Jadi Blogger Keren: Full Online, Full Mobile Dengan Acer Aspire E1-432

by - Kamis, Oktober 31, 2013

Mengintip perkembangan dunia blogosphere belakangan ini membuat saya berdecak kagum. Berbeda dengan saya yang mengawali ngeblog dengan curhatan galau, blogger zaman sekarang mantap melangkah dengan target yang pasti; menjadi novelis, menjadi ilustrator, fotografer professional, belum lagi mereka yang doyan mengulas apapun (baca: tukang review) ingin menjadi favorit para sponsor. Pokoknya ngeblog ya hobi, ngeblog ya bisnis.

Royal Pingdom, sebuah situs tentang internet, merilis data statistik internet pada awal Januari lalu dalam rangka merangkum kegiatan internet di tahun 2012. Tercatat sebanyak 2,4 milyar pengguna internet dengan 51 juta situs (termasuk blog) dibuat di sepanjang tahun 2012 dan setiap harinya worldometers mencatat lebih dari 780 ribu tulisan diterbitkan, wow!

NGEBLOG ITU KEREN

Kalau sudah begini, jelas persaingan untuk menciptakan blog sebagai "tempat persinggahan" terKEREN para pengguna internet semakin ketat. Dari tampilan blog, topik yang dibahas, gaya menulis, kualitas tulisan (plus gambar), sampai rebutan trafik, semuanya dilakukan. Bahkan jika dulu semuanya terlihat begitu susah dilakukan, sekarang para blogger tidak perlu khawatir karena para programmerpun juga ngeblog dan membagi ilmunya melalui berbagai macam tutorial yang patut disimak.

BLOGGER YA (PASTINYA) HARUS KEREN


Nah,
mengejar predikat blog terKEREN, kira-kira pernah ngga tersirat:
sekeren blognya, ya sekeren itu juga bloggernya, #ciyeh. 

Lho, ini serius. Tampilan blog sejatinya harus mencirikan si blogger itu sendiri, apalagi katanya blog itu "rumahku". Bukankah rumah seringkali mencerminkan kepribadian sang pemilik?

Sebagai contoh blog saya deh #narsis; sederhana, minimalis dan ngga neko-neko, bukan karena saya malas mengunduh template, tapi karena memang (selain belum ada template gratisan yang nyantol di hati) saya memang lebih suka "clean-look". Tapi, ya saya merasa belum keren juga sih, masih banyak fitur yang kurang di blog saya sehingga saya masih harus bekerja keras dan banyak belajar untuk memperbaikinya.

Pada akhirnya, setelah dipikir-pikir saya kok ya juga belum menjadi blogger keren. Apa yang kurang?

BLOGGER YANG KEREN ITU JIKA...

Cara membuat blog biar keren itu sudah bisa dibaca tutorialnya dimana-mana, tapi kalau menjadi blogger yang keren? Sepertinya menarik kalau kita bahas sama-sama disini. Terlepas dari blogger apakah kamu? Saya mencoba renungi dan akhirnya menemukan beberapa poin kriteria primer dalam menjadi blogger keren, diterima boleh, disanggah, saya cubit #haha:

1) Mental Blogger, ya mental nulis, ya kreatif. Apapun yang dilakukan mampu menginspirasi. Mau pergi kemana saja atau ngga kemana-mana, yang diingat: mental blogger!
2) Kembangkan informasi lewat bertanya; ke mana saja, ke siapa saja - tentunya dengan berperilaku sopan dan mengharumkangga boleh pemalu, mesti berani termasuk berani menanggung malu!
n nama blogger. Namanya blogger,
3) Peka Terhadap Naluri Meliput. Namanya blogger, harus yakin bahwa tulisan apapun pasti suatu saat akan berguna (saya bahkan sering tidak percaya kalau tulisan saya yang abal-abal zaman dulu ternyata banyak muncul di hasil pencarian akhir-akhir ini, dan saya sendiri kadang suka search yang aneh-aneh sih dan ternyata ada juga yang ngeblog tentang itu!). Jadi, mau hal sepele atau hal yang luar biasa penting, catat! Mau pergi ke luar rumah ataupun ngetem di rumah, liputlah hal-hal yang berkesan.

BLOGGER DAN NOTEBOOK: A PERFECT MATCH

Nah, jika minimal ketiga kriteria diatas sudah terpenuhi ada juga kriteria (sekunder) lain yang mampu bikin kita makin KEREN.
Kemana-mana mengenakan kaos BLOGGER sambil menjinjing NOTEBOOK kecil nan tipis. Asli, deh, yakin lengkap banget jadi blogger!

