenek moyang kita sebagai salah satu bahan tradisional dan hampir seluruh bagian dari tanaman ini; daun, buah, biji, hingga getahnya - semua ada manfaatnya. Gimana nggak magic tuh?

SO, GUNANYA?

Jadi tanpa saya sadari ternyata minyak jarak atau castor oil ini seringkali digunakan dalam pembuatan kosmetik karena salah satu fungsinya yang melembabkan kulit. Ok, tanpa basa-basi lagi, saya akan berbagi hasil pemakaian minyak jarak selama dua tahun ini.

MY SUCCESS STORY
1) MENGHALUSKAN KULIT TELAPAK KAKI.
Alias obat kaki rorombeheun, kulit kaki pecah-pecah. Duh, saya ngga pernah nyangka bakal mengalami kondisi seperti ini, mungkin gara-gara saya malas pakai sandal kemana-mana (atau bisa juga karena terlalu sering/lama menggunakan sandal jepit?!). Caranya malam sebelum tidur saya oleskan 2 tetes ke masing-masing telapak kaki sambil saya pijat-pijat, lalu bungkus deh dengan kaos kaki. Kira-kira 3-4 hari, kulit kaki sudah mulus lagi, lho. Perhatian: lama proses penyembuhannya juga berdasarkan kondisi ya.

2) BAHAN CAMPURAN UNTUK BODY LOTION YANG TERLALU PEKAT
Kulit kering dan bersisik kadang saya alami kalau sudah musim panas, nah, saat itu body lotion yang saya gunakan ternyata mempunyai kepekatan yang begitu tinggi sehingga tidak bisa membaur di kulit dengan baik. Jadilah saya campur minyak jarak ini, wah, kulit menjadi lebih lembab deh. Minyak jarak ini memang pada dasarnya dijadikan campuran dalam produk lotion, kok. Yang pasti jangan membalutkan diri dengan minyak jarak deh.. Cepel banget!

3) KRIM MALAM UNTUK MELEMBABKAN WAJAH
Pada metode Acne Free in 3 Days yang saya baca, disarankan untuk mengolesi seluruh wajah dengan minyak jarak setiap malam untuk menjinakkan jerawat, sayangnya, khasiat itu tidak terlihat pada saya, namun sebaliknya kulit wajah saya menjadi lembab dan kenyal dalam waktu beberapa bulan. Perhatian: untuk membersihkan kulit wajah dari minyak jarak ini kudu menggunakan air hangat ya. Gampangnya, siapkan handuk, celupkan di air hangat lalu usap-usap lembut ke bagian kulit (wajah) yang ada minyak jaraknya.

4) MELEMBABKAN BIBIR
Ini nih kesukaan saya! Yang pasti minyak jarak bisa menyembuhkan bibir pecah-pecah, tinggal olesi tipis-tipis setiap malam, atau ketika bibir dirasa kering. Cons-nya: jangan kejilat, rasanya ngga enak banget! Tapi keampuhannya terbukti.

5) KERUTAN BAWAH MATA: LENYAP-NYAP-NYAP!
Err.. yang ini tergantung kondisi kerutan, ya, jangan salahkan saya kalau pas Anda coba, tapi kerutannya tidak kunjung hilang. Harap diingat minyak jarak ini adalah produk alam, murni tanpa proses kimia, jadi untuk memberikan hasil yang maksimal membutuhkan waktu lebih lama ketimbang skin care mass-production dengan campuran bahan kimia yang biasa kita beli. Untuk menghilangkan kerutan di bawah mata, saya perlu waktu lebih dari 2 minggu dengan pemakaian rutin hingga merasakan perubahannya, tentunya disertai syarat-syarat : tidak begadang dan mengurangi pemakaian kosmetik berlebihan di seputaran mata.

6) MENGHALUSKAN KULIT TANGAN
Secara saya nyuci baju juga, nyuci piring juga tanpa sarung tangan ala wanita-wanita Korea, mau ngga mau tangan lumayan kasar, berkerut dan ngga banget. Tapi as usual, oles-oles minyak jarak benar-benar menjanjikan hasil yang menyenangkan hati, hahaha.

