Printer Brother: Lebih Irit Tinta Pakai Ink Tank

by - Kamis, Maret 15, 2018


Halo teman-temin! Beberapa hari terakhir ini saya lagi kepikiran untuk memiliki sebuah printer baru. Kriteria printer idaman saya lebih kurang kayak cari pacar: mengerti apa yang saya mau tapi ditambah bagus dan murah. Hahaha. Dan setelah cek sana-sini, pilihan saya dengan mantap jatuh pada printer Brother. Penasaran kenapa?

Memang awalnya saya belum kepikiran untuk cepat-cepat memiliki printer baru, tapi niat ini seakan kembali berkobar mengingat kebutuhan saya ngeprint sehari-hari kok makin intens: transkripsi lagu, dokumen-dokumen, serta rencananya: naskah cerita, ciyeh!

Awalnya saya berencana untuk memperbaiki printer jadul saya yang sudah dipensiunkan sejak empat tahun lalu, namun fakta ironisnya adalah: ngga ada yang jual cartridgenya. Kalaupun ada, mahal banget dan pemakaiannya boros. Alternatif lainnya adalah menggunakan tinta suntik, tapi buat saya itu merepotkan. Dan yang nyebelin, kemampuan ngeprintnya si jadul ini sungguh nyaingin video slow motion dan suara lengkingannya ngga pernah bisa sebagus Isyana Sarasvati. 

Maka, fix. Saya butuh printer baru yang berkualitas!

BROTHER PRINTER, YOUR SMART SOLUTION


Mendengar nama 'Brother', mungkin teman-temin lebih ngeh dengan produk mesin ketik legendaris yang bisa menghapus huruf itu, kan? Sama! Ibu saya juga kenalnya hanya sebatas mesin ketik dan mesin jahit. Mengusung filosofi 'At Your Side' yang menjadi tagline mereka, Brother Industries Ltd benar-benar menjaga komitmen mereka dalam meyediakan produk-produk korporasi dan SOHO (Small Office Home Office).

Didirikan tahun 1954, siapa sangka jika ternyata di tahun 2016 ini perusahaan asal Jepang ini makin memantapkan keprofesionalitasan dan komitmen kualitas mereka lewat empat produk unggulan mereka; printer, scanner, mesin jahit, P-Touch.

(sst, kerennnya nih, mesin jahit Brother merupakan partner resmi Disney, lho, jadi kita bisa langsung membuat bordiran gambar-gambar lucu karakter Disney melalui template yang disediakan di mesin jahit Brother).

Hebat kan?

Dan omong-omong kenapa saya maunya printer Brother. 

Jadi ceritanya, saya punya langganan jasa ngeprint di dekat rumah. Dan suatu hari, si tukang printnya keceplosan ngomong bagaimana mereka mendapat keuntungan besar dengan membuka jasa printing menggunakan printer Brother. Nyatanya, harga bersih ngeprint per lembar itu hanya Rp 15! Mengesankan bukan? Bandingkan dengan harga yang mereka beri:

Hitam putih Rp 500 | Warna Rp. 1.500 - 3.000
Per lembar. Aghk! 
#mendadakbangkrut.

Saya jadi pengen bikin jasa printing punya printer Brother juga kalo gini.

FIND PRINTER MATCHES YOUR NEEDS


Ada empat jenis printer berdasarkan kategori penggunaannya yang sudah dirilis oleh Brother; Laser printer dan MFC (Multifunction), A3 Inkjet Multifunction printer, Desktop dan Mobile Document Scanner (DCP), dan Label Printer. Bisa dilihat dari gambar, bahwa printer Brother ini memang lebih mengarahkan produknya pada perusahaan yang bergerak di pencetakan dokumen; perbankan, asuransi, pendidikan, periklanan, notaris. Sedangkan untuk perusahaan yang bergerak di bidang desain, produk yang tersedia sebatas A3 Inkjet/Laser Printer Colour dan Multifunction.

Lalu bagaimana untuk saya yang lebih untuk ke pemakaian sehari-hari (namun bisa juga untuk jasa ngeprint kecil-kecilan?), kalau dari hasil pengamatan saya sih, kita bisa menggunakan yang (Document Copy Print (DCP)-series aja. Selain harganya lebih terjangkau, spesifikasinyapun mumpuni untuk pekerjaan saya - dan tipe ini merupakan yang digunakan di tempat printing langganan saya.

Berhubung saya sendiri juga penasaran seperti apa sih kemampuannya, yuk kita bahas sama-sama, ya.

