Paduan ASUS ZenBook Flip S UX370 dan Windows 10 Untuk Kinerja Optimal

by - Selasa, November 28, 2017


Windows 10 Dukung Proses Kreatif Bersama ZenBook Flip S UX370UA

Suatu ketika saya dikagetkan dengan penampakan layar laptop saya yang tiba-tiba menghitam dan hanya ada tulisan: "Kami mendeteksi anda telah menggunakan program Windows yang tidak resmi", not genuine, bahasanya. Kaget donk! Apalagi setelah diutak-utik saya tetap tidak bisa mengganti wallpaper laptop saya yang hitam tersebut dengan gambar apapun. Alhasil saya harus install ulang laptop saya deh!

WHAT? 

Hari gini masih bangga menggunakan software bajakan? Duh, jangan sampai ya teman-temin. Karena kita sama saja dengan pencuri hasil kreasi digital dan percaya deh, menggunakan software bajakan itu membuat kita sendiri tidak nyaman. Tapikan software asli itu mahal! 

Ternyata hal itu sudah bukan masalah lagi teman-temin. Kabar terbaru dari ASUS, resmi sejak 23 November 2017 lalu, seluruh varian notebook ASUS (mulai dari notebook mainstream, premium, ultrabook dan convertible, sampai ke notebook gaming) akan dilengkapi software Microsoft yang terbaru, Windows 10 yang pastinya lebih aman, nyaman dan memudahkan.

Sebagai partner Microsoft, ASUS ingin menghadirkan pengalaman digital yang terbaik dan menyeluruh, baik dari sisi hardware dan software. Hal ini tentu untuk mendorong masyarakat untuk bisa menghasilkan karya yang lebih inovatif. Ya, karena nantinya para pengguna ASUS bisa memanfaatkan seluruh kemampuan Windows 10 Fall Creators Update, update terbaru dari Windows 10 yang sudah diluncurkan sejak Oktober 2017 lalu. 

ASUS menggandeng Microsoft untuk menghadirkan solusi yang sangat menarik bagi pengguna perangkat komputasi mobile di Indonesia. Per November ini, seluruh notebook yang dihadirkan ASUS ke pasaran akan otomatis dilengkapi oleh sistem operasi Windows 10, baik Windows 10 Home ataupun Windows 10 Pro.

Adapun notebook yang akan dilengkapi oleh sistem operasi Windows 10 asli tersebut tak hanya dari segmen high-end. Seluruh notebook versi mainstream, bahkan versi low end atau entry level juga hadir dengan Windows 10 asli gratis.

Sayangnya, kalau teman-temin belum menggunakan Windows 10 yang asli, jangan harap  bisa icip-icip suguhan dari Windows 10 ini. Ya, karena sebenarnya untuk mendapatkan versi Windows 10 Fall Creator Update ini, caranya hanya semudah menyalakan opsi "Windows Update" saja, hahaha. Bisa dibayangkan kalau mereka yang menggunakan versi bajakan harus menyalakan windows update? 

ASUS GANDENG WINDOWS 10 UNTUK PENGALAMAN KOMPUTASI TERBAIK


Nah, kembali ngomongin ASUS nih, seperti yang kita tau, ASUS yang didirikan pada tahun 2002 berhasil sukses menjadi pemimpin produser Motherboard /VGA. Pada tahun 2009, Notebook ASUS mencapai 2.45% market share, yang kemudian meningkat menjadi 4,99% di tahun 2010 dan melonjak di 14,53% pada market share tahun 2011 menjadikan ASUS di top 3 notebook brand di indonesia. Tidak berhenti sampai di situ, ASUS kembali sukses memimpin di 21,14% saham market pada tahun 2012. Menjadikan ASUS sebagai merek notebook ternama di Indonesia.

Bisa dibilang, sejak tahun 2008, ASUS sudah menjual lebih dari 4,5 juta notebook sejak 2008, yang mana jika jumlah notebook tersebut ditumpuk, tingginya bisa melebihi ketinggian Puncak Jaya! Hebat bangetkan? Puncaknya di tahun 2017, ASUS sudah menjadi jawara notebook dengan mendominasi 41% di pasar saham.

