Migrasi Blogger ke Wordpress: Kenali Produk Ini!

by - Rabu, Agustus 30, 2017

Aalasan utama yang terus mendorong saya untuk kembali mempertimbangkan pindah kavling dari blogspot ke wordpress adalah desain wordpress yang saya rasa lebih mudah dioperasikan untuk mendapat tampilan yang lebih baik dibandingkan blogspot. Belum lagi adanya fitur-fitur blog yang ingin saya hadirkan - sayangnya tidak tersedia di blogspot.

Kalau teman-temin saya bertahan di blogspot karena menyayangkan perihal indexing (Alexa, DA, PA, dan sebagainya), sebaliknya, salah satu alasan yang menahan saya untuk tetap berdiam di blogspot karena saya merasa berdiri mandiri di wordpress sambil ngurusin hosting itu ribet. Iya, saya biasa dimanja di blogspot: ngga perlu pusing urusan hosting, server, hingga proteksi, pokoknya tinggal nulis.

Dan, nyatanya saya salah. Bertepatan dengan acara ulang tahun QWORDS ke-12, yup, perusahaan tempat saya beli domain - saya mendapat banyak pencerahan seputar jasa layanan QWORDS, salah satunya sebagai penyedia Cloud Hosting Premium dengan harga terjangkau. 

Ujung-ujungnya, bagaimana perusahaan ini sangat membantu para blogger untuk ngeblog di wordpress - membuat saya untuk pertama kalinya merasa sangat antusias: I really want to try wordpress premium!


Nah, buat teman-temin yang sama penasarannya kayak saya seputar migrasi dari Blogspot ke Wordpress, berikut hal-hal yang perlu saya dapat dari Mas Wandhi syahdid Abdullah, bagian teknikal di Qwords.

DOMAIN

Penjelasan untuk teman-temin yang mungkin belum tau, gampangnya, kalau di blogspot, alamat blog kita bakal mendapat embel-embel blogspot(dot)com, misal, blogkita(dot)blogspot(dot)com, sedangkan di wordpress, blog kita mendapat akhiran wordpress(dot)com menjadi blogkita(dot)wordpress(com).

Dengan membeli (dan berlangganan) domain TLD (top-level-domain), maka alamat blog kita bisa mempunyai hierarki sendiri, seperti blog saya: www(dot)noniq(dot)co, tanpa embel-embel blogspot ataupun wordpress.

Sebenarnya ngga masalah sih mau pakai TLD atau tidak, balik ke selera dan tujuan ngeblog masing-masing saja. Saya ngga berani bilang blog dengan TLD bakal lebih banyak dilirik oleh sponsor karena nyatanya balik ke rejeki masing-masing blogger, hehehe.

Nah, pembelian domain ini tidak bersifat permanen ya, artinya ada masa berlakunya. Misal teman-temin membeli domain tertentu untuk masa tayang setahun, ya, nanti di tahun berikutnya teman-temin harus membayar lagi agar domainnya aktif, kalau tidak, alamat domain tersebut hilang dan blog teman-temin berganti lagi ke alamat awal: blogkita(dot)blogspot(dot)com.

Sebagai penyedia layanan domain, Qwords memberikan banyak penawaran dan pilihan domain, termasuk telah terakreditasi menjadi registrar domain (dot)id dari Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) pada September 2016. Hal ini makin memudahkan pelanggan yang ingin mendaftarkan nama domain Indonesia dengan prosedur aktivasi yang cepat dan mudah serta dengan harga terjangkau.

Prestasi lainnya, di tahun 2017 Qwords  dipercaya oleh pemerintah Republik Indonesia melalui Kementrian Komunikasi dan Informatika sebagai penyedia jasa satu juta domain, yang memberikan layanan bantuan pemerintah dalam bentuk hosting dan domain.
Pengalaman saya sendiri dalam menggunakan domain Qwords untuk blogspot adalah merasakan betapa instan dan cepatnya proses redirect blogspot ke domain third party, hehehe. Hanya tekan enter, blog saya langsung berganti domain TLD. 

HOSTING dan SERVER

Hosting ini penting banget dimiliki oleh teman-temin yang mengunakan wordpress premium, ibaratnya ini lahannya; mau tipe 30, tipe 36, atau tipe 72. Nah, Qwords menyediakan berbagai macam tipe hosting:

  • Personal Hosting, Business Hosting, Wordpress Hosting, Maxx Hosting, bahkan untuk keperluan Radio Streaming.
Buat teman-temin yang tertarik berganti ke wordpress, Qwords menyediakan paket hosting wordpress, dimana pengguna bisa mengatur berbagai fitur seperti limit memory dan time execution, fitur lengkapnya:


Dan untuk biayanya, ini adalah daftar harga per Agustus 2017:


Ngomongin cloud-based hosting: nah, di tahun 2017 ini, Qwords memang sudah beralih menggunakan sistem Cloud Hosting (apalagi sebagai Sebagai salah satu pendiri Asosiasi Cloud Hosting Indonesia (ACHI) pada Februari 2017). Sistemnya berupa pemisahan resource yang memungkinkan tidak akan mengganggu hosting yang lain jika terjadi gangguan pada salah satu hosting. Contohnya, jika ada salah satu hosting overload tidak akan berdampak ke hosting lainnya.

Pilihan paket Cloud Hosting, sesuai kebutuhan bisa dilihat pada tabel di bawah


Jadi, paket cloud hosting ini sudah termasuk SSL yang sangat penting untuk website bertema e-commerce. 