DCP SERIES, MULTIFUNGSI DENGAN SISTEM TINTA REFILL


Diluncurkan sejak 21 Mei 2015 lalu, seri printer inkjet multifungsi Brother DCP series didesain untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan printer yang mampu mencetak dalam jumlah banyak namun hemat biaya. 

Terdapat tiga seri yang bisa dipilih DCP-T300, DCP-T500W, dan DCP-T700W, Secara keseluruhan, ketiganya memiliki performa yang hampir seimbang. Namun masing-masing memiliki kelebihan yang pada akhirnya disesuaikan dengan kebutuhan para penggunanya. DCP-T700W mempunyai spesifikasi yang paling lengkap di antara ketiganya. Tapi keputusan tetap kembali pada kita, penggunanya, seperti apa gaya dan kebutuhan penggunaan kita?

Yang paling unik dari seri printer ini terletak pada sistem tinta refillnya yang pasti bakal saya jelaskan. Namun, sebelumnya kita bahas dulu perbandingan ketiga seri printer ini, ya.

1. FITUR MULTIFUNGSI: PRINT, COPY, dan SCAN

GENERAL
DCP-T300
DCP-T500W
DCP-T700W
Operating System
WinXP/XPx64/
Vista/7/8/8.1
Win XP/ XPx64/
Vista/7/8/8.1
Server 2003,2003 R2,2008,
2008 R2, 2012
Mac OS X v10.7.5 / v10.8.x / v10.9.x
Dimention
435mm(W)
374mm(D)
161mm(H)
435mm(W)
374mm(D)
180mm(H)
Wired/wireless 
no/no
no/yes
Memory 
64 MB
Display 
1 Line
Paper Size
Ukuran Kertas A4, A5, A6, Exe, LTR, LGL*, Photo 4X6" (102X152mm),
Index Card (127x203mm), Photo-2L (127x178mm), C5 Envelope, 
Com-10, DL Envelope, Monarch,
Nah, dari spesifikasi umum di atas, secara garis besar ketiganya memiliki banyak kesamaan. Namun, DCP-T300 sepertinya merupakan tipe yang paling sederhana fiturnya: support OS Windowsnya terbatas dan tidak memiliki koneksi wired/wireless. Adanya koneksi wired/wireless memungkinkan pengguna untuk mencetak melalui aplikasi mobile dari jarak tertentu. Asyikkan? Kita bisa tetap mencetak walaupun sambil duduk-duduk santai di sofa, hehehe.

Untuk dimensi ketiganya secara kasat mata hampir serupa, hanya DCP-T700W yang memiliki bentuk lebih tinggi sekitar 19 mm.

Sedangkan untuk kapasitas memory, tampilan layar (1 baris) dan ukuran kertas yang bisa diproses memiliki kemampuan yang setara.

COLOUR PRINTER
DCP-T300
DCP-T500W
DCP-T700W
Print Speed (Fast Mode)
Up to 27ppm (Mono) and 10ppm (Colour)
Print Speed (ISO Print)
 Up to 11ppm (Mono) dan 6 ppm (colour) (laser comparable)
Print Resolution
Up to 1.200 x 6.000 dpi
Double-sided print
No
Ink Save Mode
yes
Mobile Print
No
Brother Iprint and Scan, Google Cloud Print™
Untuk kemampuan mencetak warna, ketiganya jelas berada di tingkat yang setara. Perbedaannya hanya dari mobile print, disebabkan oleh tidak adanya koneksi wireless pada DCP T-300, pengguna jadi tidak bisa melakukan cetak langsung dari aplikasi Brother Iprint and Scan dan Google Cloud Print™.

Aplikasi pada ponsel ini cukup bermanfaat buat teman-temin yang gemar menyimpan dokumen pada gadget - termasuk saya. Contohnya kalo untuk saya surel yang berisi surat perjanjian, proposal, detail pekerjaan, sampai ke partitur lagu yang harus dipelajari.

Jadi teman-temin merasa jarang atau tidak sering menggunakan koneksi wireless, opsi mobile print tentunya tidak perlu menjadi kendala dalam memilih printer Brother.

COLOUR COPIER
DCP-T300
DCP-T500W
DCP-T700W
Copy Speed
(Laser Comparable)
4,4 ipm(mono) dan 2,7ipm(colour)
4,8 ipm (mono) dan 3,0 ipm (colour)
Double-sided copy
 no
N in 1
Yes (including ID Card Copy)
DCP-T700W memiliki kecepatan menyalin lebih tinggi dibanding dua tipe lainnya, yaitu sekitar 11% lebih cepat. Dengan angka 4,8 ipm (images per minute) untuk satu warna dan mencapai 3,0 ipm untuk sumber berwarna.

