Smoothing Rambut di Pointcut By Irwan Team Jakarta

by - Selasa, April 04, 2017

Terakhir kali rambut saya di smoothing adalah Desember 2014 di salah satu salon di Bandung. Hasilnya lumayan, bisa awet hingga sekitar dua tahun. Barulah di tahun 2017, rambut yang sudah mulai tumbuh itu kembali ikal dan mengembang. Walaupun secara umum saya ngga merasa terganggu dengan kondisi rambut yang seperti ini, namun ada kalanya saya malas kalau harus ngeset (styling, blow, dan catok) rambut terus hihihi - lagian ngga pengen juga kalau rambut jadi rusak karena keseringan di heat styling, jadi maunya bangun tidur rambut uda rapi. Ih dasarlah ya, saya gituuuhh.

Karena rambut saya sudah mulai tumbuh ngga beraturan, tebal dan panjang ngga puguh, sayapun memutuskan untuk memotong ujung rambut saya - membersihkan sisa-sisa smoothing. Yang artinyaaaa, rambut saya kembali mengembang dan harus kembali di blow atau dicatok. Euh, balik capek lagi donk ya. Hal itulah yang akhirnya membuat saya berencana untuk:

Smoothing rambut lagih!

Dan kebetulanlah saya mendapat kesempatan untuk mencoba pelayanan di Pointcut By Irwan Team, jadi deh pelaksanaan untuk ngelurusin rambut dipercepat.

Persiapan Smoothing Rambut
Apa yang harus dipersiapkan kalau mau smoothing rambut? Pastinya waktu. Proses smoothing rambut ini lama banget, bisa sampai 6 jam. Di Pointcut By Irwan Team sendiri, saya harus booking tempat dulu jauh-jauh hari agar bisa menyesuaikan dengan ketersediaan stylistnya.

Untuk menghindari penuh, padat dan ngga nyantai, sayapun menjadwalkan untuk melakukan smoothing di hari kerja (iya bolos gawe demi rambut). Pointcut By Irwan Team buka dari jam 10 pagi hingga jam 8 malam. Awalnyapun saya mengira bisa mulai dari jam 11 siang, nyatanya malah saya yang telat, baru sampai lokasi pukul 1 siang.

Walau begitu, saya tetap disambut ramah di Pointcut By Irwan Team, mungkin tau ya kalau saya memang dari Bandung dan keterlambatan saya karena memang jalanan sepanjang tol kota itu muaceett sangat! Sayapun langsung diberi welcome drink air mineral (dan masih ditawari apakah mau kopi atau teh, asyik banget).

Penampakan awal, muka bantal dari travel
Hari itu saya dibantu oleh stylist Mas Hendro. Saya sempat bertanya, karena sempat galau apakah mending di smoothing atau di wave (yang lagi musim) saja. Mas Hendropun segera melihat kondisi rambut saya yang sudah agak kering dan sudah pernah di smoothing.

"Di smoothing aja, kalau di wave nanti hasilnya ngga bagus, karena kurang panjang juga," Ya sudah akhirnya saya mantap dengan keputusan di smoothing deh.

Dari sebelum proses, saya sudah diwanti-wanti oleh asisten di Pointcut By Irwan Team, kalau-kalau saya mau pesan makanan dulu, karena proses ini bakalan lama banget (minimal 2,5 jam!). Bingung mau pesan apa, ehhh, pegawai Pointcut By Irwan Team memberikan saya daftar menu yang bisa dipesan, hihihi, seru banget. Sayapun minta tolong dipesenin masakan Jepang deh.
    • Smooothing atau Potong Rambut dulu?
      • Ini yang sering ditanyakan, mending smoothing atau potong dulu. Biasanya setelah smoothing, potong rambut itu bertujuan untuk membuang ujung-ujung rambut yang kering dan frizz aja. Tapi kalau memang rambut kita panjang dan mau smoothing rambut pendek, ya mending potong aja dulu. Lumayan menghemat biaya smoothing, hehehe
Memulai Smoothing Rambut

Proses pertama yang dilakukan tentulah cuci rambut dulu. Saya dibantu oleh Mas Wawa yang ga kalah ramahnya. Berikutnya rambut saya di keringkan dan mulai dipisah-pisah per bagian untuk memulai proses pemberian krim smoothing.
Mas Wawa dari Pointcut By Irwan Team yang bantu saya cuci rambut
Area cuci rambut di Pointcut By Irwan Team
Pointcut By Irwan Team menggunakan produk dari L'Oreal yang sudah mengandung Smartbond by L'Oréal Professionnel. Kandungan ini menjaga rambut kita tetap halus dan sehat ketika sedang mendapat proses kimia (pengecatan, pelurusan, dan bleaching).

