Yang Unik di Hiroshima: Sejarah, Museum, Kuliner, Hingga Festival

by - Rabu, Juni 15, 2016


Halo teman-temin, apa sih yang terbayangkan kalau mendengar kata Hiroshima? Jepang (-sudah pasti-)? Bom Atom? Perang Dunia II? Salah satu faktor penentu kemerdekaan negara Indonesia? Ataukah, ngga terbayang apapun? Hm, sebagai seseorang yang doyan dengan Jepang dan segala isinya, memang pengertian dan pemahaman saya tentang Hiroshima ini tergolong klise banget, sih. Apalagi membicarakan seputar wisata dan kuliner, pastilah yang ada di otak; Tokyo, Osaka, Fukuoka, dan sebagainya.

But, worry no more, setelah ngubek-ubek sana-sini, ternyata ibukota prefektur Hiroshima yang juga bernama sama, Hiroshima, memiliki banyak obyek budaya, wisata dan kuliner yang unik dan ngga kalah seru dibandingkan prefektur lainnya bagi teman-temin yang sedang berencana ke Jepang.
10 TEMPAT WAJIB DIKUNJUNGI DI PREFEKTUR HIROSHIMA
Sebagai kota pertama di dunia yang dijatuhi bom atom di akhir Perang Dunia II pada tanggal 6 Agustus 1945, saat ini Hiroshima terkenal sebagai kota perdamaian. Bagi teman-temin penggemar sejarah, mengunjungi beberapa tempat yang identik dengan peringatan kejadian ini bisa dijadikan kegiatan yang menarik.

1. TAMAN dan MONUMEN PERDAMAIAN HIROSHIMA
Hiroshima Peace Memorial | Genbaku Domu


Monumen Perdamaian Hiroshima biasa juga disebut Atomic Bomb Dome atau Genbaku Domu (原 爆 ド ー ム?, A-Bomb Dome). Bangunan berkubah yang awalnya berfungsi sebagai Product Exhibition Hall untuk seni dan pameran pendidikan ini dirancang oleh arsitek Ceko Jan Letzel dan selesai dibangun pada tahun 1915. Bangunan yang pada tahun 1996 ini masuk dalam Daftar Warisan Dunia UNESCO merupakan satu-satunya yang berada di dekat hiposenter bom saat kejadian pemboman berlangsung.

Hingga saat ini masih banyak masyarakat Jepang yang ingin melestarikannya untuk mengenang peristiwa yang menewaskan lebih dari 70.000 jiwa tersebut. Hal itu mendorong dibuatnya Hiroshima Peace Memorial Park, taman di sekitar bangunan ini.

Hm, bagi teman-temin yang penasaran dengan seni arsitektur bangunan, mengunjungi tempat ini bisa dijadikan bahan inspirasi dan referensi karena memang struktur kubahnya yang menggunakan rangka ekspos cukup menarik untuk dipelajari, apalagi bangunan ini dirancang tahun 1900an lho!

Lokasi: 1-10 Otemachi Naka-ku, Hiroshima 730-0051 , Hiroshima Prefecture

Untuk yang masih penasaran dengan sejarah Hiroshima, teman-temin juga bisa mengunjungi The Cenotaph (semacam monumen yang berisikan nama-nama mereka yang meninggal ketika peristiwa bom atom), Hiroshima Peace Memorial Museum, Rest House of Hiroshima Peace Memorial Park, dan Hiroshima National Peace Memorial Hall for the Atomic Bomb Victims.

2. ISTANA HIROSHIMA
Hiroshima Castle


Istana Hiroshima sering juga disebut sebagai istana ikan koi, disebabkan menara utamanya yang berwarna hitam seperti warna ikan koi juga banyaknya ikan koi pada parit di sekeliling istana. Dibangun sekitar tahun 1589, Istana yang pernah menjadi pusat kekuasaan daimyo wilayah han Hiroshima ini juga ikut hancur ketika Perang Dunia II, namun telah direnovasi baik bagian eksterior dan interiornya. 

Mau lihat apa di Istana Hiroshima? Bagi teman-temin pecinta hal-hal berbau Samurai, wajib banget berkunjung ke Istana yang saat ini sudah beralih fungsi menjadi museum yang khusus menampilkan budaya Samurai ini. Pasti penasarankan?

