OPPO F1 Selfie Expert Hands On

by - Selasa, Februari 16, 2016


Ciyeh, judulnya kayak blog tekno banget sih, ada acara hands-on gitu. Hehe, yah memang begitu teman-temin, awal bulan Pebruari lalu saya diundang oleh pihak OPPO untuk mengikuti media event peluncuran resmi dan hands on OPPO F1 Selfie Expert,  produk terbaru dari Oppo F-series yang sangat mengunggulkan kameranya bertempat di Ritz Carlton Pacific Place.

SELFIE EXPERT; Selfie Sempurna Tanpa Ribet
Ketika menanyakan Mas Aryo, divisi Media Engagement Oppo Indonesia, apa maksud selfie expert, beliau menjawab kemampuan menghasilkan selfie sempurna. Sempurna yang dimaksud adalah ngga ribet. Tidak perlu repot atur sana, atur sini. Sekali jepret hasilnya sudah bagus, "Bisa nipu cowok-cowok di Facebook," canda Mas Aryo. Wuih.

Menghadirkan kamera depan 8MP sensor 1/4 inci dan aperture 2.0 mampu membuat cahaya yang masuk ke dalam sensor lebih banyak dan mengkonversi sinyal gambar agar menjadi 30% lebih tajam dan 44% lebih cerah dibandingkan kamera di pasaran saat ini.

Seperti yang disampaikan oleh Bapak Suwanto Public Communications Oppo Indonesia, OPPO F1 mempunya 4 fitur unggulan yang mendukung hasil selfie sempurna.

1. Beautify. Fitur ini memanfaatkan fokus face detection dalam mengelola dan mengoptimasikan bagian wajah sehingga hasil foto membuat wajah tetap cerah dan tetap terang.
2. Filter. Terdapat 8 jenis nuansa filter yang bisa digunakan bahkan dikombinasikan dengan beautify (Natural, Fresh, Tokyo, Elegant, British, Memory, Sweet, Mono).
3. Palm Shutter atau sensor tangan. Sensor yang bekerja dengan cara mendeteksi tangan ini merupakan yang paling responsif dibandingkan pada smartphone lain. Karena tidak perlu lagi melambai ataupun membuat kepalan tangan, ketika sensor mendeteksi tangan kita, kamera akan segera menghitung mundur (5s, 3s, atau 1s) untuk kemudian mengambil gambar.
4. Screen Flash. Ketika minim cahaya (indoor atau malam), mode screen flash akan memanfaatkan layar menjadi cahaya penerang sehingga foto selfie tidak hanya cerah namun natural jika dibandingkan menggunakan LED Flash.

Oya selain itu, fitur kamera OPPO F1 bisa membuat timelapse, double exposure dan GIF juga lho!

Merasakan sendiri hasil kamera Oppo F1, saya sempat terkesima dengan hasil-hasilnya, bukan hanya jernih dan terang, tapi juga sarat detail. Terutama fitur super macroseperti kaca pembesar saja namun gambar yang dihasilkan tetap tajam!


Hebatkan? Nah berikut merupakan contoh selfie saya.


OMG! Dilarang protes dan jangan sampai tertipu! Hahaha.

OPPO: Bukan Smartphone, melainkan Cameraphone
Isyana Sarasvati sudah pakai Oppo, kamu kapan?
Keputusan untuk mengunggulkan fitur kamera ini tentu bukan tanpa dasar, melainkan Oppo sudah lebih dulu melakukan survey, terutama kepada para pengguna Oppo seri R7 sebelumnya Hasilnya didapatkan bahwa konsumen Inonesia sangat concern dengan kamera, terutama kamera depan. Belum lagi didukung dengan budaya bersosial media yang kian kemari makin ekspresif, fix, kita memang butuh kamera depan yang bagus!

Nah kemudian jika ditanya, kenapa tetap kamera belakang Oppo tetap resolusinya lebih tinggi yaitu 13MP, bukannya kamera depan yang 13MP? Karena memang pihak Oppo sendiri sudah mempertimbangkan ukuran file agar tetap quota-friendly ketika diunggah ke sosial media. Iya, donk jangan sampai paket internet lenyap gara-gara satu foto berukuran besar! Lagipula aperture lebih kamera depan lebih kecil lho (2.0) dibandingkan kamera belakang (2.2)

"Nanti yang salah handphonenya, donk," Tambah Mas Aryo.

Menggandeng Isyana Sarasvati, penyanyi muda yang tengah naik daun, Oppo menargetkan penjualan bisa tembus seratus ribu unit dalam sebulan.

