Trik Jitu Bikin Konten Video Digital Buat Pemula

by - Rabu, November 23, 2016


Halo teman-temin, siapa sih yang belum pernah nonton video digital yang hits dan kekinian? Di era serba digital ini, semua orang dari berbagai usia pasti menikmati konten digital yang memiliki tema dan konsep menarik dan bahkan tak jarang mereka menyelipkan isi yang bermanfaat banget buat penonton mereka.

Nah, menggabungkan konsep menarik dengan isi video yang memiliki value tuh ternyata gak mudah lho. Karena, terkadang kamu malah bikin video kamu jadi membosankan buat di tonton. Dan, meskipun konsepnya menarik, kamu juga harus mengerti trik jitu buat video digital yang kekinian sehingga video kamu bakal di tonton oleh jutaan orang di luar sana dan bisa menginspirasi orang lain.

Jika kamu pengen ikutan bikin video digital dan kamu sudah punya konsep yang oke banget buat di tonton sama banyaknya penikmat konten digital di luar sana, kamu hampir siap untuk merilis video digital pertama kamu.

Eits, tapi sebelum kamu merilis video digital perdana kamu, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan. Apa aja sih? Simak nih beberapa trik jitu biar video kamu gak di tonton sendirian:

1. Pilih Konsep yang Unik dan Beda
Salah satu trik biar video digital kamu langsung menarik perhatian penonton adalah membuat konsep yang unik dan beda dari video-video lainnya. Kamu bisa saja menambahkan ciri khas kamu sendiri yang bikin video kamu jadi beda banget dengan yang lain. Tentunya, jika kamu berhasil memasukkan ciri khas kamu dalam video digital kamu, penonton bakalan menantikan video kamu selanjutnya.

Jadi, penonton kamu punya nilai tersendiri untuk video digital yang kamu buat. Jangan lupa bikin konsep yang kreatif banget dan jangan copy-paste dari video yang lain ya. Pastinya, kalau kamu menjiplak sepenuhnya, penonton jadi gak tertarik sama video digital yang kamu buat. Trik kerennya, kamu bisa menggunakan imajinasi kamu buat bikin konsep yang oke banget dan pastinya beda dengan video yang lain.

2. Buat Skenario yang Oke
Trik ini memang udah bukan rahasia lagi ya. Rahasia video yang oke dan punya komposisi cerita yang menarik ya ada di skenarionya. Jadi, setelah kamu punya konsep yang unik dan beda, kamu bisa mulai bikin skenario cerita. Bikinnya gimana sih? Skenario ceritanya gak perlu terlalu panjang dan ribet. Kamu bisa mulai bikin skenario dengan simpel dan mencakup inti cerita atau apa yang ingin kamu sampaikan lewat video digital kamu saja. Mudah kan?

Pastikan juga skenario kamu punya tema dan alur cerita jadi gak memusingkan penonton kamu nanti. Akan lebih baik jika kamu menulis skenario cerita kamu scene per scene, sehingga kamu bisa lebih mudah mengaturnya saat pembuatan video digital kamu. Anyway, skenario cerita kamu ini cuma untuk mengatur jalan cerita video digital kamu ya. Jangan begitu terpaku dengan skenario cerita yang kamu buat, karena improvisasi bikin video digital kamu lebih hidup dan menarik. Supaya kamu gak mati gaya, kamu bisa coba latihan dulu sebelum membuat video digital kamu dan lihat hasil latihannya, apakah sudah oke atau belum.

3. Perhatikan Kualitas Video dan Audio
It is true ketika kamu dapat saran dari sesama kreator video digital bahwa kamu gak perlu alat yang bagus untuk membuat video digital kamu. Apalagi, kalau kamu masih pemula dan ini video digital pertama kamu, kamu pastinya gak punya banyak budget untuk membuat video yang jernih banget. Eits, tapi jangan berkecil hati. Meskipun kamu punya alat-alat terbatas, gak berarti video kamu pasti gak keren.

