Menembus Langit; Muda, Kreatif, Berkarya Untuk Indonesia

by - Kamis, Oktober 27, 2016

Selamat Hari Blogger Nasional!

Untuk segenap teman-temin blogger ataupun yang hanya sekedar berkunjung, saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas dukungannya  selama ini. Baik berupa komentar atau silent reader. Karena kalau bukan karena teman-temin saya pasti ngga bakal bertahan ngeblog nulis-nulis hal ngga penting kayak gini, hihihi.

Etapi, di Hari Blogger Nasional sekaligus menjelang peringatan Hari Sumpah Pemuda ini, saya mau membagikan hal yang penting lho, ngga kalah penting jika dibandingkan lipstik merah dan DD cream.

Tentunya topik ini berkaitan dengan para pemuda dan blogger. Kenapa? Karena kegiatan ini dilakukan oleh para generasi muda (iyalah, saya masih keitung muda) dan kami sebagai blogger (yang juga muda-muda) dengan bangga ingin membagikannya kepada para pembaca.

Yes, kali ini saya dan beberapa teman sedang berkolaborasi mendukung proyek Ekspedisi Menembus Langit | www.menembuslangit.com


Hm, dilihat dari namanya pasti berkaitan dengan penerbangan nih. Tapi ini bukan penerbangan biasa lho. Ide yang muncul dari Mas Dian Rusdiana Hakim ini bermaksud untuk menerbangkan pesawat tanpa awak (drone) produksi Indonesia menuju stratosfer (lapisan kedua dari atmosfer bumi, sekitar 30 km dari puncak tertinggi Bumi, Everest), tinggi banget! Bahkan Pesawat terbang saja hanya mengudara sampai atmosfer lho! Tujuannya tidak lain adalah untuk memacu percepatan teknologi keantariksaan, membantu kajian ilmu aeronautika, dan menginspirasi Indonesia.

Keren bangetkan? Didasari akan kecintaannya terhadap kedirgantaraan, Mas Dian sudah keidean mengenai hal ini selama 10 tahun. Program yang juga mengandung penelitian ini nantinya akan diolah sebagai laporan untuk didistribusikan ke Universitas-Universitas terkait aeronautika di Indonesia.

Uji Sinyal Telemetri dan Temperatur. (Dok. Menembus Langit)
Perencanaan proyek ini sendiri sudah dilakukan sejak pertengahan tahun 2016. Mulai dari Pengujian Sinyal Telemetri dan Temperatur pertama kali di Banjaran-Bandung, latihan prosedur pengisian balon cuaca serta tali temali untuk mengikatkan balon cuaca dengan UAV,  hingga Uji Coba Terbang Menuju Stratosfer di Pameungpeuk - Garut.

Keren abis, ya?

Yes, kali ini, bolehlah saya berbangga karena bisa turut bergabung dalam mendukung sebuah kegiatan penuh inovasi karya anak muda Indonesia.

Semoga Hari Sumpah Pemuda terus mengingatkan kita, para anak muda untuk terus berkarya, lebih peduli dengan negara dan masyarakat. Tidak perlu khawatir untuk memulai, karena seperti proyek Menembus Langit, sekarang sudah banyak komunitas yang siap untuk mendukung berbagai proyek kreatif, sebut saja opini.id

Kegiatan peluncuran dimana pesawat tanpa awak (unmanned aerial vehicle (UAV) Ai-X1) akan diterbangkan dengan balon cuaca ke stratosfer dan  kembali ke titik awal secara otomatis, akan dilakukan dari Balai Uji Teknologi dan Pengamatan Antariksa dan Atmosfer LAPAN, Pameungpeuk – Garut.

Nantinya, Ekspedisi Menembus Langit akan dilakukan tepat pada 28 Oktober 2016, bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda, untuk semakin menguatkan makna bahwa para pemuda Indonesia akan terus berjuang dalam memajukan Indonesia.

Penasaran bagaimana liputannya? Cek timeline, besok ya!

See you!


You May Also Like

7 komentar

  1. Selamat hari blogger nasional, sukses terus blognya ya Mbak :)

    BalasHapus
  2. Saya juga pengen sih teh sebenarnya coba coba tapi kalau sudah selesainya gak ada tempat untuk uji coba jadi percuma kalau sudah bikin kalau gak dicoba mah.

    BalasHapus
  3. Salam blogger mbak, ayo kita warnai keindahan dan kebaikan negara ini lewat nge-blog.

    BalasHapus
  4. Even yang keren, kalo bisa lebih sering diadakan agar banyak anak muda yang terinspirasi...

    BalasHapus
  5. keren.... terus berkarya untuk indonesia tercinta

    BalasHapus
  6. Bagus banget even yang diadakan tuh, inspiratif banget...

    BalasHapus

Selamat berkomentar, tinggalkan link pada username. Link yang berada di dalam kolom komentar akan dihapus. (Feel free to comment and put your link on your username ONLY instead comment box area, otherwise deleted).