Blind Date ala Blogger

by - Rabu, September 30, 2015


Duile blind date judulnyah! Jadi, teman-temin, dalam tulisan kali ini saya mau bercerita tentang pertemuan saya dengan seorang blogger (kayak yang ngga pernah ketemu sesama blogger aja gituh). Iya! Jadi pertemuan ini sebenarnya agak beda dari yang sudah-sudah, yang biasanya saya ketemu sesama blogger karena kebetulan berada di acara yang sama, kali ini saya benar-benar janjian untuk ketemu seorang blogger yang saya belum kenal dan bahkan... blognya aja saya belum sempat mengunjungi! #digeplak (namun aslinya sih saya cukup aware dengan sosok ini, iyalah, dia merupakan admin di salah satu komunitas blogger).

Jadi kok bisa tiba-tiba ikutan blind date? Kebetulan saya memang lagi menerima tantangan Networking Competition (dasar ya saya banci lomba) yang mana pesertanya ditugaskan untuk menunjuk salah satu blogger untuk diajak berkenalan dan sebaliknya ditunjuk juga untuk diwawancara. Hihi, kesannya ngartis banget gitu, padahal ya, apalah saya ini #lebay.

Keuntungannya adalah: Saya jadi bisa berkenalan dengan dua orang blogger kece; yang ngga hanya menarik dan berkarisma namun juga menginspirasi. Siapa saja mereka? Well, satu dulu ya. Pasangan blind date saya ini perempuan kok, jadi benernya ngga blind date sih - niat bikin judulnya cuma untuk narik traffic aja #apasih!

PERKENALKAN, ISTIANA SUTANTI...

Panggilannya Isti dan saat ini berdomisili di Depok (kecintaannya dengan Depok sudah muncul bahkan sebelum dia memutuskan kuliah di sana). Siang itu, saya bertemu dengan Isti (saya menghapus embel-embel mbak seketika saya tau saya lebih tua 15 hari darinya, hihihi) di salah satu pojok komunitas di daerah Dago, karena Isti baru saja mengadakan pelatihan infografis untuk para blogger.

Yeap. Infografis. Hebatkan? Jadi Istiana ini memang ahli banget tentang perihal komputer, ngga salah kalau dia sekarang bertugas dalam mengurus perkembangan website Kumpulan Emak Blogger, mau tanya HTML, CSS? Jangan malu-malu! Karena memang Isti ini ramah banget dan enak diajak ngobrol (wawasannya luas jadi nyaman pula diajak curcol #ehh). Bahkan platform blogspot merupakan wadahnya belajar coding ketika zamannya kuliah.

Awalnya saya sempat grogi ketika detik-detik menjelang pertemuan, karena memang sayakan anaknya pemalu dan sempat bingung bagaimana menata kalimat pembukaan. But, it's like magic. Pembicaraan siang itu mengalir dengan lancar.

Apalagi ketika di sekitar kami banyak anak-anak yang lagi ikutan acara Cosplay, ketahuan deh bahwa Isti ini juga penggemar budaya Jepang: anime, Jpop, juga drama-drama Jepang, salah satunya Nodame Cantabile. Klop deh, karena setelah itu kami membahas musik klasik; Mozart, Rachmaninoff, Beethoven, you name it!

BLOGGING: DARI CURCOL HINGGA OPTIMASI

Saya dan Isti sama-sama mulai ngeblog pada tahun 2005, sama-sama mulai dengan curhat seputar kegiatan sehari-hari, sama-sama sering menumpahkan emosi di blog lewat kalimat yang penuh ekspresi (semacam: Tidaaaakkkkk!!! Ya ammmpuuunnnn!!!) dan pada akhirnya sama-sama memutuskan untuk fokus di blog. Wow, what a coincidence. Bedanya, pencapaian saya mungkin belum seberapa sih, ya.

Isti yang sempat mempelajari olahraga Kempo ini sekarang lebih fokus dengan tema seputar parenting dan tips ngeblog, beda dengan saya yang masih betah dengan kerja serabutan. Hehe. Topik seputar keluarga dipilihnya setelah dia merasa menulis cerita mengenai kegiatan bersama anak sangat menarik untuk dibagikan (plus, trafficnya gede! #catet) dan ngomong-ngomong, Isti sedang mengandung anak keduanya yang sudah berusia 10 minggu ketika bertemu saya. Hebat banget sih kamu jeung!

Pembahasan kamipun semakin meluas dari waktu ke waktu; dari Meteor Garden hingga Boys Before Flowers, dari Solo hingga Jakarta hingga akhirnya mengerucut menuju optimasi blog (mulai serius nih). Berhubung saya ngga ahli ngeblog maka hari itu saya memanfaatkan waktu sebagai penyerap ilmu #oportunis, sini mak, bagikan ilmumuh!!

Mulai dari mancing-mancing omongan infografis, platform blog, penggunaan tag di blog sampai jumlah traffic. Sungguh berkah banget bisa kenalan sama Isti!