Tentunya pencapaian tersebut tidak mungkin terwujud kalau ASUS tidak memberikat kualitas yang nyata, bukan? Apalagi Dengan hadirnya sistem operasi Windows 10 pada seluruh tipe notebook yang disediakan, pengguna bisa langsung memanfaatkan teknologi ekslusif ASUS. Beberapa di antaranya misalnya ASUS Splendid, ASUS SonicMaster dan ASUS Battery Health Charging.

ASUS Splendid Technology merupakan  kombinasi pengaturan software dan juga kurva gamma preset pabrik serta color-temperature correction untuk menghadirkan visual yang menakjubkan pada layar, warna-warna yang akurat dan konsisten.

ASUS SonicMaster merupakan kelebihan ASUS dalam memberikan pengalaman audio untuk pra pengguna notebook ASUS termasuk ROG. Teknologi ini dikembangkan sejumlah pakar dari tim ASUS Golden Ear yang bekerjasama dengan perusahaan teknologi yang bergerak di bidang audio untuk menghasilkan perangkat keras audio dalam notebook serta software yang tersedia.

Tools ASUS Battery Health Charging merupakan teknologi yang memungkinkan pengguna untuk mengatur kapasitas charging maksimal baterai penggunanya hingga 60% atau 80% untuk memperpanjang umur baterai tersebut dan mengurangi kemungkinan menggembung-nya baterai.

ASUS Eye Care Technology dirancang untuk mencegah gejala CVS yang disebabkan oleh penggunaan komputer yang berkepanjangan. Dengan teknologi ASUS Eye Care, monitor ASUS memastikan pengalaman menonton yang nyaman sekaligus menjaga kesehatan mata Anda pada waktu bersamaan. Tidak lupa, adanya ASUS Tru2 Life sebagai pengolah gambar khusus yang memastikan setiap foto, video, dan huruf sangat tajam

Nah, salah satu produk ASUS yang sukses bikin mata saya tidak berkedip dan saya ngga berhenti ngiler adalah ketika sempat mencicipi Windows 10 menggunakan ASUS ZenBook Flip S UX370, Notebook Lipat Tertipis di Dunia.

ASUS ZenBook Flip S UX370



ASUS ZenBook Flip S UX370 yang resmi hadir sejak 15 Agustus 2017 ini diklaim sebagai laptop konvertibel tertipis dan paling ringan di dunia,. Dengan desain ultra tipis, performa tertinggi, dan tampilan elegan, keunikan produk ini adalah kehadiran engsel 360 derajat, laptop ini merupakan pilihan tepat bagi para desainer, pekerja kreatif, atau siapapun yang membutuhkan notebook stylish dan cerdas dengan masa aktif baterai sepanjang hari serta performa dan multifungsi.

DESAIN

Dengan ketebalan hanya 10,9 milimeter dan berat 1,1 Kg, ZenBook S ini tampil dengan dibalut aluminum standar dirgantara (dari bahan aluminium alloy aerospace-grade 6013, sebuah material yang lebih ringan dibanding notebook pada umumnya, tetapi 50 persen lebih kuat.), engsel ringkas ErgoLift dan sistem pendinginan vapor-chamber yang ultra tipis.

Laptop ini juga memiliki spun-metal finish khas ZenBook ikonik yang membutuhkan 40 langkah rumit dalam pembuatannya. Bagian sisi notebook juga dilengkapi aksen diamond-cut. Ada dua pilihan warna yang tersedia; Smokey Gray dan Royal Blue. Khusus untuk model Royal Blue, teknik dual-phase anodizing dilakukan untuk menghadirkan guratan emas di sisi notebook.



