Review Colour to Life Faber Castell

by - Selasa, Agustus 07, 2018


Enak, kalau pakai Faber Castell, (pensilnya) tidak gampang putus, warnanya juga jelas, gumam murid les piano saya sambil asyik mengerjakan soal pemahaman tentang musik. Melongo bercampur geli, kalimat tersebut diucapkan dengan mantap, tidak ada tujuan endorse terselubung, tidak ada skenario orang tua (setidaknya saya lihat begitu), melainkan murni keluar dari perkataan anak laki-laki setara kelas 1 SD. 

Kejadian ini berawal ketika si anak mogok tidak mau mengerjakan worksheet menggunakan pensil bergambar karakter superhero, yang saya kira jika saya pinjamkan, dia bakal suka, alih-alih si anak dengan lantang berkata,

"Miss, saya maunya menggunakan pensil Faber Castell,"

Wuih! Kecil-kecil sudah memiliki brand awareness yang kuat. Apapun alasannya berkata begitu, untuk sekian detik saya sempat terpana dengan kemampuannya yang kritis dalam memberi penilaian, karena anak ini menilai sebuah produk dari segi fungsional, bukan karena merek tersebut populer, banyak yang pakai, bandingkan dengan diri saya di masa lalu. Boro-boro tau merek, zaman saya kecil saya lebih milih pensil yang bentuk dan gambarnya lucu. Haha!

Dan memang itulah Faber Castell, sayapun tidak bisa menyanggah, karena memang untuk urusan alat tulis, lukis dan yang terutama media berkreasi; Faber Castell selalu menjadi pilihan saya.


Masih berhubungan dengan brand stasioner dari Jerman, di tulisan kali ini saya akan berbagi review mengenai produk terbaru Faber Castell; sebuah aplikasi berbasis Augmented Reality bernama "Colour To Life". Berkolaborasi dengan Augmented Reality & Co (AR&Co), aplikasi ini merupakan sebuah perwujudan gagasan yang brilian dalam menggabungkan seni berkreasi konvensional dengan teknologi digital.

Berdiri sejak 1761, Faber-Castell tentunya tidak diragukan telah sukses mengembangkan berbagai  teknik melukis fantastis yang memungkinkan untuk mendorong kreativitas anak-anak dalam mengeksplorasi ide-ide baru. Sebut saja produk Fizzy Paint Mix & Make Colors, 3D Sand Painting, Pottery Studio, atau Coloring with Clay. Dan tentu saja tidak ketinggalan produk pensil warna mereka yang sudah mendunia.

Namun, situasi perkembangan anak di era milenial ini tidak bisa disamakan dengan generasi saya tahun 90'an, anak zaman sekarang identik dengan teknologi - gadget, ponsel pintar, internet, game online, you name it

Di tahun 2017, berdasarkan data Asosiasi Penyelanggara Jasa Internet Indonesia (APJII), jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai 143,26 juta jiwa, yang mana berdasarkan usianya, sebanyak 16,68 persen merupakan pengguna berusia 13-18 tahun. Dan yang menarik, berdasarkan riset Katadata, pengguna ponsel (telepon seluler) di Indonesia mencapai 371,4 juta, sekitar 142 persen dari total populasi 262 juta jiwa. Asumsinya, satu orang memiliki rata-rata 2-3 kartu telepon seluler. Dan sebagin tersebut merupakan orang tua yang memberikan anaknya fasilitas gadget.

Well, jangan menutup mata pura-pura tidak tau ataupun menyangkal, karena memang ini kenyataan. Bagaimana gaya hidup anak zaman sekarang erat kaitannya dengan teknologi (tidak usah jauh-jauh, wong anak kecil di keluarga saya juga gitu semua kok, dikit-dikit hape, dikit-dikit nonton youtube, dan sebagainya). Dan kalau dibiarkan, calon generasi mendatang bisa-bisa lupa dengan seni kreativitas konvensional yang sama sekali tidak bergantung pada gadget, hanya berbekal imajinasi.

Hal inilah yang mendorong Faber Castell meluncurkan Colour to Life, tanpa berniat memisahkan anak dari teknologi, Faber Castell menggunakan teknologi tersebut untuk mendekatkan anak untuk kembali berkreasi dengan seni konvensional: mewarnai. Konon sejak awal peluncurannya di sekitar bulan Maret 2018, produknya dalam hitungan dua jam langsung laku keras dan habis!