T : Saya ngeblog tapi saya ngga punya notebook, bagaimana dong?
A : Ya, berarti tingkat kerennya belum maksimal #hoho
T : Tapi kan harga notebook itu mahal! Lagipula saya sudah punya PC di rumah.
A : Ok, coba kita bandingkan. Dari sumber yang saya baca, minimal komputer berteknologi prosesor Intel Dual Core mempunyai kapasitas 250 W per jam. Sedangkan dengan notebook rekomendasi saya nih mampu bekerja dengan TDP (Thermal Design Power) hanya 15 Watt saja, dan harganya hanya 4 jutaan...
T : Apaaa???? Notebook apaan tuh? Ini nih...

ACER ASPIRE E1-432, 
LANCAR ONLINE DAN MOBILE

Kalau sudah membaca kriteria primer blogger keren di atas, maka pasti ngerti kenapa notebook itu perlu. Lupakan beratnya laptop yang mencapai 3-4 kg, blogger sekarang bakal dimanjakan oleh si mini notebook Acer Aspire E1-432 yang hadir dengan dua warna; silver dan hitam. Dengan berat 2,1 kg, kita bisa tetap membawa kebutuhan kita yang lain; buku catatan, kamera, ponsel, charger, make-up, alat tulis, dompet -- well, ini cerminan isi tas saya sih. Dimensinya 342 (panjang) x 245 (lebar) x 14.4/25.3 (tebal) mm, bisa dibayangkan sekarang, tidak sampai 3 cm mampu masuk ke dalam tas menemani kita kemana saja.

Sambil menunggu anak pulang sekolah, kita bisa dengan santai menikmati gambar tajam nan berkualitas besutan Intel HD Graphics 4400 dengan resolusi  1366 x 768 terpancar dari layar berukuran 14" ini. Mau mulai ngetik ataupun masih browsing mencari inspirasi, keduanya bisa dilakukan. Multitasking memang mottonya, dengan tiga buah port USB, sebuah port LAN (RJ-45), dan sebuah wireless adapter Acer Nplify 802.11b/g/n, kita bebas memilih koneksi internet yang akan kita pilih -mau pakai modem, atau intranet ataupun hotspot, bebas!

Mau menyunting memindahkan foto-foto hasil jepretan barusan tapi belum sampai di rumah? Hoho, tidak masalah. Acer Aspire E1-432 walaupun ramping dan tipis namun sudah dilengkapi dengan SD Card dan MMC sehingga kita mampu memindahkan foto secara langsung. Mau sekalian disunting? Boleh juga, dengan kekuatan Intel 4th Gen terbaru, bernama Haswell, mau menyunting foto sambil mendengarkan lagu bisa dilakukan. Dengan baterai berkapasitas 2500 mAh, si mini mampu bertahan 6 jam untuk memutar konten multimedia. Setelah itu jika ingin memindahkan foto ke dalam format DVD juga bisa karena notebook ini dilengkapi dengan optical drive DVD-RW. Asyik banget kan?!

Blogger diundang untuk jadi pembicara membawakan presentasi dalam sebuah acara? Selalu siap dengan Acer Aspire E1-432. VGA portnya memang disiapkan untuk disambungkan dengan proyektor, ada juga HDMI port yang akan sangat berguna untuk menampilkan gambar pada LCD/LED.

Anak rewel pingin main? Apa salahnya meminjamkan Acer Aspire E1-432 untuk si buah hati, dengan RAM DDR3 sebesar 2GB (upgradable to 8GB) dengan harddisk SATA berukuran 500GB, Acer Aspire E1-432 akan menemani buah hati bermain game hingga 4 jam tanpa perlu khawatir ngehang dan "memory full".

Pasangan masih ragu untuk mengizinkan emak membeli notebook ini, yuk saya teriakkan lagi harganya:
4 jutaan, makkkk!!!! Garansi FULL 3 tahun (termasuk service dan spareparts).

Ayo diborong!
-----000-----

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba “30 Hari Blog Challenge, Bikin Notebook 30% Lebih Tipis” yang diselenggarakan oleh Kumpulan Emak Blogger (KEB) dan Acer Indonesia

You May Also Like

3 komentar

  1. Aah, setuju. blogger dan notebook.. perfect match ;)

    BalasHapus
  2. Jury visit. Terima kasih sudah berpartisipasi.

    BalasHapus
  3. http://www.cashforvisits.com/index.php?refcode=156200 coba dicek deh,,

    BalasHapus

Selamat berkomentar, tinggalkan link pada username. Link yang berada di dalam kolom komentar akan dihapus. (Feel free to comment and put your link on your username ONLY instead comment box area, otherwise deleted).