COLOUR SCANNER
DCP T300
DCP T500W
DCP T700W
Scan Resolution
Optical: Up to 1.200x2.400 dpi
Interpolated: Up to 19.200x19.200 dpi
"Scan To" Feature
Image, E-mail, File
Untuk proses pemindaian, ketiganya memiliki kemampuan yang sama, mencakup di dalamnya resolusi pemandaian serta fitur "Scan To" yang memungkinkan kita untuk memproses lebih lanjut data hasil pemindainya (apakah akan di email, dijadikan gambar, ataukan data). Cukup menarik, ya?

Others
DCP-T300
DCP-T500W
DCP-T700W
Paper Handling
Up to 100 sheets Standard Tray
Up to 100 sheets Standard Tray
Up to 20 Automatic Document Feeder (ADF)
Supplies
Super High Yield (Black) BT6000 BK: approx yield 6.000 A4 pages
Super High Yield (Colour)  BT5000 C/M/Y: approx yield 5.000 A4 pages
Bagaimana dengan kapasitas penyimpanan kertas? Standarnya, printer Brother seri DCP bisa menampung kertas hingga 100 lembar, tambahannya ada pada DCP-T700W yang memang memiliki kemampuan ADF, yaitu pengguna bisa melakukan banyak pekerjaan dalam satu waktu (scan, copy, print) sekaligus.

Secara umum, ketiganya mampu mencetak hingga 6.000 halaman A4 (jika didominasi warna hitam) dengan 1 botol tinta hitam dan sekitar 5.000 halaman A4 untuk dengan tinta warna. Ini istimewa banget, lho! Mengingat banyak printer saingan yang kadang hanya mencapai ratusan lembar saja untuk satu botol cartridge.

Nah, ngomong-ngomon irit ngeprint, tentu saja hal itu berhubungan dengan harga cartridge kan? Untuk informasi, harga tinta CMY adalah Rp79.000,- sedangkan warna hitam (black) Rp89.000,-. Dan kalau kata saya sih, gunakanlah tinta yang memang sudah direkomendasikan oleh pihak Brother ya, agar hasil mencetaknya juga maksimal.

Jadi, sekarang sudah ngeh kan kenapa biaya untuk ngeprint menggunakan printer Brother DCP bisa seirit Rp 15,-?

2. SMART DESIGN TUTUP TANGKI DAN SISTEM TINTA REFILL


Kalau sudah begini, kita ngga perlu lagi menggunakan sistem infus segala demi ngirit tinta, lha wong tintanya juga sudah murah. Ngapain lagi harus disuntik? Keunikan printer Brother DCP yang lain adalah sistem tinta refillnya. Iya, tintanya bisa di refill.

Prosesnyapun mudah. Hal ini dikarenakan desain cerdas printer Brother dimana penutup tanki tinta berada di bagian depan printer. Selain hemat tempat, akses pengguna dalam meraih dan mengisi tinta ke dalam tanki tinta jadi lebih mudah. Bedakan dengan beberapa printer yang meletakkan tangki tintanya di bagian belakang, kita jadi susah mau menjangkaunya ataupun di dalam badan printer yang secara otomatis agak merepotkan saat harus mengganti cartridge, karena mengharuskan tangan kita jadi kotor. Uh.

Pengisian tintapun relatif mudah, hanya dengan membuka tutup, isi, selesai deh. Kunci utamanya adalah: miringkan botolnya hanya 45 derajat, dijamin deh, tidak ada ada kebocoran tinta, ketumpahan, dan sejenisinya.

Yap, jadi desain cerdas Brother memang memungkinkan mengisi tinta secara optimal hanya dengan sudut kemiringan 45 derajat mengisi sudut, tidak perlu hingga botol tinta dibalik 180 derajat. Belum lagi dengan penutup tangki yang transparan, kita bisa tau level volume tinta kita: apakah sudah habis? Apakah kita sudah cukup mengisi ulang tinta? Kan sering tuh, lagi mengisi ulang tinta eh taunya sampe kepenuhan, terbuang cuma-cuma deh tintanya.

Pokoknya, thanks to Brother's smart design! Efektif dan efisien banget, secara tidak langsung kita bisa mengatur penggunaan tinta kitakan?

Sudah terpikirkan kira-kira mau memilih printer Brother seri DCP yang mana? Untuk harga, tipe printer yang ditarget untuk SOHO (Small Office/Home Office) ini ditawarkan dengan harga
  • Rp. 2.690.000 DCP-T700W
  • Rp. 2.390.000 DCP-T500W
  • Rp. 2.190.000 DCP-T300
Tentunya sudah taukan perbedaan mendasar mereka apa?

