10 Hotel Murah di Medan, Pas Buat Backpacker!

by - Selasa, Januari 16, 2018

Daftar penginapan di bawah 200 ribu yang bisa dijadikan tempat singgah ketika berlibur di Medan. Pas untuk para backpacker yang ingin berlibur berkeliling  kota Medan.

Baru-baru ini saya menerima oleh-oleh kue bolu Meranti khas Medan dari saudara, duh, kue itu merupakan salah satu jajanan favorit saya (sejak pertama kali saya merasakannya). Nah, bosan tiap-tiap harus memesan teman kalau mau kue bolu, rencananya tahun ini, saya mau melakukan wisata ke Medan – sukur-sukur bisa buka pre-order jajanan Medan, hahaha!

Kebetulan tempat wisata yang ingin saya datangi, selain Danau Toba dan pusat Bolu Meranti adalah:

Kuil Shri Mariaman

Kuil Shri Mariaman yang kuil Hindu tertua di Kota Medan, Indonesia. Dibangun pada tahun 1881 untuk memuja dewi Mariamman, kuil ini terletak di kawasan yang dikenal sebagai Kampung Keling. Selain itu juga pasar tradisional Petisah, katanya sih, kalau ke Medan harus mencoba menyantap sarapan di pasar ini.

Sebagai pecinta Durian, saya juga ingin merasakan Durian Ucok, durian yang digadang-gadang sudah pernah dicicip oleh Presiden Jokowi ini sangat menyita perhatian saya banget, hehehe. Juga, rencananya selain membawa oleh-oleh Bolu Meranti, saya juga ingin membawa Bika Ambon Zulaikha yang khas Medan banget!

Satu lagi wisata yang saya ingin datangi di Medan adalah Wonders Water World, Wahana ini dilengkapi berbagai fasilitas, antara lain wahana air, hotel, restoran dan kafe, hingga adventure park. Kayaknya seru banget deh kalau bisa sempat bermain di sana, karena memang katanya Wonders Water World adalah salah satu waterpark terbesar di Indonesia yg terletak di Komp. CBD POLONIA Medan.

Nah, walaupun saya punya banyak saudara yang tinggal di Sumatera Utara, tapi kebanyakan tempat tinggalnya jauh dari kota Medan, sehingga saya juga harus merencanakan dengan baik dimana saya akan menginap. Kebetulan saya sudah sudah membuat daftar 10 penginapan budget friendly di Medan, nyaman, dan berlokasi strategis yang saya himpun dari Traveloka.

Siapa tau teman-temin ada yang sedang berencana untuk berwisata ke Medan, siapa tau daftar ini berguna.

1. Dazhong Backpackers Hostel |+/- Rp 90.000



Dari namanya, penginapan ini memang sepertinya cukup backpacker friendly apalagi harganya  juga terlihat ramah di kantong. Berlokasi di Jalan Muara Takus, penginapan ini menyediakan tempat tidur bertingkat, kamar ber-AC, koneksi WiFi serta restoran. Selain dipuji karena kebersihannya, pemilik Dazhong Backpackers Hostel juga terkenal ramah dan murah informasi. Areanya dekat dengan Shri Mariaman, Sun Plaza Medan, Cambridge City Square, Rahmat International Wildlife Museum dan Gallery.

Alamat: Jalan Muara Takus No.28, Kampung Keling.

2. Paddington Homestay | +/- Rp 79.000




Penginapan yang berlokasi di Jalan Yos Sudarso ini dekat dengan Podomoro City Deli Medan, Petisah Market, Mall Grand Palladium, dan Medan Station. Menawarkan kamar ber-AC dan WiFi. Bergaya homestay, beberapa tipe kamar yang disediakan tidak disertai kamar mandi dalam sehingga tamu harus menggunakan kamar mandi bersama. Tapi untuk kamar tipe suite disediakan kamar mandi dalam.

Alamat: Jl Yos Sudarso No 43A Glugur

3. Pondok Cemara | +/- Rp 115.000



Menyediakan kamar ber-AC, lahan parker, dan WiFi, Pondok Cemara menyediakan kamar tipe family room yang muat hingga 3 orang, wah, what a great deal sekali! Apalagi lokasinya yang cukup dekat dengan Maha Vihara Maitreya Cemara Asri, Podomoro City Deli Medan, Medan Station, dan Mall Grand Palladium.

