Report & Review Eau Thermale Avene (Cleansing Lotion, Cream)

by - Minggu, Mei 14, 2017


Halo teman-temin, postingan kali ini akan membahas dua produk sekaligus dari brand Eau Thermale Avene, yaitu pembersih wajahnya dan krim pelembab wajah. Bagi yang belum kenalan, Avene merupakan salah satu brand skincare premium dari Perancis yang masuk dalam kategori produk dermo-kosmetik, yaitu perpaduan kosmetik dan farmasi dimana di antara kandungannya terdapat bahan aktif yang aman dan efektif sehingga diklaim mampu merawat dan menjaga kesehatan kulit khususnya pemilik kulit sensitive.

Sejarahnya bermula ketika di awal abad ke-18, ditemukannya Avene Thermal Spring Water (ATSW), sumber air yang berasal dari kaki gunung Cevennes, di kedalaman Lembah Orb, bagian selatan Paris, Perancis, yang terbukti mampu menenangkan (soothing) dan melembutkan kulit yang sensitif. Berita khasiatnyapun menyebar hingga keluar Prancis, hingga akhirnya diadakan terapi pengobatan menggunakan ATSW. Karena, konon, ATSW mampu menyembuhkan luka bakar!

Di zaman modern ini, banyak penelitian sudah membuktikan bahwa kandungan ATSW bebas mikroba dan memiliki pH 7.5 (mendekati netral) menjadikannya banyak digunakan oleh para dermatologis dunia bukan hanya untuk produk perawatan kulit namun juga untuk penyembuhan berbagai perawatan kulit. 

Wow!

Nah, pastinya rangkaian produk Eau Thermal Avene sendiri mengandung ATSW di bawah manajemen Avene Dermatologic Laboratories. 

Nah, khusus rangkaian produk Eau Thermal Avene Tolerance Extreme yang akan saya bahas kali ini mengunggulkan kandungannya yang diklaim mampu menjaga kelembaban wajah, nyaman di wajah, dan yang lebih penting lagi, sangat cocok bahkan untuk kondisi kulit hypersensitif.

Tidak sabar untuk mengetahui produknya? Yuk, kita bahas satu persatu.

Eau Thermale Avene Tolerance Extreme Cleansing Lotion


Bisa dilihat pada gambar di atas untuk bentuk kemasannya. Bentuknya tube berbahan plastik dengan ukuran panjang sekitar 25 cm. Iya, memang agak besar sih. Di balik kemasan tertera tulisan 100% bebas bahan pengawet, bebas paraben dan bebas aroma buatan.

Kandungan: Avene Thermal Spring Water (Avene Aqua), Glycerin, Mineral Oil (Paraffinum Liquidum), Cyclopentasiloxane, Glyceryl stearate, cyclohexasiloxane, sodium carbomer, water (aqua).


Di bagian tutup terdapat penjelasan bahwa kemasan bisa digulung jika isi sudah mulai habis. Wah, ternyata masyarakat Perancis juga melakukan penghematan seperti yang saya biasa lakukan, hihihi.


Yang spesial dari produk Avene adalah, untuk menjamin higienis dan tidak terkontaminasi dengan udara, bentuk keluaran tidak berlubang atau bolong seperti produk pada umumnya. Walaupun cara mengeluarkan krimnya hanya dipencet, namun nantinya lubangnya akan kembali menutup seperti pada gambar di bawah.

Wah, hebat deh.
\

Membersihkan make up menggunakan Eau Thermale Avene Tolerance Extreme Cleansing Lotion

Warna krim Eau Thermale Avene Tolerance Extreme Cleansing Lotion ini berwarna putih dengan tekstur ringan dan tidak pekat. Saat berada di kulit juga tidak terasa lengket ataupun cepel, namun mampu melunturkan makeup dengan mudah (untuk makeup baru, cukup mudah dibersihkan, namun kalau makeup di atas 3-6 jam, atau makeup tebal, harus dua kali penggunaan)

Untuk uji cobanya saya menggunakan produk makeup yang sehari-hari saya gunakan, mencakup BB Cream, Lipstik, dan Eyeliner. Semuanya saya gunakan dengan komposisi yang pekat dan dan cukup berlebihan dibandinkan penggunaan saya sehari-hari - intinya heavy makeup.

Dari percobaan ini, produk pembersih ini membutuhkan dua kali apply untuk membersihkan heavy makeup. Bisa dilihat ketika pertama kali saya menggosokkan lotion pada kulit yang menggunakan makeup, makeup cukup luntur namun tidak sepenuhnya, kita harus lebih ekstra memijat kulit tanpa harus menekannya. Sapuan pertama dengan kapas hampit membersihkan seluruh makeup namun terlihat masih ada sisanya sedikir.

Sedangkan penggunaan kedua barulah makeup sepenuhnya bersih.


Secara umum, cara penggunaan Eau Thermale Avene Tolerance Extreme Cleansing Lotion:
Gunakan pada pagi dan malam hari pada wajah. Bersihkan secara lembut dengan menggunakan kapas. Penggunaan dua kali dapat dilakukan untuk makeup tebal. Semprotkan ATSW untuk menyempurnakan hasil pembersihan.

