5 Tips Sukses Mengelola Bisnis Online

by - Kamis, Agustus 23, 2018


Belakangan, budaya belanja online hampir tidak bisa dipisahkan dengan gaya hidup masa kini, apalagi untuk mayoritas kita yang dipastikan kerjanya selalu megangin hape. Saya sendiri mengakui bahwa baik window atau online shopping itu kegiatan yang menyenangkan, tanpa harus kemana-mana, kita sudah dijejali dengan barang-barang (baik yang kita butuhkan dan bahkan barang yang keberadaannya ngga penting!).

Namun, pernah ga teman-temin kepikiran untuk menjadi pelaku toko online itu sendiri? Well, saya pernah dan sampai sekarang selalu berambisi ingin punya usaha toko online. 

Saya sudah beberapa kali mencoba berjualan online menggunakan platform gratisan yang pastinya sudah banyak teman-temin kenal (Bukalapak, Tokopedia, Shopee, you name it), karena memang awalnya menurut saya membuka toko online sendiri itu mudah dan instan, tinggal daftar-bikin akun-upload barang- namun nyatanya menjalani bisnis online itu susah!

Nyatanya, menjalaninya kok susah! Boro-boro memperoleh profit, wong untuk mendapat pembeli saja susahnya amit-amit.

Dimana salahnya? Dan sayapun berhenti berjualan.

Sampai beberapa waktu lalu, tepatnya tanggal 7 September 2018 saya mengikuti acara Digital Breakfast berupa diskusi yang diselenggarakan SolusiUKMcom, Accurate Online, dan Coconut Indonesia bersama pelaku UMKM Bandung mengenai pentingnya mengikuti tren e-commerce, survive persaingan online yang cukup ketat, dan memiliki pembukuan rapi. Membawakan tema Retail is Detail, dua pembicara Mas Kunto Wiyoga dan Mas Lukman Bijak Bestari sukses dengan fasih membahas materi seputar bagaimana menjalankan dan mempertahankan bisnis online hingga mengatur pembukuan untuk bisnis online.

Untuk yang belum tau, Coconut E-Commerce Indonesia merupakan konsultan e-commerce yang menyediakan jasa bagi mereka yang ingin dibantu dalam memulai bisnis e-commerce. Di Bandung sendiri, E-commerce tidak pelit ilmu alias sering mengadakan diskusi dalam membantu para UKM dalam mengembangkan potensi bisnis online. Yah, contohnya ya seperti acara yang saya ikuti ini. 

Dan baru dari acara ini, saya akhirnya ngerti bahwa kita tidak boleh menganggap bisnis online itu sepele! Dewasa ini bisnis online memang terbukti bisa menghasilkan profit yang besar layaknya sebuah perusahaan tanpa gedung fisik, sehingga pengelolaannya jangan dipandang sebelah mata.

Tanpa saya sadar, banyak hal printilan yang seringkali diabaikan merupakan salah satu kunci utama agar sukses di bisnis online.

Mas Kunto sempat memaparkan sejumlah data mengenai kebiasaan belanja online penduduk Indonesia yang mana seringkali luput dari perhatian para pengusaha bisnis online, padahal data ini bisa dijadikan sebagai panduan untuk mengatur strategi bisnis online.

Data tersebut mencakup: persentasi barang yang sering dibeli, platform toko online yang digemari berdasarkan gender, kisaran harga yang masuk akal untuk menjual sebuah barang, dan sebagainya.

Yaelah! Dan wawasan saya baru terbuka!

Secara singkat, saya akan membagikan 5 tips dalam membuka, menjalankan dan mengelola bisnis online berdasarkan materi yang saya dapatkan kemarin.

Empat tips pertama merupakan materi dari Mas Kunto dimana kita perlu mengimplementasikan konsep IDEA; Identify, Develop, Engage, dan Accelarate, sedangkan tips pengelolaan bisnis online berasal dari Mas Lukman.

Mas Kunto Wiyoga

1. Identify
Artinya identitas. Trik yang pertama adalah menentukan identitas toko kita, jasa apa yang mau kita tawarkan pada calon konsumen? Sebagai pembuat sekaligus penjualkah? Membuka jasa titip (jastip) barang, dropshipper, atau importir, yang penting harus jelas tertulis di bio toko teman-temin.

2. Develop
Selanjutnya adalah bagaimana mengembangkan ide bisnis kita dengan promosi dan branding ke target pasar yang jelas. Dewasa ini, di tengah masyarakat yang konsumtif, sangat mudah menghadirkan barang yang sebenarnya tidak diperlukan tapi akhirnya menjadi penting. 

Misalnya, kita mau berjualan tas, secara teori, tas bukanlah barang pokok, namun coba tawarkan katalog tas ke para wanita ataupun fashionista, pasti yang tadinya tidak mau beli tas jadi tergiur ingin beli, see?

3. Engage
Maksudnya bukan bertunangan, ya, namun bagaimana keaktifan dan keterlibatan kita secara langsung dalam melayani konsumen; baik konsumen yang hanya sekedar tanya namun juga konsumen yang berpotensi untuk membeli. Kan ada tuh istilah: fast atau slow response. Nyatanya, konsumen di Indonesia lebih memilih untuk membeli barang dari toko yang penjualnya fast response dan tidak jutek alias ramah. Walaupun mungkin kalau dari sisi penjual, kita pasti malas banget nanggepin calon pembeli yang banyak nanya (mending kalau jadi beli, kalau ngga?).

