Oleh-oleh Yogyakarta: Bakpia Citra dan Jogja Scrummy

by - Selasa, Februari 21, 2017

Oleh-oleh Jogja ternyata sudah bukan hanya bakpia, lho.

Namanya liburan tentu tidak bisa lepas dengan belanja oleh-oleh. Bahkan belum sampai (malah belum berangkat) Jogja saja, orang rumah sudah wanti-wanti, jangan lupa beli salak! Alhasil, sepanjang perjalanan ke Jogja saya mau tidak mau harus berpikir membagi waktu (dan budget) khusus untuk oleh-oleh ini - karena memang anggota keluarga saya buaanyaak dan saya sih berharap semua kebagian "citarasa" Jogja tapi saya juga ngga kerepotan bawanya.

Oleh-oleh apa yang melekat dengan Jogja? Yang pasti saya tidak memilih gudeg Jogja saat itu karena repot bawanya dan ngga mungkin dititip via paket. So, ngga lain dan ngga bukan, apalagi kalau bukan bakpia kan ya, tapi sekarang sudah buanyak merk bakpia di Jogja.

Bakpia Patuk 25 itu dulu langganan keluarga saya, rasanya original bakpia Jogja, tiap kali mau pulang ke Bandung, pasti deh mampir dulu beli di area Malioboro beberapa dus. Namun belakangan, hati kami lagi tertambat ke Bakpia Soemadigdo, kulit bakpianya lembut dan rasa gurih isi bakpianya mantap banget.

Mencoba merk lain, di kunjungan saya ke Jogja kali ini saya mencoba merk lain.

1. BAKPIA CITRA

Jujur, pilihan saya kali ini lebih banyak didasarkan bentuk kemasan dan tulisan "premium"nya. Ho-oh, saya memang sesederhana itu pikirannya. Hahahaha! Kemasannya cukup menarik perhatian dan minat; selain rapi, desain penampakannya juga modern.

Tapi pilihan saya juga ternyata memuaskan. Bakpia Citra Premium ini rasanya enak, kok. Bakpianya padat tapi empuk, jadi ngga boros remah-remah. Isi bakpianya maksimal, alias penuh banget. Rasa yang ditawarkan ada kacang hijau, susu, keju, dan coklat. Bisa juga dicampur. Satu boks bakpia citra isinya 15 buah bakpia. Kalau campur, kita bisa memadu hingga 3 rasa (satu rasa isinya 5).

Cabangnya ada di Malioboro, saya saat itu beli di sana. Satu boks harganya di kisaran Rp 45.000,-

2. JOGJA SCRUMMY

Nah, Jogja Scrummy ini awalnya sama sekali tidak terlintas di pikiran saya sama sekali. Namun melintasi jalanan di Jogja, saya bolak-balik dicekoki iklan "Oleh-oleh Jogja bukan bakpia saja", hahaha, kan saya jadi gemes gitu, apaan sih ini?!

Usut punya usut, Jogja Scrummy ini adalah usaha kuliner milik artis Dude Harlino. OMG, kan ya saya jadi ser-seran gitu, namanya orang Indonesia, ngga bisa diem kalo denger nama artis dikit, maunya langsung ikut eksis. Hihihi.

Sayangnya, saya tidak bisa langsung berkunjung ke toko utamanya. Karena memang waktu saya terbatas dan areanya berlawanan dari itinerary liburan saya. Mau ngga mau saya pakai layanan Go-Food deh, Hebat juga, Jogja Scrummy sudah terhubung dengan aplikasi Go-Food, jadi saya bisa langsung pesan dengan mudah.

Ini beneran asli, lho, saya beli Jogja Scrummy tanpa tau makanan apa pula itu Jogja Scrummy, soalnya yang kebayang cuma "beli produk Dude Herlino" - aren't we women like that... sometimes? Beli merk doank.
Jadi, Jogja Scrummy itu semacam kue bolu dengan saus (sausnya tergantung rasa yang dipilih), lalu bagian atasnya dilapis kulit pastry. Unik juga idenya, rasanya juga enak - dan saya bersyukur ternyata saya ngga rugi beli. Pilihan rasanya cukup bervariasi, kala itu saya membeli ada coklat, karamel, dan srikaya.

Bolunya empuk dan kulit pastrinya renyah. Belum lagi sausnya yang kental dengan manis yang pas. Wah, saya suka! Harga satu boksnya sekitar Rp 45.000,-

Untuk ketahanannya cukup singkat, bisa bertahan sekitar 4-5 hari jika tidak disimpan dalam kulkas, kalau dalam kulkas, bisa lebih lama sampai 10 hari. Kalau lebih dari itu, pastinya kualitas rasanya sudah berkurang.

Sekedar Kisah Liburan di Jogja

Nah, jadi itulah oleh-oleh kuliner yang saya bawakan untuk keluarga di Bandung dari hasil liburan awal tahun kemarin. Tentunya ini belum termasuk oleh-oleh baju batik, kain sarung, dan salak! Hahaha. Ini liburan atau sibuk belanja oleh-oleh? Hahaha.

Ngga sih, liburan saya ke Jogja kemarin memang khusus "jalan-jalan" menikmati pemandangan; mengunjungi candi, menikmati suasana Jawa dan kulinernya. Ngga ada merencanakan belanja untuk diri sendiri yang gila-gilaan, wong di sana hanya berbekal sewa motor dan kemana-mana cuma memanggul tas punggung wanita yang memang dibeli khusus demi liburan ke Jogja. Hahaha.

Kali aja ada teman-temin yang berencana ke Jogja, semoga kedua pilihan oleh-oleh di atas bisa menjadi pertimbangan.

See you!

You May Also Like

4 komentar

  1. Aku juga sering beli di sana, enak banget boluna. Empuk nggak eneg

    BalasHapus
  2. belum pernah nyoba bakpia citra, biasanya kurnia. Cuman agak trauma dengan bakpia kurnia...yang jualannya jutek hahahhahahha sibuk banyak yang beli kayaknya

    BalasHapus
  3. Ka tanya dong diantara 3 merk bakpia itu, paling enak yg mana yah? Ehheh

    BalasHapus

Selamat berkomentar, tinggalkan link pada username. Link yang berada di dalam kolom komentar akan dihapus. (Feel free to comment and put your link on your username ONLY instead comment box area, otherwise deleted).