Belajar Lebah di Taman Wisata Lebah Madu Pramuka, Cibubur

by - Kamis, Agustus 13, 2015


Beberapa waktu lalu, saya dan beberapa blogger serta awak media mengikuti Honey's Beauty Trip yang salah satu kegiatannya adalah mengunjungi Taman Wisata Lebah Madu Pramuka yang terletak di Cibubur, tidak jauh bila ditempuh dari Jakarta. Karena masih satu kompleks dengan kawasan bumi perkemahan pramuka, Taman Wisata ini seringkali dijadikan tempat edukasi seputar pengetahuan lebah, taman bermain, juga klinik kesehatan.

Sedangkan untuk tempat budidaya lebah dan penghasil produknya yang utama terdapat di Jawa Tengah, alasannya sederhana karena di Jawa Tengah masih kaya akan perkebunan yang bisa dimanfaatkan para koloni lebah untuk menghasilkan produk, kalau di Jakarta suhunya sudah sedemikian panas dan minim perkebunan.

MENGENAL JENIS LEBAH DI INDONESIA


Disambut hangat oleh Mbak Witri Nur Afri Aini, salah seorang pemandu di Taman Lebah, kamipun diajak berkumpul di salah satu ruangan seperti gua gitu, selanjutnya kami mulai diberi edukasi seputar lebah; mengenal koloni lebah madu

Beberapa jenis yang ada di Indonesia
1. Apis mellifera (lebah unggul)
Lebah utama yang berasal dari dataran Eropa, dibudidayakan di Australia dan dikembangkan di Indonesia. Sarangnya berbentuk bingkai-bingkai. Sifatnya jinak dibandingkan jenis lain, sengatan lebahnya juga bermanfaat untuk pusing, pegal melalui terapi sengatan lebah.

 2. Apis Cerana (lebah lokal)
Asli Indonesia, perbandingan, ukuran lebih kecil dibanding melifera. Bisa dibandingkan dari sarangnya. Lebah ini banyaknya di rumah-rumah. Bentuk sarangnya seperti sisisran, warna putih jernih.

3. Apis Dorsata (lebah hutan atau lebah liar)
habitat di alam bebas di hutan-hutan, pohon yang tinggi lebih dari 3m. Sarangnya berbentuk satu sisiran saja, tidak bisa dibudidaya, sengatannya 10x lipat dibanding lebah yang bisa dibudidaya.

4. dan Trigona Sp. (lebah klanceng)
Tidak mempunyai sengatan, salah satu jenis lebah yang paling kecil di dunia. Cukup berbahaya karena bisa masuk ke lubang telinga dan lubang hidung. Banyak dibudidaya di Indonesia.

TIPE LEBAH DALAM SATU KOLONI

Tuh, yang tengah adalah ratu lebah
Berikut adalah tiga tipe lebah yang berada dalam satu koloni.

Tabel Perbedaan tiga jenis lebah dalam satu koloni.
URAIAN
RATU
PEKERJA
JANTAN
TUBUH
Besar
Kecil
Gemuk
MULUT
Pendek
Panjang
Pendek
SAYAP
Abdomen
(menutupi perut)
MenutupiMenutupi
SENGAT
Ada
Ada
Tidak
USIA
DALAM SEL
16 Hari
21 Hari
24 Hari
MAKANAN
Royal Jelly
Madu dan Bee Pollen
Madu dan Bee Pollen
TUGAS
Bertelur
Cari Makan
Kawin
(setelah kawin langsung mati)

PRODUK LEBAH

1. Madu. Merupakan cadangan makanan lebah, berasal dari nektar bunga yang dihisap lebah dan diproses dengan enzim. Kandungannya:   Air (17 - 23%), Fruktosa (38.5%), Glukosa (31%), Maltosa (7.2%), Karbohidrat (4.2%), Sukrosa (1.5%), Enzim/mineral/vitamin (0.5%), Energi-kalori/100gr (294). Manfaatnya sangat baik bukan hanya untuk kesehatan namun juga kecantikan.

2. Tepung sari bunga/bee pollen. Berasal dari serbuk sari yang ada alat kelamin jantan bunga. Tepung sari ini biasanya menempel di kaki-kaki lebah ketika sedang menghisap madu. Kegunaannya sangat baik untuk masker. Bentuk aslinya adalah butiran namun bisa dihaluskan. dikonsumsi lagsung rasanya hambar asma, merendahkan kolesterol. Tidak ada efek samping.

