Kopi Geulis; Cold Brew Coffee Asal Bandung

by - Rabu, Agustus 17, 2016


Buat teman-temin pecinta kopi yang tinggal Bandung, dijamin belum lengkap pengalaman ngopinya kalau belum mencicipi Kopi Geulis, produk homemade coldbrew coffee kemasan buatan Kang Restu Dewa.

Sebagai expertise di bidang kopi; baik meracik kopi juga membuka jasa konsultan untuk produksi dan usaha kopi, tentunya pengalaman Kang Restu tidak bisa dianggap remeh. Pria yang juga suka mendesain ini sudah beberapa kali mengadakan workshop kopi di Bandung, yang sayangnya sampai saat ini saya masih belum kesampaian mengikuti workshop kopi manual brewing yang diadakan beliau dan konon sukses besar!


Malam itu di sebuah kedai martabak di Bandung, saya dan beberapa teman blogger berkesempatan bertemu secara langsung dengan Kang Dewa yang juga aktif sebagai blogger. Bergaya casual hanya dengan print t-shirt dan celana jeans, pria berkacamata ini bercerita banyak tentang Kopi Geulis, mulai dari ide hingga pembuatannya yang penuh cinta.

Keinginannya membuat kopi siap minum dalam kemasan ini awalnya hanyalah untuk sekedar bekal ketika beliau ke luar kota. Seringkali Kang Restu kesusahan menemukan kedai kopi yang menyajikan kopi yang enak, tapi juga tidak mungkin jika harus bawa gilingan kopi kemana-mana. Mulailah pria yang juga desainer kaos ini menyimpan kopinya sendiri dalam botol sejenis tumbler. Waktu berjalan, ternyata banyak teman yang menyukai kopi racikannya sehingga mulailah usaha produksi Kopi Geulis.

Melalui Kopi Geulis, Kang Restu mengaku ingin menarik lebih banyak perhatian kaum hawa akan kopi - yang mana biasanya lebih diminati kaum adam. 

"Kopi identik dengan cowok," ungkapnya. "Jarang cewek minum kopi padahal kopi banyak manfaatnya," Beberapa diantaranya adalah bermanfaat untuk perawatan kulit (hayoo, ada yang suka maskeran dengan kopi?) selain itu juga baik untuk diet.

"..., kalau ada salah satu yang ngga dimasukin, pasti salah satu bakal ngiri," candanya.
Proses riset dan pencarian resep yang memakan waktu selama dua bulan sukses menghasilkan satu kopi hitam ala Kang Restu dan 6 varian kopi susu, yang kesemuanya diberi nama layaknya wanita. "Awalnya (Kopi Geulis merupakan) nama-nama sepupu saya kalau ada salah satu (nama) yang ngga dimasukin (jadi nama kopi), pasti salah satu bakal ngiri," candanya. 


Untuk lengkapnya ini dia varian Kopi Geulis:

1. TIARA. Kopi Toraja pilihan direndam air dingin selama 24 jam menghasilkan minuman rendah kafein. Segar alami rendah kalori tanpa gula atau bahan tambahan lain. Varian ini pas untuk teman-temin penyuka kopi hitam asli, karena memang rasanya benar-benar asli kopi, mau belajar minum kopi hitam tanpa gula? Coba Tiara.

2. PUTIKopi Toraja pilihan direndam air dingin selama 24 jam menghasilkan minuman rendah kafein dipadu dengan susu sapi murni tanpa gula atau bahan tambahan lain. Nah, ini sejenis kopi susu tanpa gula, rasanya tidak sepahit varian Tiara, aromanya lembut, pas dinikmati di tengah siang hari bolong.

3. JASMIN. Kopi Arabika pilihan direndam air dingin selama 24 jam, menghasilkan minuman rendah kafein dipadu susu sapi murni dan gula palem dan tanpa pemanis buatan. Kopi susu ditambah gula palem yang lembut, rasanya tidak terlalu manis, pas untuk mereka yang masih belajar minum kopi pahit.

4. SALSA. Kopi Arabika pilihan direndam air dingin selama 24 jam menghasilkan minuman rendah kafein dipadu susu sapi murni, gula palem asli, aroma segar bebuahan tropis. Di dalamnya terkandung jeruk nipis dan cranberry, memberikan citarasa tropis yang eksotis!

5. ALIKA. Kopi Arabika pilihan direndam air dingin selama 24 jam menghasilkan minuman rendah kafein dipadu susu sapi murni dan sirup karamel dengan rasa manis yang lembut. Rasanya manis lembut, karena karamelnya memang buatan sendiri bukan menggunakan sirup karamel yang dijual di pasaran, sehingga mampu menjaga konsistensi kopi agar tidak mengental.

6. MUTHIA. Kopi Arabika pilihan direndam air dingin selama 24 jam menghasilkan minuman rendah kafein dipadu susu sapi murni, gula palem asli, aroma vanila dan santan kelapa. Varian ini katanya sih terinspirasi dari istri Kang Restu, rasanya seperti kolak, tapi ini kopi, lho.

7. LANA. Kopi Arabika pilihan direndam air dingin selama 24 jam menghasilkan minuman rendah kafein dipadu susu sapi murni dan aroma almond panggang. Kopi dengan citarasa almond asli, karena memang pembuatannya menggunakan biji almond bukan menggunakan susu almond, dengan kemanisan yang lembut pastinya wajib coba.
Kang Restu Dewa bersama Kopi Geulis. 

Kopi Geulis memang menggunakan gula palem karena rendah kalori dan lebih wangi. Kang Restu sendiri paling suka dengan varian Tiara (pastinya!), Puti dan Alika. Sedangkan saya sendiri, karena masih belum lulus minum kopi hitam pahit, lebih memilih Lana dan Alika.

Untuk saat ini Kopi Geulis didistribusikan langsung oleh Kang Dewa, by order only, jadi harus pesan dulu, ya dan masih terbatas untuk daerah Bandung saja.

Harga perbotolnya sekitar Rp. 25.000,- dan bisa tahan hingga 7 hari (dalam kulkas) atau jika sudah dibuka mampu bertahan hingga 24 jam (iya, karena memang tidak menggunakan pengawet.)

Lagi di Bandung? Yuk, cobain Kopi Geulis, bisa langsung pesan via instagramnya dan dapatkan promo lebih lengkapnya di @kopigeulis.

See you!

You May Also Like

5 komentar

  1. Kemudian aku bingung mau cicipin kopi yang mana duluan *ngeces*

    BalasHapus
  2. Ihhhh mau donk xixixi namanya nama2 cewe ya sesuai sm nama kopinya kopi geulis :))

    BalasHapus
  3. Pengen lagi, euy. Cod ke Soreang, karunya nu ngirimna. Kudu langsung ketemuan ini mah...

    BalasHapus
  4. Sukkkaaaa banget sama Jasmin. Yuuuummm...

    BalasHapus
  5. Lucu banget kemasannya. Kreatif anak Bandung, apalagi cemilan dari susu kental manis. Pinter banget mereka olahinnya, manfaat susu kental manis buat berbagai cemilan kaya roti bakar dll.

    BalasHapus

Selamat berkomentar, tinggalkan link pada username. Link yang berada di dalam kolom komentar akan dihapus. (Feel free to comment and put your link on your username ONLY instead comment box area, otherwise deleted).