7) GARIS TAWA (LAUGHING LINES) HINGGA KERUT LEHER JUGA BISA HILANG
Asal pemakaiannya rutin ya dan cukup tahan dengan cepelnya ketika nempel di kulit.

MY NOT-SO-SUCCESS STORY
Jadi, kalau kalian ngubek-ubek internet, sebenarnya masih banyak kegunaan minyak jarak ini di antaranya:
1) Obat insomnia - ketika dioleskan di sekeliling kelopak mata. Namun yang ada mata saya jadi agak gatal dan ngga nyaman aja gitu.
2) Penghilang bekas luka - seperti bekas kena cium knalpot. Namun, prosesnya membutuhkan waktu lebih dari setahun dengan pemakaian rutin. Saya punya sih bekas luka pas kaki tergores trotoar, namun masih belum sempat saya aplikasikan, mungkin lain waktu, ya.
3) Menghilangkan ketombe. Penggunaannya seperti lidah buaya, jadi diusapkan dan dipijat-pijatkan ke kulit kepala sebelum keramas, tapi yang ada rambut saya kaku karena cukup susah membersihkan minyak jarak ini pada rambut, kecuali ada yang ngeramasih, ye...
4) Oil Cleansing Method. Itu lho, semacam metode membersihkan wajah tanpa cleanser melainkan minyak-minyak alami macam minyak almond, minyak zaitun, ataupun vco. Minyak jarak ini merupakan salah satu minyak yang bisa digunakan untuk OCM ini - bagi yang belum tau, OCM ini sangat ampuh untuk membersihkan komedo. Tapi di saya ngga ngefek. Sorry.
5) Menghilangkan stretch-mark, menyembuhkan wasir, maag hingga menghilangkan tahi lalat - tapi belum pernah saya coba langkah-langkahnya

SO YOU WANNA TRY CASTOR OIL? 


Untuk diperhatikan sebelum Anda memutuskan menggunakan minyak jarak. Minyak ini sangat pekat sekali (lebih pekat dari minyak goreng dan disarankan mencucinya dengan air hangat) dan terkadang tidak nyaman ketika diaplikasikan pada wajah, proses penyembuhannya tidak instan dan membutuhkan kesabaran, jadi jika Anda lebih merasa produk non-organic dengan campuran bahan kimia terdengar lebih meyakinkan ya, go for it, wong Artis sekaliber Andien aja bilang:

"...Karena semua (makeup) yang gue pake ini kimia, kalau nggak dilawan dengan kimia lagi nonsense menurut gue...." (source)

Namun, ngga ada salahnya jugakan mencoba yang alami, hehehe. #maksa.

KISAH DIBALIK SEBOTOL MINYAK JARAK

Tau apa yang dikatakan ayah saya ketika saya bilang memerlukan minyak jarak? Ayah saya langsung memberikan tatapan aneh dan bilang,
"Kamu mau bikin biodiesel?" Saya sempat ngambek, namun keesokannya ayah saya serius bertemu dengan penjual minyak jarak dan kemudian balik bertanya berapa banyak yang akan saya beli.
"Dikit aja, paling sebotol..."
Ayah saya langsung tepuk jidat, "Ini pesennya harus minimal satu drum,Hadeuh, dikiranya saya benar-benar mau mendirikan industri bahan bakar.

DIMANA BELI MINYAK JARAK?
Tidak menyerah begitu saja, saya sempat menghabiskan banyak waktu hanya untuk ngubek-ubek internet demi mencari supplier minyak jarak yang bisa menyediakan dalam jumlah kecil, mungkin karena saat itu adalah pengalaman pertama, saya jadi tidak punya referensi harga yang tetap. Namun, untungnya keajaiban berpihak pada saya. Saya menemukan minyak jarak dijual dalam bentuk botol literan di toko kimia dengan harga setengah dari toko online. Belinya juga bisa hanya 1 liter tidak perlu 5 liter, tapi harus pesan dulu, ya.

inti cerita: saya beli di Bratachem Bandung, saat itu 1 liter Rp. 60.000, sekitar tahun 2012 - ngga tau kalo sekarang ya.