Mas Hendro bilang bahwa proses smoothing ini tidak akan sampai ke pangkal rambut, agar rambut saya nanti tidak terkesan lepek. Uniknya, Mas Hendro dan Mas Aan (asisten) yang mengerjakan proses smoothing rambut saya ini tidak menggunakan sarung tangan lho. Berbeda dengan salon-salon yang sebelumnya tempat saya dulu pernah smoothing.

Ketika saya tanyakan hal itu, ternyata Mas Hendro punya alasan yang menarik. Katanya biar lebih terasa ketika meratakan obat pada rambutnya. Hal itu juga nantinya berkaitan dengan kualitas meresapnya obat ke rambut. Katanya sih lebih efektif tanpa sarung tangan. Mas Hendro ngga ngerasa repot membersihkan obat dan bau dari tangan - yaiya sudah biasa kali ya.

Setelah diberi obat smoothing, sayapun disuruh menunggu sekitar 40 menit. Nah, saat itulah saya mulai menyantap makan siang saya, hihihi.


Empat puluh menit selesai, sayapuun kembali membilas rambut untuk kemudian rambut dikeringkan, blow, dan catok.

Proses catok ini yang luamaaanya minta ampun. Karena memang pengerjaannya selapis demi selapis (kayaknya setiap 1 cm ruas kepala deh), pokoknya sampe badan saya rasanya pegel banget. Ada deh sekitar satu jam lebih proses catoknya.

Setelah proses catok selesai, barulah rambut saya kembali diberi obat neutralizing. Sama, proses pengerjaannya lapis demi lapis, rata banget. Setelah itu sayapun kembali disuruh nunggu sekitar 20 menit.

Waktu berlalu, saya kembali bilas rambut. Nah, proses yang terakhir ini, rambut saya hanya dikeringkan saja - tanpa diblow ataupun catok; rambut sudah lurus, yay!

Pasca Smoothing Rambut

Nah, setelah proses smoothing rambut, kita disarankan untuk tidak keramas dulu selama 3-4 hari, tidak mengikat rambut - apapun yang bisa bikin rambut kita bengkok. Benar-benar 4 hari yang rawan, hahaha.

Well, sekarang saya sudah lebih dari 4 hari, sudah keramas untuk pertama kali, dan rambut tetap halus lurus. Ah senang banget!

Puas banget smoothing rambut di Pointcut By Irwan Team, pengerjaannya sangat detail, penuh kesabaran, dan hati-hati, pelayanannya juga ramah sekali.

Total biayanya, untuk rambut saya yang sepunggung ini adalah Rp 725.000,- (termasuk cuci rambut dan blow). Kalau menurut saya ini cukup terjangkau karena kalau di Bandung sendiri, untuk rambut saya yang panjang dan tebal biasanya mencapai 900k-1500k , lho.
Siapa sih yang belum kenal dengan nama besar Irwan Salon? Pointcut By Irwan Team sendiri baru buka satu tahun di lokasi tempat saya smoothing ini, biasanya lebih banyak di mall. Di dalamnya juga terdapat akademi untuk belajar salon buat teman-temin yang mau kursus.

Pointcut By Irwan Team
Alamat Jl. Bendungan Hilir Raya Blok G1 No. 6, 
Phone: (021)5742661 | http://irwanteam.com

Jadi untuk teman-temin di Jakarta yang sedang mencari salon untuk styling rambut (juga meni-pedi) bisa ke Pointcut By Irwan Team.

Sekian review saya, sampai bertemu di tulisan berikutnya.



Proses smoothing rambut disponsori oleh Clozette Indonesia dan Pointcut By Irwan Team. Tulisan merupakan opini berdasarkan pengalaman pribadi penulis di www.noniq.co


You May Also Like

3 komentar

  1. Wahh seruuu..
    Aku jd ingat dulu pernah dilurusin tahun 2005. Jd pengen smoothing juga :)
    Kalau seaku sekarang mungkin 400ribuan kali ya.

    BalasHapus
  2. mba, punya kontaknya mas hendro ga? kmrn saya nganter istri saya dia ternyata uda resign dr pointcut.
    terakhir istri saya potong rambut sama beliau cocok banget krn sabar

    BalasHapus

Selamat berkomentar, tinggalkan link pada username. Link yang berada di dalam kolom komentar akan dihapus. (Feel free to comment and put your link on your username ONLY instead comment box area, otherwise deleted).