YANG UNIK DARI COLOUR TO LIFE



Secara sederhana, Colour to Life merupakan satu set buku mewarnai dan konektor pena Faber-Castell. Namun keunikannya, buku mewarnai ini akan berintegrasi dengan aplikasi berjudul serupa yang bisa diunduh di Google Play Store ataupun Apple Store, dan selanjutnya ... Boom, let the magic begin; anak-anak memasuki dunia permainan Augmented Reality menggunakan karakter yang sudah diwarnai menurut imajinasi mereka.

Product description:
  • Buku mewarnai dengan isi 15 lembar yang terdiri dari 5 tema (dengan 5 karakter berbeda) - masing-masing tema memiliki 3 gambar.
  • 20 Buah pena konektor (Connector Pen) Faber-Castell.

KEREN, INI TEKNIK MEWARNAI ALA CONNECTOR PEN FABER CASTELL!

Awalnya Colour to Life akan mengajak kita untuk mewarnai tiap karakter yang ada di halaman buku mewarnai Colour to Life, yang menarik adalah, Faber Castell mengajak kita untuk menggunakan teknik mewarnai ala Connector Pen, bukan sekedar menyapukan connector pen menghasilkan warna yang solid; tapi mempelajari beberapa pola serta mengenal gradasi warna.

Untuk kaum dewasa teknik ini cukup menarik dan mudah dipelajari, saya sendiri mencobanya dan proses ini sukses membuat mood saya jadi lebih baik; berkreasi, menggali ide-ide baru dalam mewarna gambar yang tidak terlalu rumit membuat saya jadi lupa waktu karena keasyikan - eh taunya sudah habis berlembar-lembar (walaupun secara umum, untuk kita dewasa, mewarnai satu lembar buku ini memakan waktu 1-2 jam), hehe.

note: warnai hanya gambarnya, bukan bagian framenya.


Untuk anak-anak yang baru mengenal connector pen Faber Castell, dalam hal ini, saya mengajak dua keponakan saya untuk mewarnai bersama; usia 4 dan 6 tahun, awalnya mereka sempat kesulitan. Terbiasa menggunakan gaya back and forth stroke, alias bergerak bolak-balik, menorehkan alat warna menghasilkan warna yang solid. mewarnai menggunakan pola memang menjadi tantangan tersendiri untuk mereka. Seru!

Hal ini malah bisa menjadi kesempatan untuk orang tua membimbing anaknya, belajar mewarnai bersama nyatanya benar-benar menyenangkan. Dan tidak butuh waktu lama untuk para keponakan saya menguasai teknik mewarna tersebut. Di waktu berikutnya, saya menyaksikan mereka larut dalam kesenangan mewarnai karakter sesuai selera mereka masing-masing.

Berikut merupakan teknik mewarnai menggunakan connector pen.



Buat teman-temin yang belum kenal Connector Pen dari Faber Castell menawarkan imajinasi tanpa batas, bukan hanya sekedar media berkreatifitas dari segi menggambar, namun juga sangat cocok untuk melatih kreativitas anak karena dapat digabung-gabungkan menjadi aneka bentuk rancang bangun. Dapat dicuci dan tidak meninggalkan noda pada pakaian. Sangat aman untuk anak-anak karena tidak beracun. Yang menarik adalah dari connectornya yang membuat pena dapat dihubungkan dan dikreasikan menjadi angka dan mainan kecil, seperti pesawat terbang, hewan dll. 

Pokoknya, teman-temin harus mencoba semua teknik mewarnai deh, dijamin bakal ketagihan!

BERKENALAN DENGAN ANIMASI MELALUI "COLOUR TO LIFE" FABER CASTELL

Usai mewarnai, tibalah kita ke bagian yang paling ditunggu-tunggu; menggabungkan realita dan digital. Pastikan teman-temin sudah unduh aplikasi Colour to Life di ponsel atau tablet berbasis iOS ataupun Android, aplikasinya tercatat memakan ruang sekitar 95,35 MB dengan rincian:
  • Aplikasi 92,92 MB
  • Data pengguna 2,43 MB
  • Cache 1,17 MB


Selanjutnya kita diajak untuk memindai karakter yang telah diwarnai, dan jangan kaget, karakter tersebut seketika hidup di layar gadget kita, memiliki warna yang sesuai dengan yang kita buat.

