Beberapa Efek Samping Stress Karena Virus Corona

by - Sabtu, April 25, 2020


Virus Corona Corona merupakan virus baru yang menghantui masyarakat di dunia. Virus ini masih terus menyebar dan memakan banyak korban. Selain meninggal juga masih banyak orang baru yang terinfeksi virus ini setiap harinya, sehingga hal tersebut sangat membuat cemas banyak orang. Karena efek yang dapat ditimbulkan virus ini dan juga penularannya yang sangat mudah, hal ini membuat banyak orang yang merasa cemas. Akan tetapi diantaranya ada yang merasa cemas yang berlebihan sehingga dapat menjadi stress. Padahal sebenarnya hal tersebut tidak baik sehingga harus diatasi dengan baik sebelum akan menimbulkan efek samping karena stress yang dirasakan tersebut. Misalnya saja untuk beberapa efek samping yang dirasakan karena cemas berlebihan memikirkan covid-19 ini adalah sebagai berikut:

1. Kurang tidur

Efek samping pertama yang akan dirasakan bagi Anda yang mengalami stress berlebihan karena virus covid-19 adalah mengalami kurang tidur. Anda dapat untuk merasa cemas sehingga dampaknya adalah mengalami insomnia atau susah tidur. Selain insomnia juga ada banyak gangguan tidur lainnya yang dapat dialami karena masalah virus ini yang selalu mengganggu pikiran. Seperti misalnya tidur tidak bisa tenang sehingga dapat untuk membuat Anda kurang tidur karena bisa terbangun tengah malam dan susah tidur.

2. Sulit fokus

Efek samping selanjutnya yang dirasakan karena cemas yang berlebihan karena masalah virus corona adalah sulit untuk fokus. Menurut Washington Post, manusia akan memusatkan perhatiannya pada ancaman. Sehingga hal tersebut membuat akan lebih fokus pada masalah yang sedang dihadapi saat ini yaitu penyebaran virus covid-19 yang sangat masif. Hal tersebut tentu saja akan membuat Anda lebih fokus pada masalah ini dan akan bisa mengabaikan hal lainnya. Misalnya saja karena selalu menanti informasi terbaru mengenai virus ini maka membuat Anda tidak fokus untuk bekerja. Selain itu juga akan selalu memantau berita ini 24 jam sehingga membuat Anda tidak mempunyai waktu beristirahat.

3. Sering lupa

Karena tidak fokus dan memusatkan satu perhatian pada virus covid-19, maka hal tersebut juga membuat Anda lebih mudah lupa. Fokus yang hanya pada satu hal saja akan membuat Anda sulit untuk mengingat informasi yang relevan. Selain itu apabila Anda merasa cemas yang berlebihan juga akan mempengaruhi memori yang dipunyai sehingga hal tersebut dapat membuat Anda lebih mudah lupa. Hal tersebut tentu saja kurang baik terutama apabila hingga lupa masalah-masalah yang sifatnya penting karena terlalu fokus dan cemas berlebihan menghadapi virus ini.

4. Mudah marah

Hal selanjutnya yang dapat dirasakan adalah dapat mudah marah dan juga frustasi. Karena kecemasan yang berlebihan dapat membuat Anda tidak sabar sehingga kecemasan tersebut dapat untuk membuat Anda lebih murah meriah dan iritabilitas. Kecemasan yang berlebihan akan dapat memicu emosi sehingga hal tersebut juga akan mengganggu hubungan dengan orang di sekitar ketika tidak diatasi dengan baik. 

5. Mengganggu kesehatan

Dampak terakhir yang dapat dirasakan adalah dapat mengalami gangguan kesehatan. Cemas berlebihan dapat untuk membuat imun lebih rentan turun sehingga hal tersebut akan membuat Anda lebih mudah terserang penyakit. Apabila kekebalan tubuh menurun juga akan mudah membuat virus seperti virus corona dapat menyerang. Oleh karena itulah kecemasan tersebut sebaiknya diatasi dengan baik. Cara mengatasinya juga dengan mudah yaitu dengan olahraga yoga, melakukan kegiatan yang menyenangkan dan menghilangkan stress, dan juga dapat berkonsultasi di Halodoc untuk mendapatkan cara penghilangan depresi yang dirasakan.


Jadi, tetap sehat ya, teman-temin, sampai bertemu di tulisan berikutnya.


You May Also Like

0 komentar

Selamat berkomentar, tinggalkan link pada username. Link yang berada di dalam kolom komentar akan dihapus. (Feel free to comment and put your link on your username ONLY instead comment box area, otherwise deleted).