Lokasi: 21-1 Moto-machi, Hiroshima, Hiroshima Prefecture

3. KEBUN BINATANG ASA
Hiroshima City Asa Zoological Park


What? Kebun binatang? Pastilah teman-temin menyangka kalau kebun binatang ya gitu-gitu aja, namun yang unik dari kebun binatang Asa adalah lokasinya yang berada di puncak gunung. Memang membutuhkan banyak waktu untuk menuju ke sana, namun sebanding dengan pemandangan yang bisa dinikmati. Banyak penduduk Hiroshima yang gemar mengunjungi kebun binatang ini, selain untuk berpiknik ketika liburan bersama keluarga (terutama anak kecil) mereka juga bisa merasakan lebih dekat dengan alam.

Lokasi: Asacho Oaza Dobutsuen, Asakita Ward, Hiroshima, Hiroshima Prefecture

4. TAMAN JEPANG SHUKKEIEN | Shukkei-en


Membicarakan Jepang, pastilah erat dengan taman-taman mereka yang unik dan sangat alami. Salah satunya adalah Taman Shukkeien yang merupakan taman tertua di kota Hiroshima, sudah dibangun sejak era Edo yaitu sekitar tahun 1620. Nama taman ini secara harfiah berarti keindahan pemandangan dan memang terkenal dengan pohon plum yang indah serta bunga sakura. Hm, pasti asyik kalau bisa mengunjungi taman ini ketika bunga sakura sedang bermekaran ketika musim panas.

Untuk menikmatinya, kita bisa dengan santai menelusuri jalan setapak di sepanjang tamannya sambil menghirup udara segar dan menikmati pemandangan alam yang indah di sekitarnya.

5.  MUSEUM SENI KONTEMPORER HIROSHIMA
Hiroshima City Museum of Contemporary Art


Walaupun judulnya museum, bukan berarti bangunan ini berkesan kuno, lho. Membaca dari namanya saja: seni kontemporer, tentu saja bangunannya unik, nyentrik, nyeni, dan pastinya instagrammable banget untuk sesi pemotretan, hahaha.

Bangunan yang didirikan tahun 1989 dan dirancang oleh arsitek Kisho Kurawa ini memang berfungsi sebagai galeri pameran karya seni kontemporer Lokasi: 1-1 HijiyamaKoen, Minami-ku, Hiroshima, Hiroshima Prefecture

Lokasi: 1-1 HijiyamaKoen, Minami-ku, Hiroshima, Hiroshima Prefecture 

6. MUSEUM OKONOMIYAKI
Woodegg Okonomiyaki Museum 


Siapa sih yang tidak kenal dengan okonomiyaki, si pancake Jepang ini? Pasti penggemar kuliner Jepang sudah tidak asing lagi, namun tau ngga kalau ternyata Hiroshima merupakan kota asal makanan ini? Konon ukuran okonomiyaki  di Hiroshima bahkan berukuran lebih besar dibandingkan ukuran okonomiyaki yang ada di Tokyo ataupun tempat lain.

Sebagai penanda asal okonomiyak ini, adalahh Otafuku, produsen produk saus di Jepang menggagas didirikannya museum okonomiyaki sebagai apresiasai terhadapan makanan ini. Bangunan enam lantai ini dirancang oleh arsitek Hiroshi Sambuichi dan berhasil menghadirkan pengalaman menarik seputar tur sejarah makanan, perpustakaan media, cara untuk membuka toko okonomiyaki Anda, dan tentu saja membuat okonomiyaki sendiri dan berpesta okonomiyaki!

Lokasi: 7-4-5 Shoko Center, Nishi-ku, Hiroshima-shi, Hiroshima

7. Glass Village (Museum Kaca) |Glass no Sato

Museum ini menampilkan sejarah gelas kuno bahkan dari abad ke-15, termasuk kisah panjang awal pembuatan kaca sejak zaman Edo hingga ke era Showa awal. Bukan itu saja, museum ini juga menampilkan hasil karya dari seniman di seluruh dunia dalam membuat karya seni bermaterial kaca dan manik-manik.

Di tempat ini kita bisa mengetahui lebih lanjut cara pembuatan kaca, gelas kaca, hingga kaca patri. Pas untuk teman-temin yang kreatif penggemar aksesoris, karena banyak juga produk aksesoris dari manik-manik yang bisa ditemukan di tempat ini.

