Mudah Transfer Domain Wordpress Dengan Hostinger

by - Senin, Agustus 06, 2018


Beberapa waktu lalu saya memutuskan untuk melakukan transfer domain salah satu akun blog wordpress saya ke server Hostinger.

Tujuannya karena tidak lain saya tergiur dengan adanya fitur website builder; ya, jadi Hostinger memudahkan para penggunanya untuk bebas berkreasi membuat website layaknya professional, namun tanpa harus belajar coding-coding. Taukan, saya paling ngga bisa kalau harus bergelut dengan template tapi apa daya pengennya punya website cantik.

web hosting murah Hostinger

Alasan lain, saya penasaran dengan pernyataan yang terpampang di beranda laman mereka: Web Hosting Murah, Terbaik dan Tercepat di Indonesia. Ya, pastinya saya jadi tertantang mau nyobain kan, dengan harga mulai dari 20ribuan sebulan, tarif layanan hosting setahunnya saja masih lebih murah dari harga tahunan domain saya #hiks!

Dan guess what! Ternyata, bahkan, biaya domain transfer saya ke Hostinger lebih murah dibanding layanan yang saya pakai selama ini, fyi, harga domain www.noniq.co saat ini per tahunnya adalah 400ribuan, sedangkan tarif saya transfer domain ke Hostinger hanya 320ribu #pingsan.

SIAPA HOSTINGER

Untuk teman-temin yang masih asing dengan Hostinger, jadi, Hostinger didirikan pada bulan November 2004, Pada tahun 2007, mereka menjadi 000webhost.com, layanan hosting web gratis tanpa iklan. Kemudian, pada tahun 2011, merek hosting web Hostinger lahir. Pada tahun 2012, Inkorporasi perusahaan di Cyprus menjadi awal perluasan usaha ke dunia internasional.

Di tahun 2013, Perusahaan cabang Indonesia dan hosting lokal Niagahoster.co.id resmi diluncurkan. Di tahun 2014, pengguna Hostinger sudah mencapai 10 juta pengguna, dan hingga tahun 2017, tercatat sudah lebih dari 29 juta klien Hostinger di 178 negara!

PERTAMA KALI MELAKUKAN PROSES TRANSFER DOMAIN (wordpress to wordpress)

Awalnya saya sempat mengira proses transfer domain ini ribet, saya sudah takut mengira nanti website saya down tiba-tiba, namun siapa sangka, transfer domain bareng Hostinger itu mudahnya bukan main! 

Berikut langkahnya:

1. Akses fitur transfer domain di https://www.hostinger.co.id/transfer-domain dan cek nama domain yang ingin ditransfer.

transfer domain Hostinger

Jika sudah sreg tinggal klik beli dan seketika invoice kita akan dikirim ke e-mail. Setelah dilakukan pembayaran, aktif deh domain kita sudah terdaftar di Hostinger.

2. Yang dilakukan berikutnya adalah mengganti server domain kita dari layanan hosting awal ke layanan Hostinger. 


Saya kira mengganti server ini susah, ternyata mudah! Dan pastinya di tiap laman control panel hosting akan jelas terlihat “Server”, gitu, jadi tinggal diganti saja. 

3. Selanjutnya proses transfer domain membutuhkan waktu paling lambat 24 jam, jadi ditunggu saja.


WEBSITE BUILDER YANG BIKIN MUPENG!

Seperti yang sudah saya jelaskan di awal, bahwa salah satu alasan saya memilih Hostinger adalah karena saya tertarik dengan fitur website buildernya. Sebagai blogger yang lebih banyak aktif membuat konten daripada merancang template laman, wah fitur ini mempermudah saya untuk membuat laman tanpa harus belajar coding. 


Opsi Website builder memang sukses membuat mata saya berbinar, namun selain itu juga ada Auto installer – dengan fitur ini kita bisa bebas memasang aplikasi apa saja di hosting kita; mulai dari Joomla bahkan membuat fitur forum dengan phpBB.

Berikut adalah opsi layout website builder di Hostinger:




Asik banget, karena kita bebas berkreasi membuat layout laman kita hanya dengan cara drag and drop, tidak perlu utak-atik script. Mau tambah gallery, garis, gambar, menu, bahkan menambah fitur social media juga mudah sekali!

Sedangkan berikut adalah beberapa aplikasi yang bisa dengan mudah kita pasang di akun Hostinger kita; asli, banyak banget!


Selain layanan Hosting dan Domain murah serta website builder, fitur-fitur yang pastinya bakal teman-temin butuhkan juga ada di Hostinger, beberapa di antaranya:

1. EMAIL HOSTING

Fitur ini penting banget lho, apalagi kalau teman-temin merasa perlu menjaga sisi profesionalitas dari website yang saat ini sedang dijalankan. Teman-temin sendiri bisa menghubungi saya di hello@noniq.co, hehehe…



2. SSL

Hari gini jangan sampai website teman-temin belum aman (atau secure) ya, karena itu  kita membutuhkan fitur SSL yang memastikan koneksi kita aman. Dan, jangan terkejut kalau Hostinger memberikan promo SSL seumur hidup hanya dengan sekali bayar lho!


3. CUSTOMER SUPPORT 24/7/365

Hal penting lainnya yang membuat saya puas dengan layanan Hostinger adalah customer supportnya yang aktif membantu berbagai pertanyaan kita. 

Yap, Hostinger menjanjikan customer support 24/7/365, hebatkan? Dengan klaim yang menyatakan bantuan akan diberikan kurang dari 5 menit ternyata benar adanya, dan para supportnya terkesan sangat fasih dalam memberikan informasi ataupun solusi mengenai apapun yang saya tanyakan.


Nah, dari beberapa layanan yang menjadi prioritas kenapa saya memilih Hostinger, tentunya yang paling penting adalah performa Hostinger itu sendiri.

Bener ngga sih kalau Hostinger ini layak jadi yang terbaik? Hm.

Tentunya saya harus mengecek performa website saya di Hostinger, dan begini hasilnya. Berikut adalah website saya yang menggunakan layanan Hostinger:

Sedangkan ini adalah hasil test website saya ketika menggunakan layanan hosting semula.

Terlihat bedanya untuk respon rata-ratanya bisa mencapai dua kali lipat, lho. Jadi sekarang yakin donk, kenapa layanan Hostinger sangat terpecaya dalam memberikan jasa hosting terbaik.



Bisa dibilang, tampilan dashboard control panel di Hostinger minimalis namun banyak review yang mengatakan kalau tampilannya cukup membingungkan. 

Saya pribadi tidak mengalami hal tersebut, namun tidak perlu khawatir, selain terdapat customer support yang siap membantu persoalan teman-temin, Hostinger juga sudah menyediakan berbagai topik tulisan untuk menjawab pertanyaan teman-temin, di opsi Bantuan.


Bagaimana teman-temin, ada rencana pindah hosting ke Hostinger dalam waktu dekat?

Sampai jumpa di tulisan berikutnya!



You May Also Like

1 komentar

Selamat berkomentar, tinggalkan link pada username. Link yang berada di dalam kolom komentar akan dihapus. (Feel free to comment and put your link on your username ONLY instead comment box area, otherwise deleted).