3. Racun lebah/bee venom. Mampu melancarkan peredaran darah. Terapi sengat lebah untuk peyakit berhubungan dengan saraf (reumatik, sakit kepala, salah urat, tekanan darah tinggi, maag, dan kolesterol juga menurunkan berat badan). Menggunakan sistem aukupuntur (lebah pekerja)

4. Lilin lebah bee wax. Banyak digunakan untuk industri untuk malam (plastisin), juga lilin hias, untuk gel rambut yang sangat aman, dan masih banyak lagi.

5. Royal jelly. Merupakan bahan utama larva calon bakal ratu lebah. Royal jelly rasanya kecut dan asam namun berprotein tinggi dengan harga jual yang mahal. Royal jelly harus disimpan di tempat bersuhu dingin.

6. Propolis. Merupakan getah-getah tanaman yang dimakan lebah, dikunyah dan dikeluarkan lagi untuk perekat sarang dan juga untuk antiseptik dan antibiotik sarang lebah. Setelah diteliti baik sekali untuk mengobati penyakit. Yang membedakan harga propolis adalah kandungannya, semakin tinggi (100%) semakin mahal.

PRAKTEK BUDIDAYA LEBAH

Salah satu petani lebah yang sedang menjelaskan
Setelah diberi penjelasan singkat, kamipun diajak untuk praktek langsung dengan bertemu lebah asli. Tipe lebah yang kami temui adalah Apis mellifera karena cukup jinak dibandingkan lebah lainnya. Yang perlu diperhatikan ketika kita berada dekat dengan lebah adalah tidak melakukan gerakan-gerakan yang mengagetkan/mendadak, karena akan membuat lebah kaget dan merespon dengan sengatan. Menyeramkan!

Sarang lebah
Para petani lebah yang menemani kami dengan fasih menjelaskan bagaimana biasanya mereka bekerja memperhatikan sarang demi sarang lebah yang disimpan di dalam kotak besi. Bagaimana para petani lebah harus memperhatikan keberadaan lebah madu (dalam satu koloni hanya boleh ada satu ratu), jika terdapat calon ratu padahal ratu lebah sebelumnya masih hidup maka telur larva calon ratu harus dibunuh.

Sarang yang mengandung madu
Sangat menarik!

Bukan saja kami diajarkan bagaimana tata cara merawat sarang lebah, namun kami juga diajarkan bagaimana memanen madu, meminum madu murni, serta mengenal peralatan-peralatan yang digunakan.

Cara memanen madu
Mengunjungi Taman Wisata Lebah Madu Pramuka merupakan pengalaman yang berkesan buat saya, apalagi jika suatu saat kita berencana untuk mempunyai peternakan lebah sendiri, maka tim Taman Wisata Lebahpun bisa membantu kita dalam menyediakan lebah unggulannya (Apis Mellifera).

Minum madu murni
Hmm.... Siapa ingin beternak lebah?

Info lebih lanjut:
Taman Wisata Lebah Madu Pramuka
Komplek bumi perkemahan pramuka, Cibubur, Jakarta Timur
021-8445104, 021-98457
www.madupramuka.com

You May Also Like

6 komentar

  1. Waaa seru bangeet. Aku ikut lombanya tapi enggak menang. hihihi
    Dan baru tau ternyata lebah ada yg gak punya sengat :D

    BalasHapus
  2. wahhh seru bangettt,, kapan2 wisata disini ahh..


    postingan terbaru toko online

    BalasHapus
  3. Pengeeenn.. Tapi takuutt.. Mungkin aku terreaakk terreeaakk norak kali ya pas disana.. Hahaha.. ^.^' But I love honey~

    Http://beautyasti1.blogspot.com

    BalasHapus
  4. Wah ni asyik juga ya ajak anak-anak belajar ke sini :)

    BalasHapus
  5. selamat sore, ijin share yahh

    BalasHapus
  6. Mohon info pelatihan berikut biayanya

    BalasHapus

Selamat berkomentar, tinggalkan link pada username. Link yang berada di dalam kolom komentar akan dihapus. (Feel free to comment and put your link on your username ONLY instead comment box area, otherwise deleted).