KONSEP DESAIN BERKUALITAS PREMIUM

OPPO F1 sangat mengedepankan trend fashion dan lifestyle. Memadumadankan desain solid namun berestetika, cameraphone berukuran 5" berlayar IPS ini menggunakan bahan metal ditujukan untuk kalangan muda. Menjadikannya sebagai cameraphone yang mewah, stylish, namun tetap terjangkau.

Ketika menggenggamnya dalam waktu lama, Oppo F1 yang berdimensi 143.5 x 71 x 7.25 mm ini benar-benar ringan, walaupun tipis tapi tetap nyaman di tangan. Menggunakan layar lengkung 2.5D, sehingga tidak ada sudut yang tajam. bezel perakitannya tanpa celah antara layar dan cover belakang menghasilkan unibody yang sangat solid. Warna rose gold yang kebetulan ada di tangan saya benar-benar memberi kesan premium banget!

Interface awal
Perbedaan Oppo F1 dan pendahulunya Oppo R7 lebih berkonsentrasi pada body dan kamera belakang. Oppo F1 menggunakan bahan dengan grade di atas material R7, lebih tipis dan ringan namun harganya lebih murah. Kamera depan Oppo F1 menggunakan pure image, dengan pengoperasian lebih mudah dan mampu menghasilkan gambar berkualitas tinggi

Ditanya mengenai jaringan 4G LTE, untuk saat ini Oppo F1 Indonesia masih berada di jaringan 3G karena menyesuaikan dengan peraturan yang berlaku (dimana ponsel 4G harus diproduksi di Indonesia), namun rencananya per bulan depan, Oppo F1 akan siap diproduksi di Indonesia sehingga dipastikan siap dengan jaringan 4G LTE.

Fitur unggulan lainnya adalah Voice Over LTE, namun saat ini masih belum bisa digunakan karena infrastruktur operator di Indonesia belum siap. Lalu Dual 4G nano-SIM, yaitu dua slot yang mendukung 4G, lalu teknologi suaranya Dirac HD (dengan menggunakan headset OPPO).

Cepat, stabil, dan hemat, menjadi tag Oppo F1, Menggunakan Color OS 2.1 Android 5.1 dan RAM 3GB, Snapdragon 616, Octacore 1.5 GHz dan Qualcomm MSM 8939, memungkinkan proses pengaktifan perangkat 30% lebih cepat dan 2x lebih cepat dalam pengaktifkan aplikasi. 

Saya tidak sempat menguji daya tahan baterai yang hanya 2400mAh karena memang waktu membuat hands-on cukup singkat.


Saat ini Oppo dipasarkan seharga ~Rp 3.499.000,00

Menurut teman-temin bagaimana? Apakah tertarik memiliki OPPO F1? Dalam satu box, calon pengguna akan mendapatkan 1 unit handheld (sudah dilengkapi anti gores), buku panduan, headset, battery adaptor, kabel USB, transparent case.

Spesifikasi lebih detail bisa cek di klik disini.

See you!

You May Also Like

11 komentar

  1. Keren nih Oppo F1, penantang serius Zenfone Selfie..

    BalasHapus
  2. lha udah keluar produk baru aja :)
    yang oppo r7s aja saya masih nabung buat beli...

    btw, contoh selfie-nya wow banget. hi hi hi

    BalasHapus
  3. harga terjangkau nih, bagus juga kamera nya buat selfie atau buat foto :3
    tampilan home screen-nya bagus banget

    BalasHapus
  4. wow keren nih.. bisa jadi wishliat kayaknya

    BalasHapus
  5. fitur-fiturnya keren ya mbak...hasil jepretannya jernih ya.harganya lumayan y mbak. kebetulan lagi butuh hp bisa buat rekomendasi

    BalasHapus
  6. Ah makin seneng selfie deh kalau punya henpon ini, nabung dulu aaah

    BalasHapus
  7. Duh, diriku yang suka selfie ini jadi terpanggil untuk beli.. hwehehe :')

    BalasHapus
  8. Bisa buat nipu cowok2 di facebook, ketawa ngakak banget dah pas baca hahahaha... Naksir deh sama henponnya, kapan henponku rusak ya #lho LOL

    http://farrelandmerry.blogspot.co.id

    BalasHapus
  9. Tapi kenapa headsetnya ga bisa dipake.yg f1 apa cuma gueh punya doank hixs

    BalasHapus
  10. Tapi kenapa headsetnya ga bisa dipake.yg f1 apa cuma gueh punya doank hixs

    BalasHapus
  11. Ga rugi kalo ikut ikut isyana pakek ini XD hehehe

    BalasHapus

Selamat berkomentar, tinggalkan link pada username. Link yang berada di dalam kolom komentar akan dihapus. (Feel free to comment and put your link on your username ONLY instead comment box area, otherwise deleted).