Review Smooto (Tomato Collagen White Serum, Mask, dan Soothing Gel)

by - Rabu, Agustus 01, 2018


Review Smooto (Tomato Collagen White Serum, Mask, dan Soothing Gel). Halo teman-temin, baru-baru ini saya mencoba rangkaian perawatan kulit dari brand Smooto - merek kosmetologi produk perawatan kulit dari Thailand. Smooto sendiri diambil dari kata smoothie yang identik dengan ekstrak sayur-sayuran dan buah-buahan, karena memang produk Smooto menggunakan bahan yang berasal dari buah. Nama brand-nya memang terdengar seperti brand Jepang, karena memang bahan dasarnya adalah buah-buahan serta bahan aktif dari Jepang.

Produk Smooto ini diproduksi oleh Global Medical (Thailand), Co., Ltd. yang memang berkomitmen untuk menghasilkan barang dan memberikan layanan mengenai kesehatan, kulit dan kecantikan yang berkualitas.

Kenapa saya penasaran dengan produk Smooto ini? Karena salah satu produknya, Smooto Tomato Collagen White Serum, berdasarkan website resminya, berhasil menjadi Best Face Serum di Lemonade Awards 2016, yang mana penjualannya mencapai lebih dari 10 juta kemasan per tahun (Walaupun saya kurang mendapat informasi juga mengenai Lemonade Awards ini, but I'll still give it  a try)

Nyatanya kalau saya perhatikan, sudah banyak video dan tulisan review serta testimoni di sosial media yang memuji kualitas produk Smooto ini. Ngga heran kalau memang produk Smooto ini cukup terkenal di Thailand.

Makin penasaran? Review kali ini akan langsung membahas 3 produk Smooto:

1. Tomato Collagen White Serum
2. Tomato Collagen White and Smooth Mask
3. Soothing and Moisture Tomato Juice 99% Soothing Gel

Namun, sebelumnya saya informasikan bahwa review ini hasil penggunaan produk selama seminggu, karena produk yang saya miliki hanya seukuran sachet; untuk masker hanya dua kali pakai, serum untuk lima kali pakai, dan soothing gel delapan kali pakai.

Ok, mari kita mulai ya.

1. Tomato Collagen White Serum


Sebagai penggemar produk perawatan kulit - skin care, mencoba produk serum memang salah satu kesukaan saya, apalagi kalau mengandung anti aging dan collagen, mengingat usia saya yang sudah tidak muda lagi, hahaha.

Serum dari Smooto ini diklaim mengandung 10 buah tomat di tiap sachetnya. Penggunaannya disarankan untuk digunakan tiap pagi (setelah cuci muka sebagai skin care sebelum kosmetik) dan malam hari (setelah cuci muka sebelum tidur). Saya sendiri lebih sering menggunakannya di malam hari.



Aromanya mengandung tomat tapi lembut hampir-hampir tidak kentara, namun kalau saya endus lebih intens akan terasa perpaduan antara manis dan citrus. Krimnya kental dan lembut di kulit, cukup cepat meresap namun seperti meninggalkan glitter di wajah, karena setelah memakainya, wajah saya seperti ada kerlap-kerlipnya.

Dua menit setelah serum meresap, kulit wajah saya terasa lembab dan kenyal - tipikal pemakaian serum pada umumnya. Di awal-awal pemakaian, saya sering mengkombinasikannya dengan face mask, dan hasilnya, di pagi hari kulit saya terasa kenyal dan lembab. 

Pemakaian berikutnya saya juga mengkombinasikannya dengan Smooto smoothing gel. Hasilnya wajah juga terasa lembab dan kenyal namun efeknya cukup instan sehingga memang disarankan agar kita rutin menggunakannya.

Sejauh ini tidak ada efek lain yang saya rasakan selain kulit lembab dan kenyal;

a. Tidak mengempeskan jerawat ataupun beruntusan
b. Kulit (belum terlihat) tidak secara signifikan terasa lebih cerah - bisa jadi bakal lebih terlihat setelah pemakaian lebih dari sebulan.
c. Tidak terjadi efek samping wajah jerawatan dan beruntusan, ataupun kulit kemerahan.


2. Tomato Collagen White and Smooth Mask


Jujur, sebenarnya saya agak deg-deg-an menggunakan masker tomat. Dulu ketika saya masih SMP, saya pernah membuat masker tomat alami dan setelah menggunakannya wajah saya jadi iritasi bahkan timbul beruntusan, sehingga saya sempat khawatir masker Smooto ini juga akan bereaksi negatif di kulit saya.

Namun, nyatanya berbanding terbalik, dalam dua kali pemakaian, saya cukup merasakan efek positif dari masker Smooto ini; wajah terasa glowing.


Teksturnya kenyal seperti jeli dengan aroma manis bercampur asam layaknya tomat. Pengaplikasiannya cukup mudah, dioleskan pada kulit wajah yang bersih dan didiamkan selama 5-10 menit baru dibilas.