Nah, jadi itulah sepercik cerita saya dengan minyak jarak, boleh ditambahkan jika ada pembaca yang punya pengalaman serupa. See you!

You May Also Like

61 komentar

  1. 1 liter itu klan banyak ya mak kalo cuma buat muka aja, bisa dipake berbulan2, btw thanks infonya ya mak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mak, ini hampir 2 tahun aja ga abis, mgkin karena ada beberapa waktu yg ga rutin pakenya :)

      Hapus
  2. Aku tertarik yang kantung matany, cuman pas tau ini lebih pekat ngerinya risih mbaeee.

    Btw, Main ke blog daku yooOoo :D

    by BULEIPOTAN BLOG ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe iya pekat, tapi dengan pemakaian tipis sih masih fine-fine aja, rasanya ga beda jauh kalo lagi apply baby oil ke mata :)

      Hapus
  3. Wow keren banget nih! Pengen coba buat yg jerawat..>.< tapi gimana cara pesennya...haha... jadi pengen cepet2 pulang.. :D

    btw, thanks ya uda visit ke blogku.. :)

    xoxo
    http://anastasiagoenawan.blogspot.com

    BalasHapus
  4. Wuah bisa jadi alterntif menghilangkan jerawat nih
    Btw selamat atas tulisan ini yg masuk headline vivalog ya teh

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, produk alami sebenarnya lebih aman :)

      Hapus
  5. Perlu dicoba ni. Bagus infonya.

    BalasHapus
  6. aaaaaaah lengkap banget infonyaaa makasiiii, beli dimana ya klo di jakarta >.<

    BalasHapus
  7. bagus nih minyak jarak, selain untuk ocm sama pelembab kadang juga suka aku pake buat perut kram pas dateng bulan buat ngurangin rasa sakitnya. :D

    sukses buta blog nya~

    BalasHapus
  8. Noniq, aku langsung kepengen cobain minyak jarak jugaa..
    biasa deh aku orangnya kan gampang keracunan, hahhaa..
    mudah-mudah2an aku ketemu di internet yang jual minyak jarak murahdan ga perlu literan, hihii.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sy jual minyakbjarak kemasan 100 ml dijamin asli berminat hub 082194555559

      Hapus
  9. waaah ternyata manfaat minyak jarak banyak juga ya :D
    baru tau kalo minyak jarak bisa dipakai untuk menghilangkan kerutan bawah mata juga :D

    BalasHapus
  10. Hi. Im from Malaysia. Looking for info rgd castor oil & found ur blog. Fun deh experience nya. Tq :)

    BalasHapus
  11. aq udh denger dr tv cie khasiat minyak biji jarak yach slah1 -a emng iye bt jerawat ,tpi smpe skrg aq blm dpt brg-a krn ga th yg jual dmn smpe aq nitip sm tmn2 krj aq tpi ga da yg th ,sex dpt tko-a mau belibrg-a kosong,,,,😔tlg info donk klo th yg jual dmn ?????? thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, aku belinya di toko bahan obat, castor oil bilangnya..

      Hapus
    2. Sy jual minyak jarak asli dan murah kemasan 100 ml berminat hub wa 082194555559 an ivha

      Hapus
    3. Di toko bahan obat itu maksudnya di apotek kak ?

