Al-Azhar Memorial Garden; Kesederhanaan Dibalik Ekslusifitas

by - Rabu, Juni 01, 2016


Beberapa waktu lalu saya mengunjungi Al-Azhar Memorial Garden, sebuah pemakaman Islam yang berlokasi di Teluk Jambe, Karawang Timur. Bukan untuk ngelayat melainkan untuk mengenal lebih dekat saja, sekarang kan musim, ya, tempat pemakaman yang berkesan eksklusif dan high class gitu, hihihi. Lihat saja bentuk gerbang, taman, dan kolam air mancur yang menyambut kita saat memasuki area ini.

Tak disangka, rasa takjub saya mampu mengalahkan cuaca Karawang yang saat itu benar-benar membara dan gerah. Bagaimana tidak, saya dikelilingi oleh pemandangan hijau; gelaran permadani rumput, jalan-jalan setapak yang dipagari pepohonan, sesekali akan ada gerbang-gerbang bertuliskan nama-nama kekhasan Arab disertai hurufnya, dan sayapun kembali bertanya: 

"Hah? Ini pemakaman?"

Dan sayapun berpikir, seandainya nanti ada acara uji nyali, bakal takut ngga kalau yang ditelusuri adalah Al-Azhar Memorial Garden ini? Hehehe.


Dengan lahan seluas 25 hektar, Al-Azhar Memorial Garden ini mempunyai beberapa tipe makam; single (untuk 1 petak makam), double dan super-double (2 petak makam, hanya beda ukuran),  family dan super-family (4 petak makam, hanya beda ukuran), dan single (10 petak makam untuk keluarga). Makamnya semua berciri khas sama: sederhana, ngga neko-neko. Karena memang mengikuti hukum syariat pemakaman dalam Islam; tidak boleh ditinggikan, tidak dihias, menghadap kiblat, dan dikhusukan untuk kaum Islam saja.

Al-Azhar Memorial Garden memang sangat memperhatikan bagaimana kualitas tempat pemakaman saat ini mulai menurun; tempat pemakaman yang tidak terawat, diinjak-injak (padahal tidak boleh), bahkan jenazah seenaknya ditumpuk ataupun digusur. Karena itulah di setiap baris petak makam, diberi jalan setapak bagi pengunjung untuk leluasa bergerak dan tidak merusak makam.
Pemakaman yang asri, rapi, dan terawat dengan jalan setapak yang berderet.
Bisa jadi dengan adanya Al-Azhar Memorial Garden, warga sekitar cukup terbantu dari segi mata pencaharian, karena sebagian dari mereka banyak yang bekerja ikut memelihara pekarangan pemakaman dan menjaga keasrian tempat ini.


Dari sekitar 29.000 lubang yang dipersiapkan, hingga tulisan ini ditulis sudah ada sekitar 3.000an lubang yang terisi. Al-Azhar Memorial Garden ini menargetkan bisa melayani kaum muslim se-Jabodetabek, Karawang, hingga Bandung dalam menyediakan pemakaman yang sesuai dengan hakikat Islam: 

1. Menguburkan jenazah dengan hormat,
2. Pemakaman yang bisa memfasilitasi ziarah kubur untuk mengingatkan arti kematian.


Mengusung konsep taman yang asri untuk memberikan kesan syahdu dan ikhlas, kita dibuat seakan tiada henti mengucap syukur akan keberadaan alam melalui taman-taman di sekitar makam yang bisa kita nikmati sambil duduk-duduk di bangku taman ataupun sambil mengunjungi gazebo beratap kubah.