8. Pemandian Air Panas | Hot Spring


Yang namanya berlibur ke Jepang tentu kurang afdol kalau belum pernah nyobain pemandian air panas mereka atau disebut juga onsen. Secara spesifik saya tidak mendapat informasi nih seputar pemandian air panas yang paling unik dan asyik, karena memang banyak dan cukup tipikal.

Beberapa di antaranya; Hot springs of Miyajima Island, Oasa Kanbiki Hot Spring, Nukui Springs, Takamiya Yunomori Hot Spring, Miharashi Hot Spring, Megahira Hot Spring, Yuki Hot Spring, Yu-no-yama Hot Spring, Yu-no-yama Hot Spring.

Well, mohon doa teman-temin semua biar suatu saat saya bisa ke Jepang, jadi saya bisa tau pemandian air panas mana yang paling seru kalau di Hiroshima, hehehe.

9. Kuil Bandaiji | Abuto-kannon Temple | Bandaiji-temple


Melihat dari fotonya saja saya sudah yakin pengen banget suatu saat mengunjungi kuil ini jika berkesempatan ke Hiroshima. Kannon-do Temple terletak di dinding di tebing laut Setonaikai dengan tinggi 20 meter, menghadap laut. Dibangun oleh Mouri Terumoto, Kuil Bandaiji dikenal sebagai kuil untuk doa memohon perjalanan yang lancar dan dan untuk proses kelahiran.

Namun tentu saja pengunjung juga akan disajikan pemandangan yang fantastis ditemani suara deburan ombak yang mengagumkan!

Mau juga ke sana?

10. MIYAJIMA dan ITSUKUSHIMA SHRINE

Last but not least, yang paling terkenal jika sempat ke Hiroshima adalah, kita harus nyebrang menuju Miyajima; pulau yang diyakini tempat di mana para dewa berdiam. Kuil Itsukushima dibangun pada akhir abad keenam dan terletak di tengah laut dengan struktur yang kuat untuk bisa menahan kondisi air pasang-surut.

Kuil ini merupakan salah satu kuil terbaik di Jepang dengan keindahan arsitektur Shinden Zukuri yang elegan dan luar biasa baik secara struktur dan visualisasinya dengan alam karena berpusat di laut.
MAKANAN WAJIB DICOBA DI PREFEKTUR HIROSHIMA
Nah, setelah puas berwisata mengunjungi tempat-tempat dengan nilai historis dan berarsitektur unik, tiba saatnya kita membahas tentang makanan khas yang ada di Hiroshima. Berikut adalah 5 di antaranya yang saya pengen banget mencoba jika suatu saat saya berkesempatan mengunjungi Hiroshima.

1. OKONOMIYAKI


Pastinya, donk! Namanya juga kota kelahiran okonomiyaki, jadi kita harus menyempatkan diri untuk merasakan citarasa makanan yang sesungguhnya ini di tempat asalnya. Okonomiyaki yang asli dimasak dengan tauge, daging babi, telur dan mie, soba atau udon. Umur okonomiyaki sendiri sudah lebih dari 70 tahun yang lalu mulai dari dikenal sebagai camilan murah. Saat ini terdapat lebih dari 2000 restoran Okonomiyaki sekitar kota Hiroshima, dan Okonomi-mura Village.

Ada beberapa restoran yang saya dapatkan di mana mereka menyajikan okonomiyaki dengan resep original turun-temurun (bahkan konon umur resepnya mencapai puluhan tahun), yaitu di Mitchan Sōhonten dan TEPPAN'IZAKAYADAISYOU

2. TIRAM (Oyster)

Katanya sih, tiram yang paling enak itu ya  di Miyajima, dengan citarasa berkualitas dan tiram pilihan yang pastinya dimasak mengguanakan resep pilihan. Dan, sayapun ngiler membayangkan bagaimana nikmatnya seandainya bisa mencoba sendiri menyantap tiram di Miyajima.
FESTIVAL DAN BUDAYA DI HIROSHIMA
Keunikan lainnya ketika kita berkunjung ke Hiroshima adalah, pada bulan-bulan tertentu kita bisa melihat festival yang menarik dan tentunya sayang jika dilewatkan.

