Asyiknya Bermain di Kebun Raya Nong Nooch Pattaya

by - Minggu, April 26, 2015


Nong Nooch Pattaya Tropical Garden ini adalah tempat yang sudah pasti dikunjungi jika Anda pergi ke Thailand sembari ikut tur, yup, karena hampir dari setiap paket tur ke Thailand yang saya baca pasti selalu ada tempat ini di salah satu itinerarynya. Sama halnya kalau Anda pergi ke Bandung, pasti dijamin kudu hukumnya mengunjungi Lembang Floating Market ataupun Kawah Putih, yang tentunya sudah saya bahan di blog saya. Hehehe.

Jadi ada apa sih di Nong Nooch Pattaya Tropical Garden ini?


Nong Nooch Pattaya Tropical Garden adalah sebuah obyek wisata berbentuk kebun raya dengan luas 500 acre atau sekitar 2  km2. Terletak 163 km dari Sukhumvit Road di Provinsi Chonburi, Thailand. Tempat ini bisa diakses dengan bus, taksi atau transportasi darat lainnya. Saya sendiri saat itu mengunjunginya dengan menggunakan mobil minibus yang disediakan oleh pihak tur.

Memasuki area ini, dari kaca mobil saya disuguhkan oleh keindahan taman-taman yang indah, semak-semak dibentuk menyerupai bentuk-bentuk hewan ataupun obyek tematik, lalu ada ornamen patung-patung hewan berwarna-warni, pokoknya surga untuk foto-foto banget.

Ketika sudah mendapatkan tiket, kita langsung diajak menuju sebuah ruangan besar untuk menyaksikan pertunjukkan selamat datang berupa tarian tradisional Thailand dan bela diri (kickboxing). Cukup menarik dan sebenarnya agak mirip-mirip kebudayaan kita juga sih

Menonton pertunjukkan tari di Nong Nooch Pattaya.
Usai pertunjukkan, kitapun memasuki area kebun binatang di dalam taman ini, tidak banya sih, namun jumlah ragam faunanya cukup banyak, bahkan kita bisa berfoto dengan beberapa jenis hewan, dari macan, gajah, hingga aneka burung. Oiya, ada pertunjukkan gajah juga, bukan gajah putih sih.


Dan ternyata gajah itu besar juga! Karena saya sempat ikutan menunggangi gajah juga yang memang disediakan untuk umum, ada biaya tambahan tapi. Huf! Rasanya beda banget dengan sensasi ketika lagi ngedengin lagu Gajahnya Tulus yang seakan gajah itu makhluk mellow dan cute.. 

Pertunjukkan Gajah
Beralih dari area kebun binatang, kita menuju restoran sekaligus taman bunga. Jadi, awalnya sekitar tahun 1954 ketika tanah ini baru saja dibeli, si pemilik taman ini, Pisit dan Nongnooch Tansacha bermaksud untuk lahan ini sebagai perkebunan buah. Namun akhirnya malah ditujukan untuk menanam bunga-bunga tropis dan tanaman, juga sebagai proyek konservasi satwa liar. Tamanpun dibuka untuk umum pada tahun 1980, dan manajemen dipindahkan ke Pisit dan Nongnooch putra Kampon Tansacha pada tahun 2001.





Ada dua restoran/ruang makan di dalam area Nong Nooch ini, ada yang semi outdoor dan indoor. Kebetulan kami kebagian makan di area yang indoor (menunya prasmanan standard karena disiapkan pihak tur). Namun kalau belum cukup, banyak booth makanan di pinggiran-pinggiran jalan setapak yang kita lalui.



Oh iya, kebetulan pas saya datang lagi panen duren, jadi kami ditraktir duren Bangkok oleh pemandu wisata kita! Yummy banget, ngerasai sedapnya duren montong, asli dari Thailand!


Beberapa menit tersisa sebelum kami meninggalkan tempat ini, saya menghabiskan batere kamera untuk mengabadikan beberapa sudut di Nongnooch Pattaya yang unik ini!



Pokoknya saya puas mengunjungi Nong Nooch Pattaya ini, saya sambil keasyikan berfoto sampai hampir ditinggal oleh rombongan tur yang sudah lelah menanti saya di dalam mobil. Uhuhu, maap yah! Namun saran saya, kalau ke tempat ini memang sudah wajib foto-foto sampai puas! Karena memang taman ini asri banget dan perawatannya benar-benar dijaga dengan baik, lho. Terbukti dengan menjadi obyek langganan bagi para wisatawan yang berkunjung ke Thailand, kebersihan dan kenyamanan tempat ini benar-benar terbukti.

Thumbs up!

You May Also Like

3 komentar

  1. Senanganya bisa jalan-jalan ke Thailand

    BalasHapus
  2. Senanganya bisa jalan-jalan ke Thailand

    BalasHapus
  3. iya, bagus ya. Patut ditiru. Saya ke sana th 2017. Bagus.

    BalasHapus

Selamat berkomentar, tinggalkan link pada username. Link yang berada di dalam kolom komentar akan dihapus. (Feel free to comment and put your link on your username ONLY instead comment box area, otherwise deleted).