S.E.A. Aquarium Singapore: Fun Way to Learn Marine's Life

by - Rabu, Juni 25, 2014

Catch the Easter Bunny at S.E.A. Aquarium! -
Halo! Kali ini saya mau melanjutkan cerita saya hasil menang jalan-jalan gratis ke Singapore bersama duo blogger PergiDulu, tepatnya di Resorts World Sentosa (RWS) bulan Mei lalu. Jika sebelumnya saya sudah cerita bagaimana bahagianya kulit saya dimanja dan dirawat habis-habisan di ESPA, sekarang saya mau berbagi cerita pengalaman mengunjungi S.E.A Aquarium yang juga berlokasi di RWS. Siapa tau bisa jadi referensi mengajak anggota keluarga (atau kekasih) pelesir ke sini pas liburan nanti.

Hello! I want to continue my winning trip story to Resorts World Sentosa (RWS) Singapore last May with duo blogger PergiDulu. Last time I've shared about how my skin was incredibly happy being perfectly pampered and cared by ESPA, while today I will share my experience visiting the S.E.A Aquarium which also located in RWS. Perhaps you can take it as a reference for your next holiday with family (or beloved one).

Jadi, S.E.A Aquarium ini merupakan salah satu akuarium terbesar di dunia dengan perkiraan jumlah air yang ditampung sekitar 42,8 liter berisikan lebih dari 800 spesies hewan laut dengan jumlah total tidak kurang dari 100.000 ekor! Tapi lebih dari itu, satu hal yang membuat saya berdecak kagum adalah bagaimana obyek akuarium ini benar-benar memiliki konsep yang menarik, bukan hanya menyuguhkan pajangan ikan, tapi juga menjadi museum kelautan yang benar-benar memberikan para pengunjungnya pengalaman serta pengetahuan yang sangat terstruktur dengan baik. Mau tau? Simak ya!

So, this S.E.A. Aquarium is one of the largest aquariums in the world (so far) with estimated amount of water provided approximately 42.8 liters and contains more than 800 species of marine animals with less than 100,000 in total! But moreover, one thing that made me more amazed is how this aquarium built with an interesting concept, not just as a fish exhibition, but also a Maritime Experiential Museum which provides every visitor a great experience and well-structured knowledge about sea. Curious? Then read more!


Duplicate of Admiral Zheng He ship
Memasuki gedung S.E.A. Aquarium yang luas dan dikelilingi panel-panel kaca, seketika saya langsung dibuat penasaran oleh sebuah kapal besar yang berada di bagian tengah ruangan. Sembari menunggu pemandu kami muncul, sayapun iseng mendekati kapal yang sisi depannya dihiasi figur kepala monster seperti medusa dan di bawahnya terdapat layar putih. Usut punya usut, ternyata kapal ini adalah replika kapal Admiral Cheng Ho, seorang penjelajah laut yang terkenal di tahun 1405 karena kemampuannya memimpin 300 kapal dengan jumlah awak 300.000 (juga jasanya menghasilkan Peta Navigasi Cheng Ho). Dan layar putih tersebut menampilkan film animasi pendek yang memberikan pengenalan singkat tentang Admiral Chengho, berbahasa Mandarin dilengkapi dengan teks terjemahan bahasa Inggris. Para pengunjung bisa duduk di undakan (dan harusnya sambil ditemani camilan Fish & Crab Shack) yang disediakan untuk menyaksikan film berdurasi 10 menit, dan menurut saya memang ini wajib ditonton agar pengunjung bisa mengerti alur kisah di S.E.A. Aquarium ini.

Entering this so spacious building which surrounded by glass panels, I immediately stunned by a large ship located in the middle of the room. Since I was waiting for the tour guide, I tried to approach the ship which had a decorated figure of monster head. Surprisingly, it turns out to be a replica of Admiral Zheng He historical ship, a sea explorer in 1405, famous of his ability to lead crew of 300 ships with 300,000 men (his role also included the invention of Navigation Map of Zheng He). The white screen below the head was projecting a short animated film bringing a brief introduction about Zheng Ho Admiral, showed in Mandarin language, it also comes with English subtitles. Visitors can sit on the stepped-seat while watching (with Fish & Crab Shack on hand) for 10 minutes. I think this is a must watch movie because it would lead visitors to something.

Persian Rugs (Karpet dari Persia)
Usai menonton, sayapun akhirnya bertemu dengan pemandu kami dan segera memulai perjalanan kami menuju akuarium. Di sepanjang koridor sebelum akuarium, saya cukup dihibur dengan benda-benda sejarah yang berkaitan dengan kelautan dan pelayaran, misal barang-barang yang diperdagangkan dari tiap negara ataupun alat-alat navigasi pelayaran zaman dahulu. Selanjutnya saya dibawa masuk ke Typhoon Theatre, ada apa disini? Ternyata disini kita akan menonton kelanjutan cerita Admiral Cheng Ho secara 4D! Seru! Pengunjung diajak untuk mengalami sendiri kisah Cheng Ho sampai dengan akhir hayatnya. Dan ketika kitapun ikut hanyut bersama kapal sampai di dasar laut... Di sanalah pintu theater terbuka dan..

