3 Resep Masker Awet Muda Untuk Mencerahkan dan Menutrisi Kulit

by - Jumat, Februari 03, 2017

Yuk bikin sendiri resep masker awet mudah agar kulit senantiasa cerah, sehat, dan bersih.

Walaupun sekarang sudah banyak produk masker langsung pakai yang dijual di pasaran, terkadang kalau saya lagi banyak waktu luang, saya masih suka lho membuat masker sendiri. Selain seru, terkadang lebih terjamin alaminya karena kita sendiri yang meracik dan memasukkan bahannya, hehehe. Memang untuk masker yang dibuat sendiri ini hanya bisa bertahan paling lama 3 hari sampai seminggu asal disimpan dalam kulkas setelah digunakan, tidak seperti masker kemasan yang bisa bertahan lebih lama hingga bulanan.

Nah, di tulisan kali ini saya mau membagikan tiga resep membuat masker rumahan sendiri menggunakan bahan-bahan yang biasanya ada di lemari dapur. Manfaat masker ini tentu saja selain menutrisi juga melembabkan dan mencerahkan kulit.

Materi tentang resep masker ini saya dapatkan ketika menghadiri event Bio Oil, jadi memang salah satu bahan pendukungnya menggunakan tetesan Bio Oil, namun kalau teman-temin tidak punya, bisa digantikan dengan olive oil atau coconut oil, kok.

Baiklah, mari kita mulai ya.

1. RESEP LULUR KOPI

Bahan-bahan yang diperlukan

  • Kopi bubuk 5sdm
  • Madu 5 sdm
  • lemon 1/2 buah (diambil airnya)
  • Bio Oil 1/2 sdt
Caranya: masukkan bahan ke dalam mangkuk secara berurutan, kecuali Bio Oil, aduk hingga rata. Setelah seluruh bahan sudah rata, baru tambahkan tetesan Bio Oil, kembali aduk hingga rata. Masker siap digunakan.

Kopi bubuk yang kaya akan pottasium, kafein dan magnesium mampu menutrisi kulit, menghaluskan kulit, mengangkat sel kulit mati, dan melembabkan kulit. Sedangkan lemon yang banyak mengandung vitamin C berfungsi sebagai anti radikal bebas, mampu menunda penuaan, mencerahkan kulit dan membersihkan pori-pori.

2. RESEP MASKER BUAH NAGA

Bahan-bahan yang diperlukan

  • Buah Naga putih 1/2 buah
  • Tepung beras 4 sdm
  • Yoghurt plain 2 sdm
  • Madu 2 sdm
  • Bio Oil 1/2 sdt (3-4 tetes)
Caranya: masukkan bahan ke dalam mangkuk secara berurutan, kecuali Bio Oil, aduk hingga rata. Setelah seluruh bahan sudah rata, baru tambahkan tetesan Bio Oil, kembali aduk hingga rata. Masker siap digunakan.

Buah Naga yang banyak mengandung vitamin B3, kalsium, serta vitamin C berfungsi sebagai antioksidan. Manfaat buah naga antara lain mampu melembabkan semua jenis kulit, menghaluskan kulit yang kasar, mencegah radikal bebas termasuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan aktif dalam mencerahkan kulit.

Madu banyak mengandung antioksidan, anti bakteri, anti mikroba, vitamin B dan vitamin C. Khasiatnya antara lain, mampu melindungi dan mencegah kulit dari radikal bebas, menyembuhkan luka, bintik-bintik merah dan melawan infeksi, melembabkan dan melembutkan kulit.

3. RESEP MASKER TEH HIJAU

Bahan-bahan yang diperlukan

  • Teh hijau 2 kantung tea bag (diambil bubuknya)
  • Air mawar 50 ml
  • Tahu putih sutera 1 buah ukuran besar
  • Bio oil 1/2 (3-4 tetes)
Caranya: masukkan bahan ke dalam mangkuk secara berurutan, kecuali Bio Oil, aduk hingga rata. Setelah seluruh bahan sudah rata, baru tambahkan tetesan Bio Oil, kembali aduk hingga rata. Masker siap digunakan.

Khasiat teh hijau yang mengandung antioksidan dan anti bakteri memperlambat proses penuaan, mencegar keriput, melindungi kulit dari paparan sinar matahari, mengatasi jerawat, dan melawan infeksi. Tahu putih sutra banyak mengandung protein vitamin E, Vitamin B, dan kalsium. Manfaat Tahu sutra ialah mampu menutrisi, menghaluskan, mencegah penuaan dini dan meregenerasi kulit, mencegah kerutan, melembabkan kulit, antioksidan, mencerahkan serta mengatasi kekeringan kulit,

Rose water atau air mawar mengandungan vitamin C dan E, mampu memberikan sensasi menenangkan kulit, menyegarkan kulit, membersihkan pori-oiri, anti radan g dan antiseptik.

Penyimpanan dan Pemakaian

Setelah diracik, masker sebaiknya langsung disimpan dalam wadah tertutup (kalau tidak berencana untuk langsung dipakai) dan dimasukkan ke kulkas. Sehingga bahan tidak akan terlalu lama terkontaminasi dengan udara, mengingat seluruh bahannya alami dan tidak mengandung pengawet.

Ketika mengambil adonan untuk masker, sangat disarankan untuk menggunakan sendok plastik bukannya aluminium, agar bahan juga tidak terkontaminasi.

Saya sudah menggunakan ketiganya lho, karena memang saat di event Bio Oil, kami sambil diberi materi sekaligus praktek dan dipakai. Hehehe, rasanya adem banget dan bikin kulit wajah segar.

Sampai saat ini masker yang paling sering saya buat adalah masker lulur kopi, karena memang banyak bubuk kopi di rumah. Kalau buah naga, rada musiman, saya harus nunggu sampai harganya murah. Juga untuk teh hijau, hahaha, bahan yang satu ini memang rada mahal jadi saya jarang-jarang bikinnya.

Jadi, sampai di sini dulu tulisan saya untuk DIY masker, semoga bisa jadi bahan referensi teman-temin yang mau mencoba membuat masker sendiri di rumah.

See you!


You May Also Like

10 komentar

Selamat berkomentar, tinggalkan link pada username. Link yang berada di dalam kolom komentar akan dihapus. (Feel free to comment and put your link on your username ONLY instead comment box area, otherwise deleted).