BLOG IS ABOUT NETWORKING

Hari sudah mulai sore, Istipun sudah mesti kembali ke kota asalnya, jadilah kami mengakhiri pembicaraan hari itu dengan harapan bisa bertemu di lain kesempatan (sisanya blogwalking deh).

Dan inti dari pertemuan ini adalah ngeblog tanpa memperluas pergaulan dan jaringan itu bagaikan sayur tanpa garam, bagai berbisnis tanpa relasi. Ngga mungkinkan kita mencoba sukses seorang diri, pertemuan saya dengan Isti, bukan hanya menambah teman (blogger) baru, tapi juga menambah wawasan dan pengetahuan baru.

Semoga Isti juga tidak menyesal mengenal saya #ihiks.


Saya dan Isti
Nah, kalau teman-temin sendiri bagaimana? Perlu ngga networking sesama blogger? Apa ada yang mau blind date sama saya lain waktu?

You May Also Like

35 komentar

  1. Hihi. Ayok, kapan2 kita blind date lagi yuuk, sambil nonton kamu orkestra gitu misalnya, haha. *eh, kali ini mah bukan blind date yak namanya xp

    BalasHapus
  2. Aku mau aku mau *udah lewat masa blind datenya -__-*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ih, si teteh.. Kita mah udah keseringan wkwkwk...

      Hapus
  3. Keren lho, apalagi blind datenya dapet ilmu begitu..
    Bahkan sekedar blind date tanpa bahasan yang serius seperti itupun oke-oke saja menurut saya *maklum cetek, kalau harus punya ilmu siapalah yang mau bertemu saya* hihi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak kok yang mau ketemu mbak, saya juga niatnya malah nyerap ilmu aja berasa ngga bisa apa-apa soalnya, hihihi...

      Hapus
  4. Blinddatenya mantap nih.. aku jg mau mak ikutan blinddate.. maklum aku jg masih gaptek istilah dan bbrp kasus di dunia perbloggeran..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asyik banget memang, semangat yaa, semoga bisa berkesempatan nge-blind date juga ^^

      Hapus
    2. mantab banget deh.... pengen bisa fun blogging,,..

      Hapus
  5. waaahhh...kereeennn...mau banget blind date mba noniq hihihi...

    BalasHapus
  6. Yuk blind date, tapi nanti mungkin pembicaraannya bakalan ngalor ngidul gak karuan, ala ibu2 arisan XDDD~

    http://farrelandmerry.blogspot.co.id/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya banget kayanya, ga jauh-jauh dari drama Korea juga sih hihihi

      Hapus
  7. pernah...dan selalu seru blinddate ama blogger itu ;).. so far blm bnyk sih mba... baru kurleb 4 org.. dan jd dekat ampe skr... yg 1nya malah prnh aku minta utk nemenin aku traveling kliling thailand des 2014 lalu.. dan kita bnr2 klop di situ :)..sama2 suka jalan kali ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asyik banget tuh bisa kayak gitu mbak, ketemu orang baru memang selalu menyenangkan ya ^^ apalagi kalo bisa sampe cocok.

      Hapus
  8. iya keren ini....Bahkan sekedar blind date tanpa bahasan yang serius seperti itupun oke-oke saja menurut saya hehe

    BalasHapus
  9. belum pernah
    Pengen banget ketemu dg blogger keren macam Mak Isti. Biar bisa belajar soal optimasi blog

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga beruntung banget bisa kenalan sama Mbak Isti ^^

      Hapus
  10. Saya juga pernah blind date sama sesama blogger. Pengen lagiii deh, tapi belum ada yg ngajakin lagi :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin bisa mulai ngajakin duluan deh, hehehe ^^

      Hapus
  11. seruuu ceritanya. Jika kita sudah mengenal "baik" (meski belum face2face)
    maka sebuah hubungan bisa jadi lebih klik dilanjut dg nge-date.

    Selamaat utk blind date yg mengasyikkan ...
    saling share ilmu yg bermanfaat. Salam buat kencanannya itu :)

    BalasHapus
  12. Waaahhh blind datenya seru bangeeett. Ayook blind date bareng saya ;)

    BalasHapus
  13. Blog emang bikin kita melek ya, melek informasi, melek teknologi, dan melek networking... siplah....

    BalasHapus
  14. Networking sesama blogger, perlu mnrt saya krn yaaa namanya blogging ini nggak lepas dgn yg namanya sosial media. Sosial media means sosialisasi #apacobak bikin teori ngasal begini hahahaha
    Dan saya iya sayaaa pengen nih kapan2 blind date dgn blogger yg jgn pianist keceeeh ink :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nanti kalo pas saya mampir Surabaya deh yaaaa ^^ Aku juga pengen ketemuu nihhh hihihi

      Hapus
  15. Waah,,, kakak keren banget ^^ pake fun blogging...
    pengetahuan kia jadi luas yang dalam arti bertambah :)

    BalasHapus

Selamat berkomentar, tinggalkan link pada username. Link yang berada di dalam kolom komentar akan dihapus. (Feel free to comment and put your link on your username ONLY instead comment box area, otherwise deleted).