Alamat: Jalan Komisi D. Komplek DPRD TK I. No 17 Pulo Brayan Bengkel Baru. Medan.

4. Lewi House | +/- Rp. 199.000



Berlokasi cukup dekat dengan Durian Ucok, Medan Mall, Shri Mariamman Temple, dan Bika Ambon Zulaikha, Lewi House merupakan penginapan yang berkonsep homestay. Menyediakan tiga tipe kamar; Single Superior, Double Superior, hingga Deluxe namun saying tidak disertai sarapan. Namun pengunjung disediakan koneksi WiFi. 

Alamat: Jalan Sei Bahkapuran No 16 A Medan, Medan Petisah, Medan, Sumatera Utara, Indonesia, 20119

5. Airy Eco Medan Baru Sei Wampu Baru 29A | +/- Rp. 156.000,-



Kamar yang disediakan disertai AC dan pengunjung juga mendapatkan koneksi WiFi. Lokasinya cukup dekat dengan Durian Ucok, Shri Mariamman Temple, Medan Mall, Bika Ambon Zulaikha. Tipe kamarnya single room dan double room, walaupun terdapat kamar mandi dalam, sayangnya tidak disertai air panas (namun, kalau hal ini bukan prioritas sih ya ngga pa-pa), yang pasti pengunjung tidak perlu khawatir akan kebersihan kamar di Airy Eco Medan Baru Sei Wampu Baru 29A ini, banyak review yang mengaku puas dengan pelayanan para staffnya.

Alamat: Jl. Sei Wampu Baru no 29A (Masuk dari Jalan Darussalam), Medan Baru, Medan, Sumatera Utara, Indonesia, 20119

6. My Studio Hotel Kualanamu Airport Medan | +/- Rp. 126.000,-



Sudah jelas dari namanya kalau hotel ini dekat sekali dengan airport Kuala Namu, namun selain itu hotel ini juga dekat dengan Batang Kuis Station, Lubuk Pakam Station, dan Delimas Plaza. Dengan harga yang cukup terjangkau, My Studio Hotel Kualanamu Airport Medan menawarkan fasilitas kamar ber-AC serta sarapan, dan pastinya tamu tidak perlu khawatir dengan koneksi WiFi karena juga disediakan.

Jalan Arteri Kualanamu NO 9 A38 Tumpatan Nibung, Batang Kuis, Batang Kuis, Deli Serdang, Medan, Indonesia, 20372

7. Airy Eco Medan Baru Sei Muara 27 | +/- Rp. 180.000,-


 
Satu lagi penginapan Airy Eco, kali ini berlokasi di daerah Sei Muara. Letaknya dekat dengan Durian Ucok, Shri Mariamman Temple, Bika Ambon Zulaikha, dan Cambridge City Square. Menawarkan kamar dengan fasilitas AC dan WiFi namun tanpa sarapan. Tipe kamar yang disediakan hanya double room saja.

Alamat: Jl. Sei Muara no. 27, Medan Baru, Medan, Sumatera Utara, Indonesia, 20153

8. Oel Homestay | +/- Rp. 165.000,-



Penginapan berkonsep homestay ini hanya menyediakan kamar tipe double tanpa sarapan, namun tamu disediakan koneksi WiFi secara gratis. Lokasinya cukup dekat dengan Lippo Plaza Medan, Mall Grand Palladium, Shri Mariaman, dan Sun Plaza Medan.

Alamat: Jl. Candi Mendut no. 5, Petisah Tengah, Medan Petisah , Medan Petisah, Medan, Sumatera Utara, Indonesia.

9. SanZos Stay | Rp. 160.000,-

 

Penginapan berkonsep homestay ini berlokasi dekat dengan Bandar Khalipah Station, Yanglim Plaza, Thamrin Plaza, dan Teladan Medan Stadium. Tamu bisa memilih apakah ingin memesan kamar yang menggunakan AC atau kipas angin. Sayangnya untuk kamar yang menggunakan AC tarifnya sudah diatas dua ratus ribu. Walaupun kamarnya terlihat nyaman dan bersih, sayangnya penginapan ini tidak disertai sarapan dan WiFi.

