Review Skin Dewi; Milk Cleanser dan Serum Penghilang Flek Jerawat

by - Minggu, April 01, 2018

Mencari produk wajah untuk memudarkan flek jerawat dan mencerahkan kulit? Siapa tau kulit kamu cocok dengan brand Skin Dewi. Simak reviewnya milk cleanser dan serumnya, ya.

Tidak dipungkiri, kalau hingga kini produk kecantikan untuk mencerahkan kulit masih menjadi incaran banyak orang - terbukti dari tulisan saya yang paling populer di blog ini adalah seputar pencerah wajah, hehehe. Namun, tetap saja dari begitu banyaknya produk yang beredar di pasaran, kita tetap harus berhati-hati, jangan cepat percaya iklan yang mengatakan efek instan melainkan perlu teliti untuk memperhatikan kandungannya - minimal sudah ada BPOMnya. Saya pribadi sekarang lebih memilih produk-produk natural skincare untuk pencerah kulit karena terbukti lebih aman; jarang terjadi breakout, sensitif dan iritasi.

Kali ini saya mau berbagi review mengenai salah satu produk pencerah kulit yang sudah dua minggu ini saya gunakan, produk asli Indonesia bernama Skin Dewi. Sesuai dengan namanya, brand Skin Dewi ini diambil dari nama pembuatnya Dewi Kauw.

Skin Dewi merupakan salah satu produk organic skincare yang menggunakan bahan alami, produk-produk yang dibuat sangat dijamin kualitas dan khasiatnya. Seluruh produk Skin Dewi merupakan plant-based ingredients, karena memang Bu Dewi memperhatikan pemilihan bahan-bahan serta formulasinya agar memberikan hasil yang efektif.

Pendorong lahirnya produk perawatan kulit ini adalah dikarenakan anak beliau yang menderita penyakit atopic dermatitis dari lahir, sehingga beliau tergerak untuk turut mendukung dan membantu memberikan solusi dan harapan kepada mereka yang mengalami kondisi kulit bermasalah yang kronis seperti eczema dan jerawat.

Penasaran? Hingga saat ini ragam produk Skin Dewi yang sudah bisa didapat:
  • Hazelnut Balancing Cleansing Milk (Pembersih untuk kulit berminyak)
  • Raspberry Hydrating Cleansing Milk (Pembersih untuk kulit kering)
  • Helichrysum Brightening Vitamin C Treatment
  • Ginkgo Biloba Firming Facial Cream
  • Temulawak Balancing Facial Emulsion
  • Calendula Soothing Gel
Kebetulan saat ini saya baru berkesempatan mencoba dua jenis produknya; pembersih dan serum wajahnya.

Kondisi kulit saya: kering, sensitif cenderung berjerawat.

Raspberry Hydrating Cleansing Milk


Ok, produk pertama perawatan wajah natural dari Skin Dewi yang saya gunakan adalah Raspberry Hydrating Cleansing Milk, produk pembersih wajah ini merupakan satu dari dua varian; untuk kulit berminyak (hazelnut) dan kulit kering (raspberry). Berhubung kulit wajah saya cenderung kering, maka saya menggunakan varian raspberry

Raspberry Hydrating Cleansing Milk dengan ekstrak pepaya diklaim soap-free (tidak mengandung surfaktan), cocok untuk kulit kering dan sensitif, ekstrak pepaya mampu membersihkan kulit mati tanpa pengelupasan berlebih sehingga membuat kulit lebih cerah dan Vitamin B5 d-panthenol berfungsi menjadikan wajah lembab.



Kandungan: aqua, ricinus communis (castor) seed oil, camellia oleifera seed oil, helianthus annus (sunflower) seed oil, carica papaya fruit extract, glycerin, rubus idaeus (raspberry) seed oil, cetearyl glucoside, cetearyl alcohol, niacinamide, d-alpha-tocopherol, glycine soja oil, d-panthenol, benzyl alcohol, benzoic acid, dehydroacetic acid, amorphopallus konjac root powder, citrus sinensis dulcis (orange) peel oil, cymbopogon martinii (palmarosa) oil, lavandula angustifolia (lavender oil), boswellia carteri (frankincense) oil. Natural Essential oils: geraniol, limonene, linalool.

Yang membuat saya cukup optimis bakal cocok menggunakan cleansing milk dari Skin Dewi adalah karena saya tidak menemukan kandungan alkohol di dalam produk ini. Kebetulan kulit saya memang sensitif dengan produk kulit berbahan alkohol - pasti bakal jadi gatal, nyelekit, dan iritasi.