Tips: pindailah karakter di tempat yang agak terang, agar warna karakter terpindai dengan baik dan menyeluruh. Pengalaman saya memindai di tempat yang remang-remang membuat warna karakter tidak sepenuhnya keluar, warnanya jadi lebih redup dan nyaris keabuan

Nantinya karakter yang telah kita hidupkan di aplikasi Colour to Life ini akan menjadi main-character di masing-masing lima jenis permainan sesuai karakter mereka. Serukan, kita diajak menjadi creator permainan kita sendiri - bukan sekedar menciptakan karakter dari opsi-opsi di gadget, melainkan memberikan sentuhan personal di setiap karakter yang kita buat.


Ada 5 games yang terdapat dalam buku ini, masing-masing memiliki karakter dan manfaatnya sendiri.


  • Giddy Up; memperkuat koordinasi mata tangan, latihan keterampilan motorik halus, meningkatkan perhatian dan konsentrasi dan melatih refleks.
  • Pogo Boy; memperkuat koordinasi mata tangan, latihan keterampilan motorik halus, meningkatkan perhatian dan konsentrasi dan melatih refleks.
  • Dress Up Challenge; mempertajam memori, meningkatkan perhatian dan konsentrasi
  • Balance Your Brain; merangsang koordinasi otak kiri dan kanan, meningkatkan perhatian dan konsentrasi, meningkatkan kecepatan otak
  • Safe Flight; memperkuat koordinasi mata tangan, latihan keterampilan motorik halus, meningkatkan perhatian dan konsentrasi dan melatih refleks.
Kalau ditanya, apa permainan yang menjadi favorit saya dan para ponakan: Kami paling suka Safe Flight dan Giddy Up, karena menyenangkan, seru dan kocak. Cara permainannya hampir serupa, bedanya kalau Giddy Up kita harus hati-hati dalam mengendarai kuda, kalau Safe Flight, harus hati-hati menerbangkan pesawatnya. Sebenarnya permainan Pogo Boy, juga agak mirip, hanya saja, karena keponakan saya perempuan, mereka lebih memilih permainan dengan karakter perempuan.

Tadinya saya berpikir, permainan Dress Up Challenge bakal lebih girly, nyatanya malah tricky, karena memang melatih ingatan sekali, ponakan saya sampai dibuat gemas gara-gara masih merasa kesusahan mengingat-ingat. Ya, Dress Up Challenge merupakan permainan ingatan, bukan permainan fashion.

Permainan yang dirasa paling mudah dan paling sering dimainkan adalah Balance Your Brain, bersama karakter kucing yang jago melukis. Kebetulan permainan ini sering digunakan oleh ponakan saya yang tertua untuk mengajarkan adiknya (kebetulan topiknya tentang warna dalam bahasa Inggris).

Harapannya semoga ke depannya, Colour to Life bakal mengeluarkan episode buku mewarnai ditambah jenis permainan baru, hehehe.

BIAR DUNIA LIHAT KREASIMU, JANGAN LUPA SELFIE!



Ups, hari gini bukan emak-emak sosialita saja yang gemar eksis, dua keponakan saya juga sudah jago kalau urusan selfie. Sehingga mengetahui adanya fitur bisa berfoto alias selfie dengan karakter ciptaan mereka, wah, mereka langsung berebut ingin mencoba.

Apalagi ternyata karakter di "Colour to Life" cukup responsif sehingga angle dan peletakannya bisa disesuaikan dengan pose keponakan saya. Kalau bukan karena jadwal tidur siang memanggil, pastilah keduanya tidak akan berhenti berwarna, scan, main, dan selfie, bareng "Colour to Life"


Begini deh jadinya:


Melalui Colour to Life, Faber Castell percaya bahwa anak-anak akan memperoleh beberapa manfaat seperti: meningkatkan koordinasi otak dan tangan anak-anak, meningkatkan tingkat konsentrasi anak, merangsang respons anak-anak, menyeimbangkan otak kanan dan kiri anak, melatih memori, dan meningkatkan kecepatan berpikir.

Sedangkan untuk saya sendiri, sebagai orang dewasa - kegiatan mewarnai bersama Connector Pen Faber Castell sangat menyenangkan sekali, apalagi desain produknya sendiri yang memang berkualitas (tintanya aman, mudah dibersihkan, juga ujung pena yang tidak beresiko membahayakan untuk anak-anak), nyaman digenggam serta pilihan warnanya yang bagi saya pribadi merupakan mood therapy yang bagus untuk meningkatkan semangat beraktifitas.

