Makin Produktif dengan HDD Seagate Firecuda 2.5" 2TB

by - Rabu, Juli 05, 2017

Makin produktif ngeblog dengan HDD Seagate FireCuda 2.5" 2 Terabyte berteknologi 8GB NAND Flash! Penasaran dengan performa Hard Disk bermuatan besar ini? Simak reviewnya, ya.

Salah satu faktor yang membuat kinerja blogging saya mengalami kemunduran belakangan adalah: faktor teknis. Jadi bukan karena malas atau terlalu sibuk, ya. Sibuk memang sih, tapi kendala utama adalah kenyataan laptop saya ternyata mulai ngga muat menampung beban kerjaan blog yang semakin berat ini. (Ceileeee, sok ngaku-ngaku banyak job ngeblog aja, huhuhu).

Tetapi, saya sendiri juga ngga nyangka, Hard Disk Drive 500 GB bawaan laptop saya sudah mulai empot-empotan alias low memory space. Ngga nyangka, setiap satu event blog yang saya kunjungi, setidaknya saya harus menyediakan 2-3 GB ruang untuk foto. Belum lagi kalau file video, bisa 10 GB.

Itu baru dari acara ngeblog, belum lagi dokumentasi saya sehari-hari; pekerjaan, acara liburan (ini pentinglah), media lagu, download software, dan dokumen yang saya kira muatannya tidak akan nyampe 50 GB! Dan kenyataannya, kemarin, HDD saya hanya tinggal 0,97 GB dan ngos-ngosan parah!

HDD almost full itu mengganggu banget, apalagi kalau kita lagi menggunakan program utama ngeblog: Google Chrome buat ngedraft dan Adobe Photoshop untuk edit foto, dua program itu kalau dijalankan berdua, memakan memori untuk backup file recovery banyak banget! Dan tidak jarang malah akhirnya program crash dan data yang sedang dikerjakan jadi hilang (sukur kalau masih bisa di recovery). 

500 GB di HDD laptop saya itu belum termasuk file-file yang sudah saya backup di external HD dan DVD lho ya, jadi, intinya, hari gini, kalau kita termasuk orang yang hidupnya di depan laptop, perlu banget HDD di laptop lebih dari 500GB, kita sudah harus bermain Terabyte (TB)! 

1 Terabyte itu sekitar 1.024 GB.

Upgrade HDD Laptop dengan SEAGATE FireCuda 2.5" 2TB

Tadinya, saya tidak berniat mengupgrade HDD di laptop saya, melainkan hanya mengosongkan HDD laptop dan memindahkannya ke external HDD. Saya kira, proses mengganti HDD laptop itu ribet, kudu install Windows lagi, install software ini itu lagi (ngebandingin sama proses ngerombak PC).

Namun setelah dipikir-pikir, toh isi HDD laptop saya yang sekarang sudah messy banget! Mana tau kalau ada virus/trojan/malware di dalamnya. Jadi sekalian aja saya bersih-bersih laptop, agar laptop saya jadi kembali segar dan sayanya juga makin semangat ngeblog. Hehehe (pokoknya ada aja alesannnyaaa....).

Makaaaaa, sayapun membatalkan niat menjadikan HDD Seagate Firecuda 2.5" 2 Terabyte hanya sebatas external Hard disk dan memutuskan untuk memasangnya ke dalam laptop saya.

2 Terabyte lho!!! Bayangkan, 2000 GB!

Awalnya saya sempat ragu, laptop saya bakal kuat ngga ya membaca memori sebesar ini. Ngga main-main, lho! 4 kali lipat muatan bawaan laptop saya. Wow!

Saya sempat berkonsultasi dengan customer service merk laptop saya, menanyakan apakah HDD ini sekiranya bakal muat dipasang di laptop saya yang memiliki RAM 4 GB. Tapi, yah namanya, CS kadang demi membuat hati konsumen senang, mereka bilang iya-iya aja. Tapi kan sayanya yang tegang, gimana kalau ini laptop jadi blue screen! Alamat uang Lebaran buat beli laptop anyar.