Kalau teman-temin menemukan adanya kandungan cetearyl alcohol, kandungan tersebut bukanlah benar-benar alcohol, melainkan semacam zat berupa (wax) dari tumbuhan yang teremulsi.

Cara penggunaan:
  1. Bersihkan make-up dengan make-up remover
  2. Tuangkan sebesar koin 100, basahkan kulit wajah, massage seluruh wajah
  3. Bilas dengan air
  4. Lanjut dengan toner
Oiya, susu pembersih ini tidak ditujukan sebagai makeup remover ya, jadi untuk pembersih wajah sehari-hari ketika kita tidak menggunakan make up atau sebagai second cleanser kalau menggunakan make up. Saya sendiri menggunakannya rutin di pagi hari. 

TEKSTUR


Teksturnya hampir seperti produk susu pembersih lainnya, Raspberry Hydrating Cleansing Milk ini merupakan Cleansing milk – soap free cleansing, dimana tekstunya berupa krim kental berwarna putih, aromanya tidak berasa manis seperti buah berry tapi lebih ke aroma minyak esensial (atau minyak aromatherapy).

Namun cara pemakaiannya tidak seperti susu pembersih, karena harus diaplikasikan pada wajah yang basah. Ketika diusapkan di wajah, kulit saya tidak memberikan reaksi negatif; perih dan gatal. Namun jangan lupa untuk segera membilas dengan air ya - karena saya sempat melewatkan cuci muka dan membiarkan sisa susu pembersih ini menempel di wajah semalaman, hasilnya muncul beberapa jerawat kecil (beruntusan). Hix! My fault, sih

Sangat penting tentunya bagi kita untuk mengetahui cara membersihkan wajah yang benar; yaitu tidak menggosokkan wajah dengan kasar, melainkan dipijat-pijat sehingga kulit tidak hanya bersih tapi rileks dan terjaga kekenyalannya. Berikut adalah kapas setelah saya membersihkan wajah.


Bisa dilihat pembersihannya cukup efektif dan saya sendiri merasakan kalau kotoran wajah memang terangkat hampir 90% lho - sisanya ya cuci muka.

Helichrysum Brightening Vitamin C Treatment Serum


Nah, berikutnya adalah serum untuk malam hari. Kenapa malam hari? Karena memang setau saya, serum vitamin C ini memang lebih efektif bekerja di malam hari dan sebaiknya dihindari dari paparan sinar matahari. Efek vitamin C kalau terkena matahari secara intens malah mempercepat timbulnya flek hitam. Kecuali, jika kita menggunakannya di dalam ruangan dan dilindungi oleh sunblock ber-SPF. 

Saya sendiri lebih sering menggunakannya ketika malam hari, sesekali saya gunakan saat siang ketika saya tidak beraktifitas di bawah terik matahari. 

Helichrysum Brightening Vitamin C Treatment serum ini berfungsi untuk memudarkan flek, pencerahan, bekas jerawat. Selain itu juga bisa digunakan sebagai moisturizer untuk kulit berminyak, sedangkan untuk kulit kering harus ditambah dengan pelembab tambahan. Serum ini dapat digunakan untuk semua jenis kulit.



Kandungan utama Helichrysum Brightening Vitamin C Treatment serum; Rosehip Co2 Extract untuk melindungi kulit dari sun damage serta dan membantu regenerasi kulit, Kakadu Plum Extract yang kaya akan vitamin c berfungsi untuk mencerahkan kulit, Licorice Extract dipercaya mampu mengurangi flek/hiperpikmentasi sedangkan Vitamin C untuk mencerahkan, memudarkan flek, mengstimulasi produksi kolagen untuk pengencangan, serta Helichrysum Oil mampu meremajakan kulit dan mendukung regenerasi kulit.

TEKSTUR


Serum ini berupa krim seperti lotion, tidak terlalu pekat dan tidak cepat meresap dengan warna agak kekuningan. Aromanya hampir mirip-mirip produk susu pembersih yang sudah saya bahas sebelumnya - yaitu aroma minyak esensial, jadi bukan aroma flora ataupun aroma segar ala-ala citrus. Efeknya dalam melembabkan wajah memang terasa.