      Hapus
  12. ya ampuuunnnn pas kecil dulu aku g bisa lepas dr daun jarak... di rumah ada mba... jd itu ampuh bgt utk skit perut dan kembung... daunnya di panasin ampe agak layu, di kompor, trus tempel di perut semalaman...ga kembbung lg ntr...

    skrpun utk anakku tiap skit perut aku olesin minyak jarak krn ga punya pohonnya sendiri... dan lbh praktis... tp aku br tau kalo khasiat lainnya utk kecantikan :)

    btw, dulu pas kecil aku prnh ada pengalaman makanin buah jarak ama anak tetangga sebelah rumah... jd dia bilang itu adalah kacang, dan aku yg msh TK percaya gitu aja..jdlah kita berdua makan 'kacang' jarak ;p.. akibatnya, kita berdua sakit perut dan msk UGD ;p hhahahaa, jd jgn coba2 makan buahnya ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sih, ini awalnya juga nyari-nyari bahan alami untuk muka dapet deh minyak jarak dan emang ternyata juga bagus banget untuk obat herbal mak.

      Pernah makan kacangnya juga? Luar biasa mak.. Hehehe, ati-ati berarti nanti jangan sampe anaknya niru ^^

      Hapus
  13. katanya minyak jarak bisa menyembuhkan benjolan dipunggung ya

    BalasHapus
  14. Terimakasih. Bermanfaat bngt. Kebetulan ibu lg buat minyaknya utk dijual


    BalasHapus
  15. Dimana beli minyak jarak dijakarta ya? Utk ukuran kecil

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, jualnya dimana ya? :3 lagi pengen coba :D hehe

      Hapus
    2. Hai, kalo di Jakarta saya ngga bisa bantu ya, soalnya saya dapetnya di Bandung ^^ bisa coba toko kimia atau toko bahan obat :)

      Hapus
    3. Hi nimbrung ya. Aku uda beli minyak jarak tanpa paham betul khasiatnya, jadi nyari2 informasinya di google, ketemu deh tulisan ini :D. Kebetulan nih aku beli castor oil dalam botol kecil 120ml harganya 27rb (exc ongkir) di Tokopedia. Nih linknya kalo dibutuhin: https://www.tokopedia.com/naturalhut/castor-oil-minyak-jarak-120ml-perawatan-rambut-dan-kulit

      Hapus
  16. mba mnta alamat lengkapnya bratachemnta dan no kontaknya?mksh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai, coba kamu googling dulu ya ^^ Di situ banyak banget cabang Bratachem, nanti tinggal disesuaikan sama lokasi kamu :)

      Hapus
  17. wah itu minyak sekilo 60.000 mahal nian, dan lalu 1 kilo abis seberapa lama dengan pemakaian normal? hihi pengalaman yang seru untuk mendapatkannya ya

    BalasHapus
  18. wow.... berkhasiat juga ya minyaknya :D

    BalasHapus
  19. Halo mba Noniq
    Salam kenal saya Razi.
    Saya kayaknya udah lama sih denger minyak jarak, tapi baru tau manfaatnya sebanyak ini
    Mau nanya mba, bagi yang kena cacar dan berbekas, kira2 ampuh ga ya?

    BalasHapus
  20. Hallo mbak Noniq. Aku juga pake castor oil buat treatment bulu mata. Aku pernah liat di instagram ada yang diy bikin ramuat buat penyubur bulu mata pake castor oil. Jadi keracunan deh hehe. Bulu mataku udah panjang + lebat sebenernya tp krn sering pake mascara jadi ky berkurang gitu :(
    So far it works loh mbak. Bulu mataku tebel lagi hehe. Tp agak perih kadang di mata kalo aku makenya kebanyakan. Dan aku baca di indikasinya emang bagus utk kulit. Malah ada petunjuk buat dewasa minum 2 sendok makan per hari. Kalo anak2 1-3 sendok makan per hari. Btw Castor oilku isinya 100 ml hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg 100 ml belinya dimana mba?

      Hapus
    2. Yg 100 ml belinya dimana mba?

      Hapus
    3. Sy jual kemasan 100 ml minyak jarak asli dan murah hub wa 082194 555559 an ivha makasih

      Hapus
    4. Sy jual kemasan 100 ml minyak jarak asli dan murah hub wa 082194 555559 an ivha makasih

      Hapus
  21. Wah ternyata banyak juga ya manfaatnya, baru tahu aku, xixixi

    BalasHapus
  22. untuk numbuhin rambut kepala bs ga yaaa???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coconut oil setiap mau tidur malam sampai pagi

      Hapus
  23. ternyata banyak manfaatnya..selain itu hasilnya juga alami..

