Makan Apa di Sudirman Street Day and Night Market, Bandung?

by - Jumat, Juli 22, 2016


Halo teman-temin, kali ini saya mau bercerita tentang salah satu tempat makan yang lagi ngehits di Bandung, apalagi kalau bukan Sudirman Street Day and Night Market. Dilihat dari namanya saja kita sudah menebak kalau tempat makan ini terletak di sebuah gang yang menghubungkan jalan Sudirman dan Jalan Cibadak.

Agar lebih mudah mencari parkir, teman-temin bisa mengakses lewat Jalan Pajagalan, dari sana, pas banget pengunjung akan langsung berhadapan dengan Sudirman Street Day and Night Market. Jangan kaget ya kalau kadang susah mencari tempat parkir terutama saat malam hari (dan weekend), karena sebagian pengunjung merupakan mereka yang juga sedang wisata kuliner di jalan Cibadak.

Jadi Sudirman Street ini lebih kurang seperti food court yang mengambil tempat di sepanjang jalan, jadi food street, sepanjang jalan isinya kedai-kedai makanan semua. Ada apa saja? Buanyak.
Namun yang terkenal dan yang akan saya bahas di sini adalah menu makanan yang mengandung babi atau daging speks, ya.

Buat teman-temin yang khawatir dengan lingkungan makanan yang mengandung babi, sebenarnya tidak perlu khawatir saat memasuki Sudirman Street Day and Night Market, karena memang areanya terbagi menjadi dua jalan. Jalan utama yang merupakan deretan makanan yang mengandung babi dan ada cabang lagi menuju deretan makanan dengan daging ayam, sapi, dan sebagainya.


Makan apa di Sudirman Street Day and Night Market? Sebenarnya kedatangan saya ke tempat ini sama sekali tidak direncanakan, saat itu saya tengah disibukkan untuk membeli oleh-oleh untuk saudara jauh, jadi boro-boro mikirin makanan, yang ada adalah daftar barang yang harus dibeli dan kedua tangan saya sudah sibuk menjinjing tas belanjaan.

Apa daya, waktu sudah menunjukkan waktu makan malam (dan waktu itu hari Sabtu!), tidak rela kegiatan malming saya harus dikorbankan demi oleh-oleh, misterpun dengan cekatan mencari tempat makan yang lokasinya berdekatan menggunakan aplikasi mencari tempat hangout terbaik Breaktime.
Malam itu cuaca dibarengi dengan gerimis rintik-rintik, udara dingin cukup menusuk, pastinya enak makan yang hangat-hangat, donk. Jadilah ini beberapa makanan yang kami pesan.

1. SATE BABI WIBISANA
Satenya gurih dan empuk, potongan dagingnya juga besar. Satu tusuk dengan 4-5 potong daging harganya sekitar Rp 7.000,- dan tiap porsi kita akan dihidangkan dengan sambal. Enak banget dimakan selagi hangat.
Sate Wibisana dan Sup Iga Sudirman Street
2. SUP IGA SAPI
Ini adalah pesanannya mister, kuahnya gurih dan asinnya pas. Cocok banget untuk menemani cuaca yang mellow malam itu. Potongan iganya besar dan dagingnya juga empuk, mudah diiris (apalagi penyajiannya dengan sendok plastik).
El Paso
3. BABI PANGGANG EL PASO
Nah, yang ini pesanan saya, lebih akurat lagi nama menunya adalah Uncle Joe’s Pork Roast with Rice. Yaitu nasi dengan babi panggang yang dihidangkan dengan dua macam sambal; sambal matah dan sambal hijau. Enak banget! Gurih pedas, sedap.


4. KETAN DUREN PATTAYA
Makanan penutupnya saya mencoba ketan duren Pattaya yang disajikan dingin. Jadi lelehan duren diletakkan di atas ketan yang dibungkus daun pandan. Satu kotak isinya ada 10 ketan duren dengan harga Rp. 30.000,- Uenak banget!

Untuk minum, kami sekaligus memesan dari El Paso, yaitu Passion Fruit Mojito; campuran rasa masam, manis, dan ada mintnya. Sangat segar di mulut terutama untuk kami yang baru saja menikmati hidangan sarat bumbu. Hihihi…

Cuma itu saja? Ya, ngga donk, ternyata masih banyak menu di Sudirman Street Day and Night Market yang belum sempat saya coba, seperti martabak babi, nasi campur, ataupun nasi hainam.

Yang pasti ngga nyesel menggunakan aplikasi pencari tempat hangout terbaik Breaktime, kita jadi bisa mendapat banyak referensi dan rekomendasi tempat yang asik buat nongkrong.
Mungkin teman-temin ada yang mau coba?

You May Also Like

2 komentar

  1. Saya br tau ada sudirman srreet ini heuheu...

    BalasHapus
  2. btw emang mostly makanan disana non halal ya? pengen kesana cuma takut salah makan :(

    Budy | Travelling Addict
    Blogger abal-abal
    www.travellingaddict.com

    BalasHapus

Selamat berkomentar, tinggalkan link pada username. Link yang berada di dalam kolom komentar akan dihapus. (Feel free to comment and put your link on your username ONLY instead comment box area, otherwise deleted).