Setelah Pulau Tidung, Jajal Pesona Pulau Pari

by - Rabu, Januari 29, 2020


Sampai saat ini Kepulauan Seribu masih menjadi tujuan wisata banyak pengunjung, bukan hanya dalam negeri tapi juga luar negeri. Namanya saja seribu, jadi memang banyak sekali pulau-pulau yang menarik untuk dikunjungi, belum lagi pantai-pantai dengan pemandangan eksotik. Beberapa pulau yang sudah populer; Pulau Tidung, Pulau Pramuka, dan yang akan saya bahas kali ini, Pulau Pari.

Terletak di Kepulauan Seribu di Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Indonesia, Pulau Pari memiliki luas sekitar 40,32 hektar. Ada beberapa pilihan rute alternatif untuk menuju ke sana, di antaranya:

1. Menggunakan speedboat  dari Pelabuhan Marina, Ancol.
2. Menggunakan kapal Fery dari Pelabuhan Muara Angke
3. Menyewa kapal pribadi dari Pelabuhan Muara Kamal
4. Menggunakan kapal kecil dari Rawa Saban 

Berhubung perjalanan dengan transportasi kapal sangat terbatas (hanya di jam pagi dan siang), maka jika ingin berlibur ke Pulau Pari pastikan untuk berangkat pagi, pulang pagi. Karena tidak ada kapal yang beroperasi di sore hari untuk menyeberang ke pelabuhan, alias tidak bisa PP (kecuali punya kapal sendiri, ya).

Untuk penginapan, teman-temin bisa menyewa rumah warga- warga sekitar, alias homestay dengan harga yang relatif terjangkau, atau bisa juga menyewa tenda untuk melakukan aktivitas camping bagi para penikmat alam.

Memangnya ada apa saja di Pulau Pari?

Yang pasti tiga pantai ini harus dikunjungi ketika ke Pulau Pari; Pantai Pasir Perawan, Pantai Kresek, dan Pantai Bintang. 

1) Pantai Pasir Perawan memiliki pasir putih, ombak tenang, dan air laut yang jernih serta terumbu karang yang indah.
2) Pantai Kresek yang juga memiliki hamparan pasir putih, ditumbuhi tumbuhan yang rindang seperti padang, sehingga suasananya lebih teduh dan sejuk.
3) Pantai Bintang cukup serupa dengan Pantai Pasir Perawan, hanya saja lebih sepi.

Kegiatan yang teman-temin bisa lakukan saat berada di Pulau Pari di antaranya:

1) Bersepeda mengelilingi perkampungan di Pulau Pari
2) Menanam bibit mangrove
3) Snorkeling 
4) Melakukan watersport seperti banana boat.

Buat teman-temin yang belum pernah ke Pulau Seribu sebelumnya, bisa dipertimbangkan untuk menggunakan jasa agen pariwisata seperti mencari paket wisata Pulau Pari, dijamin tidak perlu repot memikirkan detail liburan; seperti rute kapal, penginapan, makan, dan aktivitas lainnya. Saat ini sudah banyak jasa travel yang menawarkan paket wisata pulau pari murah. Daripada harus repot mengurus sendiri, malah nanti harganya jadi lebih mahal, hehehe.

Jadi, kapan kita mantai?




You May Also Like

0 komentar

Selamat berkomentar, tinggalkan link pada username. Link yang berada di dalam kolom komentar akan dihapus. (Feel free to comment and put your link on your username ONLY instead comment box area, otherwise deleted).