Well, that's why, you need a real test and review. Jadi bermodal nekat sayapun menjadikan laptop yang sudah berumur 3 tahun ini menjadi medium percobaan HDD Seagate Firecuda 2TB 2.5".
    •  Catatan
      • Jadi, HDD untuk laptop itu ukurannya 2.5" sedangkan HDD untuk PC ukurannya 3.5". Jangan salah beli, ya!
Ngoprek HDD SEAGATE FireCuda 2.5" 2TB


Buat teman-temin yang baru tau bahwa laptop sekarang bisa diupgrade. Iya! RAM dan HDD laptop bisa di upgrade namun sambil sembari disesuaikan dengan spesifikasi maksimal laptop ya. Dan untuk prosesnya lebih baik ditangani orang yang memang benar-benar sudah ahli di bidangnya.

Seperti laptop saya, RAM bawaannya hanya 2GB, tapi karena bisa diupgrade, saya sudah upgrade hingga 4GB. Nah, untuk HDD menuju 2TB inilah yang sekarang mau saya coba, bisa atau ngganya.

Kenapa 2 Terabyte? Karena 1 TB sudah terlalu mainstream lah yaaa.... Hohoho.

Produk Seagate HDD Firecuda 2TB 2.5" ini terbungkus dalam pastik anti statis, hal ini untuk menghindarkan HDD dari aliran listrik yang memungkinkan merusak HDD. Untuk membuka HDD ini juga ngga perlu lebay pakai gunting atau cutter, cukup disobek saja biar lebih aman. Malah kalau kita menggunakan benda-benda yang terbuat dari logam, baja, besi seperti gunting malah cenderung menimbulkan listrik statis.



Keunggulan HDD SEAGATE Firecuda 2.5" 2TB


Jadi apa sih keunggulan HDD Seagate Firecuda 2.5" 2TB ini? Jadi HDD ini memang ditujukan untuk mereka yang gemar bermain game, memiliki kinerja tinggi di laptop yang berhubungan dengan olah data file video, dan workstation lainnya.

Saya sendiri bukan gamer (my boyfie does!), namun saya tergila-gila dengan Adobe, dan sekarang lagi pengen belajar Adobe Premiere Pro. Tau donk, file video itu gede-gede binggitttsss... Dan untuk mengedit satu video, kadang file mentahnya bisa mencapai 20 GB! Dan HDD lama saya tidak bisa membaca cepat, buntutnya Adobe Premiere saya kalau mau merender satu video bisa satu malam! Gile bener, makanya saya jadi males ngedit video.

HDD Seagate Firecuda 2.5" ini hadir dalam kapasitas 500 GB, 1TB, dan 2TB dan menjanjikan kinerja hingga 5 kali lebih cepat dibanding HDD standar serta proses booting yang cepat.

Dan hebatnya, adalah teknologi 8GB NAND Flash yang menjadikan kinerja lebih cepat. Selama ini saya taunya NAND Flash itu hanya ada di jenis memori SSD (Solid State Drive), which is jenis memori yang lebih muahaall - bukannya di HDD, lah ini sekarang HDD kok juga pakai NAND Flash. Harusnya proses pemindahan data jadi lebih cepat dan lebih hemat energi.

Satu lagi, ukurannya ternyata tidak beda dengan HDD lama saya yang 500 GB! Seakan sama bahkan lebih tipis. Jadi ceritanya, kan saya berniat menjadikan HDD 2 TB ini jadi external HDD, jadilah saya mencari casing HDD di salah satu mall elektronik di Bandung. Lho, kok para penjualnya jadi bingung, karena dimensi HDD 2 TB ini bisa pas di casing HDD 500 GB dan 1TB. Selama ini yang mereka tau, dimensi HDD 2 TB selalu lebih tebal dan berat dan seringnya ngga muat di casing HDD standar pada umumnya. Jadi mereka geleng-geleng kepala.

Proses Upgrade HDD SEAGATE FireCuda 2.5" 2TB




Untuk proses penggantian HDD lama ke HDD Seagate Firecuda 2.5" 2TB ini yang mengerjakan adalah pacar saya dan saudaranya. Hahaha. Saya mah terima beres aja sih benernya.

Langkah-langkahnya cukup sederhana (bagi yang bisa), cabut batere laptop, buka bagian bawah laptop hingga terlihat mesinnya. Dan mulailah dioprek.

Merasakan menggunakan HDD SEAGATE FireCuda 2.5" 2TB

Jadi, setelah menggunakan HDD baru, mau tidak mau saya harus kembali menginstall Windows (saya masih menggunakan Windows 8, dalam hal ini), dan langsung kembali menginstall program Adobe Photoshop 2017, Adobe Premiere Pro 2017, dan Wondershare Filmora.