1. Hiroshima Flower Festival Guide

Hiroshima Flower Festival adalah salah satu acara tahunan terbesar yang diselenggarakan di Prefektur Hiroshima. Sebuah perayaan bunga, alam, musik dan perdamaian, yang dilangsungkan di sepanjang Hiroshima Peace Boulevard selama tiga hari pada "Golden Week" setiap Mei. Festival ini mampu menarik lebih dari 1.000.000 pengunjung dari baik dari dalam dan luar penduduk Prefektur Hiroshima.

Selama festival, lebih dari 30 panggung di sepanjang Perdamaian Boulevard untuk berbagai acara pertunjukan. Lalu ada juga pameran yang menampilkan produk-produk lokal. Dalam festival ini, Berbagai bunga menghiasi akan Hiroshima Peace Memorial Park, kegiatan ini merupakan memang bertujuan untuk membawa warna-warna cerah bagi Prefektur Hiroshima, di mana diharapkan mendatangkan kebahagiaan pagi seluruh penduduk Prefektur Hiroshima.

Pasti seru!

2. Mihara Yassa Festival

Mihara Yassa Festival diadakan di depan stasium Mihara selama tiga hari setiap musim panas. Dalam festival ini akan terdapat pertunjukan yang dinamakan "Yassa Dance", yaitu kebiasaan menari dengan cara yang tidak konvensional sambil bernyanyi "Yassa, Yassa" dengan iringan shamisen (tiga senar kecapi), drum dan alat musik lainnya tetap sama di sini di Mihara. Banyak warga lokal dari Mihara yang berpartisipasi dalam festival ini.

3. Hiroshima Peace Memorial Ceremony dan Peace Message Lantern Floating Ceremony

Hiroshima Peace Memorial Ceremony diadakan setiap tahun pada tanggal 6 Agustus yang merupakan tanggal peringatan peristiwa bom atom Hiroshima. Sekitar 50.000 warga setempat dan pengunjung, serta duta besar dan pejabat dari seluruh 70 negara akan berkumpul di sini untuk menghibur roh-roh mereka yang tewas oleh bom atom dan juga untuk berdoa bagi perdamaian abadi di dunia.

Festival ini diadakan hampir setiap tahun sejak tahun 1947, selang dua tahun setelah bom atom dijatuhkan, upacara ini memiliki pidato dengan permohonan perdamaian dari Perdana Menteri Jepang, Walikota Hiroshima dan tokoh-tokoh penting lainnya.

Selain itu, Peace Message Lantern Floating Ceremony juga diadakan pada malam 6 Agustus, siapapun dipersilahkan untuk menulis pesan perdamaian pada lentera, yang kemudian akan mengapung menyusuri Sungai Motoyasu, hingga berkumpul di depan Atomic Bomb Dome.

Tentunya pengalaman yang terlupakan untuk bisa menonton 10.000 lampion mengapung menyusuri sungai di tengah kegelapan malam.

Tunggu apalagi, yuk rencanakan liburan ke Jepang mulai dari sekarang!



*Sumber:
http://visithiroshima.net/
http://gethiroshima.com/
https://www.tripadvisor.com/Attractions-g298561-Activities-Hiroshima_Hiroshima_Prefecture_Chugoku.html

You May Also Like

7 komentar

  1. lengkap pembahasannya...keren banget

    BalasHapus
  2. lengkap banget pembahasannya dan kotanya sendiri menarik ya keliatannya :_

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, bagus-bagus ya, btw kalau mau kesana kira2 butuh dan berapa yak ?

      Hapus
  3. Klo ke jepang jangan cuma mampir ke tokyo tp cobalah ke prefektur lain seperti hroshima ini

    BalasHapus
  4. hihihihi mantapp! saya inget doraemon kalo inget jepang.. XD kebun binatang yang di puncak ituu, ada pinguinnyaa ga? mw pegangg......................................... mw elus-elus..... pake sepeda masih belum bisa nyampe sana yah?

    BalasHapus
  5. Ahhhh Hhiroshima, kotanya Sadako dan 1000 crane. Tetap meninggalkan kisah pilu. Nah kalo Okonomiyaki paling enak dekat jembatan monumennya. Udangnya gede-gede

    BalasHapus
  6. kalo ke Nagoya jangan lupa mampir ke rumah saya ya, hehe

    BalasHapus

Selamat berkomentar, tinggalkan link pada username. Link yang berada di dalam kolom komentar akan dihapus. (Feel free to comment and put your link on your username ONLY instead comment box area, otherwise deleted).