Ketika tulisan ini dibuat, saya masih menggunakannya secara rutin selama 2-3 minggu, so sebenarnya selain kulit terasa lebih cerah, saya belum berani mengatakan hasil signifikan lainnya. Namun yang saya perhatikan - dan cukup bikin saya puas, flek hitam bekas jerawat saya memang agak memudar.

Jadi, saya punya bekas jerawat di daerah leher seperti pada foto di bawah, nah per Desember 2017, fleknya hitam banget, nah selama dua minggu menggunakan serum Skin Dewi, lumayan berasa pudar walau belum sepenuhya hilang. Foto ini tanpa editan lho ya.

foto sebelah kiri adalah foto Desember 2017, foto kanan adalah Maret 2018.

Nah, berikut adalah perbedaan wajah saya sebelum dan sesudah menggunakan serum di malam hari.


Gambar sebelah kiri adalah bare face, alias wajah saya tanpa apapun (ceritanya saya baru bangun tidur siang hehe), lalu gambar di tengah adalah saya membersihkan wajah dengan susu pembersih Skin Dewi, setelah mencuci wajah, gambar di sebelah kanan adalah wajah saya ketika menggunakan serum SKin Dewi. Walau dari foto tidak terlihat bedanya, tapi aslinya, wajah terasa lebih lembab (walaupun memang penggunaan serum ini harus diatur, kalau tidak, rasanya wajah terlihat agak cepel dan kadang agak lengket gitu).

Tapi.... Ini adalah penampakan ketika mencuci wajah di pagi hari.


Walaupun pori-pori wajah masih terlihat besar, setidaknya tone kulit wajah agak merata dan terasa cerah sehabis cuci wajah (dengan air ya, tanpa sabun kalau di pagi hari).

KESIMPULAN

Sebagai High performance organic skincare, yang membuat saya cukup terkesan dari produk Skin Dewi ini merupakan serum vitamin C-nya yang hasilnya cukup terlihat hanya dalam waktu 1,5-2 minggu pemakaian. Walaupun awalnya saya tidak berharap banyak (apalagi sebenarnya saya kurang suka dengan aromanya yang... minyak esensial banget), tapi ternyata hasilnya dalam mencerahkan kulit dan memudarkan flek jerawat memang terbukti efektif.

Untuk milk cleansernya, walaupun hasilnya juga cukup memuaskan, tapi perbandingan harga dan kuantitinya bikin saya agak meringis. Kebetulan cleanser bahan organik yang saya gunakan memiliki harga yang serupa dengan harga milk cleanser Skin Dewi, tapi kuantitinya lebih banyak, bahkan 2-3 kali lipatnya, jadi milk cleanser Skin Dewi masih belum jadi prioritas saya untuk saat ini.

Tapi serum vitamin C nya memang bikin jatuh cinta dan saya ngga ragu untuk melakukan another future purchase for this!

Oiya, tips menggunakan produk natural/organic adalah selalu perhatikan expiry date atau tanggal kedaluwarsanya ya, karena memang produk berbahan alami tidak menggunakan pengawet sehingga lebih cepat expired

Siapa tau teman-temin ingin coba juga, bisa cek info lebih lanjut di website resminya di http://skindewi.com

Sampai bertemu di tulisan berikutnya!

You May Also Like

6 komentar

  1. Lumayan berangsur baik ya efek perawatannya :)
    Memang untuk treatment ini kuncinya adalah rutin.
    Saya sudah pakai serum nya, plek hitam di pipi berangsur hilang.

    BalasHapus
  2. Baru tahu merk ini sih, hehe. Jadi penasaran gimana khasiatnya di muka.

    BalasHapus
  3. I gotta agree with the scent, beneran no scent yah produk ini. Terasa natural banget makenya heheh

    Mba, maap nih sebelumnya, setauku yang Cleansing Milk itu cara kerjanya seperti facial wash, bukan seperti susu pembersih biasa. Di kemasan kan ditulis tuh kalo muka dibasahin dulu trus pake produknya, just like a regular facial wash :D Kalau susu pembersih kan ngga pake dibasahin mukanya hehe *cmiiw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Nindy, ah iya sorry my bad, uda diperjelas lagi di tulisannya.. Makasih ya koreksinya ^^

      Hapus
  4. hasilnya bagus juga ya, packagingannya juga simple, suka banget..

    BalasHapus

Selamat berkomentar, tinggalkan link pada username. Link yang berada di dalam kolom komentar akan dihapus. (Feel free to comment and put your link on your username ONLY instead comment box area, otherwise deleted).