    BalasHapus
  24. wah yang alami memang bagus buat kesehatan dan kecantikan. Sekarang orang malah pake yang instan buat kecantikan

    BalasHapus
  25. Kalau di luar negri castor oil (minyak jarak) bisa untuk memanjangkan bulu mata loh. Setiap malam sebelum tidur dioles ke bulu mata seperti pakai mascara. Sampai hasil yang diinginkan .terbukti loh

    BalasHapus
  26. Putri Saville, Q lagi ditaiwan, diapotek ada g,,,

    BalasHapus
  27. bisa di coba nih. kebetulan ada masalah dengan bekas jerawat.

    BalasHapus
  28. Maaf mb... mau tanya minyak jarak bisa dibeli dimana y... makasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sy jual minyak jarak asli dan murah hub 082194555559 an ivha makasih

      Hapus
    2. Sy jual minyak jarak asli dan murah hub 082194555559 an ivha makasih

      Hapus
  29. Maaf mb... mau tanya minyak jarak bisa dibeli dimana y... makasih sebelumnya

    BalasHapus
  30. Saya baru beli castrol oil di buka lapak pesan sabtu senin dah dikirim pakai jne..bayar pakai visa atau indomart .ini baru mau dicoba mudah mudahan ada khasiatnya kebetulan saya ada masalah dg rambut saya ..dan setelah banyak info dari internet saya beli.harganya 100 ml 2 btl plus ongkir Rp.140 rb

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sybjual minyak jarak asli dan murah jika berminat hub wa 0821 94 555559 an ivha makasih

      Hapus
  31. Yang membutuhkan minyak jarak bisa hubungi saya..dg hrg murah 100 ml 50 rb..dg no wa 0857 2839 5231

    BalasHapus
  32. Masih infonya :)
    Tapi saya mau tanya ka, minyak jarak itu bisa buat nebeli alis dan bulu mata gak ? Dan bisa buat ngilangin bekas jerawat gak ??

    BalasHapus
  33. Makasih infonya :)
    Tapi saya mau tanya ka, minyak jarak itu bisa buat nebelin alis dan bulu mata gak ? Dan bisa buat ngilangin bekas jerawat gak ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai, "katanya" sih bisa untuk nebelin alis dan bulu mata, tapi prosesnya cukup lama, kalau kamu cukup sabar mungkin bisa dicoba dioles tiap malam sebelum tidur.
      Kalau untuk bekas jerawat, di saya kurang efektif nih, apalagi untuk bekas-bekas yang sudah lama.

      Hapus
  34. Makasih infonya :)
    Tapi saya mau tanya ka, minyak jarak itu bisa buat nebelin alis dan bulu mata gak ? Dan bisa buat ngilangin bekas jerawat gak ??

    BalasHapus
  35. Lg mencari tahu tentang castor oil dan menemukan ini. Mbak Noniq kenapa kok ocm pakai castor oilnya ga berhasil? Aku baru mau coba soalnya hehehe OCM pake castr oil. :)

    BalasHapus
  36. Kalau di luar negri castor oil (minyak jarak) bisa untuk memanjangkan bulu mata loh. Setiap malam sebelum tidur dioles ke bulu mata seperti pakai mascara. Sampai hasil yang diinginkan .terbukti loh

    BalasHapus
  37. makasih min infonya....

    tapi Minyak jarak bisa di pake untuk numbuhin rambut gk ya??
    makasih :D

    BalasHapus
  38. Min mau nanya dong itu toko ada ga dijakarta ??? Tlg dong kt ny si bs buat rambut jd sy mau coba

    BalasHapus
  39. Kata nya, bisa buat kennceungin payudara and penis juga , ya

    BalasHapus

Selamat berkomentar, tinggalkan link pada username. Link yang berada di dalam kolom komentar akan dihapus. (Feel free to comment and put your link on your username ONLY instead comment box area, otherwise deleted).