Contohnya, kalau kamu ingin buat video digital dan kamu gak punya alat apapun selain smartphone kamu, kamu sudah punya modal cukup dari kamera smartphone kamu, tripod untuk smartphone dan berbagai aplikasi di smartphone untuk mengedit video kamu yang bisa kamu unduh secara gratis. Well, supaya hasil rekamannya gak goyang dan banyak ngeblur, kamu bisa mengandalkan tripod kamu.

Meski cuma di smartphone, kamu juga bisa menyisipkan audio keren untuk jadi backsound video digital kamu. Apapun alat yang kamu punya, kamu harus tetap memperhatikan kualitas video dan audio. Jangan sampai penonton terganggu dengan video yang banyak ngeblurnya atau terdengar suara klakson berisik yang pastinya bikin video kamu jadi gak banget. Dengan modal seadanya, video kamu tetap menarik kan buat di tonton?

4. Tentukan Media yang Tepat untuk Share Video Kamu
Nah, setelah video kamu selesai di buat dan di edit, sudah saatnya kamu pamerin hasil video kreatif kamu ke jutaan orang di luar sana. Masih minder? Udah gak jaman! Sekarang, kamu harus percaya diri kalau video kamu itu pantas di tonton oleh jutaan penonton karena kontennya yang kreatif dan isinya yang menarik.

Kamu masih bingung mau share video digital kamu di mana? Sekarang udah banyak banget situs yang memudahkan kamu untuk upload video digital kamu dan share sebanyak-banyaknya ke banyak penonton di luar sana. Kalau kamu anak muda yang gaul dan kreatif banget, kamu bisa pamerin video digital kreatifmu di channel.loop.co.id, dimana semua anak muda pamerin dan menonton video digital lainnya.

Yang pasti, video kamu harus tepat sasaran ya! Jadi, kalau kamu ingin pamerin video digital kamu ke anak muda lainnya, kamu bisa bikin konten video kamu jadi anak muda banget dan anti kaku.

Tips lainnya, kamu bisa gunakan bahasa khas anak muda, namun tetap mengutamakan kesopanan ya. Jangan sampai kamu menggunakan kata-kata kasar yang gak pantas di tonton sama anak muda lainnya.


Jadi gimana? Kamu sudah siap untuk buat video digital pertama kamu? Jangan lupa praktekkin tips-tips di atas ya biar video kamu langsung ngehits. Anyway, jangan lupa pamerin video digital kreatif kamu di channel.loop.co.id dan inspirasi anak muda lainnya untuk berkarya. Selamat berkreasi!


See you! 

You May Also Like

11 komentar

  1. Trik yang keren. Aku belum pernah bikin video yang beneran. Kalau skenario sih aku suka :)

    BalasHapus
  2. Aku belum coba sama sekali. Tapi mau coba juga ah.

    BalasHapus
  3. Keren channelnya. Tapi apa yang bukan remaja boleh juga? Hehehehe udah ketuaan kayanya

    BalasHapus
  4. Itu gambar kamera DSLRnya seri dan merek apa ya?


    Wah sangat cetar membahana triknya hehehe

    BalasHapus
  5. kadang untuk tips yang nomor 2 saya masih bingung nih, soalnya gak semua orang bisa buat skenario yang baik kan mba, hehehe

    BalasHapus
  6. Mantap, blogger harus bergerka ke dunia 3d jugaaaa

    BalasHapus
  7. keren euy. jadi pengen ikutan loop kontes video

    BalasHapus
  8. Konsep video yang kayak gimana paling disukai orang ya mba? Apa reality romance? atau hiburan yang berbau jokes?

    BalasHapus

Selamat berkomentar, tinggalkan link pada username. Link yang berada di dalam kolom komentar akan dihapus. (Feel free to comment and put your link on your username ONLY instead comment box area, otherwise deleted).