Di menit-menit awal pemakaian, wajah saya memang terasa perih cekit-cekit dan gatal, rasanya ingin saya garuk dan cepat-cepat cuci muka. Namun saya berusaha menahan rasa cekit-cekitnya, dan ternyata setelah 3 menit, tidak ada rasa gatal lagi.

Lima belas menit berlalu, setelah saya bilas maskernya - wajah jadi terasa lebih dingin dan segar. Dan saya bersyukur, tidak terjadi beruntusan ataupun kulit kemerahan seperti yang saya takutkan.


Walaupun menggunakan masker wajah merupakan salah satu bentuk perawatan favorit saya; tapi masker dengan bentuk jeli seperti ini bukan tipe masker kesukaan saya. Namun jika teman-temin menyukai jenis masker instan seperti ini, terutama dengan efeknya yang membuat wajah jadi terasa adem dan segar, bisa dicoba lho menggunakan masker tomat dari Smooto ini, kulit wajah jadi terasa rileks apalagi kalau digunakan saat malam hari sebelum tidur, wah tidur malampun jadi lebih nyenyak.


3. Soothing and Moisture Tomato Juice 99% Soothing Gel

Sekarang pemakaian soothing gel memang lagi banyak digandrungi masyarakat; karena itu Smooto sepertinya juga tidak ingin ketinggalan trend pasar sehingga mengeluarkan juga produk tomato soothing gel yang mana kandungannya tidak tanggung-tanggung; 99% lho! Dengan kandungan utama tomat, bulgarian yoghurt dan ekstrak siput, soothing gel  dari Smooto menjanjikan mampu mencerahkan kulit kusam, menghaluskan kulit, mengencangkan pori-pori, mengatasi jerawat, dan mencegah penyumbatan pori-pori.


Seperti produk soothing gel pada umumnya, soothing gel dari Smooto berfungsi sebagai pelembab kulit. Untuk pemakaian di wajah saya biasa menggunakannya sebagai base makeup setelah toner dan serum saat pagi dan malam hari. Bedanya kalau malam hari saya tidak tambahkan makeup seperti di pagi hari, tapi saya tutup dengan face mask (seringnya sih hanya sebatas toner, serum, dan soothing gel saja saat malam hari).


Produk berbahan dasar tomat dari Smooto ini memang cenderung memiliki aroma yang sama; aroma tomat yang lembut, perpaduan manis dan masam. Teksturnya yang halus dan lembut cukup cepat meresap di kulit dan menjadikan wajah terasa lembab sepanjang hari. 

Namun hati-hati kalau siang hari, untuk kulit kombinasi seperti saya, jika terlalu banyak menggunakan produk kulit berlayer-layer di wajah jadinya malah seperti kilang minyak, alias berminyak bingits. Sebaliknya, saat malam hari, kulit wajah malah jadi terasa segar. 


KESIMPULAN

Hasil utama yang saya rasakan dari produk Smooto berbahan dasar tomat ini; wajah terasa lembab dan kenyal, pas banget bagi teman-temin yang kulitnya sedang mengalami kering, dehidrasi dan butuh nutrisi. Untuk efek mencerahkan atau mengecilkan pori-pori belum terasa, setidaknya dalam dua minggu pemakaian. Bisa jadi prosesnya yang bekerja lambat dengan kondisi kulit saya. 

Beruntung, tidak ada efek samping yang terjadi selama saya memakai produk Smooto (walaupun sempat beberapa kali mengkombinasikan serum dan soothing gel dengan produk non-smooto). Saya tidak mengalami jerawat, beruntusan, ataupun iritasi kulit. 

Buat teman-temin yang ingin mengetahui harganya: 

1. Smooto Tomato Collagen White Serum | Rp35.000
2. Smooto Tomato Bulgaria Yoghurt Whitening Soothing Gel | Rp45.000
3. Smooto Tomato Collagen White & Smooth Mask | Rp35.000

*Harga per Juli 2018


Untuk mendapatkannya teman-temin bisa cek website resmi Smooto Indonesia di http://smooto.co.id atau langsung memesannya di toko resminya di Shopee

Sampai bertemu di tulisan berikutnya!

You May Also Like

5 komentar

  1. Jadi pengin coba juga nih produk yang satu ini :)

    BalasHapus
  2. Banyak juga ya ragam Smooto Tomatonya :D

    BalasHapus
  3. Harganya juga masih terjangkau ya ....

    BalasHapus
  4. Pengin coba yang smooth masknya, warnanya juga mirip kayak tomat ...

    BalasHapus
  5. Penasaram sama yang bentuk masknya :)

    BalasHapus

Selamat berkomentar, tinggalkan link pada username. Link yang berada di dalam kolom komentar akan dihapus. (Feel free to comment and put your link on your username ONLY instead comment box area, otherwise deleted).