Eau Thermale Avene Tolerance Extreme Cream


Eau Thermale Avene Tolerance Extreme Cream merupakan pelembab wajah yang berfungsi melembabkan dan menenangkan wajah. Serupa dengan produk cleansing lotion sebelumnya, krim ini juga bebas pengawet, bebas paraben dan bebas aroma buatan. Dengan masa pemakaian dua tahun setelah dibuka. 


Kemasan ukuran 50 ml memiliki ukuran yang tentunya lebih kecil. Bentuknya serupa dengan cleansing lotion, tube berbahan plastik dengan sistem pompa krim yang sama (jadi kalau krim tidak ditutup akan tetap higienis karena bentuk pumpnya tidak berlubang).

Bisa dilihat pada gambar di bawah.


Teksturnya sekilas hampir mirip cleansing lotion. Warnanya putih dan krimnya ringan, tidak berbau ataupun lengket.


Gambar di bawah adalah penampakan krim pada awal aplikasi, namun nantinya akan meresap dan tidak memberikan shade apapun di wajah. Sesuai dengan kalimat advertorialnya, krim ini menjadikan wajah lembab namun tidak berminyak.

Beberapa waktu lalu wajah saya yang sedang mengalami jerawat hormonal juga tidak bertambah breakout setelah rutin menggunakan krim ini selama dua minggu,


Setelah menggunakan krim ini biasanya saya memberikan sunblock, BB Cream, lalu bedak. Hasilnya membuat kulit nyaman dan mengurangi wajah kering akibat saya gunakan tretinoin (untuk jerawat hormonal).

Avene Beauty Talk and Live Make Up Demo


ki-ka: Dhirman Putra, Dr Simon, Devi, Indah Setiyani

Dalam rangka mengenal produk Eau Thermale Avene lebih jauh, sebelumnya saya sudah mengikuti event Sweet Afternoon berisikan Beauty Talk and Live Makeup Demo hasil kerja sama komunitas Clozette dan Avene bersama Metro Department Store di Plaza Senayan Jakarta.

Acara ini turut mengundang artis Melly Goeslaw, penyanyi, yang merupakan pengguna setia Avene. Melly turut berbagi pengalamannya selama menggunakan produk dari Avene, bahkan saat ini anaknya yang sedang beranjak remaja dan belakangan baru mengalami jerawat hormonal juga menggunakan Avene.

Melly Goeslaw

Selanjutnya kami menyaksikan Live Make Up Demo yang dibawakan make up artis Dhirman Putra yang memberikan langkah-langkah membuat makeup natural untuk tampilan sehari-hari ditemani model Indah Setiyani.

Dhirman menggunakan produk Avene sebagai langkah awal sebelum memulai makeup, produk yang digunakan meliputi Eau Thermale Avene Micellar water, face spray, cleansing lotion, creme, dan sunblock.

Katanya sih, Indah yang menjadi model untuk dirias sore itu gemar sekali  menggunakan sunblock dari Avene, karena teksturnya yang ringan namun memberikan coverage seperti BB Cream, wah asli saya cukup penasaran dengan sunblocknya.

Semoga suatu saat bisa berkesempatan mencoba nih, hehehe.


Nah, gambar di bawah ini adalah hasil riasannya, mengedepankan efek wajah yang flawless dan cerah.


Selanjutnya dipandu oleh Dr Samuel L. Simon, SpKK, kami menerima edukasi seputar kulit dan permasalahan kulit sensitif dan bagaimana produk Eau Thermale Avene aman untuk kulit sensitif.

Jadi kulit sensitif itu bisa jadi dari gen dan disarankan setiap orang mengetahui kondisi kulitnya masing-masing agar tidak salah memilih produk untuk perawatan wajahnya.


Acara sore itu ditutup oleh penampilan Radhini Aprilia, ya ampun, saya sering banget denger lagunya, ternyata ini toh penyanyinya. Asik banget bisa lihat jelas penampilannya, dan suaranya bagus banget!

Jadi begitulah review dan report seputar brand Eau Thermal Avene, adakah teman-temin yang sudah lebih dulu mengenal brand ini?

Sampai bertemu di postingan berikutnya!



Tulisan ini hasil kerjasama www.noniq.co bersama Clozette x Avene, namun isi merupakan murni opini penulis.

You May Also Like

2 komentar

  1. Beberapa saat lalu saya pernah dikasi rekomendasi pake ini loh, tapi masih mikir tktnya ga cocok, dan setelah baca review Noniq saya jadi mikir lagi hehe, pengen beli deh

    BalasHapus
  2. Sepertinya produknya oke nih mbak, apalagi review yang mbak sajikan juga lumayan lengkap. keren!

    BalasHapus

Selamat berkomentar, tinggalkan link pada username. Link yang berada di dalam kolom komentar akan dihapus. (Feel free to comment and put your link on your username ONLY instead comment box area, otherwise deleted).