Untuk teman-temin yang pekerjaannya more than blogging dan punya custom application sendiri untuk website yang tidak disuppoert oleh layanan server hosting biasa, teman-temin bisa menggunakan produk server dari Qwords yaitu VPS. Teman-temin bakal seperti punya server sendiri - yang pastinya tidak dibagi dengan klien Qwords lainnya, punya rott access  serta dedicated RAM pribadi. Pilihan lainnya ada hardware based server, yaitu VPS-K, Dedicated Server dan Colocation Server untuk teman-temin yang ingin menyewa server sendiri.

QWords sebagai penyedia jasa Cloud Indonesia membuka layanan Cloud Hosting dengan lokasi penempatan di Intiland Tower Surabaya (Qwords Surabaya) dimana dapat digunakan untuk layanan shared hosting dan colocation server. Sebelumnya Qwords juga telah memiliki data center utama di Gallery Qwords, Gedung Cyber 1, Jakarta Selatan dengan 99,99% uptime dan termonitor 24x7 oleh tim network operational center.


EMAIL COLLABORATION

Kalau teman-temin menginginkan email dengan alamat website/blog sendiri seperti misalnya hello(at)noniq(dot)co, Qwords Cloud Web Hosting juga menyediakan layanan ini melalui email collaboration.
  1. Email Cloud Collaboration Suite. Layanan Email yang didukung platform Zimbra, kalau hosting biasa, emailnya menggunakan webmail. Hadir dengan kapasitas besar hingga 25GB. Fitur lainnya: sync calendar, Desktop apps, mobile access, document preview, schedule assistant, free SSL, Anti SPAM, dan offline web mode.
  2. G Suite merupakan layanan email dengan tampilan seperti google mail namun alamatnya mengunakan domain kita. 
  3. Office 365 by Microsoft Office 365. Merupakan kerjasama Qwords dan Microsoft, elain punya email, teman-temin juga mendapatkan akses ke aplikasi Office (document, Excel, Powerpoint, bahkan skype) baik offline maupun online.
Keunggulan email ini adalah hosting emailnya terpisah dengan hosting website.


DIGITAL SIGNATURE dan SSL

Sekarang sudah saatnya beralih ke digital signature, lho, bekerjasama dengan Globalsign, Qwords menghadirkan cara untuk mengamankan dokumen, tanpa harus melakukan tanda tangan fisik melalui print dan scan dokumen.

Untuk teman-temin yang websitenya juga menyediakan layanan transaksi perbankan, Qwords menyediakan layanan SSL yang mampu mengamankan data pengguna dan keamanan transaksi agar proses jual-beli dapat dilakukan dengan baik dan aman.

Singkatnya, kalau kita sering lihat alamat dengan awalan https, nah itu biasanya sudah mampu menjamin keamanan data kita. Protokol keamanan ini menjamin keamanan data kita saat transfer uang, agar uang yang kita kirim sampai ke pihak yang seharusnya dan bukannya bisa nyasar atau diakses oleh pihak ketiga.

SSL Qwords bekerjasama dengan globalsign, nantinya alamat website kita akan berbentuk greenbar. Kenapa globalsign, karena perusahaan ini memiliki server di Singapore sehingga lebih cepat diakses dari daerah Asia Pasifik seperti Indonesia. Globalsign sendiri mempunyai 2.048 bit enkripsi yang lebih besar, sehingga bisa menampung data transaksi lebih besar.


KENAPA HARUS QWORDS?

Di tengah banyaknya penyedia jasa webhosting, hosting, dan server, pastinya teman-temin bertanya, kenapa harus (daftar atau pindah ke) Qwords? Well, merangkum dari tulisan diatas, berikut beberapa keunggulan Qwords dibanding penyedia layanan serupa:


  1. Memberikan layanan web hosting & registrasi nama domain dengan kualitas premium dan harga yang terjangkau. Didukung oleh peralatan jaringan dan server berkualitas handal dan memiliki standard yang baik, dan juga SDM yang berpengalaman dalam industri web hosting.
  2. Instant Activation
  3. Dilayani dari 4 Kota, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya
  4. 24 Hours Technical Support dan Sales Assistance
  5. Hospitality yang ramah, professional, dan siap untuk membantu para kliennya.
  6. Automatic Backup System for Shared Hosting
  7. Integrated Billing & Support System
  8. Advanced Control Panel for Hosting Maintenance
  9. Flexible Upgrade
  10. N+1 Capacity Scalable (mempergunakan sistem virtualisasi yang membuat skalabilitas jaringan dan server lebih mudah.)
  11. Harga Web Hosting yang murah
  12. Akses Website yang cepat dari Seluruh Dunia!
  13. Mengelola Server Sendiri
  14. Memiliki Reputasi yang baik
  15. Menggunakan Hardware kelas terbaik
  16. Menggunakan Software yang stabil dan versi terbaru
  17. Data diletakkan di berbagai server yang berbeda
  18. Uptime Network diatas 99,99%
  19. Server diletakkan di Data Center Private


Sampai bertemu di tulisan berikutnya!




You May Also Like

6 komentar

  1. Wah, keren banget, ya? :o Iya sih, memang ada beberapa yang nggak tersedia. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, ngiler banget sama fitur di WP nih...

      Hapus
  2. Apa kalau mau migrasi kudu buat yang baru lagi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buat blog baru? Ngga perlu, tim Qwords mau bantuin kok, dan tutorialnya juga sudah disediakan..

      Hapus
  3. Lengkap ya di qwords, saya cmn mamfaatin sewa domain aja

    BalasHapus
  4. aku baru pindahan rumah dr blogspot ke wp karna mupeng liat blog wp premium keren2 :) beli domain sm hostingnya di qwords dan selalu dibantu sampai beres :)

    BalasHapus

Selamat berkomentar, tinggalkan link pada username. Link yang berada di dalam kolom komentar akan dihapus. (Feel free to comment and put your link on your username ONLY instead comment box area, otherwise deleted).