Siapa bilang orang dewasa ngga cocok mewarnai, lha wong saya jadi greget pengen ngewarnain terus. Dan, kalau sudah begini saya jadi pengen punya satu set lengkap Connector Pen Faber Castell yang 60 warna itu, lho. Hehehe.

Ini adalah salah satu video saya mewarnai salah satu halaman di Buku Mewarnai Colour to Life:


Dan berikut 5 dari 15 gambar (per tema) yang berhasil saya dan ponakan kerjakan, hehehe.


Buat teman-temin yang juga tertarik, saat ini Tempat pembelian Produk Colour to Life ada di Tokopedia, Gramedia atau toko buku terdekat. Harganya juga cukup terjangkau yaitu 129.000 rupiah. Selamat membeli dan berimajinasi

Info Lebih Lanjut:

https://www.faber-castell.com/ | Instagram: @fabercastell_id | Twitter: @fabercastell_id


Sumber:
https://www.ar-innovation.com/en/faber-castell-colour-to-life/
https://edukasi.kompas.com/read/2018/03/13/09110061/ketika-anak-bertanya-gadget-menjawab
https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2017/08/29/pengguna-ponsel-indonesia-mencapai-142-dari-populasi
http://www.connectorpen.info/tips-connectorpen
https://www.faber-castell.com/connector-pen

You May Also Like

18 komentar

  1. Aku paling suka pogo boy.
    Btw, ini lengkap banget Non reviewnya. Sukaaa apalagi foto 2 anak cantik itu.

    BalasHapus
  2. Awal kebuka laman ini, auto fokus ke ponakannya yang cantik-cantik Teh :) idem sama teh Uwien, reviewnya lengkap banget.

    Kujuga dibuat greget sama colour to life ini, penasaran aja rasanya kalau belum mewarnai semua karakter. Aku lebih suka Pogo Boy sih daripada Safe Flight. Susah, pesawatnya ke bawah terus :D

    BalasHapus
  3. Srnangnya bermain Colour to Life. Cantik-cantik pula keponakannya XD

    BalasHapus
  4. keponakannya cantik - cantik deh Noniq pasti fun ya mereka main colour to life ini

    BalasHapus
  5. Inovasi keren ya dari faber castell, bikin anak betah bermain dengan kegiatan positif

    BalasHapus
  6. Miss Noniq, foto-fotonya cetaaaar. Keren. Aku jagoin kamu yang menang. :)

    BalasHapus
  7. Iya, dress up challenge waktu buat ngingetnya sebentar bgt, bikin deg2an hihihi

    BalasHapus
  8. Asyik ya, dengan faber castell, kreativitas anak bisa terpacu untuk mengeksplor ide-ide baru.

    BalasHapus
  9. Ponakannya fotogenic ya Teh. Berasa liat model iklan fabercastell. ♡

    BalasHapus
  10. keponakannya kayaknya enjoy dan seneng banget ya waktu mewarnai :D

    BalasHapus
  11. Keren pisan reviewnya seketika ku langsung drop :))
    Btw keponakannya cantik-cantik hehe

    BalasHapus
  12. Reviewnya lengkap banget mba! Emang faber castell mah jaminan mutu, ditambah lagi inovasi AR yg bikin gambar jadi hidup dengan aplikasi 3D, keren pokoknya mah :

    BalasHapus
  13. Faber castell itu produk yang kreatif dan inovatif ya

    BalasHapus
  14. Ternyata ngga cuma saya yang dibuat gemas oleh teteh princess di games Dress Up Challenge hihihi

    BalasHapus
  15. Wih keren sepertinya langsung dipraktekkan semua teknik mewarnainya yah. Emang seru sih berkreasi warna sambil bisa mainin gamenya juga...

    BalasHapus
  16. Keren ya faber castell terlebih lagi colour to life nya bikin semangat mewarnai :) Keponakannya kayak tantenya..Cantik :)

    BalasHapus
  17. Wow ada aroma kemenangan nih, lengkap bingits 😍

    BalasHapus
  18. Selalu seneng deh liat hasil foto-fotonya Teh Noniq! Kece badai.... 😍😍😍

    BalasHapus

Selamat berkomentar, tinggalkan link pada username. Link yang berada di dalam kolom komentar akan dihapus. (Feel free to comment and put your link on your username ONLY instead comment box area, otherwise deleted).