Yuk Kenali Jenis AC: Keunggulan Dan Kelemahannya

by - Selasa, Mei 23, 2017

Bukan hanya di kota tempat tinggal saya, Bandung, namun saat ini, hampir di sebagian besar negara tropis dan negara-negara bertemperatur tinggi memiliki masalah yang sama yaitu: kondisi iklim panas. Kalau sudah begini, hanya ada satu solusi buat saya: menggunakan AC atau Air Conditioner. 

Seperti yang kita ketahui AC adalah alat yang bisa membuat kondisi ruangan menjadi lebih sejuk. Bersyukur karena adanya penemuan ini, walaupun udara di luar panas, saya tetap bisa merasakan udara sejuk di dalam ruangan.

Namun, tetap saja, teman-temin yang juga menggunakan AC perlu memperhatikan untuk memilih jenis ac terbaik yang akan dipasang pada rumah ataupun tempat kerja. 

Berikut jenis ac serta keunggulan dan kelemahannya:

1.  AC Split Wall
Jenis ac ini sangat familiar digunakan di rumah, kantor, ataupun di instansi-instansi pemerintahan Indonesia. AC ini dibagi menjadi dua bagian yaitu indoor dan outdoor. Pada bagian indoor ini adalah bagian untuk mengeluarkan hawa dingin dari ac, sedangkan untuk outdoor adalah bagian tempat mesin berada.

• Kelebihan : bisa ditempatkan di area mana saja pada ruangan. Suara didalam ruangan tidak berisik karena mesin berada diluar ruangan.
• Kekurangan : pemasangan harus membongkar ruangan yang akan dipasang ac serta bila memindahkan harus memerlukan orang yang ahli. Pemeliharannya juga khusus pada orang yang ahli.

2. AC Standing Floor
Jenis ini adalah ac terbaik untuk kategori praktis. Mengapa ? karena ac standing floor ini didisain untuk bisa digunakan ditempat manapun dan dimana pun bisa digunakan, serta sangat praktis karena kita hanya diharuskan untuk sambung ke listrik setelah itu langsug bisa digunakan.

• Kelebihan : bisa dipasang di setiap tempat.
• Kekurangan : tempat untuk menyimpan harus yang besar karena ac ini biasanya berukuran besar dan memerlukan tempat yang luas.

3. AC Cassete
Jenis ac ini adalah yang biasa dipasang pada plafon. AC ini banyak ditemukan pada tempat instansi rumah sakit, kantor, serta instansi pendidikan seperti universitas sekarang banyak yang menggunakan ac jenis ini.

• Kelebihan : desain bagus minimalis namun tetap memiliki performa yang baik, idak memakan banyak tempat karena ac ini menempel pada plafon.
• Kekurangan : untuk memasang ac ini tidk bisa sendirian, harus ada tenaga ahli yang memasangkannya.

4. AC Inverter 
Jenis ini adalah ac terbaik yang merupakan jenis split namun menggunakan teknologi Inverter. Teknologi ini adalah teknologi ac terbaik, karena didalamnya terdapat komponen untuk mengatur motor-motor listrik. Disini inverternya terdiri dari Rectivier dan Pulse-widht modulator. Dengan komponen ini, motor listrik menjadi variable speed. Sehingga kecepatannya bisa diubah-ubah.

• Kelebihan : dengan ac ini yang bisa diubah speednya memiliki keuntungan bisa menghemat listrik hingga 60%
• Kekurangan : harga ac dan biaya perawatannya mahal


Nah, demikian jenis-jenis AC yang sudah saya bagikan dalam tulisan kali ini, semoga bermanfaat bagi teman-temin ya.


Sampai jumpa di tulisan berikutnya.

You May Also Like

0 komentar

Selamat berkomentar, tinggalkan link pada username. Link yang berada di dalam kolom komentar akan dihapus. (Feel free to comment and put your link on your username ONLY instead comment box area, otherwise deleted).