Untuk teman-temin muslim yang masih belum mengetahui Syariat Pemakaman Islam, saya bagikan infonya, ya:
1. Makam muslim tidak boleh bercampur dengan makam non-muslim,
2. Harus menghadap kiblat.
3. Sederhana; berupa gundukan tanah tanpa bangunan apapun (bersifat dekorasi) di sekelilingnya, kecuali batu nisan saja yang diperbolehkan.
4. Tidak boleh dilangkahi, diduduki, dan diinjak.
5. Kedalaman kubur 1,5m
6. Tidak menumpuk jenazah (berdasarkan Fatwa MUI DKI Jakarta tahun 2011)
7. Tidak terdapat unsur tabzir dan israf (berlebihan) di dalamnya (berdasarkan Fatwa MUI No.9 tahun 2014).


Tertarik untuk mencicil makam disini? Iya! Bisa dicicil, donk, bahkan ada promo buy 1 get 1 free. Beli satu makam bisa mendapatkan satu makam yang bisa disumbangkan untuk kaum Dhuafa.

Saat saya berkunjung, harga satu petak makam di kisaran Rp. 25.500.000 atau 25 juta rupiah, sudah termasuk tanah makam, maintenance fee (perawatan), walkway (pembangunan jalan setapak), dan PPN 10% (tidak termasuk batu nisan).

Oh iya, Al-Azhar Memorial Garden juga menyediakan jasa prosesi pemakaman (biaya berbeda) dan pemindahan makam (untuk jenazah dari tempat pemakaman lain yang mau dipindah ke Al-Azhar Memorial Garden).


Cukup unik sekaligus menyentuh, ya? Bagaimanapun membicarakan kematian, pemakaman, dan ziarah itu menyeramkan tapi memang tidak bisa dihindari. Umur seseorang siapa yang tahu? Buat saya, pengalaman ke Al-Azhar Memorial Garden ini memang sukses membuat saya berkaca untuk bisa melakukan hal yang lebih baik lagi sebelum waktunya tiba.

Dan tiba-tiba hening...

Sudah, ah, gitu aja, sebelum tulisan ini mulai merambah ke arah kultum. Untuk mengetahui info lebih lanjut silakan langsung menghubungi:

Al-Azhar Memorial Garden
Jl. Raya PERURI Teluk Jambe, Karawang Timur.


Sampai bertemu di tulisan berikutnya!


You May Also Like

11 komentar

  1. Bener banget, puanas ... dan suasana asri serta sejuk mampu didapatkan saat menemukan pepohonan rindang di sekitar pemakaman.

    BalasHapus
  2. Barusan aja sblm baca postingan mu ini, baru baca ttg cara memandikan jenazah di blog mba kania :( bawaan selalu sedih memang kalo inget yg berhubungan ama kematian ya mbak.

    BalasHapus
  3. Pemakannya bagus banget, kalau gini gak ada yg takut uji nyali..

    BalasHapus
  4. bikin betah ini mah ya berasa bukan di makam tapi di taman

    BalasHapus
  5. woooowwww, baru tau pemakaman muslim ada yg seindah ini

    BalasHapus
  6. Harganya heheeee.... tapi memang bagus.

    BalasHapus
  7. Asyik bgt suasananya... Tapi mahal yah hehe...

    BalasHapus
  8. tempat pemakamannya bagus ya mbak hampir mirip dengan eyangnya suami juga dikubur di tempat pemakaman kyk gini..pasti pada betah disini he3...harganya emm..lumayan y mbak

    BalasHapus
  9. Memang terlihat mahal jika mengingat nominal nya tapi jika kita dapat keuntungan yang sepadan kenapa tidak, lagi pula kan ini buy 1 get 1 untuk para dhuafa berarti masuk ke ranah wakaf yang insyaalloh amalnya tidak akan terputus kalau wakaf :)

    nice share :*

    BalasHapus
  10. baru tahu ada kuuburan yang ga angker, sekrang kayaknya kematian jg jadi sebuah bisnis ah

    BalasHapus
  11. asyik banget nih tempatnya..semoag suatu saat bisa bekunjung kesana...kereeennnn

    BalasHapus

Selamat berkomentar, tinggalkan link pada username. Link yang berada di dalam kolom komentar akan dihapus. (Feel free to comment and put your link on your username ONLY instead comment box area, otherwise deleted).