Tips Bikin Cover Lagu di Youtube

by - Selasa, Maret 21, 2017


Kalau teman-temin perhatikan, saya sekarang lagi demen banget membuat cover lagu di Youtube – bahkan sampai berkolaborasi dengan sesama teman blogger untuk membuat cover lagu KPOP. Sebenarnya kegiatan ini bukan hal yang baru buat saya, malah saya sudah melakukannya sejak tahun 2009 – tapi kalau sampai hari ini saya belum jadi musisi youtube sejati, hahaha, ya bisa jadi karena masih belum fokus untuk diseriusin. Apalagi kerjaan real life juga tidak lepas dari musik dan tetap harus diprioritaskan.

Namun, setidaknya untuk teman-temin yang mau mulai jadi artis/musisi youtube, saya bisa berbagi tips apa yang harus dipersiapkan ketika membuat cover lagu yang keren di youtube.

1. Just Record Your Best Performance! 
Pasti teman-temin ngeh kalau sekarang kualitas video cover di youtube itu benar-benar ngalahin video klip musisi beneran yang sudah punya record label sendiri. Istilahnya “uda punya modal” banget untuk menghasilkan hasil yang berkualitas baik dari segi audio dan video.

Nah, kalau teman-temin juga sudah punya modal tim videografer, editor, serta tim penata musik (studio musik) yang bagus, tentu sudah bisa langsung mulai. Tapi kalau peralatannya masih terbatas, ngga perlu nunggu ataupun minder; rekam aja! Toh zaman dulu kalau liat video covernya Raisa, ya gitu-gitu aja, hanya pakai webcam dan tidak memikirkan apakah micnya bagus, ada noise, yang jelas kita tau, suara doi memang bagus. Bandingkan sekarang kalau teman-temin dengar musik Indonesia terbaru diaplikasi guvera, wah kualitas audio untuk lagu Raisa uda keren banget!

2. Punya peralatan, Tapi Ngga Ada Tim? 
Percaya atau tidak, tapi musisi youtube yang sudah keren dan terkenal masih menyunting audio dan videonya sendiri. Mereka merekam video menggunakan tripod, me-sinkronisasi audio-video sendiri, termasuk mixing lagu dan edit video. Hebatkan? Jadi bukan hanya skill musik yang dipoles tapi pengetahuan teknis ternyata juga mantap! Sekedar masukan untuk teman-temin yang butuh software untuk edit audio, saya biasanya menggunakan audacity sedangkan untuk edit videonya menggunakan yang masih dasar banget; Windows Media Maker dan Filmora. Kalau teman-temin ingin hasil video yang bagus dengan efek yang lebih lengkap bisa sediakan waktu lebih untuk mempelajari Adobe Premiere dan Adobe After Effects.

3. Panduan Memilih Lagu 
Memilih lagu untuk dicover di youtube ini susah-susah gampang – tentu ini ada hubungannya dengan menarik atensi viewer. Kadang kita sudah susah-susah bikinnya, lho kok ngga booming. Eh, malah video yang ala kadarnya malah lebih banyak mengundang pemirsa. Hahaha, saya sering banget ngerasain itu. Kalau tips dari saya: cobalah membuat cover lagu yang unik, atau dengan cara yang unik. Coba lihat cover serupa dari lagu yang kita pilih, lalu buatlah versi yang berbeda yang bikin orang ngga nyangka. Bisa juga teman-temin membuat cover lagu terbaru yang memang lagi hits dari artis-artis terkenal, biasanya yang kayak begini lebih mudah menarik atensi viewer karena memang “masih hangat”. Salah satu cara menentukan lagu yang bagus, teman-temin bisa coba dengar musik Indonesia terbaru diaplikasi guvera, melalui aplikasi ini, teman-temin bisa bebas streaming musik online.

4. Jangan Lupa Share 
Nah, kalau sudah jadi video covernya, jangan lupa dibagikan ke jejaring sosial teman-temin, biar banyak yang lihat – apalagi kalau unik, pastinya makin banyak yang share. Nah, kira-kira begitu kalau tips membuat cover lagu di youtube dari saya.

Teman-temin ada yang tertarik untuk mulai bikin cover juga?



You May Also Like

0 komentar

Selamat berkomentar, tinggalkan link pada username. Link yang berada di dalam kolom komentar akan dihapus. (Feel free to comment and put your link on your username ONLY instead comment box area, otherwise deleted).