Puspita Martha International Beauty School; Bukan Sekedar Salon Kursus Kecantikan

by - Jumat, Februari 19, 2016


Haloh teman-temin, kali ini saya mau berbagi info seputar sekolah kecantikan paling ngehits se-Indonesia, apalagi kalau bukan Puspita Martha International Beauty School (PMIBS). Pas banget untuk teman-temin yang lagi cari info seputar kursus kecantikan atau salon. 

Jadi ceritanya, beberapa waktu lalu saya berkesempatan untuk berkeliling di area sekolah kecantikan terbaik di Indonesia ini melalui acara Open Housenya. Seru banget!

Bertempat di jalan KH Wahid Hasyim Jakarta, -  sebenarnya saya bisa saja mengikuti Open House PMIBS yang di Bandung, kota domisili saya, ngga harus ke Jakarta, tapi yah da saya mah gitu, pengennya ngeksis di tempat jauh huhuhuacara yang dimulai dari pagi hari pukul 8 hingga 5 petang itu terdiri dari 4 sesi tour keliling area PMIBS diikuti free make up class. 

Well, saya berencana untuk mengikuti sesi terakhir alias sesi 4, namun berhubung takut kesorean pulang ke Bandungnya, sayapun mengikuti sesi tour yang ketiga, didampingi oleh Mbak Ayu Martha selaku Social Media Officer Puspita Martha.
Ruang registrasi
Memasuki gedung PMIBS ini, saya dibuat terkesan, karena perpaduan interiornya menggabungkan kesan modern dan tradisional. Bisa dilihat dari desain pintu, furniture lemari, ataupun dominasi warna coklat yang dipilih, padahal bisa dilihat desain-desain pada dinding bisa dibilang cukup minimalis.

Bisa jadi artinya menggambarkan Martha Tilaar yang sangat mengedepankan nilai-nilai kecantikan tradisional Indonesia tapi juga tidak ketinggalan trend dan kemajuan zaman, cieh, bisa aja deh.

Lantai dasar lebih banyak dijadikan ruang publik seperti ruang registrasi, Art and Beauty Handicraft Centre (barang-barang disini unik-unik! Wajib mampir!), cosmetic shop (MT Shop and PM Professional), Studio 1 Exercise Hall, Musholla, dan Canteen.

MARTHA TILAAR SALON and DAY SPA

Selain sekolah, di PMIBS ini juga menyediakan jasa salon dan day spa di lantai dua. Pilihan pelayanan pada spa sangat beragam, mulai dari segala jenis waxing, paket body and face treatment, massage, hand and foot treatment. Sedangkan paket pelayanan salon mencakup basic service seperti potong rambut, bleaching, highlighting, hair ozon, hair extension dan sebagainya.

Selain itu, ada juga paket persiapan pengantin, lho, berisikan body treatment, facial, creambath, lulur, hand and foot treatment, reflexology, bahkan contouring spa. Asyik, ya (terus kapan aku nikahnya? #kode).

Bisa dilihat, tempat spanya bersih, terlihat nyaman, dan menenangkan. Tertarik?

CIPTA BUSANA MARTHA TILAAR

Berikutnya saya diajak melihat-lihat ke ruangan Cipta Busana Martha Tilaar (CBNT). CBNT merupakan tempat untuk mendesain baju yang kemudian dikembangkan lebih luas menyediakan usaha penjualan dan penyewaaan busana adat pengantin, wisuda aksesoris dan kain dari berbagai daerah di tanah air maupun kebaya modifikasi.


Saat ini CBNT sudah sangat dikenal dalam menangani segala hal yang berhubungan dengan persiapan dan pesta pernikaha, seperti Pre Wedding Treatment, Make Up and Hair Styling, Wedding Service (tempat dan dekorasi, musik, mobil pengantin, jasa fotografi videografi, mc, hingga undangan).

Oiya, di PMIBS bukan hanya mendesain baju adat, tapi juga ada gaun pengantin bergaya internasional juga, lho.

BEAUTY TREND CENTER

Beauty Trend Center, kalau kata Mbak Ayu itu semacam trend forecast atau peramal trend, yup, lebih tepatnya portal digital yang memberikan informasi trend yang akan datang, mulai dari 6 bulan - 1 tahun ke depan. Khusus para siswa akan mendapatkan exclusive membership (biaya berlangganan sudah termasuk dalam total biaya admission) untuk mengakses beragam forecast trend.

Sedangkan para professional Make Up Artist, Hairdresser, Stylist, hingga Media bisa melihat ramalan yang dipresentasikan dalam bentuk artikel, mood board, tekstur, hingga palet warna terletak di koridor PMIBS


Kerennya, Beauty Trend Center ini berafiliasi langsung dengan Beautystream (Paris) yang menyediakan informasi forecast trend untuk banyak rumah mode dan kosmetik kenamaan dunia. 

Wow! Pengen tau trend make up yang akan datang? Teman-temin wajib datang ke PMIBS!

MAKE UP and HAIRDRESSING CLASS

Lanjut lagi, sayapun diajak melihat rupa kelas make up dan hairdressing, penataannya seperti salon-salon pada umumnya, bedanya di sana para murid akan mendandani para model, jadi bukan klien sungguhan. Kelas yang saya datangi adalah kelas make up tradisional dan kelas make up modern, keduanya ternyata sama-sama susah dan rumit.

Siapa bilang ngelenong itu gampang?! Hahaha.