Nah, itu, intinya kita harus selalu ramah, terkait nanti mereka jadi beli atau ngga. Karena memang survey data membuktikan, perilaku konsumen Indonesia memang memilih toko yang fast response daripada harga murah tapi balas chatnya lama!

4. Accelarate
Agar toko online kita senantiasa berkembang, jangan lupa untuk senantiasa meningkatkan kualitas pelayanan bisnis kita; mulai dari menyediakan variasi sistem logistik (pengiriman barang), pembayaran (misalnya pilihan metode pembayaran- untuk cicilan, dan pilihan bank untuk sistem transfer), juga platform untuk komunikasi karena semakin mudah toko online dijangkau semakin konsumen lebih yakin untuk melakukan transaksi (misal menyediakan whatsapp, line, DM instagram, dan sebagainya).

Tips yang kelima tidak kalah penting yang diberikan Mas Lukman adalah.

Full House, para peserta menyimak dan mencatat ilmu dari Mas Lukman Bijak Bestari

5. Pengelolaan Pembukuan

Seiring berjalannya usaha toko online kita, bisa jadi profit kita bukan lagi hitungan puluhan-ratusan ribu, namun bisa jadi jutaan, puluhan, tidak menutup kemungkinan lebih dari itu! Karena itulah kita memerlukan sistem pembukuan yang bukan hanya sekedar menghitung perolehan dan pengeluaran kita secara kasar, namun secara detail - bahkan termasuk perhitungan pajak untuk bisnis online kita.

Sebelumnya SolusiUKMcom dikenal dengan fitur yang membantu para UKM bisa naik kelas dan melek secara digital, melalui fitur "Online Consultation" yang mana menggandeng praktisi keuangan, perpajakan hingga profesional di bidang digital marketing.

Sekarang, SolusiUKMcom bersama PT. CPSSoft, perusahaan developer ternama di Indonesia membuat Accurate Online, software akuntansi berbasis cloud yang dapat membantu para penggiat UKM dan UMKM untuk menuntaskan masalah laporan keuangan mereka. Membawa tagline solusi rapih pembukuan, Accurate Online mampu menyajikan berbagai jenis laporan keuangan yang dibutuhkan untuk menunjang operasional usaha secara instant hanya dengan meng-input pemasukan dan pengeluaran. 

Accurate Online (AOL) pun mampu melakukan pemotongan pajak otomatis pada laporan keuangan penggunanya, mulai dari PPh 21, PPh 23, PPN, dan juga PPh 4 ayat 2. AOL juga telah terintegrasi dengan faktur perpajakan seperti e-Faktur dan e-PPh 21/26. Sehingga laporan pajak bisnis bukan lagi hal yang susah.

Saat ini Accurate Online bisa memberikan trial 30 hari untuk para pengguna baru yang sistem pembukuannya perlu dirapikan, setelah 30 hari, teman-temin hanya perlu membayar biaya bulana sebesar Rp 200.000,- per bulan! Cukup terjangkau dibandingkan menyewa jasa konsultan keuangan pribadi yang tarifnya sejam bisa diatas 500 ribu rupiah!

Saya pribadi berencana memasukkan jasa pembukuan online ini dalam bucket list saya nantinya kalau toko online saya sudah maju, karena memang saya sempat melihat demonya secara langsung di acara diskusi kemarin dan kemampuannya cukup bisa diandalkan belum lagi dari segi harganya yang pastinya akan membuat para pelaku bisnis online tidak perlu berpikir dua kali untuk memutuskan berlangganan. 

 Wanita-wanita penggiat bisnis online

Teman-temin sendiri bagaimana? Sudahkah berbisnis online, apakah baru memulai atau sudah mulai i tahap pengelolaan?


Sampai bertemu di tulisan berikutnya!


You May Also Like

9 komentar

  1. Terimakasih sudah membuat blognya, sangat bermanfaat sekali.

    BalasHapus
  2. Tipsnya sangat membantu sekali, terimakasih.

    BalasHapus
  3. Tips terakhir ini yang paling meantang bagi saya hehe

    BalasHapus
  4. Untuk memulai bisnis online, 5 tips di atas memang sangat perlu di terapkan.

    BalasHapus
  5. Tipsnya sangat bermanfaat sekali bagi kami pemula di bidang bisnis online.

    BalasHapus
  6. Terimakasih telah membuat blognya, isinya sangat bermanfaat sekali.

    BalasHapus
  7. wah seru ini dikasi ilmu bersaing bisnis online, makasih sharingnya noniq

    BalasHapus
  8. akhirnya jumpa tips keren di internet dengan informasi yang menarik. terima kasih mbak udah sharing

    BalasHapus
  9. Terima kasih tipsnya mba,kebetulan saya baru mulai bisnis online,,

    BalasHapus

Selamat berkomentar, tinggalkan link pada username. Link yang berada di dalam kolom komentar akan dihapus. (Feel free to comment and put your link on your username ONLY instead comment box area, otherwise deleted).