Alamat: Jalan Datuk Kabu Pasar III, Gg. Rahmat, Denai, Medan City.

10. Lingga Inn Penginapan Keluarga | +/- Rp. 150.000,-



Lokasinya cukup dekat dengan University of North Sumatera, Merdeka Field, Wonders Water World, dan Shri Mariamman Temple. Kamar yang disediakan di Lingga Inn Penginapan Keluarga hanya Superior dan Deluxe Room. Sayangnya penginapan ini tidak memberikan fasilitas sarapan, namun tamu tetap disediakan koneksi WiFi.

Alamat: Jalan Jamin Ginting PSR 7 No, 2, Medan Selayang, Medan, Sumatera Utara, Indonesia, 20132.

***

Nah, itulah kira-kira 10 penginapan budget friendly alias di bawah dua ratus ribu yang saya berhasil saya himpun. Pastinya setelah mendapatkan penginapan yang sesuai sayapun juga harus menyiapkan tiket perjalanan ke sana donk.

Bisa dibilang, untuk mendapatkan tiket pesawat murah ke Medan itu gampang-gampang susah, malah banyak susahnya! Apalagi kalau sedang high season, seringnya saya malah tidak bisa mendapat kamar di penginapan yang ingin saya tempati. Iya, karena memang hunting tiket dan penginapan saya lakukan secara terpisah; selain jadi menghabiskan waktu, buntutnya jadwal liburan dan budget malah tidak sinkron, hasilnya membuat saya jadi hilang semangat untuk ke Medan.

Tapi ternyata saya salah! Baru-baru ini saya mengetahui kalau Traveloka telah membuka pemesanan tiket+hotel sebagai 1 paket. Setelah melihat-lihat produk tiket+hotel ini dan mencoba booking, ternyata harganya bikin saya kaget! Pesan paket pesawat+hotel ternyata bisa lebih hemat sampai 20% tanpa kode promo apapun!

Pastinya cara ini benar-benar efektif; lebih mudah dan menghemat banyak waktu. Saya hanya tinggal mikirin tanggal, dan let Traveloka do the rest; ngga perlu sibuk cari hotel dulu, lalu sibuk nyocokin dengan tiket pesawat. Terbukti lebih murah pesan paket pesawat hotel traveloka, apalagi tersedia banyak metode pembayaran yang pastinya ngga bikin saya kerepotan.

Masih belum percaya? Ini adalah contoh kalau saya pesan tiket pesawat dan hotel sendiri. Di bawah adalah total kalau saya pesan pesawat dan hotel secara terpisah, totalnya bisa mencapai kira-kira dua juta rupiah untuk 3 hari 2 malam di Medan. 

Rp. 379.998,00 + Rp. 1.604.700,00 = Rp. 1.984.698,00



Sedangkan kalau menggunakan paket pesawat hotel Traveloka dengan penerbangan dan hotel yang sama, saya bisa mendapatkan harga sekitar 1,7 jutaan saja! Lebih hemat uang dan WAKTU tentunya, kelebihan uangnya lumayan buat modal buka jasa titip bolu Meranti, hehehe.


Bagaimana teman-temin ada yang mau rencana wisata ke Medan juga?

Sampai jumpa di tulisan berikutnya!


You May Also Like

6 komentar

  1. Iya,ada rencana ke Medan, tapi belum sempat saja. Rekomendasinya boleh nih.

    BalasHapus
  2. Hayu lah kita backpackeran biar liburan semakin murah, cobaan dong tolong infonya backpackeran untuk internasional

    BalasHapus
  3. Waaaah. Sip. Makasih infonya, Teh..

    BalasHapus
  4. Sip nih hotel murah bisa jadi option pas liburan :D

    BalasHapus
  5. Postingannya sangt bermanfaat dan membantu bnget, makasih ya kak atas info nya. kapan kapan kalau mau ke medan boleh juga nih milih salah satu hotel diatas :)

    BalasHapus

Selamat berkomentar, tinggalkan link pada username. Link yang berada di dalam kolom komentar akan dihapus. (Feel free to comment and put your link on your username ONLY instead comment box area, otherwise deleted).