Bedanya dengan kelas tata rambut, di awal pelajaran, murid-murid akan diajak untuk menata rambut wig baru kemudian menata rambut model.
Salah satu tutor PMIBS sedang mengajarkan menata rambut wig
PERSONAL MAKE UP CLASS

Berikutnya adalah kelas yang sepertinya ingin saya ikuti di masa depan, nih. Yaitu personal make up class, terdiri dari self image program (belajar dandan sendiri, mempercantik kuku, kelas berlangsung selama tiga hari), one day self image program, dan Aku Perempuan Indonesia (make up class, menata sanggul, dan menggunakan kain batik & songket modern)

Menarikkan? Pertama kali melihat ruangannya saja saya langsung naksir, kesannya kayak kamar dandan perempuan banget, punya saya aja boro-boro bisa cute gitu, hehehe. Di personal make up class ini kuota jumlah muridnya dibatasi untuk 3 orang saja, bahkan lebih baik kalau kita bisa membuat grup sendiri kalau memang mau.

BEAUTY AESTHETIC and SPA

Menuju lantai tiga, saya diajak memasuki ruangan Beauty Aesthetic, terdapat 4 bathtub, ada kasur untuk massage dan juga kelas untuk pelajaran nail art.



Keren deh, saya jadi tergiur ingin belajar bagaimana caranya menghias kuku. Secara kuku saya plain banget #sedih sekaligus #kode.


MAKE OVER AND FREE HAIRSTYLING

Selain acara utama Open House ini, diadakan pula event Garage Sale oleh PINK! Asal beli barang apa saja di sana kita bisa mendapat free make up class.

Iya, saya sebenarnya memang paling ngincer make up class senilai sejuta rupiah itu! Kapan lagi bisa dapet pelajaran makeup langsung dari ahlinya? Gratis pulak! #matre. Tapi saya ngga sempat belanja-belanja, jadi saya sempat kecewa jangan-jangan saya ngga bisa ikutan make up classnya.

Tapi ternyata Mbak Ayu baik banget, saya malah ditawarin untuk di makeover dan di-hairstyling oleh murid dan alumni PMIBS. Siapa yang berani nolak coba? Selama di make up dan hairstyle, saya diperbolehkan tanya apa saja seputar dandan ataupun menata rambut, asyik banget deh.

Hasilnya? Yah bisa dilihat donk pada foto pembukaan di atas. Hahaha.


Jadi, setelah sepanjang sore berkeliling di PMIBS ini saya jadi mengetahui bahwa program di sekolah ini bukan hanya sekedar kursus kecantikan ataupun tata rambut, namun siap menjadikan lulusannya sebagai profesional baik di bidang Fashion and Beauty, Media, Estetika dan Kesehatan, juga Kreatif dan Entertainment.

PMIBS ini sudah terakreditasi CIDESCO (Diploma Beauty Aesthetics - kecantikan kulit), CIBTAC (Diploma Make Up - Photographic and Fashion Make Up), Pivot Point (Diploma Hairdressing - tata rambut), International Spa Association, dan BAN-PNF (Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Non Formal).

Bahkan ketika saya berkunjung kemarin, saya sempat diceritakan bagaimana murid-murid PMIBS yang sedang magang/praktek berkesempatan untuk mendandani para finalis Miss Indonesia! Wow, kebanggaan banget, lho.

Saat ini Puspita Martha International Beauty School (PMIBS) tersedia di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya. Bagi teman-temin yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai Puspita Martha International Beauty School (PMIBS), bisa langsung cus ke website



Saya juga mempunyai informasi seputar 
Puspita Martha International Beauty School Bandung
teman-temin bisa cek tulisannya di sini


Sampai jumpa di tulisan berikutnya!

You May Also Like

15 komentar

  1. Huwaaaaaa enak banget haratisssss begitu, ini yg kmrn make over sm curly itu yak. Keren ya tempat kursusnya, lengkap pulak from top to toe.

    BalasHapus
  2. Keren banget ya tempatnya kayak one stop beauty ya

    BalasHapus
  3. ga bosen-bosennya baca & liat foto-fotonya, asli keren banget...pengen

    BalasHapus
  4. aku kalo berkunjung kesana ngiler terus kali yaa..tempatnya bagus bangettt. Hasil make overnya juga baguss di noniq :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mau dong kalo gratis..info ya di bandung ada ga?

      Hapus
    2. Di Bandung juga ada Puspita Martha International Beauty School ^^

      Hapus
  5. Wiihh keren loh :)
    Sayngnya dikota saya belum ada tuh, adanya ya qlo ngadain seminar kecantikan gitu yang datang kesini. . . Itupun juarang bgt

    BalasHapus
  6. kalo mo ikutan daftar, yg di Jakarta dimana ya...? Tolong info dong ke 081213820899... Thx

    BalasHapus
  7. Jadi teringat masa-masa sekolah di Martha Tilaar dulu tahun, 2007.
    Berterima kasih sekali dengan mengambil CIDESCO saya sekarang sudah berhasil membuka salon di jerman. Dan sertifikat CIDESCO punya kelebihan, diakui di seluruh dunia.

    BalasHapus
  8. saya mau donk di info in ke wa saya 0817135972 ,apa ada dibali yah ?kebetulan saya asli jakarta tapi tinggal dibali,mau banget join kursus kecantikan yg bersertificate ,kalo dijakarta dimana dan biayanya berapa dan butuh berapa lama hingga bisa mendapatkan sertificate yah?

    BalasHapus
  9. Kak kalau mau mendaftar gimna????

    BalasHapus
  10. Hello bagaimana saya bisa ikut kursus belajar ? Dan dimana tempat lokasi area juga nomer yang bisa saya hubungi

    BalasHapus
  11. wah, kalo lulus mbak-mbak kapster bisa buka salon kecantikan :D

    BalasHapus

Selamat berkomentar, tinggalkan link pada username. Link yang berada di dalam kolom komentar akan dihapus. (Feel free to comment and put your link on your username ONLY instead comment box area, otherwise deleted).