Untuk mendapatkan dimensi yang sedemikian tipis, ZenBook Flip S menggunakan engsel ErgoLift, salah satu teknologi engsel 360 derajat yang paling compact di dunia. Engsel ErgoLift memiliki mekanisme multigear metal yang sangat presisi dengan desain compact yang mampu mengunci layar dengan kuat pada suhu berapapun. Engsel inovatif ini juga memiliki dual-mekanisme yang mengangkat dan memiringkan keyboard ke posisi pengetikan yang sempurna saat layar dibuka lebih dari 135 derajat. Untuk memastikan kehandalan, engsel ErgoLift sudah diuji-coba dalam 20 ribu siklus buka tutup.

 BATERAI

Baterai ZenBook Flip S mampu mencapai  kekuatan baterai hingga 11,5 jam karena menggunakan baterai polimer lithium berkapasitas 39Wh. Teknologi Fast Charging juga mendukung kemampuan baterai agar dapat terisi  60% hanya dalam waktu 49 menit.

PERFORMA

ZenBook Flip S menggunakan Prosesor Intel Core i7 generasi ke-7 dan RAM LPDDR3 2133MHz sebesar 16GB yang menjamin para penggunanya untuk bisa melakukan multitasking dengan nyaman. Adanya SSD berbasis PCIe 3.0 x4 membuat ZenBook Flip S punya storage dengan performa kencang, bandwidth 7x lebih besar, 3x latensi lebih rendah dan 3,8x multitasking yang lebih kencang dari SSD berbasis SATA.

Dua port USB Type-C pada ZenBook Flip S mendukung display eksternal hingga resolusi 4K dan mampu melakukan pengisian ulang. Demi kenyamanan, tersedia pula bundel Mini Dock yang menyediakan sebuah port HDMI, USB 3.1 dan port USB Type-C yang juga mendukung fast charging.

ZenBook Flip S juga hadir dengan fitur fingerprint sensor yang sangat responsif. Pengguna dapat membuka kuncinya saat notebook berada dalam mode tablet sekalipun. Pada keyboard dihadirkan fitur backlit LED disertai fitur travel distance sebesar 1 mm yang telah diuji sebanyak 10 juta kali pengetesan sehingga akan memberikan kenyamanan dan durabilitas 2,5x lebih baik dibanding produk lain.

STYLUS

Buat saya, hal lain yang menarik adalah ASUS ZenBook Flip S juga dilengkapi stylus dengan tingkat tekanan atau pressure level 1024 dan dapat bertahan hingga 18 bulan tanpa diganti baterai. Layar sentuhnya juga telah dilengkapi sensitivitas 2 kali lebih baik serta teknologi corning gorilla glass yang akan melindungi display-nya dari goresan benda tajam.

Pada touchpadnya ASUS telah menggunakan sodalime glass dimana tingkat presisi sentuhanya 2 kali lebih baik dibandingkan dengan traditional cover lainnya. Ini memudahkan pengguna yang sering memakai touchpad, terlebih lagi dukungan berbagai fitur smart gesture yang dimiliki oleh ASUS, semakin memudahkan Anda untuk melakukan swipe, drag, dan sebagainya.


Paduan ASUS ZenBook Flip S UX370 dan Windows 10 Untuk Kinerja Optimal



ASUS ZenBook Flip S pastinya sudah didukung oleh seluruh fitur terbaru dan inovatif dari Windows 10. Beberapa teknologi terbaru yang bisa dinikmati dari Windows 10. 

1. Dukungan Keamanan dan Kenyamanan

a) Windows Hello
b) Windows Update
c) Windows Security

2. Mendorong Kegiatan Kreatif dan Produksi

a) 3D in Windows 10
b) Windows Ink
c) Microsoft Office
d) Cortana
e) Microsoft Edge

3. Lebih Personal

a) Broadcast
b) Game mode
c) Xbox Play Anywhere
d) Xbox Live

4. Perangkat yang kuat dan modern

a) New Experiences
b) Cool Designs
c) Better performance

Pada acara Year End Notebook Gathering ASUS bersama Rekan Blogger Bandung tanggal 28 November 2017, saya berkesempatan melihat demo secara langsung, bagaimana serunya menggunakan Windows 10 menggunakan perangkat ASUS. Beberapa di antaranya:


1. 3D Paint + Windows Mixed Reality + Powerpoint



Ketika program Paint tidak lagi seperti dulu! Saya benar-benar tercengang melihat gambar urek-urekidi Paint kok bisa di preview jadi 3D, manalagi dikombinasikan dengan built-in camera pada laptop, dan seketika gambar 3D kita bisa hidup di tengah-tengah suasana yang tertangkap dengan kamera laptop. Yah seperti game augmented reality gitu deh. Dan hebatnya, gambar dari 3D Paint ini bisa dijadikan sebagai salah satu obyek di Microsoft Powerpoint. 

2. Photos Remix

Aplikasi foto yang membuat kita lebih mudah dalam memanipulasi foto; memberi efek video, filter, memberi tambahan teks dan gambar dengan cepat. Belum lagi kita bisa dengan cepat mengirim gambar tersebut ke siapa saja. 

3. Windows Ink
Nah, ini dia fitur yang bikin saya sukses ngiler, dilengkapi stylus pada ASUS ZenBook Flip S, membuat kita bisa langsung menggambar di layar laptop, belum lagi membuat sketsa dan draft. Wah, tidak perlu lagi takut mencari media untuk menuangkan ide-ide kita secara langsung. 

4. Windows Hello
Fitur Windows Hello yang sudah dikembangkan menjadikan perangkat kita lebih personal karena kita bisa login dengan mudah secara biometrik

5. Cortana
Cortana merupakan asisten pribadi digital yang dapat diperintah lewat suara (Voice-activated Power Commands) Kita bisa secara langsung mengunci layar, mematikan, restart, atau membuat laptop ke mode tidur. 

6. Keamanan

Tentunya semakin canggih teknologi juga membutuhkan dukungan perlindungan yang kuat. Karena itu, Windows 10 pun juga menyediakan perlindungan yang menjamin penggunanya dapat melakukan kerja maksimal tanpa merasa cemas. Windows Defender Exploit Guard memberikan perlindungan ransomware yang mampu melindungi file dari perubahan oleh aplikasi jahat. Selain itu, Windows Defender Antivirus membuat penggunanya tidak perlu lagi menginstall program antivirus luar, karena sistem perlindungan pada Windows 10 sudah mampu melindungi sistem dari serangan seperti Cerber, Locky, dan Spora, serta wabah global seperti WannaCry, dan Petya. 

Well, keuntungan lainnya menggunakan Windows asli adalah Microsoft siap memberikan dukungan teknik selama 24 jam non stop via telepon, live chat ataupun layanan dukungan lainnya jika kita merasa kesulitan.



Oiya, salah satu alasan yang menarik kenapa mendingan pakai ASUS yang sudah menggunakan software asli Windows 10 ini adalah, sangat menguntungkan dari sisi ekonomis. Yeap, membeli laptop terpisah dengan Windows ternyata harganya jadi lebih mahal, berbeda ketika kita membeli produk laptop ASUS, ternyata kita jadi lebih untung - mana dapet Windows 10 asli yang pastinya bikin kita ngga perlu takut menyalakan fitur Windows Update di laptop.

Tunggu apalagi, saat ini ASUS menawarkan banyak rangkaian laptop yang bisa teman-temin pilih sesuai kebutuhan ya, mulai dari high end hingga low-end, ada semua! Dengan menggunakan  ASUS yang ber-Windows 10 asli, pastinya kita merasakan pengalaman yang menyeluruh serta mendapat kesempurnaan dari sebuah perangkat, baik dari segi harware dan software.



Sampai bertemu di tulisan berikutnya!

You May Also Like

3 komentar

Selamat berkomentar, tinggalkan link pada username. Link yang berada di dalam kolom komentar akan dihapus. (Feel free to comment and put your link on your username ONLY instead comment box area, otherwise deleted).