Finished watching, I then finally met our guide and began our journey to the aquarium. Along the corridor, I was quite entertained with some historical objects relating to the marine and ship, ie goods traded from each country or ancient navigation tools. We were then brought into the Typhoon Theatre, guess what? It turned out that we were about to watch the continuation story of Admiral Zheng He in 4D! Exciting! Visitors are invited to feel the thrilling sensation when Zheng He's ship about to wreck. The exciting moment when we also sunk to the ocean floor... And the theater door opened... 

VIOLA... Kita sampai di akuariumnya, disinilah kita memulai petualangan bawah laut kita.

VIOLA ... We entered the giant tank where the underwater adventure begins.


Jadi alkisah setelah kapal yang kita tumpangi karam di typhoon theatre sebelumnya, sekarang ceritanya kita berada di dasar laut untuk menikmati makhluk-makhluk penghuni laut ini. Kreatifkan? Dengan begini mempelajari kehidupan laut akan menjadi menarik! Apalagi S.E.A. Aquarium ini mempunyai 10 zona akuarium, lho! Apa saja?

In summary, after 'our' ship sank in a typhoon theater, it felt like we're now in the ocean, floating free with all the marine creatures. Creative, isn't it? Studying the marine life never been so exciting! S.E.A. Aquarium apparently has 10 unique zones, let's check them out!

Golden travelly at S.E.A. Aquarium
Zona pertama adalah Selat Karimata dan Laut Jawa; gua bawah laut, koral, spons. Di sini bisa dilihat batfish, selar threadfin, selar emas dan pompanos.

The first zone is Karimata Strait and the Java Sea, you will see ;underwater caves, coral, sponges. Here can be seen batfish, threadfin trevally, golden trevally and Pompanos.

Coral Garden at S.E.A. Aquarium
Zona kedua adalah Selat Malaka dan Laut Andaman. Di sini terdapat akuarium lensa (akuarium yang ada kaca pembesarnya), lalu ada Discovery Touch Pool di mana kita bisa berkesempatan menyentuh secara langsung hewan seperti bintang laut dan teripang. Dan yang paling menakjubkan tentunya Coral Garden, tabung silindris berukuran tinggi 8m dan diameter 7m berisikan koral warna warni dan ikan-ikan terumbu.

The second zone is the Strait of Malacca and Andaman Sea. There is lens aquariums (each aquarium with magnifying glass ), also Discovery Touch Pool where we can have the opportunity to touch living sea creatures such as sea stars and sea cucumbers. Another amazing thing: Coral Garden, a cylindrical tube; 8m high and 7m diameter which contains a colorful coral reef fishes.

Discovery Touch Pool: I'm touching seastar at S.E.A. Aquarium
Zona ketiga adalah Teluk Benggala dan Laut Laccadive (yang awalnya saya bahkan tidak tau dimana ini lokasinya?!). Disini kita bisa melihat hewan kekhasannya seperti ikan sumpit dan kepiting tapal kuda. Zona keempat adalah Ocean Journey yang membuat saya makin terpukau dengan dunia laut. Di sini kita bisa melihat kepiting laba-laba raksasa, ikan schooling dan teman bermainnya Spongebob; ubur-ubur!

The third zone is the Bay of Bengal and Laccadive Sea (which I initially did not even know where?!). Here we can see peculiar animals such as archerfish and horseshoe crabs. The fourth zone is the Ocean Journey that makes me more fascinated with the marine world. Here we can see giant spider crabs, fish schooling and Spongebob ultimate playmate; jellyfish!

King Crab? Or just a mere giant spidercrab? at S.E.A. Aquarium
Jellyfish! at S.E.A. Aquarium
Zona kelima adalah bagian utama dari S.E.A. Aquarium ini yaitu Open Ocean, yang didalamnya terdapat Ocean Gallery berupa viewing panel berukuran 36m x 8,3m dengan tebal 70 cm yang mempertontonkan 50,000 hewan laut termasuk di dalamnya pari Manta, pari spotted eagle, hiu zebra dan kerapu Goliath. Ah keren banget! Serius! Nyatanya akuarium ini menampung 18 juta liter air. Ada Ocean Dome dan Ocean Restaurant dimana kita bisa menikmati jamuan makan mewah dengan pemandangan bawah laut (Khusus Ocean Restaurant akan saya bahas di tulisan terpisah, ya). Dan tidak lupa Ocean Suites, yaitu kamar akomodasi mewah dimana dari jendela kamar pengunjung bisa menyaksikan kehidupan bawah laut secara langsung. Wow!