Untuk partisi sendiri, saya hanya membagi menjadi dua. Sistem saya sediakan sekitar 200 GB dan sisanya untuk media penyimpanan saja. Bisa terlihat memori efektifnya sekitar 1700an GB.

Hasilnya? Wow, semuanya berjalan cepat. Proses penginstallan, dan membaca data dilakukan dengan cepat dan stabil; laptop tidak panas dan ngga bunyi. Apalagi ketika saya langsung mencoba mengedit 10 Foto High Resolution dengan Adobe Photoshop 2017 (biasanya dengan HDD lama, baca filenya laaamaaa, dan boro-boro bisa langsung 10 foto, kadang 5 foto saja sudah mulai lama loadingnya), prosesnya lancar jaya.

edit 10 foto HD jadi tidak khawatir memori bakal penuh.

Untuk proses mengedit video juga keren. Video preview sepanjang 2 menit, yang terdiri dari potongan 10 video pendek bisa dijalankan dengan lancar. Padahal biasanya gejet-gejet bikin emosi jiwa. Belum lagi kalau banyak ornamen seperti efek transisi dan teks. Wah, si laptop sudah mulai nyanyi-nyanyi sumbang kepanasan.

edit video HD jadi tidak khawatir memori bakal penuh.

Pokoknya beda banget ketika saya sudah berganti dengan HDD baru ini. Ceilee....

Jadi, katanya sih, HDD Seagate Firecuda 2.5" 2TB, semakin digunakan, kinerjanya jadi semakin cepat. Kok, bisa gitu ya? Yah ini katanya hasil teknologi 8GB NAND Flash ituu.
Nah, untuk proses pemindahan data, teman-temin bisa lihat. Gambar di atas adalah ketika saya memindahkan file dari kamera ke laptop; memindahkan 9 GB data hanya membutuhkan waktu sekitar 2 menit. Untuk 3,5 GB data membutuhkan waktu sekitar 1 menit, dan untuk file receh ratusan  MB hanya membutuhkan detik. Uedaannn.....

Sedangkan gambar di bawah ini merupakan performa HDD lama saya. Untuk 2,5 GB membutuhkan 1,5 menit. Bandingkan dengan Firecuda yang 1 menit sudah bisa memindahkan 3,5 GB (di laptop saya). Wow...
Wah, saya cukup bangga nih, karena laptop saya bisa dibilang tergolong lama (umurnya sekitar 3-4 tahun), namun ketika dijajal HDD 2TB bisa terbaca dengan baik. Kalau kayak gini, saya ngga perlu buru-buru nyediain HD external buat simpan foto lama. 

Tapi, tetap untuk teman-temin yang mau upgrade ke HDD 2TB ini harus melihat kondisi laptop ya, minimal RAMnya di atas 2 GB. Walaupun dari Seagatenya (dan brand laptop saya) sudah bilang aman untuk menggunakan HDD 2 TB dengan RAM 2 GB, tetap saja untuk menghindari laptop overheat dan blue screen, mendingan RAMnya minimal sudah 4GB ya.

Yang jelas, booting laptop sekarang juga lebih cepat, lho. Laptop bolehlah lama, tapi otaknya sudah segar pastinya bisa lebih produktif. 

Oiya, HDD Seagate Firecuda 2.5" 2TB ini disertai garansi produk 5 tahun, lho!

Buat teman-temin yang tertarik untuk upgrade HDD laptop, bisa cek produk Seagate Firecuda di sini.

Untuk kapasitas 2TB seperti yang saya gunakan ini harganya sekitar Rp 1.600.000,- (di luar jasa pasang kalau teman-temin bawa ke tempat service laptop). Biaya bongkar pasangnya sendiri sekitar RP 50-100 ribu.

Sooo, buat teman-temin yang lagi bingung cari Hard Disk Drive untuk laptop kesayangan bisa coba dipertimbangkan produk ini ya. Saya sendiri merekomendasikan buanget, HDD ini. 

Sampai jumpa di tulisan berikutnya!


You May Also Like

5 komentar

  1. Jdi penasaran nih, tfs ya Teh Noniq salam kenal

    BalasHapus
  2. Ohh iya seagates firecude itu hardsik nya udh jenis hybrid apa belom??

    BalasHapus
  3. Kepengin... Tapi mesti nabung dulu :D
    Lumayan juga harganya.

    BalasHapus

Selamat berkomentar, tinggalkan link pada username. Link yang berada di dalam kolom komentar akan dihapus. (Feel free to comment and put your link on your username ONLY instead comment box area, otherwise deleted).