MENGAPA MEMILIH PRINTER BROTHER?


Ya, pertanyaan utamanya sekarang adalah? Why Brother? Mengapa harus printer Brother?

Tentu saja karena kualitas merek Brother sudah tidak perlu dipertanyakan. Selama bertahun-tahun, Brother tidak berhenti dalam menyempurnakan desain dan kualitasnya hingga beberapa kali mendapatkan penghargaan dalam bidang kualitas dan perancangan. Salah satunya. mendapatkan peringkat pertama dalam kategori terpercaya dan memberikan kepuasaan pelanggan selama tujuh tahun berturut-turut dari dari PCMag.com Reader's Choice dan tiga tahun berturut-turut dari PCMag.com Business's Choice.

Belum lagi rendahnya biaya operasional mampu menjadikan Brother sebagai prioritas utama para pelanggannya. Dengan hasil maksimal namun tetap mampu mengurangi beban pengeluaran secara finansial.

Terhitung Juni 2015 PT Brother Internation Sales Indonesia memberikan garansi resmi selama 3 tahun/3000 halaman untuk seluruh produk printer inkjetnya, lho. Asli, resmi. Tidak ada embel-embel distributor. Tapi, tetap syarat utamanya adalah produk masih menggunakan sparepart asli milik Brother, ya. Jadi ngga dioprek-oprek, apalagi menggunakan tinta atau toner abal-abal.

(Hah? Masa masih mikir tinta abal-abal, sudah tau tinta Brother itu murah?)

Ada yang belum tau bahwa produk buatan Brother semuanya ecofriendly, alias ramah lingkungan. Desain brother lulus kualifikasi ENERGY STAR®, yang berarti penggunaannya sangat hemat energi (tidak boros listrik). Opsi pilihan tintanya (High Yield Toner dan Ink) juga murah namun bisa mencetak banyak kertas.

Keunggulan lainnya, teknologi dalam produk Brother selalu terdepan, bisa dilihat dari spesifikasi produk-produk Brother yang di awal sudah saya sebutkan (bisa mobile printing, landscape printing, dan sebagainya.)

Dan yang terutama adalah free trial. Brother memberikan pengalaman dan kenyamanan untuk mencoba keuunggulan produk Brother. Salah satunya dengan toner management program, yaitu pengguna bisa melakukan sistem kontrak dengan Brother; hanya dengan membeli persediaan toner maka bisa mendapatkan printer gratis, lho!

Pengalaman saya menggunakan printer Brother adalah ketika waktu zaman kuliah. Ketika sedang ada banyak tugas, eh kok ya, lagi ada stand Brother membuka layanan ngeprint gratis hingga kertas habis. Kalau tidak salah saat itu mereka mempersiapkan 10.000 lembar gitu, ya? Yang jelas, rame banget dan semua mahasiswa langsung menyerbu sambil menyodorkan flashdisk mereka (biasalah, ngga mau rugi - biaya ngeprint bisa untuk makan malam, hahaha).

Seru abis, dan terbukti banget, printer Brother itu irit gila!

---

Hm, sepertinya saya mantap deh mau memilih tipe printer Brother yang mana, bagaimana dengan teman-temin?



You May Also Like

8 komentar

  1. Saya butuh printer juga nih, printer di rumah rusak, huhu. :(
    Ini awet gak ya?

    BalasHapus
  2. Emang bener banget, kalau ngeprint di warnet bikin kantong jebol, wkwkwk. Jadi lebih hemat kalau punya printer sendiri.

    BalasHapus
  3. Jadi pingin ganti printer eh, tapi di rumah masih bagus hahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. But this printer really worth to buy mbak hehe. Also profitable kalo mau buka jasa print kecil-kecilan di rumah :D

      Hapus
  4. Brother memang Printer andalan semua orang. Keren euy..

    BalasHapus
  5. aku mengenal nama Brother sejak SMP, saat kakaku mengerjakan skripsinya.
    dan sejak saat itu, tak pernah kulepas nama itu hingga kini.

    BalasHapus
  6. aku juga pake printer ini, tinta nya emang hemat banget, dan proses printingnya tergolong cepet. da best lahh

    BalasHapus

Selamat berkomentar, tinggalkan link pada username. Link yang berada di dalam kolom komentar akan dihapus. (Feel free to comment and put your link on your username ONLY instead comment box area, otherwise deleted).