The fifth zone is the main feature of the S.E.A. Aquarium: Open Ocean, with Ocean Gallery which has a 36m x 8.3 m with a thickness of 70 cm viewing panel that displaying more than 50,000 marine animals including Manta rays, spotted eagle rays, zebra sharks and Goliath grouper. Seriously cool! In fact this aquarium holds 18 million liters of water. There is also Ocean Dome and Ocean Restaurant, where we can enjoy a lavish banquet with underwater scenery (Ocean Restaurant will has another separate post, later). And be ready for Ocean Suites, the luxurious accommodation rooms where you can enjoy underwater life straight from your room's window!

Main feature: Ocean Gallery, Open Ocean at S.E.A. Aquarium
Di zona keenam kita akan menjelajahi Teluk Arab dan Laut Arab, menyaksikan soft coral garden yang merupakan terumbu karang hidup. Zona ketujuh adalah Laut Merah dimana kita bisa melihat Terumbu Gorgonian, Terumbu Lereng, dan Terumbu Karang Tepi Pantai - terkadang saya takjub juga dengan pemandu saya yang hebat sekali dalam menamakan terumbu dengan cekatan sekali.

At the sixth zone, we will explore the Arabian Gulf and the Arabian Sea, watching the soft coral garden which is a living coral reef. The seventh zone is the Red Sea where we can see Gorgonian Coral, Coral Slope, and Coral Reef Beach Front - there were times I was also amazed with my guide who was great on naming each coral precisely.

Soft Coral Garden at S.E.A. Aquarium
Zona kedelapan adalah Afrika Timur yang menyajikan ekosistem danau air tawar yang tidak kalah menarik. Zona kesembilan merupakan Laut Cina Selatan, zona ini memiliki gua karang dimana pengunjung bisa mellihat belut Moray, ikan singa dan ikan cardinal.

The eighth zone is East African, showing ecosystem of freshwater lake. The ninth zone is the South China Sea, this zone has a coral cave where visitors can see Moray eel, lion fish and cardinal fishes.

Spotted Eagle Manta at S.E.A. Aquarium
Yang terakhir, zona kesepuluh: lautan hiu! Awww.... Tapi kata pemandu saya tidak perlu takut, karena para hiunya sudah terjamin makanannya jadi cukup jinak. Hais, namanya hiu kan ya.. Jinaknya lumayan bisa bikin kaki melayang, hahaha.

Lastly, the tenth zone: the oceans sharks! Awww .... My guide assured us that all the sharks were all propery feed that we don't need to worry. Though, sharks are still sharks, no matter what.

Ocean Restaurant at S.E.A. Aquarium
Tak terasa kami menghabiskan waktu sekitar 3 jam dan akhirnya selesai sudah petualangan kami menikmati keindahan dunia laut. Rasanya benar-benar menyenangkan menikmati keanekaragaman hewan-hewan di sini, dan pastinya bakal lebih seru kalau kita bisa berbagi pengalaman itu dengan orang-orang yang pas. Kayak saya misalnya, bisa ke sini bareng blogger favorit Adam dan Susan! Wah, mereka ini benar-benar kritis sekali, lho. Kalau mau melihat kisah mereka berjalan-jalan di sini bisa klik ini.

The adventure took about 3 hours, it felt really nice to enjoy the diversity of the animals at S.E.A Aquarium and I think it would be better if we could just share the experience with other people. Just like me who got lucky to share this moment with my favorite blogger Adam and Susan! Wow, they were so excited I could see it on their expression, even Susan easily could memorize all the mantas names!!! Anyway, if you want to see their story, please kindly visit here.

Untuk pembaca yang berminat mengunjungi akuarium spektakuler ini perkiraan harganya adalah
If you interest to visit S.E.A Aquarium, this is the estimate price range
  • One Day Pass (Tiket satu hari) S$ 28~38
  • Annual Pass (Tiket tahunan) S$ 88-128

Lebih jelasnya bisa melihat website resmi Resorts World Sentosa, ya. Yang pasti saya bersyukur banget bisa ke sini gratis. Semoga di masa depan bisa ke sini lagi bersama keluarga dan si yayang. Hahaha!

For more information you can always check Resorts World Sentosa official website. Over all I'm so grateful to have the opportunity to get here for free! Hopefully I can bring my family and my dearest next time. 

See you!

*published on VIVALOG

You May Also Like

2 komentar

  1. Uwaaaaa keren bgttt..bener2 gede ya mak aquariumnya :)
    Salam kenal

    BalasHapus
  2. Dulu sebelum Sea World Ancol ada, saya pertama kali ke tempat ini (karena diajak ortu plesir ke Singapura) ahahaha

    BalasHapus

Selamat berkomentar, tinggalkan link pada username. Link yang berada di dalam kolom komentar akan dihapus. (Feel free to comment and put your link on your username ONLY instead comment box area, otherwise deleted).